alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Hukum Seorang Istri Saat Mengucapkan Talak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52839746feca17904d00000c/hukum-seorang-istri-saat-mengucapkan-talak

Hukum Seorang Istri Saat Mengucapkan Talak

Assalamu'alaikum...
Selamat Malam...

mohon pencerahannya. kalau istri mengucapkan talak, mau bercanda maupun serius apakah hukumnya sama seperti seorang suami saat mengucapkan talak atau cerai ?

mohon maaf kalau salah kamar. jika salah kamar monggo di tegur dengan baik dan berikan petunjuk.

Wa'alaikumsalam...
Selamat Malam...
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
Setau gw cuma suami yg bisa jatuhin talak emoticon-Bingung (S)
CMIIW
Quote:


iya kyknya cuma suami yg bisa jatuhin talak
klo istri kyknya kgk bisa dah

ts coba tanya ustad deket rumah lw emoticon-Malu (S)
Diubah oleh mauri_rooney
Quote:


pindah ke forum wedd atau spiritual aja emoticon-Big Grin

disini isinya jones emoticon-Big Grin

tapi setahu saya hanya suami yang bs jatuhin talak

Quote:

dlu ane prnah bhas ini d kls 3 klo tk salah, kok lpa lgi y emoticon-Cape d...

mngkin ini bsa mmbantu

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, bahwa istri Tsabit bin Qais datang kepada Nabi SAW, dia berkata, “Wahai Rasulullah, saya tidak mencela Tsabit bin Qais dalam hal akhlak dan agama, tetapi saya tidak suka kekafiran setelah keislaman (takut tidak memenuhi haknya sebagai suami).” Maka Rasulullah SAW bertanya, “Apakah kamu mau mengembalikan kebunnya (yaitu maharnya).” Ia menjawab, “Iya.” Maka Nabi SAW bersabda (kepada Tsabit), “Terimalah ladang itu dan ceraikanlah.” (HR Bukhari).

Melihat peristiwa yang ditanyakan, maka ini merupakan khulu’ karena di sini istri meminta kepada suaminya untuk diceraikan dengan mengembalikan mahar kepada suaminya dan si suami menceraikannya atas hal itu.
Quote:


Wa'alaikumsalam

Habis berantem hebat kah ? Lama2 serem juga ya, dikit2 talak.. emoticon-Berduka (S)

Efek kebanyakan nonton gosip kah ini ? emoticon-Hammer (S):

Silahkan ke forum wedding, forsup atau mungkin ke myquran.org.. Atau ke ustadz terdekat yang lebih kapabiitasi.. emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh sugaryrafuma
Quote:


berarti tetep suami kan yg mencerai?
Quote:

YA, brarti enak dong jdi cowok bsa nahan istri emoticon-Ngakak emoticon-Peace
Quote:


ya emoticon-Big Grin kudu minta , dan itu ada 1 lagi sebabnya tuh emoticon-Big Grin ,suaminya kan itu selain islam jadi... isi sendiri wek emoticon-Stick Out Tongue
Quote:


setahu saya istri berapa kali pun mengucapkan talak tidak berlaku....kecuali dari pihak suami....

kalaupun istri meminta talak (kepada hakim, kalau disini ya ke pengadilan agama), terlebih dahulu harus kuat alasannya, antara lain tidak dinafkahi lahir batian selama beberapa waktu, kdrt, atau sebab 2 lain yang memang kuat jika menjadi landasan permintaan talak...


Quote:

istri bisa, tapi lewat hakim.....kewajiban suami masih tetap ada hingga masa iddah (untuk talak raj'i/talak 1 dan talak 2) sedangkan untuk anak suami wajib menafkahi hingga mereka dewasa..

jadi apabila pihak suami yang mendapatkan keistimewaan menceraikan adalah karena besarnya tanggung jawab dari seorang suami terhadap istri dan anak...dan lagi seringkali perempuan lebih mudah lepas emosinya, klo hak tersebut sama antara laki-perempuan, entah berapa banyakl pasangan yang bercerai setiap harinya...saya sendiri belum pernah mengucapkan hal tersebut, namun istri udh lebih dari 3 kali (di waktu yang berbeda) mengucapkannya...sampai datang ke pa, namun karena alasan yang ga jelas, ujung-ujungnya kembali lagi deh ke pelukan saya..asal ga ada kompor, api pasti bisa cepat padam...

Quote:


kalau istri mau cerai bisa kok, tinggal ngajuin aja ke pengadilan agama, beres dah....klo sekarang mau yang laki atau yang perempuan kalau mengajukan cerai tetap saja lama prosesnya
Diubah oleh time2saygoodbye
Quote:


kalo istrinya dah gak mau dikelonin buat apa ditahan emoticon-Embarrassment

Quote:


isinya titik-titik emoticon-Hammer (S)
Quote:


kalo istri ga mau ya pisah kamar aja duliu...klo mentok ya ke p.a gitu aja kok susah, mumpung masih belum tua, ntar kalo makin tua makin susah dapat penggantinya...
Nyeri nyeri nyeri moal beunang diubaran
Quote:


o gt ya om emoticon-Malu
tp smga aja bini gw ntar gak minta cerai emoticon-Hammer
sayang si TS ga cerita masalah kenapa sampe ngmng gitu ya emoticon-Big Grin kali aja lagi masa masa labil pernikahan makanya begitu emoticon-Malu
Quote:


kalo minta cerai paling kangen sama ortunya tuh om...dulu bini ane beberapa kali bilang begitu ujung2 pulang kampung...untungnya pas parah2nya ada ustad yang kebetulan datang ke rumah mertua, dan akhirnya keluarga mertua ga bisa ngabulin permintaan bini karena syarat talak sama sekali nggak terpenuhi...klo ga ada anak sih waktu itu udh siap lepas aja...tinggal ubah status di fb pasti ada yang kasih perhatian emoticon-Ngakak

tapi ane sekarang juga lagi bermasalah....entah gimana nanti endingnya....yang pasti di laut pasti masih banyak ikan, tinggal ngelepas jala di waktu yang tepat aja...

Quote:


namanya pernikahan om, pasti pasang surut, tinggal kedewasaan dalam menyikapi masalah yang timbul...

tapi emang sekarang lagi musim cere....
Diubah oleh time2saygoodbye
Quote:


Parah banget ente Gan.. Cerai seenak jidat.. emoticon-Berduka (S)
Quote:


ane selama ini ga pernah ngucapin sama sekali om....bini yang dulu beberapa kali....dan ketika bini udh sempat konsultasi ke p.a mentok karena alasan cere ga terpenuhi....ketika pindah rumah baru deh mingkem sampe sekarang...intinya sih dia ga kerasan di rumah mertua, sampe sekarang aja paling susah kalau di ajak nginep di rumah ortu ane....ane sih ngalah aja om, daripada pisah kan lebih baik nyari solusi untuk mempertahankan....

tapi kalo mentok...ya gimana lagi...masih banyak kan ikan di laut...
Diubah oleh time2saygoodbye
dimana kesakralan pernikahan kalo ada masalah dikit bilang cerai??

lu kira pacaran kali emoticon-Cape d...

bingung ama kaum skrg
Quote:


gmn kalo elu di gurun bray ? emoticon-Ngakak (S)

di SAMARA in dong ah ,jgn cere mulu dipikirin emoticon-Big Grin
Quote:


Ente ngga jadi belajar ? emoticon-Malu


*ngacir.. entar di marahin upil.. ................emoticon-Ngacir
Diubah oleh sugaryrafuma
Halaman 1 dari 2
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di