alexa-tracking

4 Kritik untuk Presiden SBY soal buku curhat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528167ce38cb175862000008/4-kritik-untuk-presiden-sby-soal-buku-curhat
4 Kritik untuk Presiden SBY soal buku curhat
Masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak lama lagi berakhir. SBY yang sudah dua periode menjadi presiden RI dipastikan akan lengser pada 2014, setelah pelaksanaan Pilpres.

Rencananya dalam waktu dekat Presiden SBY akan meluncurkan sebuah buku berjudul 'Selalu Ada Pilihan'. Buku itu berisi pengalaman SBY memimpin Indonesia selama 9 tahun terakhir.

Melalui buku ini juga, SBY akan menjawab sejumlah kritik hingga fitnah yang dialaminya. "Awal Desember ini, cerita yang penuh kejutan itu akan saya bukukan. Saya menulisnya sendiri, termasuk judulnya 'Selalu Ada Pilihan' (SAP)," tulis SBY dalam posting di Facebook dan Twitternya, yang diunggah Minggu (10/11) malam.

Namun, buku itu belum diluncurkan, sejumlah pihak sudah mengritik rencana Presiden SBY tersebut. Berikut empat kritikan dari sejumlah pihak kepada SBY soal buku curhat seperti dirangkum merdeka.com.

1. Buku curhat agar SBY dapat simpati rakyat




Ketua Fraksi Partai Hanura DPR Sarifuddin Sudding menuding niat Presiden SBY meluncurkan buku curhat agar merasa dizalimi publik. Dengan begitu SBY bakal mendapat simpati dari masyarakat sehingga berdampak pada elektabilitas Partai Demokrat di Pemilu 2014.

"Ini kan menjelang pemilu, supaya ada kesan di masyarakat seakan-akan dia dizalimi untuk mendapatkan simpati dari masyarakat dan menaikkan elektabilitas partai yang di pimpinnya," jelas Sudding dalam pesan singkat, Senin (11/11).

Kendati demikian, Sudding menilai hak setiap orang untuk menulis dan meluncurkan sebuah buku. Asalkan, lanjut dia, isi dalam buku tersebut bisa dipertanggungjawabkan.

"Itu kan haknya SBY menerbitkan buku dan tentunya isi buku itu juga dapat dipertanggungjawabkan," imbuhnya.

2. Buku curhat SBY akan dikecam publik




Wakil Bendahara Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menyambut baik rencana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuat buku. Namun, dia menilai, buku tersebut justru akan menuai kecaman dari publik atas kinerja SBY selama ini.

"Kalau benar presiden ingin menjawab atau menanggapi kritik masyarakat melalui buku yang ditulisnya sendiri, saya dan juga semua pihak harus menghormati langkah itu. Sebab itu adalah hak presiden," jelas Bambang dalam pesan singkat, Senin (11/11).

Menurutnya, isi buku SBY berjudul 'Selalu Ada Pilihan' sudah pasti akan mendapat sorotan publik. Dia berpandangan, publik nantinya akan kritis ketika membaca isi buku dengan realita yang selama ini terjadi di pemerintahan.

"Muatan buku itu sudah barang tentu akan berhadap-hadapan dengan persepsi publik atas berbagai aspek dari Presiden SBY, mulai dari kualitas kepemimpinan, kualitas kebijakan, derajat sensitivitas atau kepedulian presiden terhadap aneka persoalan yang menyelimuti rakyat, kejujuran presiden, juga tentang bersih tidaknya Kabinet Indonesia Bersatu hingga kedekatan presiden dan keluarganya dengan sejumlah orang bermasalah seperti sosok Bunda Putri, Sengman serta Bu Pur," ujar dia.

3. Buku curhat tak akan kembalikan kepercayaan publik ke SBY




Wakil Bendahara Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo ragu jika buku curhat Presiden SBY bakal mengembalikan kepercayaan publik kepada SBY. Apalagi, isu terkini yang sering kali menyudutkan presiden dan beberapa fakta yang belum terungkap.

Salah satu contohnya soal isu Bu Pur, Bunda Putri dan Sengman yang masih membuat publik bertanya-tanya tentang hal itu. Belum lagi soal sikap pasif SBY saat Indonesia disadap oleh negara lain yakni Amerika Serikat dan Australia.

"Saya ragu buku itu akan menguatkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap presiden, mengingat tingkat kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan presiden terus menurun," jelas Bambang dalam pesan singkat, Senin (11/11).

"Saya bahkan khawatir muatan buku itu akan menjadi celah baru bagi masyarakat untuk meningkatkan kecaman terhadap presiden," pungkasnya.

4. Presiden SBY harus belajar dari Clinton dan Mandela




Anggota Komisi III DPR, Eva Kusuma Sundari, mengatakan, pembuatan buku adalah hak pribadi setiap orang. Namun, dia mengusulkan agar SBY belajar dari petinggi negara lain seperti Bill Clinton dan Nelson Mandela.

"Haknya beliau, tetapi sepatutnya mendahulukan kepentingan publik dari pada kepentingan pribadi apalagi curhat. Seperti Clinton, Tony Blair, Mandela, mereka menulis biografi setelah turun dari kekuasaan. Tahun terakhir untuk menggenjot prestasi," kata Eva dalam pesan singkat, Senin (11/11).

Politikus asal PDI Perjuangan (PDIP) ini enggan berpolemik jika buku ciptaan SBY ini terindikasi untuk menyerang lawan politik jelang Pemilu 2014. Eva menyebut, yang harus dikritisi dalam pembuatan buku adalah sikap profesionalitas seorang presiden.

"Enggak usah dikait-kaitkan ke hal yang lain, ini soal profesionalitas Pak SBY sebagai pemimpin nasional untuk mendahulukan kepentingan publik dari pada pribadi," tegas dia.

http://m.merdeka.com/politik/4-kriti...n-mandela.html

kasian sir beye baru buku coba lagu pasti tambah heboh emoticon-Sorry
bakat lo nanyi pak beye bukan bikin buku gk laku ntar
Buku + DVD Album kah ?
baca buku sambil dengerin lagu2x nya pke ipod, pasti lebih mengena dihati
emoticon-Matabelo
keliatan cengeng
dikit2 mewek.. dikit2 ngambek, dikit2 marah.. emoticon-Cape deeehh
masa jabatan udah mau berakhir bukannya mempersembahkan prestasi yang bikin rakyat senang dan makmur, malah bikin buku nggak guna emoticon-Cape d... (S)
presiden kita kali ini emang super
buat lagu sedih plus bisa nulis buku curhat
bisa jadi penghibur rakyatnya yang sengsara

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Ah dasar kebo
ane bukanlah fansboy sebeye emoticon-Hammer2

tapi buat kali ini ane justru pengen baca seberapa terpilih sih buku SAP ini...

kampanye gratis emoticon-Big Grin
kampanye gratis emoticon-Embarrassment
kampanye gratis emoticon-Ngakak (S)


saya prihatin emoticon-Malu (S)




Quote:adigang adigung adiguna emoticon-Paw
hush
namanya juga curhat
emoticon-Malu (S)
Selalu Ada Pilihan
disingkat
SAPi



sesuatu banget emoticon-Embarrassment
kalo bikin bukunya di tahun 2015 ke atas sich, ane pikir masih wajar. jadi selama ini beliau diam lagi bikin buku yach ?
bukannya di kaskus ada forum curhat juga, mending daptar di kaskus aja pak... emoticon-Kiss
cari simpati
seumur hidup jurusnya cuma satu. emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By satrianegara77
Selalu Ada Pilihan
disingkat
SAPi



sesuatu banget emoticon-Embarrassment


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

nemu aja gan.

jangan gitu gan

Dulu kan bikin lagu , sekarang bikin buku, nanti bikin action figur kali ya emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By arbei.net
Buku + DVD Album kah ?
baca buku sambil dengerin lagu2x nya pke ipod, pasti lebih mengena dihati
emoticon-Matabelo


paket jumbo KA EF SI emoticon-Belo

iklannye pasti heboh banget gan emoticon-Belo

KA EF SI memang beda emoticon-Cool
kali ini giliran ane yang bilang " saya prihatin"

prihatin kenapa gue milih presiden yang nganggur banget emoticon-Cape d... (S)
sap ?
System and Application Product audit
atau
Sad And Pathetic