alexa-tracking

amalan asyuro bagi orang islam

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52838aa959cb17871d000003/amalan-asyuro-bagi-orang-islam
amalan asyuro untuk muslim
maaf gan kalo tritnya kacau,soalnya masih newbie+bikinnya di hp
ane g ngarepin apa apa kecuali yang ane bagiin ini bermanfaat
langsung aja
MARI MANFAATKAN MOMEN HARI ASYURAH ( 10 MUHARAM/ 14 NOVEMBER) HARI YG PENUH KEUTAMAAN DAN KEMULIAAN DENGAN AMAL YG BAIK & BANYAK BERDO'A .....
Ulama' mengajarkan berbagai kebaikan di hari asyura diantaranya adalah:

1. Melapangkan nafkah utk anak dan istri, Fadhilahnya: Allah akan melapangkan org tsb sepanjang thun itu ( sunnah membelanjakan hadiah utk istri dan kluarganya di hari asyura ):irsyadul 'ibad

2.Memuliakan fakir miskin, Fadhilahnya: Allah akan melapangkan alam kuburnya:tuhfatul ahbab

3.Menahan marah, Fadhilahnya: Allah akan memasukan ke dalam golongan yg ridho dan di ridhoi-Nya :kanzunnajah was surur
4. Menunjukkan Jalan kbenaran kpd org" yg tersesat, Fadhilanya: Allah akan menyinarkan cahaya iman di dalam hatinya::kanzunnajah wassurur

5. Mengusap kepala anak yatim, Fadhilahnya: Allah akan menganugerahkan kebaikan di surga atas tiap" rambut yg di usapnya. ( klw bisa habis ngusap rambut ngasih hadiah kpd anak trsbt )::kanzunnajah was surur

6. Bersedekah, Fadhilahnya: Allah akan menjauhkan dari siksa neraka sejauh jarak seekor gagak yg terbang tanpa henti, dari kecil sehingga ia mati.:kanzunnajah wassurur

7. Memelihara kehormatan diri, Fadhilahnya: Allah akan mengaruniakan hidup yg senantiasa diterangi cahaya keimanankanzunnajah wassurur
8.Mandi sunnah, Fadhilahnya: tidak diuji dengan sakit berat pada tahun itu.kanzunnajah was surur

9. Bercelak, Fadhilahnya: tidak akan sakit mata pada tahun itu::kanzunnajah was surur

10.Membaca surat Al-ikhlas 1000 kali, Fadhilahnya: Allah akan memandangnya di akhirat dgn pandangan kasih sayang.kanzunnajah was surur

11. Memperbanyak sholat sunnah, Fadhilahnya: Allah akan menghapus dosa"nya,kanzunnajah was surur

12. Memperbanyak membaca Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Wa ni'man Nashir, Fadhilahnya: Insya Allah tdk akan mati di tahun itu,,,kanzunnajah was surur

13.Menjamu orng yg berbuka puasa, Fadhilahnya diberi pahala seperti seperti memberi sekalian orang orng islam berbuka puasa,,fathul mu'in
14.Berpuasa, Fadhilahnya di beri pahala seribu kali haji, seribu kali umroh seribu kali syahid dan di haramkan dari neraka,,kanzunnajah was surur
Nb. Amalan dan anjuran" tersebut dikembalikan pada keyakinan hati pembaca semuanya.
Sahabat Rosulullah SAW. Abdullah bin Abas ra. Meriwayatkan: Aku tidak pernah mendapati Rosulullah SAW. Menjaga puasa suatu hari karena keutamaanya dibandingkan hari" yg lain kecuali hari ini yaitu hari Asyura dan bulan ramadhan. ( Hadits Riwayat Muslim ).
Kebanyakanane ngambil dari kitab kanzunnajah was surur ama fawaidul mukhtar (yg irsyadul 'ibad)
By:ghodelp
sekian dari ane,moga moga aja bermanfaat
Nais Info gan.,.
Quote:Original Posted By kinjengg
Nais Info gan.,.

moga2 aja bermanfaat
btw agan pertamax
Lu nulis cerpen tentang apa sih ni
Quote:Original Posted By gnexus7
Lu nulis cerpen tentang apa sih ni



bukan cerpen gan,tapi amalan sunnah buat muslim besok
ok, insya allah ane puaasa
Quote:Original Posted By ghodelp



bukan cerpen gan,tapi amalan sunnah buat muslim besok


Oooo panjang bgt soalnya
Gue kira cerpen emoticon-Ngakak (S)
Emang abis amalqn sunnah ntr dapet apa gan? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By henrynur46
ok, insya allah ane puaasa




alhamdulillah
thread ane bermanfaat
Quote:Original Posted By gnexus7
Oooo panjang bgt soalnya
Gue kira cerpen emoticon-Ngakak (S)
Emang abis amalqn sunnah ntr dapet apa gan? emoticon-Bingung (S)



kalau mau lebih panjang ane panjangin ganemoticon-Ngakak
dapetnya pahala gan
kita nanem didunia,panennya di akhirat
Insya Allah ane puasa gan. makasih infonya. emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By lontyfortyeight
Insya Allah ane puasa gan. makasih infonya. emoticon-thumbsup




sama sama gan,jangan lupa sekalian niatin puasa sunnah kamis
biar pahalanya tambah tebel
Quote:Original Posted By ghodelp

sama sama gan,jangan lupa sekalian niatin puasa sunnah kamis
biar pahalanya tambah tebel


setau gue sich, niat puasa tuh ngga ada yg di-dobel2 ...... emoticon-Smilie
kalo niat puasa asyura, ya niat itu aja.
kalo niat senen-menis, ya niat itu aja.
kalo niat puasa bayar, ya niat itu aja.
dsb.

maaf, amalan baik apapun, baik utk dikerjakan kapanpun.
Setau gue, sejarah dan hadits hanya menceritakan amalan puasa sunnah di hari 10 Muharram, karena di hari tsb, lah beberapa nabi ALLOH mendapat pertolongan.
Rasululloh SAW pernah berniat utk puasa di 9 Muharram, namun usia beliau tak sampai.

Sementara amalan2 lainnya, sayangnya ngga ada haditsnya yg shohih.
Awas Bid'ah. Kerjakan saja sebaik yg anda mampu, dengan niat beribadah, bukan dikait-kaitkan dengan Asyura.

Yang benar datangnya dari ALLOH SWT, yg salah datangnya dari saya.



Quote:Original Posted By adrifebri
setau gue sich, niat puasa tuh ngga ada yg di-dobel2 ...... emoticon-Smilie
kalo niat puasa asyura, ya niat itu aja.
kalo niat senen-menis, ya niat itu aja.
kalo niat puasa bayar, ya niat itu aja.
dsb.

maaf, amalan baik apapun, baik utk dikerjakan kapanpun.
Setau gue, sejarah dan hadits hanya menceritakan amalan puasa sunnah di hari 10 Muharram, karena di hari tsb, lah beberapa nabi ALLOH mendapat pertolongan.
Rasululloh SAW pernah berniat utk puasa di 9 Muharram, namun usia beliau tak sampai.

Sementara amalan2 lainnya, sayangnya ngga ada haditsnya yg shohih.
Awas Bid'ah. Kerjakan saja sebaik yg anda mampu, dengan niat beribadah, bukan dikait-kaitkan dengan Asyura.

Yang benar datangnya dari ALLOH SWT, yg salah datangnya dari saya.


maaf gan,untuk puasa ada 4 hukum,salah satunya yaitu sunnah dan masih terbagi ke beberapa cabang
dan dari semua puasa sunnah itu bisa digabungkan 2 niat (seperti asyuro+kamis)kalau agan mau lebih detail agan bisa telf ane
ane jabarin sejabar jabarnya beserta dalil
untuk amalan2 nya semua itu telah di nashkan oleh para ulama
Quote:Original Posted By adrifebri


setau gue sich, niat puasa tuh ngga ada yg di-dobel2 ...... emoticon-Smilie
kalo niat puasa asyura, ya niat itu aja.
kalo niat senen-menis, ya niat itu aja.
kalo niat puasa bayar, ya niat itu aja.
dsb.

maaf, amalan baik apapun, baik utk dikerjakan kapanpun.
Setau gue, sejarah dan hadits hanya menceritakan amalan puasa sunnah di hari 10 Muharram, karena di hari tsb, lah beberapa nabi ALLOH mendapat pertolongan.
Rasululloh SAW pernah berniat utk puasa di 9 Muharram, namun usia beliau tak sampai.

Sementara amalan2 lainnya, sayangnya ngga ada haditsnya yg shohih.
Awas Bid'ah. Kerjakan saja sebaik yg anda mampu, dengan niat beribadah, bukan dikait-kaitkan dengan Asyura.

Yang benar datangnya dari ALLOH SWT, yg salah datangnya dari saya.





Saya setuju sama agan.
Hati-hati bidah, karna dari yng diuraikan sebagian hadistnya Maudhu(palsu) dan kita dilarang menyandarkan ibadah kita pada dalil yg dhaif apalagi maudlu.
Mengenai niat untuk 2 ibadah... Memang itu suatu hal yg gak mungkin, tetapi jika orang tsb biasa puasa senin kamis dan dia puasa asyura yg bertepatan dengan kebiasaan puasa dia maka insya Allah dia mendapat pahala keduanya.
Mengenai tanggal 9 itu memang Rasul pernah memerintahkan puasa tgl 9 dan 10 muharam (ada juga yg menyebutkan 9,10&11; tapi riwayatnya lemah) dengan tujuan meyelisihi orang yahudi yg merekajuga puasa di tgl 10 untuk merayakan penyelamatan Musa as dari kejaran Firaun.
Quote:Original Posted By wahyu19
Saya setuju sama agan.
Hati-hati bidah, karna dari yng diuraikan sebagian hadistnya Maudhu(palsu) dan kita dilarang menyandarkan ibadah kita pada dalil yg dhaif apalagi maudlu.
Mengenai niat untuk 2 ibadah... Memang itu suatu hal yg gak mungkin, tetapi jika orang tsb biasa puasa senin kamis dan dia puasa asyura yg bertepatan dengan kebiasaan puasa dia maka insya Allah dia mendapat pahala keduanya.
Mengenai tanggal 9 itu memang Rasul pernah memerintahkan puasa tgl 9 dan 10 muharam (ada juga yg menyebutkan 9,10&11; tapi riwayatnya lemah) dengan tujuan meyelisihi orang yahudi yg merekajuga puasa di tgl 10 untuk merayakan penyelamatan Musa as dari kejaran Firaun.




hati-hati bid'ah?amalan kita banyak yg bid'ah gan
ada bid'ah sayyi'ah ada bid'ah hasanah
sajadah juga bid'ah kok
kaskus,hp semua bid'ah
tergantung cara makainya
kalau buat kejelekan ya sayyi'ah
kalau kebaikan ya hasanah
dan lagi,tidak semua amalan disandarkan ke hadits
semua di ambil dari qur'an, hadits,sahabat,salaf
dan kebanyakan amalan yg ane uraikan itu dari salaf
masih ngeraguin ikut salaf?dalil qur'an ada kok
bagi yg masih ragu atas yg ane post di atas
silahkan aja tanya
jangan langsung memvonis tidak karuan
ane baca gan.. tapi bingung knp TS ny ngga ngasih sumber dari Alquran & Hadits.. soanya sebaik apapun amalan ny klo gak da tuntunan ny bisa jadi bid'ah lho gan... emoticon-Takut
Quote:Original Posted By ariswiramuda
ane baca gan.. tapi bingung knp TS ny ngga ngasih sumber dari Alquran & Hadits.. soanya sebaik apapun amalan ny klo gak da tuntunan ny bisa jadi bid'ah lho gan... emoticon-Takut

owh ya gan
thanks atas perhatiannya
bentar y
ane edit dulu
bisa dicoba nih emoticon-Cool
Quote:Original Posted By aanevil
bisa dicoba nih emoticon-Cool


iya gan
sumbernya salaf semua kok