Pagani Zonda R memulai debutnya di Geneva Motor Show 2007, menggunakan mesin 6.0 litre V12 M120 yang berasal dari mobil balap Mercedes-Benz CLK GTR. Zona kompetisi Zonda R adalah mobil khusus untuk lintasan balap seperti Ferrari FXX Evoluzione dan Maserati MC12 Corsa dibandingkan Zonda standar yang lebih berorientasi untuk jalanan.
Seluruh desain Zonda R terbilang baru dibandingkan Zonda standar, hanya 10% komponen Zonda F melekat di tubuh Zonda R. Horacio Pagani membangun Zonda R sebagai uji coba untuk komponen mobil penerusnya (seperti Ferrari 288 GTO dan F40) Zonda R pun berhasil mencerminkan sebagian keunikan bagi Pagani berikutnya.
Autoart berhasil mencerminkan semua karakter aslinya dalam bentuk diecast. Tingkat kedetailan mobil ini sangat tinggi, bahkan untuk komponen sekecil apapun. Bahan-bahan yang digunakan bukanlah sembarang bahan. Seperti seng, besi, plastik, dan chrome yang dibuat semirip mungkin dengan mobil aslinya.
Spoiler for Zonda R:
Cat asli pada mobil ini bukanlah cat yang digunakan di mobil-mobil pada umumnya. Pagani menyebutnya sebagai Carbotanium (campuran antara serat karbon dan titanium). Pencampuran kedua bahan tersebut bertujuan untuk mengurangi bobot sebanyak mungkin namun memiliki tingkat kekuatan bodi dan chassis yang luar biasa, sehingga cocok digunakan untuk balapan di lintasan.
Spoiler for Zonda R:
Nuansa interior Zonda R tidak seperti Zonda lainnya yang menggunakan kursi kulit yang lembut dan nyaman. Karena digunakan untuk tujuan balap, maka interiornya dibuat se-aggresive mungkin untuk menunjukkan jiwa pengemudi sesungguhnya.
Spoiler for Zonda R:
Gimana gan? Ekslusif banget kan gan Pagani Zonda R. Berniat membelinya gan?