alexa-tracking

Indonesia Memasuki Era Kebangkitan Industri Pertahanan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5280a71ebfcb17ad5e000005/indonesia-memasuki-era-kebangkitan-industri-pertahanan
Thumbs down 
Indonesia Memasuki Era Kebangkitan Industri Pertahanan
Seoul - Setelah sembilan tahun membangun, Indonesia kini memasuki era kebangkitan industri pertahanan. Indonesia sudah mampu memproduksi sejumlah jenis senjata api, panser, kapal laut, dan kini tengah mempersiapkan pembuatan kapal selam dan pesawat tempur.

"Kita harus optimistis bahwa Indonesia bisa membangun industri pertahanan untuk menjaga wilayah NKRI serta menunjang stabilitas politik dan ekonomi," kata Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sjafrie Sjamsoeddin dalam dialog dengan masyarakat Indonesia di Seoul, Korea Selatan (Korsel), Minggu (10/11). Wamenhan berada di Seoul hingga Rabu (13/11) untuk mengikuti "Cyber Defence Conference" dan meninjau pabrik pembuatan T-50i Golden Eagle, pesawat tempur pesanan Indonesia yang dibuat Korsel.

Indonesia sudah memesan satu skuadron--16 buah pesawat--T-50i dan pengiriman sedang berlangsung. Selain pesawat, Indonesia juga memesan kapal selam dari Korsel. Saat ini, Indonesia sudah memiliki lima kapal selam dan sedang memesan tujuh kapal selam lagi. Korsel dipilih karena negara ini sejak awal menggunakan kapal selam buatan Jerman, sama seperti Indonesia. Kapal selam yang diproduksi Korsel pun merupakan pengembangan dari kapal selam Jerman.

Keputusan bekerja sama dengan Korsel membuat Indonesia akan lebih cepat menguasai teknologi pembuatan kapal selam. Lagi pula, kapal selam buatan Jerman yang kini dipakai akan mudah mendapat suku cadang dan perbaikan. Setelah kerja sama produksi di Korsel, pembuatan kapal selam akan dialihkanke Indonesia. "Kita akan menjadi negara pertama di ASEAN yang memproduksi kapal selam," kata wamenhan.

Sesuai amanat UU 16/2012 tentang Industri Pertahanan, lanjut Sjafrie, Indonesia harus memproduksi sendiri senjata dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) di dalam negeri. Impor hanya untuk senjata dan alusista yang tidak bisa diproduksi di Indonesia. "Itu pun dengan syarat harus ada alih teknologi agar dalam waktu tertentu, semuanya bisa diproduksi di dalam negeri. Alih teknologi sungguh menantang teknokrat dan profesional kita," katanya.

"Kita tidak akan malu lagi saat latihan bersama sesama negara ASEAN, bahkan dengan negara lain di luar ASEAN, yang lebih maju. Kita bisa menunjukkan bahwa kita punya peralatan militer berat yang bagus. Senjata, panser, kapal, dan pesawat buatan Indonesia sudah diekspor. Semua kemampuan ini tinggal diitngkatkan," ungkap Sjafrie menjawab pertanyaan para mahasiswa dan profesional asal Indonesia yang datang dari berbagai wilayah di seluruh Korsel.

Dalam 10 tahun terakhir, kata wamenhan, kemajuan persenjataan Indonesia cukup signifikan. Ini juga berkat alokasi anggaran untuk pertahanan yang meningkat. Dalam lima tahun, pemerintah mengalokaskan sekitar Rp 150 triliun untuk pertahanan. "Kita belum pakai semua karena Indonesia masih membutuhkan dana untuk peningkatan kesejahteraan rakyat dan pembangunan infrastruktur," paparnya.

http://www.beritasatu.com/nasional/1...ertahanan.html


halaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhh emoticon-Cape d... (S)
ah elah lagi2 kita kebagian ampasnya doang... gencar bgt promosi korsel nih
kebangkitan...?

perasaan tuh alutistanya aja udah ketinggalan
KASKUS Ads
Quote:


Kata siapa..,Pasus qt,terbaik ke 3 dunia loh
AB qt terkuat ke 5 di Asia..
Belanda ajah ,kocar-kacir lawan Bambu Runcing.emoticon-Matabelo
Buset 5 kapal selam.....
Cakra, nanggala seterusnya?????

gila ekonomi belum stabil malah ngurus senjata
Quote:


Beneran bambu runcing mempan bozz? lawan tank? thompson? mortir? apa lawan bedil kocok abad 18, mitosnya gak concrete mister boz emoticon-Ngakak

Indonesia Memasuki Era Kebangkitan Industri Pertahanan
kebangkitan korupsi gue percaya emoticon-Najis
Quote:

konteksnya alutista dan industri pertahanannya bukan konteks prajuritnya, prajurit kuat tanpa dukungan industri pertahanan yang mumpuni artinya sama aja boong.

sukhoi dan F16 mau dikemanain ? emoticon-Embarrassment
semoga saja bisa ngalahin amrik dan sekutunya emoticon-Traveller
Quote:
Quote:


Seterusnya ya cakra, nanggala.
Apapun ks nya no nya tetep 401, 402 :-)
Bangunan sekolah masih banyak yang rusak kok malah ngomongin era kebangkitan industri pertahanan. emoticon-Big Grin
if you have money on weapon, you should have money for education
Woiiii, ketahanan pangan gimana asuuuuu

Amrik cukup stop eksport kedelai ke Indo udah ancur tuh. ga ada kecap, ga ada tahu, ga ada tempe.
Kita doakan sama-sama gan
wakakaka masih pada inget product kapal perang super stealth made in indon yang terbakar kaga?

emoticon-Ngakak

hah masa...?
kayaknya alat2 perang kita semuanya udeh pada karatan deh
Quote:

ingat gan emoticon-Ngakak ya... Jangan mau dong dbodohi negara produsen trus, transfer teknologi, ia cuma desain n assembly doang, isinya full glontoran dr mereka
ga usah pake alutista canggih buat indonesia mah

tinggal kirim santet aja dah kenegara negara yg rese emoticon-Malu (S)