alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Basuki: Gara-gara Pintu Air Tidak Dibuka, Latuharhari Jebol
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5282de4ffeca178122000008/basuki-gara-gara-pintu-air-tidak-dibuka-latuharhari-jebol

Basuki: Gara-gara Pintu Air Tidak Dibuka, Latuharhari Jebol

Basuki: Gara-gara Pintu Air Tidak Dibuka, Latuharhari Jebol
JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kembali menegaskan, apabila Pintu Air Manggarai telah masuk Siaga I atau pada ketinggian 900 cm, pintu harus dibuka. Ia tidak mau kejadian jebolnya tanggul Latuharhari Kanal Banjir Barat (KBB) pada awal tahun 2013 kembali terulang karena Pintu Air Manggarai tidak dibuka.

"Justru gara-gara kemarin pintu airnya tidak dibuka, BKB juga jebol kan? Tenggelam juga," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (12/11/2013).

Menurut dia, kewenangan membuka Pintu Air Manggarai ada di tangan Gubernur DKI Jakarta meskipun pada akhirnya keputusan terakhir tetap ada di tangan Presiden RI. Sebab, apabila pintu air tersebut dibuka, yang akan terkena dampak banjir adalah Istana Negara dan sekitarnya, termasuk Balaikota Jakarta.

"Ya, paling kita lapor Presiden saja, mohon maaf Pak Presiden, kemungkinan Istana kerendem lagi, pintu airnya dibuka apa enggak? Ha-ha-ha," canda dia.

Berbeda dengan Pintu Air Manggarai, Basuki justru menilai normalisasi Waduk Pluit yang sedang dikerjakan sudah mulai ada hasilnya. Kawasan di sekitar daerah Waduk Pluit akan terkena dampak banjir apabila volume sudah melebihi batas normal. DKI hanya perlu mengoptimalkan fungsi pompa yang ada. Apabila tidak keburu untuk dikerjakan, rumah pribadinya yang terletak di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, juga akan ikut terendam banjir.

Basuki pun mengklaim telah memiliki beberapa tempat penampungan air hujan apabila intensitas hujannya tinggi, misalnya Cengkareng Drain, KBB, Kanal Banjir Timur (KBT), dan Cakung Drain.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan mengakui masih banyak genangan mengepung Jakarta apabila hujan terjadi. Daerah yang paling banyak tergenang adalah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Ia menjelaskan, banyak penyebab mengapa di Jakarta masih tergenang banjir. Penyebab paling utama adalah pengalihan fungsi tata ruang dan juga banyaknya bangunan-bangunan liar di pinggir sungai.

"Nah, seharusnya kali itu lebar, tapi sekarang kondisinya sempit. Misalnya Kali Mampang, Kali Krukut, Kali Grogol, seharusnya kedalamannya sampai 20 meter, tapi di lapangan ternyata banyak yang cuma tujuh meter. Kanan kirinya banyak bangunan liarnya juga," kata Manggas.
Urutan Terlama
emoticon-Matabelo udah kaya air bah gitu gan
itu yang bagian buka pintu aer kesiangan kali bangunnyaemoticon-Big Grin
Diubah oleh M4611NA
Waduh, level airnya sudah segitu tingginya ? emoticon-Cape d... (S)
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 11
terus maju pak ahok...ane tetep dukung demi perubahan yang lebih baik di jakarta
presidennya takut kebanjiran makanya ga dibuka,taunya jebol juga
walah sampe jebol ya parah
Quote:


dah ada update belom nih berita? nyalahin tukang jaga pintu air... emoticon-Ngakak (S) beda cerita sama jurus ternyata... emoticon-Big Grin

ada gak yah yang kepikiran wagiman yang dulu jadi mandor, gak becus? emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh tifotif
buset tinggi bener airnya emoticon-Matabelo
Wah kputusan utk buka pintu airnya gmn tuh?
udh lewat ini berita..


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di