alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52839341becb172e50000001/8-tantangan-ekonomi-indonesia-di-masa-depan
8 Tantangan Ekonomi Indonesia di Masa Depan
8 Tantangan Ekonomi Indonesia di Masa Depan

8 Tantangan Ekonomi Indonesia di Masa Depan

8 Tantangan Ekonomi Indonesia di Masa Depan

Spoiler for Jika Berkenan ane mengharapkan ::


MOHON MAAF BILA ANE emoticon-Salah Kamar emoticon-Sorry

Quote:Menghadapi perkonomian di masa depan, Indonesia diyakini bakal menghadapi sejumlah tantangan yang harus diatasi. Terlebih lagi, Indonesia mulai semakin dekat dengan era globalisasi ekonomi yang tak lagi bisa dihindari.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dalam sambutan The 2th Islamic Economics and Finance Research Forum di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang, Banten, Rabu (13/11/2013). mengungkapkan setidaknya terdapat delapan peringatan yang harus diperhatikan seluruh masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan perekonomian dimasa depan.

Kedelapan poin ini juga menjadi peringatan bagi Indonesia dalam menghadapi persaingan ekonomi global. Poin pertama dari peringatan tersebut adalah perekonomian di masa kedepan akan semakin terintegrasi ditandai adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan berlangsung pada tahun 2015.

"Globalisasi ekonomi ini tidak dapat kita cegah, kompetisi akan semakin ketat, semua itu memberi peluang sekaligus tantangan bagi kita" ujarnya.

Kedua, ekonomi masa depan akan ditandai fenomena teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin menunjukan intervensinya terhadap perekonomian. "Negara yang tidak mempunyai inovasi dalam pembangunan ekonomi, maka dia tidak akam mampu mengembang daya saing produk dalam negerinya. Ini juga menjadi pekerjaan rumah bagi kita," lanjutnya.

Peringatan ketiga adalah semakin tinggi tuntutan keadilan serta tuntutan penurunan kemiskinan secara global serta tuntutan untuk meningkatan kualitas kehidupan umat manusia. Hal ini akan dibarengi dengan makin tingginya tuntutan akan pembanguan ekonomi berkelanjutan yang merupakan peringatan keempat bagi Indonesia.

Hatta menambahkan poin kelima yang haru smenjadi perhatian adalah bergesernya kutub pembangunan dari barat ke arah timur terutama kawasan Asia Pasifik. Saat ini tercatat 48% pedagangan dunia berada di kawasan Asia Pasifik ditandai dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi.

"53% GDP dunia ada dikawasan ini serta 70% iklim investasi tergantung pada kawasan ini," jelasnya.

Keenam, lanjut Hatta, negara-negara barat akan mulai mengalami penuaan dimana lebih dari separuh penduduk dibelahan dunia barat dalam kondisi tua tahun 2025. Kondisi ini terjadi akibat kurangnya regenerasi yang membuat penduduk di Asia akan menjadi semakin produktif. "Soal produktifitas ini juga menjadi tantangan bagi SDM kita," katanya.

Dua peringatan terakhir yang harus diperhatikan indonesia adalah dunia tengah merumuskan tataran ekonomi global, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi, keseimbangan, dan berkelanjutan. Serta poin kedelapan adalah sekitar 23% penduduk di dunia merupakan umat islam yang tersebar diberbagai macam negara, yang akan memberikan kontribusinya kepada perekonomian dunia melalui konsep ekonomi syariah.(Dny/Shd)
yah begitulah gan , kalah saing ya gbs makan
wah 48 persen di asia pasifik emoticon-Matabelo

kita harus siap dan cari potensi yang ada gan
SDM kita konsumtif kapan jadi produktifitas kaya china emoticon-Embarrassment





Quote:
selingkuhan : marsilla emoticon-kiss bersahabat : mi.ya.bi emoticon-shakehand padepokan : tokomapan emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) studio : tukangpundung emoticon-rose
ekonomi diperburuk oleh maraknya korupsi gan
Indonesia harus kerja ekstra nih buat menghemat" sumber daya yg ad di indonesia ini
supaya bs berkelanjutan terus dan gak mengalami krisis
krn indonesia merupakan salah satu negara dgn kekayaan alam yg berlimpah
Quote:Original Posted By panfoods
ekonomi diperburuk oleh maraknya korupsi gan


Harus dihukum mati para biadab-biadab itu gan.. biar menimbulkan efek jera yang luar biasa yah...
Quote:Original Posted By darlinx


Harus dihukum mati para biadab-biadab itu gan.. biar menimbulkan efek jera yang luar biasa yah...


setuju gan emoticon-shakehand
×