alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5288941fa4cb17f843000005/kasbah-ait-ben-haddou-disukai-turis-dan-produser-film
Kasbah Ait Ben Haddou, Disukai Turis dan Produser Film
DI banyak kawasan Maroko terdapat perkampungan atau desa kuno atau biasa disebut kasbah. Dulunya kasbah adalah wilayah kampung atau desa yang dihuni masyarakat Suku Berber, masyarakat asli Maroko. Berdasarkan literatur yang ada, Suku Berber yang berasal dari Afrika bagian utara. Dalam perjalanan sejarahnya Suku Berber juga banyak dipengaruhi bangsa Arab yang datang ke Afrika dalam menyebarkan agama Islam.

Seiring berjalannya waktu, saat ini tidak semua kasbah atau perkampungan tua Suku Berber ini masih dihuni. "Karena fasilitas umumnya sudah banyak yang tidak bisa memenuhi kebutuhan kami seperti saluran air dan listrik," ujar Husen, salah satu penduduk Kasbah Ait Ben Haddou.

Maka itu, kasbah saat ini ada yang sudah kosong. Biasanya kasbah kosong ini dijadikan semacam museum atau dibiarkan apa adanya.

Ada juga kasbah yang setengah kosong di mana hanya sedikit penduduk yang masih tinggal. Biasanya kasbah seperti ini hanya sebagai warisan keluarga secara turun menurun. Pemiliknya beraktivitas di luar kasbah.

Terakhir adalah kasbah yang masih dihuni para penduduknya namun sangatlah jarang. Biasanya letak kasbah yang masih aktif posisinya dekat dengan pusat keramaian seperti dengan pasar tradisional atau pusat kota.

Kasbah Ait Ben Haddou adalah kasbah yang paling terkenal di kaki pegunungan atau atlas di kota Ouarzazate. Kota ini letaknya dijalur antara kota Marakesh dan gurun pasir sahara di Maroko. Kasbah Ait Ben Haddou dibangun sekitar abad ke 17.

Keunikan arsitek dan kekokohannya membuat Kasbah Ait Ben Haddou menjadi salah satu kasbah yang masuk dalam bangunan peninggalan dunia yang dilindungi oleh UNESCO dibawah PBB.

Turis bisa menikmati keindahan kasbah Ait Ben Haddou dengan ikut dalam paket tour yang banyak ditawarkan oleh travel agen di kota Marakesh. Kalau kurang puas, turis bisa menapaki sendiri kasbah ini dengan bus atau sewa mobil ke kota Ouarzazate.

“Kami terbuka bagi para turis yang mau merasakan langsung hidup seperti suku Berber, mereka bisa menginap di rumah – rumah penduduk di kasbah," ujar Husen

Kasbah Ait Ben Haddou juga salah satu magnet dalam produksi film Hollywood. Karena keindahan dan keunikannya, sejak era 60an, kasbah Ait Ben Haddou acap kali dijadikan lokasi pengambilan gambar film–film kolosal produksi Hollywood.

Beberapa film yang sempat mengambil gambar di kasbah ini antara lain: Sodom and Gomorrah (1963), Marco Polo (1982), Gladiator (2000) yang dibintangi Russel Crowe, dan terakhir adalah film King Of Persia (2010).