alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5287c83dbecb178b5e000004/kekeliruan-mlm
Cool 
kekeliruan MLM
MLM ato direct selling itu sebenernya salah satu cara perusahaan masarin productnya. Kalau alur biasa, perusahaan, bakal oper barangnya ke distributor kan, terus ke whole seller, ke pedagang besar, grosiran, dll.. (Rantainya bs panjang lho gan), dan semakin panjang rantai, maka semakin mahal harga barangnya.... Direct selling, motong itu semua, dia gak oper barangnya ke distributor, whole seller, dst, tapi langsung ke membernya, lewat stockist, hasilnya, biaya advertising bisa dipotong habis-habisan dengan memanfaatkan membernya untuk promosiin barangnya, dan rantai distribusi yang panjang dan menaikkan harga barang bisa dipersingkat, sehingga perusahaan dapat mengalihkan biaya iklan dan kenaikan harga barang karena panjangnya rantai distibusi, untuk bayar bonus kepada membernya. Itu konsep direct selling, yang sebagian besar disalurkan dengan cara MLM.

Banyak orang bilang MLM gak fair, yang bawah selalu rugi... Padahal supply chain lama juga gitu kok. Whole seller/pedagang besar jumlahnya banyak atau sedikit? Banyakan mana sama pedagang eceran? Siapa yang ambil untung lebih besar? Bisa dijawab sendiri kan. Pedagang biasa, tentu harus punya pelanggan donk biar dapet untung, pasti dia promosiin dan cari-cari orang buat beli barangnya juga donk.. Trus apa bedanya dengan MLM yang harus cari orang buat gunakan produknya/ jadi mitra bisnisnya???

Konsep MLM seperti itu.. Lantas kenapa jadi dibenci oleh banyak orang??

Jelas, jawabannya membernya banyak yang gak profesional... Contohnya ya seperti upline bodoh yang presentasi agan itu. Merendahkan pekerjaan orang lain. Logikanya, seseorang harus punya 2 hal, profesi dan bisnis. Profesi adalah keahlian akademik/keterampilan yang dapat digunakan untuk membantu orang, dan bisnis, yang digunakan untuk menjamin finansial orang tersebut. Kenapa ane bilang gitu? Karena sebagian besar profesi, tidak dapat menjamin finansial anda (kecuali agan bener-bener seorang ahli). Dokter adalah pekerjaan mulia, dan orang yang menghina pekerjaan itu harus dihukum.. (kalau menurut ane). Gunakan profesi untuk membuat sesuatu yang berguna untuk orang lain, gunakan bisnis untuk menjamin finansial anda. Kebanyakan member MLM, entah karena salah didikan atau memang dari sananya begitu, hanya melihat sesuatu dari materi. Mereka sendiri lupa kalau banyak hal mulia yang tidak bisa diitung pake uang. Yang pasti gan, kalau agan tau upline pengundang anda seperti itu, lebih baik tolak segera, karena saya yakin agan hanya bakal dianggap sapi perah olehnya, bukan sebagai mitra bisnis dan sahabat baru. Contoh ketidak profesional lainnya adalah melebih-lebihkan perhitungan bonus sehingga menarik orang, atau melebih-lebihkan khasiat barang dagangannya.

Kalau ada yang bilang MLM itu penipuan, mereka antara percaya dengan kebohongan membernya (yang sebenarnya diciptakan oleh member itu sendiri demi menarik member lainnya, atau mereka gak bisa bedakan MLM dengan money game (kalau money game memang pada dasarnya penipuan)

Last but not least, ane mau bilang lagi, MLM itu hanya salah satu cara kita coba berbisnis dengan modal murah. Jadi jalan untuk mencapai kebebasan finansial dengan berbisnis tanpa atau sedikit modal ya gak hanya dengan ini juga... So jangan percaya juga dengan orang yang bilang kebebasan finansial dapat dicapai mudah dengan MLM... It's bullshit bro.. Semua butuh perjuangan masing-masing.. Krna semua ga da yg instan kn .. Proses dan proses itu penting
gila, udh 3 taun gk da yg komen.
wkakaka...
ane perawanin ah....
emoticon-Ngakak