alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5283b27041cb17f513000005/kenali-penipuan-jual-beli-online
Kenali Penipuan Jual Beli Online
Gan, mau sharing ni, ANE KETIPU MA PENJUAL OL SHOP
Dengan No rek: 0490409076 a.n. Rikrik Lengganawat

Kronologisny:
Ane ketemu iklan di http://bavvaria.tokobagus.com/
Pertama niat beli nintendo 3ds
awalny ditawar 1,65 jta, tpi ane minta 1,4 jta, akhirnya dikasi
Trus setelah deal, bskny ane hendak transfer lgsg
Sayangnya ane ga merhatikan betul:
1. Si agan penjual barusan ga lama jadi member
2. Barang dagangannya sepertinya dikopas dari orang lain
3. Rayuannya kuat, pake nelpon di saat terakhir (Kalau penjual rayu" gitu harus lgsg curiga walau dgn alasan apapun mcm BU, berobat, atau sewa motor)

Pertama ane blg ga jadi beli sama dia, cmn dia blg dia bersedia turunkan harga jdi 1,3 juta termasuk ongkir, trakhir ane setuju dan langsung ke atm transfer

Setelah uang ditransfer, beliau tidak memberikan no resi sesuai yang dijanjikan, malahan dengan alasan lupa kirim karena pulang larut malam, esoknya beliau tidak bisa dihubungi lagi dengan nomor ane.

Jadi, ane coba pantau iklan lainnya di tokobagus, dan muncullah iklan baru dengan nomor HP BARU.. Hebat.. Jadi ane coba hubungi

Trus beliau malah karang cerita, dibilangny ni hp yg injeksi sudah dibelinya dari pemilik sblmnya, bla3x
Trus stlh agak lama, ane pakai no Hp lain pura" ingin membeli barangnya, minta nego
Ternyata...
Dia masih respon. Berarti sudah asli penipuan.
Saya cek di iklannya, ternyata sudah terhapus

Habislah 1,3 juta ane. Betul la memang lagi sial.

Jadi, ane coba call layanan BCA. Diberitahu untuk melengkapi data yang diperlukan untuk mengajukan claim uang balik. Tapi tidak garansi 100% bisa.

So, ane berencana mengunjungi kantor polisi terdekat untuk membuat surat keterangan pihak kepolisian. Semoga saja tidak diperberat dan semoga uang saya masih bisa dikembalikan.

[UPDATE]
Ane mengurungkan niat mengurusi ke kantor polisi dengan keyakinan besar uangnya sudah ditarik oleh si penipu itu (soalnya sudah 2 hari)
Ane cuma bisa coba ikhlaskan dan tetap tabah. Anggap ini membuang sial.
Mungkin ini ujian dari Tuhan
Dengan ini juga, ane bisa belajar lebih hati" dalam segala hal
Ane tetap berdoa
Semoga agan" sekalian tidak mengalami hal yang saya alami ini, kalau misal agan nemu atau curiga ada aksi penipuan, saran saya bantu sebarkan atau beritahu pihak pengiklan. Untuk yang sudah jadi korban agar segera melapor dalam 24 jam dan jangan bilang ke penipu untuk balikkan uang agan biar dia ga cepat" tarik uangnya. Lapor dan kontribusi juga di www.datapenipu.com
Dan share di forum, nulis artikel dll
Saran terakhir ane:
- Hindari terima telpon dgn seller karena bisa dirayu bahkan dihipnotis
- Hindari transaksi dengan seller yang minta DP sebelum COD
- Hindari transaksi dengan seller yang menjual barang dgn harga sangat jatuh
- Hindari transaksi dengan seller yang tidak mau diajak rekber atau COD dengan seribu alasan
- Hindari transaksi dengan seller yang tidak jelas dalam menampilkan barang dagangan (tidak juga bisa memberikan gambar lanjutan permintaan agan lewat bbm atau whatsapp)
- Hindari transaksi dengan seller yang menampilkan gambar dagangan yang sama dengan sumber lain atau tiruan atau dari mbak google
- Hindari transaksi dengan seller yang sangat mudah deal harga dan tidak berusaha mempertahankan harga jualnya (Walaupun tidak selalu begitu; tapi pada kasus ane begitu)
- Hindari transaksi dengan seller yang baru join/ gabung FJB (kebanyakan penipu)
- Hindari transaksi dengan seller yang reputasinya dipertanyakan (sekali lagi lebih baik jangan)
- Hindari transaksi dengan seller yang memang sudah dilapor di www.datapenipu.com
- Hindari transaksi dengan seller yang susah kali diajak COD seperti tidak mau jumpa di tokonya (mungkin takut ditangkap) atau bilang lagi di luar kota
- Hindari transaksi dengan seller yang menampilkan alamat palsu (setelah dicek tentunya)
- Hindari transaksi dengan seller yang membuat blok jual beli barang di blokspot dan tidak jelas biodata dll
- Hindari transaksi dengan seller yang menampilkan barang dagangan dengan resolusi gambar sangat kecil (untuk memperdaya pembeli)

Semoga bermanfaat. Banyaklah berbuat kebajikan dan berdoa.
emoticon-Angkat Beer emoticon-Blue Guy Cendol (L)
semoga agan cepet dapet rezeki yg lebih besar emoticon-Smilie
anggaplah sebuah teguran dan cobaan dari tuhan
mungkin ada harta gan yg belum tersalurkan buat para yatim/fakir
bunga nih buat Ts emoticon-rose
ts jangan sedih ,banyakin istighfar
jangan lupa simpen bunga dari ane emoticon-shakehand
turut emoticon-Berduka (S) gan, semoga pelaku bisa terungkap.
klo mau jual beli diluar kaskus utamakan cod, apabila beda wilayah utamakan REKBER emoticon-Cool
Ane gak mau kenalan ama penipu gan...
Sakit gan... Sakit rasanya....
emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Marah
Lebih baik cod atau rekber gan
Klo penjual gk mau, lebih baik gk usah beli
Yg tabah aja ya gan
Semoga rejeki ente diperlancar Tuhan
Kalo mau aman pake rekber dong gan, apalagi itu uang tidak sedikit lho emoticon-Ngakak
hati2 juga sama penipuan pre-order. apes banget ane karena pengalaman ini -,-
Yah ditunggu lagi aja gan...
Semogq cpet beres gan amin
laen kali hati hati gan
Makasih gan buat commentny, ane rasa ga perlu lagi la lapor ke polisi toh itu org pasti sdh kabur, alasanny:
1. Uang rekeningny sdh ditariknya
2. Kemungkinan sdh tutup rekening dan buat yg baru
3. Orgny mobile dan tdk ad alamat jelas
4. Ganti nomor
5. Habiskan uang, tenaga, dan waktu

Mungkin ini merupakan karma gue, penipu bakal tetap ada, cmn ke dpnny agan" harus lebih waspada betul..
makanya lain kali kudu ati2 gan belanja OL
sabar ya gan, kalo kita kurang teliti ya bgitulah akibatnya, ane juga gak mau sembarangan beli online.
nomor smartfren lokasi cirebon
nomor 3 lokasi semarang tapi bilangnya bandung emoticon-Cape d... (S)
hati2 gan kalo jual beli online emoticon-Cape d... (S)
di ikhlasin aja gan insyaAllah nanti di ganti sama yang di atas
di usahain cod sih gan kalo menurut ane

kalo kondisi jauh, lebih baik hati2 gan

emang susah sekarang mana yang nipu mana yangg nggak
diatas 500k mending rekber emoticon-Malu




Ancient History ~ www.bicanvas.blogspot.com
Quote:
hoy Silent Reader! emoticon-Kagets
kali kali jadi Noisy Reader napa? emoticon-Ngakak (S)


Ati2 kalo laporan sm pulisi gan. lapor ayam ilang2 bisa2 kambing ikut melayang emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By parjho.nawas
Ane gak mau kenalan ama penipu gan...
Sakit gan... Sakit rasanya....
emoticon-Mewekemoticon-Mewekemoticon-Marah


tapi klo dapat untungnya juga mau kan? emoticon-Ngakak
wah.. kedepannya harus lebih hati2 nih...emoticon-Bingung (S)