alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5285ef34a1cb17801f000004/call-center-oh-call-center-jeritan-hati-para-agen-call-center
Sedih 
Call Center oh Call Center (Jeritan Hati Para Agen Call Center)
“kalau sampai masalah ini tidak bisa terselesaiakan akan saya blow up ke media, dan kamu *nyebutin nama gw* nama kamu akan saya catat”
HOEKKKKK !!!!!!!!!!! emoticon-Najis (S)
What the FUCK with this !!!!
Yaa..begitulah, yg pernah jd agen call center pasti paham sama kalimat gw diatas.
Ya..ya..ya.. 116??100??888???817???147??? itu beberapa contoh nomer call center yang gw rasa para agen nya sama2 terluka secara psikologis kaya gw.emoticon-Mad (S) Kenalin nama gw si qodir, blum ada setaun gw terlepas dari jeratan petinggi2 salah satu provider terkemuka di negeri kita tercintah ini. Kenapa gw tb2 bkin trit beginian,karena kemarin waktu gw lg duduk2 baca Koran ada yg complain sm salah satu call center provider, ya marah2 gt konsumen nya, secara gw inget masa2 mengerikan beberapa waktu lalu. Kira-kira akhir tahun lalu gw resign dr tu perusahaan. Awal cerita, waktu itu gw msh fresh graduated..ya secara pengalaman kan blm punya tuh, ada lowongan trus abis itu ditrima kan seneng beud yah...br lulus udh lgsg kerja, bangga gt deh gw *saat itu*. Waktu itu gw udh 7th di jogja, udh hafal bgt deh sm suasana kota jogja. Saat nya gw harus menghadapi kenyataan dengan mencari nafkah seniri....secara gw laki gt, mikir masa depan donk. Tapi apa yg gw dpt di gedung lantai 3 dan 4 ituh??? SESAT men SESAT !!!
Pikir gw enak ya jd customer service atau call center karena kerjanya cm angkat tlp, ramah2 sm pelanggan, nolongin keluhan pelanggan...mulia bgt deh yg gw bayangin itu. Gw masukin dah tu lamaran ke Vendor yg inisialnya ******* lewat temen gw. Interview... test2 geto...trus lgsg diterima. *gampang amat dah pikir gw ketrima nya. Yasudah brarti ini rejeki gw lg bagus. Mulai lah gw training selama 17 hari... pas training sih happy bgt... trus ada test2 gt, simulasi namanya..trus OJA.. trus baru dah gw onboard alias taken kontrak sm vendor... ijasah SMA udah ditahn bro *jeratan mafia outsourching*
Pokoknya kl gw keluar ditengah jalan gw harus bayar sejumlah uang buat nebus ijasah gw..karena katanya kl gw keluar sbelum kontrak abis gw ngrugiin tu perusahaan. Iya sih emang bener...
Eitss...tunggu dl, cerita blm usai gan. Bln pertama gw masih tahan... apa lagi kl udh deket tgl 25, hahaa...gajian..gajian. Biar pun nominalnya gak lbh gede dr kerjaan freelance gw. Maklum lah namanya jg anak baru, awal2 kerja masih stress.. blum tau apa2, inul kagak hafal diluar kepala...ngomong masih gelagepan, tp gw anggap ini proses menuju lebih baik... yg bikin gw stress bgt adalah tekanannya bro.emoticon-Hammer2
Oke lah gw kagak pernah sedikitpun ngembil hati apa yg dikatakan customer, sekalipun gw di maki2 atau di rendahkan harga dirinya, haaaa... ada Rule of The handle customer *halah apa pula lah itu...
Yang menuntut kita harus nanganin pelanggan tidak lbh dr 5 menit lah, AHT !!! haha... avarage help time. Kl kita handle pelanggan udh kelamaan, misal 15 menit aja untuk 1 pelanggan.. udh deh tu A**YA di miskol2 sm R*FM, bahkan sampe di samperin sambil disinisin gt “masih lama gak handle nya?jgn diulur2” lha bijimane mau mengakhiri pembicaraan pelanggan, katanya gak blh mutus...lha kl pelanggannya bnyak nanya??blm lg kl udh didatengin TL, udh ngejogrog aka dah tu yg namanya Leader pake kostum biru2 di belakang kursi sambil ngelipet tangan. Freak !!!!!! emoticon-Cape d... (S)tekanannya dari atas bawah...depan belakang...kanan kiri... gw kejepiiiiitt coy. Serba salah bgt dah pokoknya.... dr customer ditekan..dr atasan apa lagi. Makanya gw heran... di ruangan lantai 3 ntu kagak ada agen2 yg senyum gan, biar pun senyum2 pas ngomong sm pelanggan gw yakin itu senyum palsu, dalam hatinya menangis.. hiks...emoticon-Matabelo
Penderitaan tdk hanya sampai disitu, sial bgt dah kl udh nrima repeat call alias panggilan dr nomer yg sama dalm hari yg sama, itu kan artinya pelanggan gak dpt solusi dr tlp dy yg pertama sampe harus tlp buat yg ksekian kali. Nah..ini ni, kl udh kejadiannya ky begini... para agen harus buat case atau laporan biar masalah nya cepet diatasi, bikin case atau laporan kan kagak sedetik dua detik coy, blm jg laporan slese dibuat..cistomer udh nutup tlp nya karna gak mau tau kl masalahnya pengen cepet diselesein. Nah...laporan yg satu blum jadi... udah masuk dah tuh call dr customer yg lan.... “Selamat malam dengan Qodir bisa saya bantu....” Freak !! Freak !!! Freak !!! Makanya bertumpuklah laporan2 yg blm terselesai kan itu.... dan kpn kita harus nyelesein nya??? Pas jam makan atau istirahat coy !!!! ini kagak adil.............. waktu istirahat gw, waktu makan gw... tersita karena gw harus nyelesein bnyak laporan2. Mana hak gw??? Mana???? Yasudah lah gw jalanani walau berat, lagi2 optimis dan berpikir mungkin beberpa bln kedepan gw udh expert dan gak ky gini lg. Tapi apah???? Biar pun score card gw bagus.. dan udh berbulan-bulan disni, tetap ajah hak2 gw yg td masih tersita... blm kl call back alias tlp customer rese yg merasa sok penting, apa lagi pasca bayar, WHAT THE FUCK FOR YOU BICTH !!! emoticon-Najis (S)aking keselnya gw..
Misal ya, gw masuk jam 9 pagi, minimal stengah jam sblm ny gw harus udh ngejogrog duduk di depan PC sialan itu buat nyiap2 in software dan segala tek2 bengeknyah. Apa2 an ini??? Bahkan gw kadang gak tenang jd gw udh di tmpt kerja satu jam sblm log ini. Kenapa???? Karena pasti gw harus cek Email dan pasti ada case atau laporan gw yg dibalikin.. !!! arrgghhh !!!!! apa ini???serba salah dah... stress bgt gw saat itu. Tiap mau brangkat kerja rasanya ada yg bisik “udah lu keluar aja, mau lu jd kurus, trus jerawatan karna stres..trus diputusin pacar karna jam kerja yg gak tentu??” sampe gw sering mimpi buruk dan ngigo.. “dari jam 12 malam hingga jam 5 sore kurang satu menit tarif telepon bapak.....”
Shitttt !!!! emoticon-Cape d... (S)
Gw yakin gak cm gw g ngalamin begini, temen2 agen yg lain jg, cm gak bs ngunkapin aja, lha sm sape kita bs ngadu??? Gt deh gan sedikit cerita gw jd call center provider si biru yg iklannya suka nipu. Sebenrnya gaji gw kemarin itu halal kagak sih??? Haha
Asal agan tau, agen2 yg di jakarta jam 12 mlm udh off, otomatis g 24 jam non stop itu agen2 yg di jogja. Tapi yg lalu biar lah berlalu..itu pengalaman aja gan, pengalaman gw di archade jalan laksda adisucipto, hakakakakk... kange lumpia depan kantor nih
Skrg gw udh jauh lbh baik gan, kerjaan sesuai passon, waktu masih bs diatyr.. hak2 masih bs di dapat..dan yg jelas kagak sering ribut lg sm pacar, hahay... tp banyak hal positifnya kok gan, gw jg berterima kasih karna udh ksh pengalaman hidup buat gw... semoga selalu jaya yah telekomunikasi indonesiyah, yg masih bertahan bahkan udh pada naik pangkat gw salut deh...brarti kalian org2 tahan dengan segala takanan dan ujian pendritaan hidup. Semoga selalu sukses

Kl agan2 yg pernah jd call center lain gmn nih ceritanya
:emoticon-Blue Repost
Haduh gan..gitu ya kisahnya jadi callcenter.
Kemarin juga banyak banget loker jadi CCS, krn saya juga frrshgrad jadi saya lamar juga. Tapi belum ada panggilan sih, hehe. Saya pikir jadi CCS juga pekerjaan yg paling nyantai, ternyataaa :ngeri
Padahal saya biasanya sering tuh marah2 juga ke CCS kalo ada trouble sama provider, kan customer juga gak tau mesti lapor kemana klo gak ke CCS. Ya itu tadi kali ya, risiko kerjanya emoticon-Smilie
yg msh pd kerja disana memang betul2 org yang mulia, hehe...bukan ane mau jelek2 in gan..cm share pengalaman aja
bagi kami tanggalan di kalender semua berwarna HITAM !!!!
cb deh nanti kl agan emg jd masuk, perhatiin semua org2 nya, benr gak ky yg sy bilang,,
ini jg ada sedikit share dr teman2 call center provider merah
cekidot gan http://tendean39.blogspot.com/2008/0...odel-baru.html
take home paynya setahun dapet berapa gan ? emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
kagak ada gan, yg ada ane harus bayar penalty karna resign sblum kontrak berakhir, haha
ijabsah...
eh ijasah...masih di sita gan
hoho
bijimane tuh jikalau nasib karyawan begeto?? emoticon-Matabelo
di syukurin gan dpt kerja susah.
gw lulusan sarjana S1 pernah kerja gini juga dulu...

Thumbs up 

pasti gan, bersyukur udh dpt pengalaman
hehe.. tp skrg kerjaan udh jauh lbh baik
kemarin gw dapet panggilan call center
ndilalah nya hari ini bangun kesiangan, jadi terpaksa gak ikut interview..

pas gw baca ini di kaskus, gw ngerasa alhamdulillah bgt ternyata call center segitu seremnya yak.. hahahaha

kagak dah.. call center and marketing adalah dua dunia yang bukan diri gw sama sekali emoticon-Big Grin
salam mantan Call center gans! ane, mantan CC dari operator telepon yang warna merah..hehehe..singkatnya kita sebut saja si merah...ane posisi di jakarta rasuna said lt.9 hingga kantor hijrah ke BSD lt.9 juga di sebelah bsd plaza...masa kerja 2009 - 2011, ngalamin dari prabayar, sampe pascabayar.

Ngalamin juga ditampung sama 3 vendor,
1. PT. B***tek R**a E***i
2. PT. M****c*** E** S***na
3. PT. I******ia N*******a

Quote:Original Posted By siqodir

Pikir gw enak ya jd customer service atau call center karena kerjanya cm angkat tlp, ramah2 sm pelanggan, nolongin keluhan pelanggan...mulia bgt deh yg gw bayangin itu.


betul gans, hal yang sama dulu ane kira seperti itu...ternyata...emoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By siqodir

.. trus baru dah gw onboard alias taken kontrak sm vendor... ijasah SMA udah ditahn bro *jeratan mafia outsourching*


hal ini juga sama gans waktu ane di vendor yang pertama. namun kita satu batch menolak untuk kasih ijsah asli (dengan resiko dipecat). dan akhirnya batch lain tahu tindakan batch kita dan akhirnya kebijakan ini tidak jadi. (kasian batch yang sudah ngasih lebih dulu gans)

Quote:Original Posted By siqodir

ada Rule of The handle customer *halah apa pula lah itu...
Yang menuntut kita harus nanganin pelanggan tidak lbh dr 5 menit lah, AHT !!! haha... avarage help time.


hahaha..kalo di ane, AVT itu kepanjangannya Averae Hold time gans..hehe

Quote:Original Posted By siqodir

Kl kita handle pelanggan udh kelamaan, misal 15 menit aja untuk 1 pelanggan.. udh deh tu A**YA di miskol2 sm R*FM, bahkan sampe di samperin sambil disinisin gt “masih lama gak handle nya?jgn diulur2” lha bijimane mau mengakhiri pembicaraan pelanggan, katanya gak blh mutus...lha kl pelanggannya bnyak nanya??
blm lg kl udh didatengin TL, udh ngejogrog aka dah tu yg namanya Leader pake kostum biru2 di belakang kursi sambil ngelipet tangan.


sama gans, langsug didatengin, sambil kasih kertas yg ada tulisannya "jangan lama-lama", or "ada masalah apa?" jadi nggak pernaha da interupsi dari call masternya...

Quote:Original Posted By siqodir

Penderitaan tdk hanya sampai disitu, sial bgt dah kl udh nrima repeat call alias panggilan dr nomer yg sama dalm hari yg sama, itu kan artinya pelanggan gak dpt solusi dr tlp dy yg pertama sampe harus tlp buat yg ksekian kali. Nah..ini ni, kl udh kejadiannya ky begini... para agen harus buat case atau laporan biar masalah nya cepet diatasi, bikin case atau laporan kan kagak sedetik dua detik coy, blm jg laporan slese dibuat..cistomer udh nutup tlp nya karna gak mau tau kl masalahnya pengen cepet diselesein. Nah...laporan yg satu blum jadi... udah masuk dah tuh call dr customer yg lan.... “Selamat malam dengan Qodir bisa saya bantu....” Freak !! Freak !!! Freak !!!


apesnya kalo yang terima call tadi masuk ke agent senior, dia akan nyari ente sebagai agent yang handle tuh cust paling akhir, dan disuruh buat "tiket" pelanggannya (yg senior nggak bakal bantu)

Quote:Original Posted By siqodir

Makanya bertumpuklah laporan2 yg blm terselesai kan itu.... dan kpn kita harus nyelesein nya??? Pas jam makan atau istirahat coy !!!! ini kagak adil.............. waktu istirahat gw, waktu makan gw... tersita karena gw harus nyelesein bnyak laporan2. Mana hak gw??? Mana????


kalo ane ngakalinnya pada saat buat "tiket", kita minta waktu sebentar dari si customer, dan sebelumnya agan harus udah buat dulu "template tiket" nya, dengan cara buat di notepad atau apalah jadi langsung copas ajah. kan masalahnya paling itu itu aja...dan di tempat ane membolehkan hal itu jika terpaksa. bilang aja sama TL "hard komplain, mau tanganin? (tantang balik, yg udah udah TL juga ogah nanganin emoticon-Ngakak)

Quote:Original Posted By siqodir

blm kl call back alias tlp customer rese yg merasa sok penting, apa lagi pasca bayar, WHAT THE FUCK FOR YOU BICTH !!! emoticon-Najis (S)aking keselnya gw..


Emang gitu kelakuan pasca bayar gans..sok penting, sok kuasa, apalagi pelanggan PRIORITY..beuh..tambah belagu dah...

Quote:Original Posted By siqodir

Misal ya, gw masuk jam 9 pagi, minimal stengah jam sblm ny gw harus udh ngejogrog duduk di depan PC sialan itu buat nyiap2 in software dan segala tek2 bengeknyah. Apa2 an ini??? Bahkan gw kadang gak tenang jd gw udh di tmpt kerja satu jam sblm log ini. Kenapa???? Karena pasti gw harus cek Email dan pasti ada case atau laporan gw yg dibalikin.. !!!


paling isinya dari anak anak Call Handling oficer nya, yang minta kelengkapan data gans, kayak lokasi, keterangan di hp, sinyal, dll dah...ane waktu nubi sering alamin hal ini dan sering kena coaching dari TL juga...

Quote:Original Posted By siqodir

Tiap mau brangkat kerja rasanya ada yg bisik “udah lu keluar aja, mau lu jd kurus, trus jerawatan karna stres..trus diputusin pacar karna jam kerja yg gak tentu??”


sama gans, ane juga pernah diancem di putusin kalo nggak dapet kerja yang bener...

Quote:Original Posted By siqodir

Gw yakin gak cm gw g ngalamin begini, temen2 agen yg lain jg, cm gak bs ngunkapin aja, lha sm sape kita bs ngadu??? Gt deh gan sedikit cerita gw jd call center provider si biru yg iklannya suka nipu. Sebenrnya gaji gw kemarin itu halal kagak sih??? Haha


hahaha...ane rasa kalo sesama mantan CC ngumpul dimari, pasti juga bilang hal yang sama gans... gaji kita? mudah mudahan halal gans..kan niat kita kerja..hehehe...

Quote:Original Posted By siqodir

Skrg gw udh jauh lbh baik gan, kerjaan sesuai passon, waktu masih bs diatyr.. hak2 masih bs di dapat..dan yg jelas kagak sering ribut lg sm pacar, hahay... tp banyak hal positifnya kok gan, gw jg berterima kasih karna udh ksh pengalaman hidup buat gw... semoga selalu jaya yah telekomunikasi indonesiyah, yg masih bertahan bahkan udh pada naik pangkat gw salut deh...brarti kalian org2 tahan dengan segala takanan dan ujian pendritaan hidup. Semoga selalu sukses


Amiin gans..sama sama...semoga rekan rekan yang ada di dunia CC bisa lebih terbuka pikirannya untuk bisa cari kerjaan yang lebih baik

Quote:Original Posted By siqodir

ini jg ada sedikit share dr teman2 call center provider merah
cekidot gan http://tendean39.blogspot.com/2008/0...odel-baru.html


yup, waktu migrasi system and kantor dari rasuna said ke BSD, ane sempet dipindahin ke tendean 39. dan memang mereka cerita sama seperti yg ada di blog tersebut. dan anehnya ada perbedaan THP dan tunjangan antara anak anak tendean 39 dengan yg dari Rasuna said


Quote:Original Posted By mahointhehouse
take home paynya setahun dapet berapa gan ? emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


ane di jaman 2009-2011 :
GP 1, 4 juta
Kehadiran full 28 hari kerja 300 ribu
insenfting night shifting 23.00 - 07.00 , 200 ribu
tunjangan bahasa inggris (jika agent bhs inggris) 100 ribu
tunjangan transport malam per hari : 20 ribu
(jika pulang diatas jam 23.00, sebelum jam 07.00 jika naik motor sendiri. tunjangan ini tidak diberikan jika ikut fasilitas antar jemput karena ada absennya)

Nah, tinggal hitung aja yah gans..hehehe...


Quote:Original Posted By siqodir
kagak ada gan, yg ada ane harus bayar penalty karna resign sblum kontrak berakhir, haha
ijabsah...
eh ijasah...masih di sita gan
hoho
bijimane tuh jikalau nasib karyawan begeto?? emoticon-Matabelo


widiiww...masih ditahan gans??

Quote:Original Posted By idola remaja
di syukurin gan dpt kerja susah.
gw lulusan sarjana S1 pernah kerja gini juga dulu...


ane masuk sini juga sebagai lulusan S1 gans...ane syukuri, buktinya tahan 2 tahun....


Quote:Original Posted By angga386
kemarin gw dapet panggilan call center
ndilalah nya hari ini bangun kesiangan, jadi terpaksa gak ikut interview..

pas gw baca ini di kaskus, gw ngerasa alhamdulillah bgt ternyata call center segitu seremnya yak.. hahahaha

kagak dah.. call center and marketing adalah dua dunia yang bukan diri gw sama sekali emoticon-Big Grin


coba aja sebentar gans, buat batu loncatan, hehehe...