alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52824e4219cb178234000003/sejarah-kerajaan-pajajaran
Sejarah Kerajaan pajajaran
SEJARAH KERAJAAN
PAJAJARAN

Assalamu'alaikum.wr.wb

permisi nih mimin momod agan aganwati,ane cuma mau share ,maaf acak2an karna bikin di hp ,yuk dibaca .


Spoiler for cerita:


Demikian thread yg ane buat,ane gak mengharapkan apa2,udah dibaca aja ane bersyukur. emoticon-Matabelo
Nyimak dolo ganemoticon-Belo
makasi share nya gan emoticon-Big Grin

btw tome pires itu siapa?
kalo pigafetta mah yang nulis log book magellan
panjang amir gan , ane bookmark dulu aja ya gan. Ijin CTRL+D dl ya gan emoticon-shakehand
Ane rasa ente bikin tritnya dari HP yah? emoticon-Cape d...
emoticon-Ngakak (S) thx gan infonya,,, ijin baca (geleng2 kepala karena tulisannya pendek2 emoticon-Ngakak (S) )
klo universitas padjadjaran ada hubungannya ga yah gan sama kerajaan pajajaran ? emoticon-Bingung (S)
pajajaran yah begini sejarahnya emoticon-Belo
gan tambah lagi materinya emoticon-Hammer2
sampurasun, pengen nimbrung ah. oh ya sebelumnya ane perlu bilang, bokap ane orang sunda, nyokap orang jawa, jadi jangan ngajak ane debat soal perang bubat.

dokumentasi sejarah sunda secara umum memang minim, apalagi hampir semua dirampok belanda. kadang untuk urusan mendasar seperti kerajaan pajajaran atau prabu siliwangi, banyak urang sunda sendiri bingung. tapi sekarang meskipun datanya minim, sudah ada penjelasan yg lumayan memuaskan soal kedua hal itu.

setahu ane, yg namanya kerajaan pajajaran memang tidak ada, karena (pakuan-pakuwuhan) pajajaran memang adalah nama ibukota kerajaan sunda (atau sunda-galuh) yg lokasinya ada di kota bogor, khususnya sampai sekitar rancamaya sekarang. memang ada kebiasaan menyebut sebuah kerajaan dengan nama ibukotanya, tapi secara definitif pajajaran itu kota, bukan negara kerajaan. kalau dicampur aduk, jadi bingung.

sebenarnya entitas kerajaan di tatar sunda memiliki riwayat paling lama di nusantara. eksistensinya membentang dari abad 4 hingga 16, 12 abad! tidak ada kerajaan lain yang bertahan selama itu. kerajaan sriwijaya bertahan 6 abad; majapahit yg paling perkasa pun hanya 207 tahun keberadaannya.

sejarahnya dimulai dari kerajaan tarumanegara konon berdiri di tahun 358, dengan ibukota juga di sekitar kota bogor. tarumanegara ini hampir sama tuanya dengan kerajaan kutai di kaltim yg dinyatakan sebagai kerajaan tertua di indonesia; sayang, setelah raja purnawarman, pamor tarumanegara merosot yg puncaknya di tahun 670 terpecah menjadi kerajaan sunda, dg ibukota tetap di pakuan pajajaran, dan kerajaan galuh dengan ibukota di kawali, dekat ciamis. batasnya sungai citarum.

Uniknya, wilayah kerajaan ini tidak banyak berubah. meskipun pernah menguasai wilayah selatan sumatera, dan sisi barat jawa tengah, wilayah khasnya adalah seluruh provinsi jabar + banten sampai sungai cipamali atau sekarang disebut kali brebes. jadi tidak benar kalo wilayahnya cuma kawasan parahyangan aja.

dalam cacatan sejarah, kerajaan tarumanegara dan sunda dianggap dua entitas terpisah. namun garis keturunan raja-rajanya adalah satu, dan ibukota selalu di pakuan pajajaran. kesinambungannya terkesan terputus, karena pamor kerajaan sunda perlu waktu lama untuk menyamai tarumanegara.

Selanjutnya, karena pamor sunda ternyata melampaui galuh, pada akhirnya kedua kerajaan ini bergabung kembali dengan nama kerajaan sunda-galuh (atau kerajaan sunda saja). tanggal pasti tidak diketahui, namun ditemunkan prasasti bertanggal tahun saka 952 atau tahun 1030 masehi. dalam prasasi ini dinyatakan bahwa sri maharaja jayabupati adalah rasa sunda yg tengah berkuasa, dan ia merupakan raja ke-20 kerajaan sunda, dan yag terakhir karena kerajaan sunda kembali meliputi wilayah kerajaan galuh.

kerajaan sunda-galuh ini sendiri, meskipun sempat terpecah lagi, mampu bertahan 6 abad dengan 14 raja setelah jayabupati, tepatnya sampai di tahun 1579, ketika maulana yusuf (anak maulana hasanuddin, pendiri kesultanan banten) menyerbu pakuan pajajaran. sebagian punggawa istana kerajaan sunda yg menolak ditaklukkan dan atau menolak dipaksa memeluk islam, pindah ke wilayah pedalaman di lebak, dan mereka itu yg kini kita kenal sebagai orang baduy.

bangsa kita memang terkenal suka ribut sendiri. kesultanan banten nantinya gantian diserbu dan dikuasai kesultanan cirebon. kesulatan cirebon mulai didesak oleh kerajaan demak, dan akhirnya keduanya dikuasai kerajaan mataram. perebutan kekuasaan internal lantas menjadikan kerajaan mataram ini sendiri pecah menjadi 4 entitas yang kecil dan lemah (dengan sedikit perkecualian wilayah ngayogjakarta hadiningrat).

gagap sejarah di kalangan masyarakat sunda terkadang menyedihkan. misalnya, orang2 bandung atau cianjur sering mencemooh bahasa sunda orang bogor atau banten sebagai kasar, kampungan, bahasa "kuli" atau bahkan bukan bahasa sunda murni. salah besar! bahasa sunda yg mendekati aslinya itu ya yang dipakai orang-orang baduy, dan dalam kadar lebih kecil, orang bogor. bahasa lemes sunda baru berkembang ketika kolonial belanda sudah masuk.

terakhir soal prabu siliwangi. sebenarnya para sejarawan sunda cenderung mengartikannya sebagai "silih-wangi" atau keturunan darah biru yg berhak menjadi penguasan kerajaan sunda. tidak ada nama raja siliwangi yg tercatat dalam sejarah. nampaknya nama ini hanya legenda, apalagi kerajaannya, pajajaran, demikian juga dengan kian santang dan seterusnya. juga tidak ada. catatan sejarah bahwa siliwangi adalah nama lain sri baduga,

sekarang jaman internet, bahan studi sudah lebih mudah diakses. yuk, kita belajar tentang leluhur dan sejarah kita sendiri. emoticon-I Love Indonesia (S)
Komeng dulu baru baca emoticon-Ngakak
ane baca dulu ganemoticon-Matabelo
tulisannya padat merayap emoticon-Thinking
Percuma u tulis panjang lebar...org pusing liat nya emoticon-Hammer (S)
tulisannya pendek2.....
rapiin gan threadnya
susah di baca
Pengikut paham kiri nih TS...