alexa-tracking

Rieke: Aneh, DPT Luar Negeri Lebih Sedikit daripada Jumlah TKI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528199463f42b2077f000009/rieke-aneh-dpt-luar-negeri-lebih-sedikit-daripada-jumlah-tki
Rieke: Aneh, DPT Luar Negeri Lebih Sedikit daripada Jumlah TKI
Rieke: Aneh, DPT Luar Negeri Lebih Sedikit daripada Jumlah TKI
Quote:Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan, Rieke Dyah Pithaloka, mengatakan, daftar pemilih tetap (DPT) luar negeri masih bermasalah. Pasalnya, jumlah DPT luar negeri masih jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI). Jika tidak segera dibenahi, pemungutan suara di luar negeri berpotensi terjadi kecurangan.

Rieke mengaku heran jumlah DPT luar negeri dari tahun ke tahun tidak terlalu besar. Pada pemilu 2004, jumlah DPT luar negeri mencapai 1,9 juta, lalu turun menjadi 1,5 juta pada Pemilu 2009. Pada Pemilu 2014 ini, KPU menetapkan DPT luar negeri 2,2 juta.

"Ini sangat tidak masuk akal. Padahal, jumah TKI tahun 2012 di Malaysia saja 2,3 juta. Kok DPT lebih sedikit daripada jumlah TKI?" ujar Rieke di Jakarta, Senin (11/11/2013).

Rieke mendesak persoalan DPT luar negeri harus segera dibereskan mengingat pelaksanaan pemilu yang sudah di depan mata. Jika tidak juga diperbaiki, Rieke khawatir banyaknya TKI yang tidak tercantum dalam DPT luar negeri bisa dimanfaatkan pihak tertentu.

"Kami khawatir ada semacam mobilisasi. Jadi, DPT luar negeri belum 100 persen dapat dipertanggungjawabkan," kata Rieke.

Persoalan DPT Luar Negeri ini juga sempat disorot Migrant Care. Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah menilai, kekacauan daftar pemilih tetap luar negeri (DPTLN) disebabkan panitia pemilihan luar negeri (PPLN) hanya bekerja sendiri saat memutakhirkan daftar pemilih, sedangkan lembaga terkait melepas tanggung jawabnya.

Lembaga terkait yang dimaksudnya adalah Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), dan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Ia mengatakan, semestinya sinergi dapat dilakukan antara PPLN dengan BNP2TKI dan Ditjen Imigrasi, terutama terkait data perpindahan buruh migran. "(Koordinasi) itu tidak banyak dilakukan. Ada pertemuan, tapi hanya formalitas," ujar Anis.

Anis melansir, sekitar 4,5 juta WNI yang berada di luar negeri tidak dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2014 mendatang karena namanya tidak masuk dalam DPTLN.

Bu Rieke mau bantu ngitung di Malaysia ?
Mo sinergi gimana ? udah telat, klo niat mestinya dah 5 thn yg lalu emoticon-Malu (S)
pa lg dah pada sibuk pemilu gene emoticon-Big Grin ... anggap aja yg gk jd DPT lagi gk hoki
emoticon-Ngakak
mereka kan cari duit...bukan suruh nyoblos emoticon-Stick Out Tongue
soal ngritik, nyalah2in orang, si oneng ini paling jago dah ... mudah2an bisa ngejabat deh kalo baginda jadi presiden, biar tau rasanya dikritik emoticon-Ngakak
Kerja di luar negri,trus suruh milih wakil di indo..Ngapain...emoticon-Big Grin..
Quote:Original Posted By rsryodong.ok.
Berarti TKI nya banyak yang dibawah umur tuch. Si Joko mana? Joko mana??emoticon-Ngakak

hayo joko siapa iniemoticon-Ngakak
entar ada yg kesindir lohemoticon-Ngakak
kalau TKI banyak golput, masuk akal tidak yah ?
giliran minta di tusbol aja berlagak peduli, begitu dah kagak ada acara tusbol-tusbolan cuek bebek emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By arbei.net
Rieke: Aneh, DPT Luar Negeri Lebih Sedikit daripada Jumlah TKI

Bu Rieke mau bantu ngitung di Malaysia ?
Mo sinergi gimana ? udah telat, klo niat mestinya dah 5 thn yg lalu emoticon-Malu (S)
pa lg dah pada sibuk pemilu gene emoticon-Big Grin ... anggap aja yg gk jd DPT lagi gk hoki
emoticon-Ngakak

ahahah emang urusan begini ya relakan lah, emang belon kompeten...

Quote:Original Posted By hencetbaseh
Kerja di luar negri,trus suruh milih wakil di indo..Ngapain...emoticon-Big Grin..

biar kalau mendadak mau dihukum pancung gak cuman di"prihatin"in doang, ahaha
Quote:Original Posted By rockbenk
soal ngritik, nyalah2in orang, si oneng ini paling jago dah ... mudah2an bisa ngejabat deh kalo baginda jadi presiden, biar tau rasanya dikritik emoticon-Ngakak


sekarang kan doi juga udah menjabat emoticon-Big Grin
liat aja tingkah nya emoticon-Big Grin
Masih banyak lagi yang musti di benahi.....yang dekat2 dulu......yang dekat aja kadang2 raib suaranya.....
mamarieke sok pura2 ga tau aja ah emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By rsryodong.ok.
Berarti TKI nya banyak yang dibawah umur tuch. Si Joko mana? Joko mana??emoticon-Ngakak


Ki joko bodo? emoticon-Ngakak