alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52833f6b19cb17e834000002/yang-agama-islam-masuk-penting
Yang Agama Islam Masuk (penting..!!!)
Sungguh membuat ane bingung dalam belajar lebih memahami Agama, ane kurang ilmu tentang agama, dan bagaimana ini bisa terjadi ? Tiga situs yg memaparkan Q.S. Al-Isra' 17:82 yg berbeda, entah ini unsur kesengajaan atau tidak ane berharap untuk dikoreksi lg kata2 nya yg benar, ini sungguh merusak nama baik Agama ane yg selama ini mengajarkan semua Al-Quran itu tidak ada isinya yg berbeda, bagi yg sering buka www.arrahmah.com mungkin bisa bantu penjelasannya, Thanks before...


http://quran.ittelkom.ac.id/?sid=17&...2&pid=arabicid
http://www.akhirzaman.info/islam/37-...isra-1782.html
http://www.arrahmah.com/kajian-islam...-ya-allah.html
Pertamax diamankan emoticon-Malu (S)

by the way ane juga ilmunya masih cetek gan, ane juga mau nanya nih, disitu tertera

"Allah subhanahu wata’ala berfirman:

وَنُنَزلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ الظالِمِينَ إِلا خَسَارًا -
“Kami telah menurunkan ayat-ayat Al-Qur’an untuk menjadi obat dan rahmat bagi orang-orang beriman. Adapun orang-orang kafir, ketika mereka mendengar bacaan Al-Qur’an, mereka semakin sesat karena mendustakannya.” (QS Al Isra, 17: 82)

sedangkan di web lain tertera :
"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. "

Yang ane mau tanya "Kami" itu siapa gan? emoticon-Bingung (S)
emoticon-Ngakak ente browsing dl dech ilmu nahwu di mbah...pasti ente paham,- klo ente ngarti ilmu nahwu...pasti ga bakal bikin trit begini...emoticon-Cendol (S)
bawah ane guru agama gan emoticon-Ngakak
Maaf gan, sebaiknya kalo agan mau tanya makna dari suatu ayat, jangan cari tahu dari ustadz keyboard. Datangilah ustadz atau kyai terdekat yang memahami Tafsir Al Qur'an, Ilmu Nahwu dan Ilmu Shorof, sehingga pemaknaan lebih tepat karena rujukan mereka kitab2 ulama besar yang jelas sanadnya.
Kebanyakan jaman sekarang (khususnya ustadz keyboard) ngartiinnya asal2an gan
Quote:Original Posted By kenken808
emoticon-Ngakak ente browsing dl dech ilmu nahwu di mbah...pasti ente paham,- klo ente ngarti ilmu nahwu...pasti ga bakal bikin trit begini...emoticon-Cendol (S)


nah ane bikin trit ini biar ane paham yg sebenarnya itu gimana, skrg mumpung ada ente yg uda tau coba kasi sedikit gambaran ilmu nahwu itu gimana, biar ane lebih yakin ma komentar ente gan emoticon-Smilie

kalo agan bener2 mau mendalami agam, ane saranin agan nyari guru yang agan percaya.....
setau ane belajar islam harus ada gurunya, g boleh hanya dari buku apa lagi menafsirkan sendiri.....
ane pernah denger kalo belajar hanya melalui majalah islam, buku islam, blog islam sejenisnya.... gurunya adalah SYAITON


semoga bermanfaat
Quote:Original Posted By januardiyogie
Pertamax diamankan emoticon-Malu (S)

by the way ane juga ilmunya masih cetek gan, ane juga mau nanya nih, disitu tertera

"Allah subhanahu wata’ala berfirman:

وَنُنَزلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ الظالِمِينَ إِلا خَسَارًا -
“Kami telah menurunkan ayat-ayat Al-Qur’an untuk menjadi obat dan rahmat bagi orang-orang beriman. Adapun orang-orang kafir, ketika mereka mendengar bacaan Al-Qur’an, mereka semakin sesat karena mendustakannya.” (QS Al Isra, 17: 82)

sedangkan di web lain tertera :
"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. "

Yang ane mau tanya "Kami" itu siapa gan? emoticon-Bingung (S)


Kami itu maksudnya Allah gan, kan yg nurunin firman itu Allah

dan alasan kenapa arti dari ayatnya berbeda itu karena penterjemahnya beda, tapi klo di perhatiin makna yang di sampaikan itu sama, cuma pemilihan kata aja yg beda

Quote:Original Posted By bangcelup
Maaf gan, sebaiknya kalo agan mau tanya makna dari suatu ayat, jangan cari tahu dari ustadz keyboard. Datangilah ustadz atau kyai terdekat yang memahami Tafsir Al Qur'an, Ilmu Nahwu dan Ilmu Shorof, sehingga pemaknaan lebih tepat karena rujukan mereka kitab2 ulama besar yang jelas sanadnya.
Kebanyakan jaman sekarang (khususnya ustadz keyboard) ngartiinnya asal2an gan


nah maka dari itu, ketika kita nemuin ini di dumay di sharing dulu kebenaranya, gimana coba kalo agama lain kebetulan tau dari temen ato kerabatnya mereka bisa berfikir negatif tentang agama islam atau paling tidak muslim yg ga ngerti seperti ane kebanyakan di kalangan remaja, bisa2 dia fikir yg engga2 kan
Quote:Original Posted By ice856


Kami itu maksudnya Allah gan, kan yg nurunin firman itu Allah

dan alasan kenapa arti dari ayatnya berbeda itu karena penterjemahnya beda, tapi klo di perhatiin makna yang di sampaikan itu sama, cuma pemilihan kata aja yg beda



itu penerjemah apa tidak ada aturan harus teliti terhadap kosa katanya ya ? paling tidak ga bole asal-asalan menerjemah harus sama semua agar kaum muslim yg masi awam bisa ngerti
Quote:Original Posted By hendru69


nah maka dari itu, ketika kita nemuin ini di dumay di sharing dulu kebenaranya, gimana coba kalo agama lain kebetulan tau dari temen ato kerabatnya mereka bisa berfikir negatif tentang agama islam atau paling tidak muslim yg ga ngerti seperti ane kebanyakan di kalangan remaja, bisa2 dia fikir yg engga2 kan


Mungkin sementara ini tidak usah pedulikan orang yang mencemooh agama kita gan, kita perkuat dalam diri kita lebih dahulu, caranya ya dengan menimba ilmu kepada guru yang jelas rujukan sanadnya.
di daerah agan pasti masih banyak kyai2 atau ustadz yang mengerti Tafsir, Nahwu dan Shorof gan emoticon-Salaman
utk TS. bahasa arab adalah bahasa yg paling sulit dan komplex, karena itu setiap orang rumpun melayu (termasuk indonesia atau malaysia) yg belajar bahasa arab, mengartikan Al-Qur'an kemungkinan hasilnya berbeda beda, tp biarpun hasil artiannya berbeda tulisan dlm Al-Qur'an (yg bahasa arab) tetap sama.

Yang tanya soal penggunaan kata "KAMI" silakan buka link ne
http://bin99.wordpress.com/about/pen...alam-al-quran/
https://www.facebook.com/notes/ar-ri...51664408031418
http://islamqa.com/id/606

semoga bermanfaat.
Quote:Original Posted By hendru69


nah ane bikin trit ini biar ane paham yg sebenarnya itu gimana, skrg mumpung ada ente yg uda tau coba kasi sedikit gambaran ilmu nahwu itu gimana, biar ane lebih yakin ma komentar ente gan emoticon-Smilie



kalo di kasi tau jadi enak gan...(nyontoh riwayat nabi khidir & nabi musa emoticon-Big Grin)
ane belajar nahwu doank 2 taun blom dapet apa2... emoticon-Hammer2 cuman satu kalimat doank "Bismillah" 2 taun kaga kelar2 emoticon-Hammer2

Spoiler for sedikit ttg ilmu nahwu:
Terkendala tatabahasa bisa jadi kacau gini. Buka qur'an lg deh
ane juga mau ikut mantengin dolo ah gan
itu lah gan, Maha Besar Allah... Walaupun Maha Besar dan tak ada yg mampu untuk menandingi, Allah senantiasa (maaf) low profile, artinya tidak sombong... sehingga "kami" itu adalah semua unsur yang ikut didalamnya. contoh, dalam turunya Al-Qur'an ada malaikat jibril, sehingga "kami" itu Allah dan malaikat jibril.
Agama islam itu indah gan, gak ada kesombongan d dalamnya.. CMIIW
Quote:Original Posted By januardiyogie
Pertamax diamankan emoticon-Malu (S)

by the way ane juga ilmunya masih cetek gan, ane juga mau nanya nih, disitu tertera

"Allah subhanahu wata’ala berfirman:

وَنُنَزلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ الظالِمِينَ إِلا خَسَارًا -
“Kami telah menurunkan ayat-ayat Al-Qur’an untuk menjadi obat dan rahmat bagi orang-orang beriman. Adapun orang-orang kafir, ketika mereka mendengar bacaan Al-Qur’an, mereka semakin sesat karena mendustakannya.” (QS Al Isra, 17: 82)

sedangkan di web lain tertera :
"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. "

Yang ane mau tanya "Kami" itu siapa gan? emoticon-Bingung (S)


Ane coba jawab gan, kalo kita artiin per ayat insya allah begini :

وَنُنَزلُ =dan kami turunkan
مِنَ الْقُرْآنِ = dari alquran
مَا هُوَ = sesuatu ( merujuk ke alquran
وَرَحْمَةٌ = dan rahmat

شِفَاءٌ = penawar/obat
لِلْمُؤْمِنِينَ = bagi orang-orang yang beriman
وَلَا = dan tidak (mengacu ke alquran
يَزِيدُ = menambah
الظالِمِينَ = kepada orang-orang yg zalim
إِلا = kecuali
خَسَارًا = kerugian

Dan untuk kami itu kata ganti Allah yg menurunkan Al quran melalui malaikat jibril.

Wallahualam bishawab
sangat bermanfaat buat ane emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By kenken808



Spoiler for sedikit ttg ilmu nahwu:


naah seperti agan di atas nih, harus paham Nahwunya dulu. Ane belajar juga ga mudeng2 gan sama kita emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By foedz


Ane coba jawab gan, kalo kita artiin per ayat insya allah begini :

وَنُنَزلُ =dan kami turunkan
مِنَ الْقُرْآنِ = dari alquran
مَا هُوَ = sesuatu ( merujuk ke alquran
وَرَحْمَةٌ = dan rahmat

شِفَاءٌ = penawar/obat
لِلْمُؤْمِنِينَ = bagi orang-orang yang beriman
وَلَا = dan tidak (mengacu ke alquran
يَزِيدُ = menambah
الظالِمِينَ = kepada orang-orang yg zalim
إِلا = kecuali
خَسَارًا = kerugian

Dan untuk kami itu kata ganti Allah yg menurunkan Al quran melalui malaikat jibril.

Wallahualam bishawab


kalo mengartikan dari ayat per ayat si tinggal nyari kamus bisa aja, cuma kalo makna, lain lagi gan, ada ilmunya sendiri. Soalnya kalo bahasa arab, beda harokat aja udah beda arti, beda makna nya gan, jadi ati2.
ane nyimak aja trit agama emoticon-Belo