alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5282ee5bfdca17bf51000003/meroya-sertipikat-hak-milikapaan-tuh-yakngapain-nih
meROYA Sertipikat Hak Milik??Apaan tuh yak....ngapain nih...
gan,
mau nanya nih, diantara agan2 ada yang tau dan pernah meROYA Sertipikat Hak Milik belom yee?
sharing dong gan inpo2nyaaahh,. bener2 buta nih ane,.

ane abis ngelunasin cicilan rumah di Bank Swasta gan, nah bis itu ane dikasih surat pengantar Tanda Lunas dan Surat Pengantar untuk meROYA Sertipikat Hak Milik Ane,.nahhh lohhh,..gtu gan ceritanyee,.


alhamdulillah akhirnya ROYA sertipikat ane kelar gan,.

nih penampakannya gan, setelah ane ke notaris untuk meroya, ane langsung ditawarin mau yang lama atau yang cepet, kalo yang lama bayar 1.5juta tapi kalo mau yang cepet 2.5jtaemoticon-Matabelo

meROYA Sertipikat Hak Milik??Apaan tuh yak....ngapain nih...

moga bermanfaat deh buat agan yang baru ngelunasin rumah atau sedang kredit atau yang udeh mau lunas atau buat yang udeh lunas tapi belom diroya
emoticon-I Love Indonesia (S)
Kalo ane tidak salah,
itu dari HGB ke SHM,,
kaya di upgrade gitu gan,,

bawa aja ke BPN,,
tapi jangan lupa fotocopy dl semua nya,,

nih yang agan bawa :
- Asli sertifikat atas tanah (dan bangunan jika ada), misal SHGB atau SHM –> sudah atas nama anda sendiri
- Asli sertifikat hak tanggungan (sehubungan dengan adanya APHT atas sertifikat tanah anda)
- Salinan Akta Jual Beli (AJB) atas kavling (dan bangunan)
- Asli Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
- Asli peta situasi
- Asli blue print denah/konstruksi bangunan
- Surat Keterangan Lunas dari Bank pemberi Kredit KPR
- Surat Pengantar Roya dari Bank pemberi Kredit

Baca ini aja gan

btw, selamat gan atas rumah baru nya
emoticon-Angkat Beer
bener tuh kata agan di atas..
klo kita KPR pasti ada muncul biaya Roya..
Ane belon ngerti gtoan gan
Quote:Original Posted By purnajual
gan,
mau nanya nih, diantara agan2 ada yang tau dan pernah meROYA Sertipikat Hak Milik belom yee?
sharing dong gan inpo2nyaaahh,. bener2 buta nih ane,.

ane abis ngelunasin cicilan rumah di Bank Swasta gan, nah bis itu ane dikasih surat pengantar Tanda Lunas dan Surat Pengantar untuk meROYA Sertipikat Hak Milik Ane,.nahhh lohhh,..gtu gan ceritanyee,.



kebetulan ane br ngurus gan ...
tanah/rumah ketika dijadikan jaminan itu kepemilikannya bkn sepenuhnya milik kita gan, jadi tanah/rumah yg di jadikan jaminan tidak bs di jual atau di turun wariskan selama belum di roya

surat pengantar Tanda Lunas dan Surat Pengantar untuk meROYA Sertipikat Hak Milik itu di dapat dr bank/bmt tempak agan menjaminkan tanah/rumah agan sebagai bukti agan sudah melunasi piutang agan..
klo agan sudah mendapatkan, agan ngurus lagi ke BPN setempat tanah/rumah itu berada sehingga kepemilikan tanah itu bisa jadi sepenuhnya milik agan..

brp lama waktu kepengurusan di BPN? beda2 gan tiap tempat/wilayah (bnyk faktor terutama di wilayah padat penduduk)
Coba bantu jawab y gan,meroya tu untuk menghapus atau mencoret nama bank yang ada di sertipikat rumah agan,agan dtg langsung aja ke BPN di tempat agan,nanti juga di bantu koq gan sama org BPN nya,semoga membantu.
Izin Nyimak ah gan,.. kali aja ntar ada yg nanyain ini ke ane.. emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By aphankjr
Kalo ane tidak salah,
itu dari HGB ke SHM,,
kaya di upgrade gitu gan,,

bawa aja ke BPN,,
tapi jangan lupa fotocopy dl semua nya,,

nih yang agan bawa :
- Asli sertifikat atas tanah (dan bangunan jika ada), misal SHGB atau SHM –> sudah atas nama anda sendiri
- Asli sertifikat hak tanggungan (sehubungan dengan adanya APHT atas sertifikat tanah anda)
- Salinan Akta Jual Beli (AJB) atas kavling (dan bangunan)
- Asli Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
- Asli peta situasi
- Asli blue print denah/konstruksi bangunan
- Surat Keterangan Lunas dari Bank pemberi Kredit KPR
- Surat Pengantar Roya dari Bank pemberi Kredit

Baca ini aja gan

btw, selamat gan atas rumah baru nya
emoticon-Angkat Beer


nah nantinye kite terimanya berupa apaa tugh gan?itu yang diROYA kan SHMnya, apa ada perbedaan dari SHM yang awal? tirimikisih gan btw
ane pernah belajar ginian gan Hukum agraria..tapi ane suka ga merhatiin dosen jadi lupa2 inget emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By Dor@yaki


kebetulan ane br ngurus gan ...
tanah/rumah ketika dijadikan jaminan itu kepemilikannya bkn sepenuhnya milik kita gan, jadi tanah/rumah yg di jadikan jaminan tidak bs di jual atau di turun wariskan selama belum di roya

surat pengantar Tanda Lunas dan Surat Pengantar untuk meROYA Sertipikat Hak Milik itu di dapat dr bank/bmt tempak agan menjaminkan tanah/rumah agan sebagai bukti agan sudah melunasi piutang agan..
klo agan sudah mendapatkan, agan ngurus lagi ke BPN setempat tanah/rumah itu berada sehingga kepemilikan tanah itu bisa jadi sepenuhnya milik agan..

brp lama waktu kepengurusan di BPN? beda2 gan tiap tempat/wilayah (bnyk faktor terutama di wilayah padat penduduk)


nah mumpung agan masih angett ngurusnye kemaren, agan boleh kirim pic gambarnya ga SHM yng diROYA bedanya apa gtu ama yang awal,.
tirimikisihh
Quote:Original Posted By purnajual


nah nantinye kite terimanya berupa apaa tugh gan?itu yang diROYA kan SHMnya, apa ada perbedaan dari SHM yang awal? tirimikisih gan btw


kalo ane gak salah, ada nama bank nya kalo yang lama,,
coba cek,,
atas ane tuh di jelasin emoticon-Angkat Beer
waahh... kalo meROYA ane ga tau, kalo Meruya sama Mayora ane tau gan... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
tengkyu bwt agan yg ksh info,.
sertifikat ane jg blm di Roya,.
kira2 kena biaya brp y gan?
Quote:Original Posted By edware2r
tengkyu bwt agan yg ksh info,.
sertifikat ane jg blm di Roya,.
kira2 kena biaya brp y gan?

Kurang lebih 500rb gan
Quote:Original Posted By purnajual


nah mumpung agan masih angett ngurusnye kemaren, agan boleh kirim pic gambarnya ga SHM yng diROYA bedanya apa gtu ama yang awal,.
tirimikisihh


SHM lg ga gw pegang gan.. yg pegang kakak gw

klo g salah coba di liat halaman bagian tgh klo g salah di situ tertulis klo sertifikat itu ada keterangan jadi jaminan ato ga
gapaham ane ngeroya,
kalo foya foya mah tau haha
Quote:Original Posted By purnajual


nah nantinye kite terimanya berupa apaa tugh gan?itu yang diROYA kan SHMnya, apa ada perbedaan dari SHM yang awal? tirimikisih gan btw


Menambahkan sedikit gan, dengan Roya akan menghapus hak tanggungan bank pemberi kredit pada sertifikat hak milik (SHM) agan, biasanya setelah melunasi kredit d bank SHM agan akan d kembalikan (ada 2 sertifikat 1 sertifikat hak tanggunan+APHT dan 1 SHM kepunyaan agan) untuk menghapus sertifikat hak tanggungan di buatlah surat pengantar Roya oleh bank bersangkutan yg menyatakan bahwa agan telah melunasi kewajiban agan d bank tsb, proses roya bisa melalui notaris atau pun langsung mengurus ke BPN. Tdk akan ada perubahan pada sertifikat agan, (hanya akan ada pencoretan pada lembaran yang mencantumkan tulisan bahwa sertifikat agan dilakukan pemasangan hak tanggungan oleh bank & perubahan d database BPN mengenai status SHM agan, kalo istilah d tempat ane "CLEAR" menandakan SHM tdk ada dalam hak tanggungan, sengketa, blokir, dll). Hal tsb penting apabila dikemudian hari SHM akan dibalik nama apabila terjadi proses Jual Beli, Hibah, Waris, atau agan akan mengagunkan kembali SHM agan ke bank. CMIIW, semoga sedikit membantu.
emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By NewTab


Menambahkan sedikit gan, dengan Roya akan menghapus hak tanggungan bank pemberi kredit pada sertifikat hak milik (SHM) agan, biasanya setelah melunasi kredit d bank SHM agan akan d kembalikan (ada 2 sertifikat 1 sertifikat hak tanggunan+APHT dan 1 SHM kepunyaan agan) untuk menghapus sertifikat hak tanggungan di buatlah surat pengantar Roya oleh bank bersangkutan yg menyatakan bahwa agan telah melunasi kewajiban agan d bank tsb, proses roya bisa melalui notaris atau pun langsung mengurus ke BPN. Tdk akan ada perubahan pada sertifikat agan, (hanya akan ada pencoretan pada lembaran yang mencantumkan tulisan bahwa sertifikat agan dilakukan pemasangan hak tanggungan oleh bank & perubahan d database BPN mengenai status SHM agan, kalo istilah d tempat ane "CLEAR" menandakan SHM tdk ada dalam hak tanggungan, sengketa, blokir, dll). Hal tsb penting apabila dikemudian hari SHM akan dibalik nama apabila terjadi proses Jual Beli, Hibah, Waris, atau agan akan mengagunkan kembali SHM agan ke bank. CMIIW, semoga sedikit membantu.


makasih banyak agan atas anee,..ane jadi terang benderang nihh,.kamsia gannemoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)
waduh inimah yg udah sepuh gan di bidang gituan ane mah ga ngarti

tapi ane ngucapin selamet gan atas rumahnya yg sudah jadi milik sendiri :beer