alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5283fb4b128b461b18000002/ask-yg-tau-tarif-progresif-pph-21-orang-pribadi-bantu-ane-gan
[ask] yg tau tarif progresif pph 21 orang pribadi bantu ane gan
ane minta bantuan nih gan, cara hitung tarif progresif pph 21 orang pribadi yg PKP-nya diatas 500 juta itu gimana? mohon pencerahannya gan emoticon-Matabelo
pokoknya udah aman gan
coba tanya ke subforum hukum, atau subforum lain yang berkaitan lainnya gan, ane bukan orang hukum soalnya. gak ngerti masalah uu.

pake consultant pajak aja gan....murah koq palingan sekitar 500 rb jasanya
up dulu gan
salah kamar goblok
trit sampah
misal pkp = 500juta, penghitungan PPh:
5% x 50juta
15% x 200juta
25% x 250 juta

lalu ditotal aja, itulah jumlah PPh pasal 21 selama 1 tahun
Quote:Original Posted By neverposting
misal pkp = 500juta, penghitungan PPh:
5% x 50juta
15% x 200juta
25% x 250 juta

lalu ditotal aja, itulah jumlah PPh pasal 21 selama 1 tahun


atas ane fiskus gan emoticon-Matabelo
tanya ke forum yg bisa jawab ni pertanyaan gan.. jangan di lounge
Quote:Original Posted By tonny169


atas ane fiskus gan emoticon-Matabelo


amin gan. ane cuma lulusan D3 akuntansi kok gan, baru lulus
Quote:Original Posted By neverposting
misal pkp = 500juta, penghitungan PPh:
5% x 50juta
15% x 200juta
25% x 250 juta

lalu ditotal aja, itulah jumlah PPh pasal 21 selama 1 tahun


makasih gan, ane cuma mau bandingin apa yg dosen ane kasih sama rumus di buku, dan ternyata beda.

yg di buku sama kayak yg agan jelasin ini, tapi kalau dari dosen misal pkp 260 jt
5% x 50 jt
15% x 250
yg seharusnya kan diatas 250 jt tarifnya sampe 25% emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By helmiee


makasih gan, ane cuma mau bandingin apa yg dosen ane kasih sama rumus di buku, dan ternyata beda.

yg di buku sama kayak yg agan jelasin ini, tapi kalau dari dosen misal pkp 260 jt
5% x 50 jt
15% x 250
yg seharusnya kan diatas 250 jt tarifnya sampe 25% emoticon-Hammer2



patut didebat tuh gan dosen ente. soalnya dosen-dosen di tempat ane ngajarinnya gini semua
Quote:Original Posted By neverposting



patut didebat tuh gan dosen ente. soalnya dosen-dosen di tempat ane ngajarinnya gini semua


maaf maksud ane dari 260 jt jadi:
5% x 50 jt
15% x 210 jt
jadi, yg 10 jt langsung dibablas ke tarif 15%. ane pernah debatin, bahwa besarnya tarif diambil dari besarnya PKP. yg artinya akumulasi, bukan besarnya tarif setelah dikurangi. tapi gk percaya emoticon-Hammer2

ane bilang gitu karna dosen ngira apa yg ada di ketentuan:
diatas 50 - 250 jt 15%
jadi, dosen liatnya setelah dikurangi tarif sebelumnya, bukan berdasarkan besarnya PKP

jadi curcol emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By helmiee


makasih gan, ane cuma mau bandingin apa yg dosen ane kasih sama rumus di buku, dan ternyata beda.

yg di buku sama kayak yg agan jelasin ini, tapi kalau dari dosen misal pkp 260 jt
5% x 50 jt
15% x 250
yg seharusnya kan diatas 250 jt tarifnya sampe 25% emoticon-Hammer2




tariff pasal 17 :
5% Rp 0 - 50jt
15% >Rp 50jt - 250jt
25% > Rp 250jt - 500jt
30% x > 500jt

untuk PKP 260jt, perhitungannya :
5% x 50jt =
15% x 200jt =
25 % x 10jt =

CMIIW
baca disni gansss : Cara Mudah Menghitung PPh 21 Bagi Suami Dan Istri Bekerja