alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5282d577f8ce176717000008/pahlawan-kereta-api-jpj
Pahlawan Kereta Api (JPJ)
Pahlawan Kereta Api (JPJ)
SelamatDatang


Terimakasih buat mimin dan momod serta para kaskuser , Thread ini menjadi HT#2
Spoiler for HT#2:


Selamat pagi para kaskuser , kita ketemu lagi nih emoticon-Salaman kali ini saya akan bahas tentang JPJ(Juru Penilik Jalan) emoticon-Malu (S)
Pasti agan semua banyak yang belum tau tentang susah nya jadi JPJ bukan? daripada penasaran yuk langsung ke TKP Pahlawan Kereta Api (JPJ)


Quote:Pahlawan Kereta Api (JPJ)
Ada satu pekerjaan yang mempunyai tanggung jawab besar tetapi pekerjaan yang satu ini dianggap kebanyakan orang tidak ada apa-apanya bahkan bukan menjadi suatu tujuan berkarir.
Menurut beberapa sumber yang saya dapat , juru penilik jalan kereta api ini bertugas melakukan pengecekan rel kereta api sepanjang wilayah teritorial sebuah stasiun kereta api yang jaraknya bisa berkilo-kilo meter. Tugas mulia yang diamanatkan PT KAI kepada juru penilik jalan (JPJ) merupakan suatu aktifitas rutin memeriksa mur, baut, atau penambat yang kendor secara detil lintasan kereta (rel), melalui penyusuran langsung. Aktifitas ini biasanya dilakukan menjelang sore hari hingga tengah malam, bahkan sampai pagi buta.Alasan yang dikemukan tak lebih dari faktor jadwal perjalanan kereta api yang jarang. Selain itu, malam hari sangat rawan bagi perjalanan suatu kereta api. Pencurian rel kereta api menjadi momok tersendiri bagi JPJ disamping karena faktor usia bantalan rel yang sudah tua. Oleh karenanya, bertugas di malam hari tidak membuat JPJ ini kecut, bahkan menjadi panggilan nurani untuk mengawal perjalanan kereta api selamat sampai tujuan.
Melongok aktifitas JPJ

Bagi petugas JPJ, berjibaku dengan dinginnya hawa malam tidak sebanding dengan tanggung jawab yang diembannya. Jika dalam pemeriksaan menemukan ketidakberesan, petugas JPJ harus segera menanganinya. Seperti, ada penambat rel yang kendor atau hilang, besi rel yang aus atau putus, serta bantalan yang rusak harus dikencangkan. Lebih dari itu harus segera mengambil tindakan.
Sebagai contoh, mengutip keterangan seorang petugas JPJ di Semarang dari sebuah harian media massa kota Semarang, Langkah yang harus diambil tindakan segera jika ditemukan titik rel yang rusak adalah memasang bendera warna merah sekitar 500 meter dari titik rel yang rusak. Hal Itu dilakukan sebagai tanda peringatan bagi masinis untuk menghentikan kereta yang dikemudikannya. Kalau kerusakan tidak terlampau parah, JPJ cuma memandu kereta yang lewat dengan mengibarkan bendera berwarna hijau. Maksudnya agar masinis menjalankan keretanya pelan-pelan.

Dengan melihat realita di lapangan, sudah semestinya ada komunikasi yang terarah guna mendukung efektifitas pengawasan kelaikan rel kereta. Berdasarkan kelengkapan alat kerjanya, menurut pengakuan seorang petugas JPJ, dalam bekerja petugas tidak dilengkapi dengan sarana komunikasi yang memadai, sehingga kalau ada temuan kerusakan harus sampai di stasiun dulu untuk melaporkannya. Komunikasi yang intensif antar petugas kereta api menjadi kewajiban yang harus diutamakan. Dengan pemanfaatan teknologi komunikasi yang canggih dewasa ini, saya rasa sebuah kepantasan bagi petugas JPJ untuk mendukung tugasnya. Ingat, Tidak semua petugas JPJ di daerah terpencil yang dilalui lintasan kereta api mampu membeli alat komunikasi, apalagi medan berat yang mengelilinginya.

Ada satu hal lagi yang menjadi keprihatinan terhadap tugas mulia ini. Bayangkan jika seorang petugas JPJ, memeriksa rel dengan menelusuri berjalan kaki hingga berkilo-kilo meter dan di suatu titik yang medannya jauh dari keramaian, ditemukan segerombolan pencuri besi kemudian dipergoki, bukan tak mungkin nyawa petugas JPJ ini terancam.

Seorang petugas JPJ sebut saja namanya Ali dan Wahono, dalam suatu harian media massa menceritakan seperti ini :

Saat bertugas malam, beberapa kali saya memergoki aksi para pencuri rel di jalur Semarang Gudang (Pelabuhan) yang memang sudah tak berfungsi. Namun karena jumlah mereka lebih banyak, Ali tak bisa berbuat apa-apa. Ia cuma bisa berlalu tanpa mengucap sepatah kata pun. "Yang berseragam saja takut, apalagi saya yang petugas pocokan ini.

Sampai di tengah jalan, ia memergoki serombongan pencuri besi rel kereta api yang tengah beraksi. Mereka mengenali Wahono sebagai petugas pemeriksa rel kereta. "Salah seorang dari mereka ada yang mengancam 'tugel wae gulune' (potong saja lehernya). Untung mereka tidak mempraktikkan ancaman itu. Daripada mati konyol, saya memilih segera berlalu dan melaporkan aksi pencurian tersebut kepada atasan," kisahnya.

Ya, menjadi juru periksa rel ternyata berisiko besar. Salah-salah, nyawa bisa menjadi taruhannya. Selain itu di balik pekerjaan yang terlihat remeh-temeh itu tersandang tanggung jawab berat. Terlebih di tengah maraknya aksi pencurian dan sabotase sarana dan prasarana kereta api seperti sekarang. Tapi ironis, meski memikul tanggung jawab yang tidak ringan, nasib juru periksa rel kereta api masih terabaikan. Kesejahteraan hidup mereka masih jauh dari yang diharapkan. Seperti Ali yang berstatus pekerja outsourching, tiap tahun harus memperpanjang kontraknya.

Pembaca yang budiman, di saat menjelang datangnya musim mudik tahun ini, bukan tidak mungkin menjadi beban tersendiri bagi petugas JPJ untuk memastikan rel kereta yang akan dilalui aman untuk dilewati. Lengah sedikit, salah-salah bisa disangkakan pasal pidana. Padahal dengan ketelitian JPJ, keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api menjadi dambaan semua. Oleh sebab itu, kita wajib memberikan apresiasi kepada pekerjaan yang satu ini. Janganlah kita berapriori dari kepedulian sesama insan. Sebagai pengguna jasa kereta api, saya mengajak kepada pembaca yang budiman untuk sekedar merenungkan pekerjaan yang mulia ini dan kita ceritakan serta sebar luaskan kepada anak cucu betapa besar peran mereka. Saya hanya berharap, semoga pemerintah bisa memperhatikan kesejahteraan dan kehidupan JPJ jauh dari yang diharapkan.


sumber

Spoiler for Wajib di Buka:


Terimakasih buat para agan semua yang telah mengunjungi Thread ane jangan lupa di emoticon-Rate 5 Star dan ane juga engga malu malu kalo di kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Kaskuser yang baik biasakan lah komeng

Spoiler for Jangan Di Buka:



Jangan Lupa Mampir Di Thread Ane Yang Lain emoticon-Stick Out Tongue
ASAL USUL SUSHI
1001 panorama bila naik kereta api
Bebagai Lokomotif Perkasa Di China
Melihat Pabrik Kereta Api Di Madiun
Jalur Kereta Api tertinggi Di Dunia
Berbagai Bentuk Kereta Yang Unik di Jepang(Baru!!)
emoticon-Cool emoticon-Cool
baru tau sekarang gan sejarahnya ane emoticon-Rate 5 Star
gajinya kecil gan
bener banget tuh gan..
pahlawan demi keselamatan kereta dan pengguna jalan lainnya...yang jaga pintu perlintasan juga gan pahlawan tuh..apalagi yang secara sukarela kaya di perlintasan2 yang tanpa palang pintu,kan yang jaga warga sekitar yang sukarela
emoticon-2 Jempol

!!!!...BAWAH ANE MAHO AKUT...!!!!
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
emoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najis

edited:
ternyata TS yang mahoemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

emoticon-Peace
Quote:Original Posted By StarSapphire
gajinya kecil gan


yups gaji tak sebanding dengan resiko emoticon-Frown
wah salut dah , tanpa jasanya kita ga bisa nikmati perjalanan nyaman dengan kereta api

emoticon-Angkat Beer terus semangat yah
Quote:Original Posted By this.is.pwt
bener banget tuh gan..
pahlawan demi keselamatan kereta dan pengguna jalan lainnya...
emoticon-2 Jempol


bener banget gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By this.is.pwt
bener banget tuh gan..
pahlawan demi keselamatan kereta dan pengguna jalan lainnya...yang jaga pintu perlintasan juga gan pahlawan tuh..apalagi yang secara sukarela kaya di perlintasan2 yang tanpa palang pintu,kan yang jaga warga sekitar yang sukarela
emoticon-2 Jempol

!!!!...BAWAH ANE MAHO AKUT...!!!!
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
emoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najis

edited:
ternyata TS yang mahoemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

emoticon-Peace


wkwkwk gila lu gan emoticon-Ngakak
nice share gan ..

emoticon-Rate 5 Star meluncur
nais inpo gan.. emoticon-Angkat Beer
salut sama JPJ.. emoticon-2 Jempol
ane bantu emoticon-Rate 5 Star
salut gan ane gan
emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By Lotuz88
nais inpo gan.. emoticon-Angkat Beer
salut sama JPJ.. emoticon-2 Jempol
ane bantu emoticon-Rate 5 Star


oke thanks gan emoticon-Cendol (S)
Sua lagi kita Gan!! emoticon-Angkat Beer

Oh gitu toh history nya emoticon-Matabelo


Pahlawan Kereta Api (JPJ) Atas Ane Mbahnya MAHO .. Bawah Ane udah MAHO JOMBLO lagi..!! Pahlawan Kereta Api (JPJ)
Pahlawan Kereta Api (JPJ)
semoga kesejahteraan mereka terangkat. minimal jd pns lah jgn outsourcing. Karena tidak semua org mau melakoni pekerjaan spt ini.
Quote:Original Posted By jigonk1
Sua lagi kita Gan!! emoticon-Angkat Beer

Oh gitu toh history nya emoticon-Matabelo


Pahlawan Kereta Api (JPJ) Atas Ane Mbahnya MAHO .. Bawah Ane udah MAHO JOMBLO lagi..!! Pahlawan Kereta Api (JPJ)
Pahlawan Kereta Api (JPJ)


bloody bitch! kalo kagak bisa ngasih komen berkualitas udah diam aja. mending jd silent reader yg sopan dripada jd newbie pengumbar junk macam loe
sebenernya emank itu th yang bikin berat,,,pekerjaan dan penghasilan jauh banget jaraknya,,,ana juga sempet diskusiin di forum tetangga(SEMBOYAN35 tempatnya RAILFANS) mengenai kesejahteraan para petugas2 KAI...kasihan mereka..tapi apa boleh buat,,,demi keselamatan penumpang pekerjaan itu harus di laksanakan,,,

________________________________
Gagal jadi kru KAI, tapi jadi RAILFANS..
sering ga diperhatikan petuga seperti ini :emoticon-Berduka (S)

malah kemaren ada yg meninggal gara2 dibunuh sama yg tukang curi besi rel dsb emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)





Pahlawan Kereta Api (JPJ)Pahlawan Kereta Api (JPJ)Pahlawan Kereta Api (JPJ)
haiii, add me gan
emoticon-Matabelo ternyata perjuangan nya ga berkahir di stasiun aja ya
Quote:Original Posted By jaunfuat
emoticon-Matabelo ternyata perjuangan nya ga berkahir di stasiun aja ya


bener tuh gan emoticon-Frown