alexa-tracking

Belasan Warga Mendadak Rabun Sepulang dari Sawah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52818726c1cb17187300000b/belasan-warga-mendadak-rabun-sepulang-dari-sawah
Belasan Warga Mendadak Rabun Sepulang dari Sawah
Belasan Warga Mendadak Rabun Sepulang dari Sawah

DEMAK, KOMPAS.com — Belasan warga Dukuh Bomo, Desa Bumirejo, Kecamatan Guntur, Demak, mengalami kebutaan mendadak sejak tiga bulan yang lalu. Mereka mulai merasakan masalah di penglihatannya sepulang dari sawah.

Sutini (42), salah seorang penderita mata rabun, kepada Kompas.com, Senin (11/11/2013), mengaku tidak mengetahui penyebab sakit mata tersebut. Sepulangnya dari sawah, tiba-tiba ia merasakan kepalanya pusing, mata terasa pedas dan perih, serta penglihatan kabur. "Setiap digunakan untuk melihat, mata terasa sakit dan pandangannya tidak jelas," kata Sutini.

Penderita lainnya, Sulipah (45), juga mengeluhkan sakit pada matanya sehingga kesulitan untuk berkegiatan. Ia bahkan tidak berani keluar rumah pada waktu siang karena efek sinar matahari menjadikan alat indranya bertambah perih dan pedas. Malam hari, jarak pandangnya menjadi terbatas.

"Untuk melihat jarak satu meter, pandangan sudah kabur. Kalau malam hari parah lagi, tidak dapat melihat sama sekali," keluh Sulipah.

Sekretaris Desa Bumirejo, Siti Aminah, menerangkan, peristiwa rabun mendadak menimpa 15 warganya. Hal itu diduga terjadi karena hama tikus. "Mereka, yang mengeluh sakit mata, rata-rata petani. Dugaan kami, penyakit tersebut karena merebaknya hama tikus yang menyerang sawah mereka," papar Siti.

Warga sudah berobat ke puskesmas. Menurut dokter, penderita rabun mendadak tersebut hanya terserang infeksi. Namun, meski sudah mendapat pengobatan dari pihak puskesmas, kondisi mata para petani tersebut tak kunjung membaik. Mereka berharap dinas terkait segera melakukan penyuluhan ataupun pengobatan terhadap warga yang terkena penyakit tersebut.

Pihak desa, lanjut Siti, terus mendata warga yang terkena penyakit rabun. Meski sudah berlangsung sejak tiga bulan terakhir, belum ada petugas dari Dinas Kesehatan ataupun pemerintah kabupaten setempat yang memberikan bantuan pengobatan.

Sukarjo, perwakilan Humas Dinas Kesehatan Demak, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, mengaku belum menerima laporan mengenai warga terserang rabun. Ia pun membantah penyebab penyakit mata pada warga di Desa Bumirejo adalah hama tikus. Menurut Sukarjo, hama tikus tidak ada hubungannya dengan penyakit mata. Meski begitu, Dinas Kesehatan Kabupaten Demak akan secepatnya mendatangi lokasi untuk melakukan pengecekan.

"Terima kasih informasinya, Mas, kami baru mendengar adanya kasus itu. Ini informasi awal. Kami akan melakukan survei untuk mencari penyebab pastinya," ucap Sukarjo.

Dia mengatakan, kemungkinan penyebab infeksi mata yang menyerang para petani adalah iritasi akibat terlalu banyak begadang menjaga sawah dari serangan hama tikus.

http://regional.kompas.com/read/2013...campaign=Ktswp

liat pemandangan sawah kok bisa jadi rabun jauh

kalo begadang di depan komputer selama lebih dari 12 jam mungkin iya
Quote:


amankan barbuk mantra


kena apa itu ya ? emoticon-Bingung (S)

indosiar.com - Selain demam berdarah dengue (DBD), masyarakat diserukan mewaspadai penyakit leptospirosis, yang di Jakarta penularannya melalui air kencing tikus.

Quote:
image-url-apps
kasian..mereka jadi gak bisa beraktivitas seperti biasanya..
apa ya penyebabnya kok bisa sampe banyak yg kena? emoticon-Bingung (S)
KASKUS Ads
image-url-apps
Kok bisa gt gan ?
jangan dikaitkan dengan hal mistis --> kesenangan orang indo. emoticon-Cape d... (S)
mungkin itu pengaruh bahan kimia pengusir hama tikus atau sejenisnya
kalo infeksi kudu telusuri asal nye ntuh emoticon-Takut (S)
jangan2x efek pestisida tuh gan
cuman ngantuk itu gan emoticon-Kiss
image-url-apps
gak ngerti proses laporan birokrasi itu seperti apa.

dah jelas2 banyak warga udah terjangkit, udah ke puskesmas...tentunya ini kasus khusus yg perlu diperhatikan serius, bisa2nya dinkes kabupaten ngga tahu menahu.

apalagi tingkat propinsi dan depkes RI

emoticon-Cape d...
image-url-apps
bisa jadi karena pestisida yg dipakai tuh?
kebanyakan nonton bokep kaleeeeeeeeeeeeeee emoticon-Ngacir
bisa jadi virus dari obat hama itu sendiri emoticon-Big Grin
image-url-apps
koq bs ya gan? fenomena apa itu?
emoticon-Bingung (S) Mungkin krn penggunaan pestisida yg berlebihan en ga pakai pakaian pengaman yg memadai? Lg kena serangan hama tikus kan? Siapa tau lg kena serangan hama lain jd pestisidanya dobel di sawah, satu utk tikus, satunya utk hama lain.. IMHO.. emoticon-Malu (S)
Pake pestisida kan musti tepat sasaran, tepat penggunaan, tepat waktu dan tepat penanganannya. emoticon-Malu (S)
jangan jangan ada zat kimia di sawahnya , kerjaan assmerika ini
gue kok menduganya katarak, faktor usia ya
kayaknya gara2 kencing tikus itu gan
nunggu ada yg koment berbau mistis dimari emoticon-linux2
Quote:


bisa jadi....uap dari pipisnya terbawa angin..agak pedes pedes perihemoticon-Matabelo
nahloh ko bisa

karena kepanasan aja kali

ane juga kadang klau kepanasan kaya kunang2 gitu
×