alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528193541f0bc3c128000007/5-tips-mempertahankan-pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
Dengan perekonomian seperti sekarang, maka retensi adalah segalanya. Penyedia layanan harus berfokus pada bagaimana caranya mempertahankan pelanggan agar mereka mau tetap berlangganan dengan Anda. Berikut adalah lima teknik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan tanpa perlu mengubah aspek produk Anda.

1. Memberikan layanan support.

Apabila Anda menjual sebuah layanan, apalagi layanan jasa, maka pastikan Anda memberikan channel yang mudah ditemui/diakses oleh client Anda yang menginginkan support/bantuan terkait dengan layanan Anda.

2. Survei setiap pelanggan.

Survei kepuasan tidak hanya membantu meningkatkan instrumen produk yang lebih baik. Mereka juga membantu Anda mengidentifikasi pelanggan yang berisiko meninggalkan Anda. Inilah sebabnya CEO Evernote, Philip Libin mencintai para pelanggan yang menurutnya ‘pemarah’

“Complaints are great … Mereka memberitahu kami apa yang mereka alami dan dimana letak kegagalan produk kami.”

Survei email adalah cara terbaik untuk menjangkau pengguna aktif. Cukup 1-2 pertanyaan saja agar pelanggan tidak keberatan untuk mengisinya.

3. Percuma melakukan downgrade layanan pengguna.

Jika pengguna terlambat melakukan pembayaran, mereka sering diturunkan ke paket yang lebih rendah (biasanya dialami oleh pengguna app mobile). Hindari praktek seperti ini. Karena pengguna tidak bisa segera menyadari bahwa mereka telah kehilangan beberapa fungsi premium. Lebih baik memberikan notifikasi yang jelas bahwa pengguna belum melakukan pembayaran sehingga fitur/produk dinonaktifkan.

4. Berikan diskon khusus bagi pelanggan.

Berikan mereka diskon yang tidak terduga. Misalnya penambahan point diskon apabila pengguna mengisi survey, testimoni, atau apapun yang mampu membuat mereka melakukan apa yang ingin anda lakukan.

5. Meminta alasan saat ada pengguna yang melakukan downgrade atau pembatalan.

Jika Anda tidak tahu mengapa pelanggan meninggalkan Anda, maka anda akan mengalami kesulitan untuk meperbaiki layanan untuk kepuaasan pelanggan. Maka arahkan tanggapan mereka menjadi sebuah tiket/email dan sampaikan pula bahwa dari tiket/email tersebut, tim customer service akan lebih mudah mengkategorikan permasalahan dan menindaklanjutinya. Tidak lanjut yang baik seringkali dapat menyelamatkan anda dari hilangnya pelanggan.

Spoiler for Source:
Quote:
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan
5 Tips Mempertahankan Pelanggan


CUSTOMER SUPPORT 24 JAM
-KLIK SINI LIVE CHAT OK
[URL="ymsgr:sendIM?csSENSOR"]-KLIK SINI YM OK[/URL]
-KLIK SINI EMAIL OKEH