alexa-tracking

Petikan Wawancara Ahok dan Viva News! Tentang Buruh. sumpah keren Open Mind!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52808bf6fdca17730f000005/petikan-wawancara-ahok-dan-viva-news-tentang-buruh-sumpah-keren-open-mind
Petikan Wawancara Ahok dan Viva News! Tentang Buruh. sumpah keren Open Mind!
Welcome to My thread
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Petikan Wawancara Ahok dan Viva News! Tentang Buruh. sumpah keren Open Mind!

Ahok: Saya Bukan Cari Muka Sama Buruh
"KHL Rp2.299.860 dan UMP Rp2.441.000. Ini final."


Spoiler for Gaji Jokowi dan Ahok:


Quote:VIVAnews - Dua pekan ini Balai Kota Jakarta digempur buruh. Hingga Jumat siang, 8 November 2013, massa terus menghujani kantor Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dengan tuntutan.

Bersuara lantang, mereka minta Jokowi segera merevisi upah minimum provinsi. Ribuan buruh tak peduli derasnya hujan yang mengguyur Medan Merdeka Selatan jelang petang itu. Mereka tetap pada tuntutannya: UMP Rp3,7 juta.

Demonstrasi Jumat itu tepat satu pekan setelah Pemprov DKI Jakarta menetapkan UMP 2014 sebesar Rp2,4 juta. Buruh menganggap angka itu tak pantas, jauh dari harapan. Dengan biaya hidup di Jakarta yang sangat mahal, Ketua Presidium Forum Buruh DKI, Mohamad Toha menegaskan Rp3,7 juta adalah upah ideal bagi pekerja.

Memang, UMP baru itu disepakati dalam rapat Dewan Pengupahan DKI Jakarta yang tidak dihadiri wakil buruh. Dalam rapat Kamis malam, 31 Oktober lalu, pengusaha mengajukan kenaikan upah jadi Rp2.299.860. Sementara dari Dinas Tenaga Kerja mengusulkan Rp2.441.301.

Meski besaran sudah ditetapkan, dan keputusan diteken, buruh bersikeras memperjuangkan keinginannya. Mereka bahkan mengancam tidak hanya menggeruduk Balai Kota, tapi menduduki akses menuju pelabuhan dan bandara. Tak hanya turun ke jalan, jalur hukum pun akan mereka tempuh.

Terus digoyang unjuk rasa rupanya tak membuat Jokowi, dan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama goyah. Mereka berdua bergeming. Di tengah kepungan massa, Wagub Ahok bersedia menjawab pertanyaan VIVAnews yang bertandang ke kantornya, Jumat 1 November lalu. Berikut petikannya.


Spoiler for 1:


Quote:Ya itu yang saya bilang. Biaya hidup di Jakarta Rp4 juta. Itu penghitungan dan proyeksi saya. Dengan uang segitu kamu juga tidak bisa punya rumah di Jakarta.

Tapi pernyataan saya ini tidak bisa dijadikan acuan untuk angka KHL yang dijadikan dasar menetapkan UMP, karena ada mekanisme yang berbeda dalam menentukan nilai dalam item.

Kita bicara 60 item yang ditetapkan Menteri Dalam Negeri dan Instruksi Presiden. Dari rekomendasi Dewan Pengupahan, Kami memutuskan KHL 2014 sebesar Rp2.299.860 dan UMP sebesar Rp2.441.000. Ini final
.
Spoiler for 2:


Quote:Saya konsisten. Kamu cincang saya sekalipun keputusannya sama. Kalau buruh mau demo silakan saja tiap hari. Saya tahu kenapa mereka bilang saya tidak konsisten. Mereka merasa tidak dibela tahun ini. Tahun lalu KHL naik 45 persen. Saya dianggap bela buruh. Dan saya dimaki para pengusaha.

Spoiler for 3:


Quote:Tahun lalu saya dianggap cari muka. Saya berantem sama Sofjan Wanandi dari Apindo. Dia bilang, 'kamu tahu kenaikan Rp700 ribu sangat tinggi'. Saya bilang, tidak tahu.

Yang saya tahu survei KHL waktu itu Rp1,9 juta. Dan kami tetapkan UMP Rp2,2 juta. Saya tidak naikkan KHL hingga 45 persen. Saya bilang sama dia kami hanya koreksi upah buruh yang selama lima tahun terakhir Anda curangi. Jadi kenaikan 45 persen ini akumulasi 5 tahun sebelum 2012.

Saat itu semua pengusaha teriak. Mereka maki-maki saya. Mereka mengancam mau hengkang. Saya tidak mau tahu lo mau hengkang, hengkang saja. Gue beli perusahaan lo. Jadi saya berantem jelas. Saya bukan cari muka sama buruh.

Tapi sekarang buruh menuntut hal yang sama?

Ya tidak bisa dong nuntut yang sama. Kenaikan tahun lalu bukan berarti bisa dilakukan tahun ini. Saya tegaskan tahun lalu kami hanya meluruskan aturan. Kami sampai labrak peraturan Menaker. Kenaikan tinggi karena akumulasi penyelewengan selama lima tahun.

Sejak tahun lalu semua sudah jelas dalam penghitungan dari 60 item KHL. Dulu pengusaha yang nakal sekarang buruh yang mulai nakal dengan mencoba memasukan item baru dan nilai yang tidak sesuai.

Saya kasih contoh, buruh memasukkan pulsa dalam item. Saya bingung mereka bisa habiskan pulsa lebih dari Rp50 ribu dalam sebulan. Kalau mereka memang mau maju kenapa ini tidak dimasukkan dalam asuransi. Premi asuransi pemerintah atau swasta ada kok yang Rp50.000 sebulan. Minimal kalau meninggal dapat Rp5 juta dan lainnya.

Terus hasil survei tempat tinggal, dulu sewa kamar Jakarta Rp450 ribu. Kami sudah suvei ulang dan komponen ini naik jadi Rp650 ribu. Mereka buruh ngotot Rp850 ribu.

Selain itu, komponen transportasi yang awalnya memasukkan TransJakarta, diubah buruh dengan Kopaja dan Kopami. Kalau pakai TransJakarta komponen ini cuma Rp7.000, karena kami subsidi. Kalau pakai Kopaja AC dan Kopami kan sekali jalan Rp6.000 karena pulang pergi jadi komponennya naik jadi Rp12.000.

Jadi semua saya tegaskan. Saya tidak bela siapapun. Saya hanya menjalankan keadilan sosial. Memangnya semua warga Jakarta buruh, harus saya bela membabi buta. Ada warga Jakarta lain yang harus saya bela juga. Saya hanya menjalankan keadilan sosial.


Spoiler for terosss Bang:


Quote:Yang ditakutkan buruh sama dengan apa yang ditakutkan warga Jakarta umumnya. Mereka takut kalau sakit tidak bisa berobat karena miskin. Itu sudah masuk item KHL. Kalau dia punya KTP Jakarta, kami bantu pakai Kartu Jakarta Sehat (KJS), selama mau berobat ke Puskesmas dan dirawat di kelas tiga. Sampai opname gratis.

Mereka takut anaknya tidak sekolah. Itu juga kami antisipasi pakai Kartu Jakarta Pintar (KJP), jadi anak mereka bisa sekolah semua sampai SMA.

Tempat tinggal. Kami sedang siapkan rusun dekat kawasan industri. Kami perhitungkan sewanya tak lebih dari Rp15.000 per hari. Kami butuh waktu buat ini, tahun depan sudah bisa dinikmati bertahap.

Transportasi murah sekarang kami punya TransJakarta. Ongkos tidak naik. Kami sedang kembangkan ke wilayah lain dan terintegrasi. Tiket tetap Rp3500. Sengaja kami subsidi biar murah dan bisa dinikmati.

Untuk sembako kami sedang buat pusat logistik di Karawang dan Lampung. Ini yang akan kendalikan harga sembako di Jakarta agar tidak melonjak sesuai item KHL.

Tapi penghitungan itu dianggap tidak sesuai, karena komponen KHL hanya untuk buruh lajang?

Penghitungan KHL yang dijadikan UMP itu sesuai undang-undang hanya bagi yang lajang. Bagi yang sudah berkeluarga itu semestinya berbeda. Dan itu menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan dengan mengacu pada besaran KHL.

Intinya kalau yang berkeluarga itu ditentukan melalui bipartit antara pengusaha dan buruh. Mereka negosiasi itu di luar pengawasan kami, yang penting tidak boleh kurang dari KHL.

Itu juga berlaku pada karyawan yang bekerja lebih dari satu tahun. Undang-undang hanya menyebutkan penetapan KHL bagi karyawan lajang dan masa kerja satu tahun. Untuk yang di atas itu kembali negosiasi bipartit.[/B]


Spoiler for lanjut:


Quote:Tugas dan keberpihakan kami saat perusahaan menerapkan KHL secara semena-mena. Pasti kami tindak. Itu bisa masuk perbudakan dan tidak bisa dibiarkan.

Selain itu bila perusahaan semena-mena mem-PHK karyawan, kami pasti ada. Perusahaan tidak bisa semena-mena memberhentikan karyawan, ada aturannya. Di antaranya pesangon. Bila tidak dijalankan kami sikat perusahan dan pengusaha.

Spoiler for lanjutt:


Quote:Tahun lalu ada 124 perusahaan yang mengajukan penundaan penerapan UMP. Kami terima itu, kami beri syarat tidak menerapkan UMP, tapi mereka harus bayar karyawan sesuai KHL. Kami audit perusahaan mereka sebelum perusahaan itu kita perbolehkan menunda penerapan UMP.

Perusahaan itu masih jalan sampai sekarang. Mereka melakukan rekomendasi dari kami untuk melakukan pertemuan bipartit dengan buruh mereka. Kami awasi agar mereka tidak digaji di bawah KHL.


Spoiler for teruusss:


Quote:Tidak transparan bagaimana? Ini harus jelas. Jangan bilang ini sepihak. Kami buat audit itu benar-benar.

Kalau dibilang tidak transparan saya minta hasil audit dari serikat pekerja itu. Mereka ngumpulin iuran dari buruh besaran relatif lebih dari Rp5.000-10.000. Sesuai peraturan mereka harus diaudit.

Jangan nuntut orang lain supaya fair tapi serikat pekerja sendiri tidak fair. Ayo kita audit semua biar transparan kalau maunya gitu.

Para aktivis itu bisa enak-enakan pakai baju bagus, HP bagus dan punya dana operasional buat jalan. Mereka menjual mimpi bagi buruh untuk maju. Mereka juga harus pertanggungjawabkan laporan keuangan dong.


Spoiler for anget:


Quote:Saya hanya akan menjalankan kesejahteraan sosial. Tugas saya mengadministrasikan semua ini. Kami akan menjalankan semua aturan konstitusi.

Kami tidak akan keluar dari itu. Kami konsisten tidak memihak siapapun. Kami tidak membela buruh. Kami tidak membela pengusaha. Kami membela semua warga DKI yang harus dibela.

Buruh mengancam terus berdemo bila UMP tidak direvisi. Sikap Anda?

Silakan demo, itu hak mereka. Keputusan kami final UMP Rp2,41 juta dengan KHL Rp 2,299. Terserah mereka mau bilang apa ini semua berdasarkan penghitungan dan aturan yang jelas.

Saya ingatkan sekali lagi. Sweeping, anarki dan merusak pagar kantor kami, dan fasilitas publik seperti taman, akan kami pidanakan. Rumput dan taman itu bukan uang kami, tapi uang rakyat yang harus kami pertanggungjawabkan. Jadi jangan pernah coba merusak. Apalagi sampai bawa-bawa parang saat demo. Saya perintahkan ditindak tegas.(umi)

[/quote]
[URL="http://us.fokus.news.viva.co.id/news/read/457476-ahok--apa-semua-warga-dki-buruh--harus-dibela-membabi-buta?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook&fb_action_ids=10152036612999905&fb_action_types=og.recommends&fb_source=other_multiline&action;_object_map={%2210152036612999905%22%3A619867961408815}&action;_type_map={%2210152036612999905%22%3A%22og.recommends%22}&action;_ref_map=[]"]SUMBER[/URL]

Quote:Kesimpulannyaa adalaah, tahun lalu UMP naik 45% gara2 tahun2 sebelumnya banyak buruh yang dicurangin.... truss sekarang minta naek lgi 45%... tar tahun depan 45% lagi jadi 6 jutaa truss ajee sampe 100 jutaa emoticon-Ngakak

Rate kalo anda Peduliiii Please Komengg
Quote:Original Posted By gunzcardo
kasian buruh, dikadalin aktivis buruh dengan iming - iming gaji naik tinggi...
padahal bisa saja kan, serikat buruh lagi "meres" pengusaha supaya ngasih uang sogokan ke serikat buruh pake demo buruh....



Quote:Original Posted By urama
disini sy juga buruh gan.tapi gak terlalu sadis dalam minta kenaikan gaji.tetep mikirin kelangsungan perusahaan agar bs bekerja lebih lama.
kl mau itung2an monggo sy itungin.
perusahaan A dengan buruh 300 orang digaji 2jt totalnya dah 600jt tuh
lha kl skg buruh nuntut perusahaan A menggaji buruh 3jt dan diturutin pasti akan ada PHK besar2an agar perusahaan A bs tetap mengeluarkan total gaji 600jt.tinggal bagi aja 600jt dg 3jt hasilnya 200 buruh.trus dari jumlah buruh 300 orang menjadi 200 orang dah phk 100 orang.trus buruh yg 200 orang tersebut pasti diperas keringatnya sehingga tenaga buruh yg 200 orang bs sama dengan tenaga buruh yg 300 orang.
kesimpulannya :
1.100 orang kehilangan pekerjaan (PHK)
2.200 orang yg masih bekerja diperas tenaganya demi kelangsungan perusahaan.

tenang saja kawan.saya juga buruh tp tidak semena-mena.saya juga punya kebutuhan hidupbyg tinggi tapi dg itu saya putar otak sehingga tidak mengandalkan gaji sebagai buruh saja.toh diluar jam kerja saya masih ada waktu buat usaha.kl masalah tunggangan sy juga punya motor vixion dan mio j.kl hp sy juga punya bb dan galaxy note 2.tp saya tetep buruh kawan.buruh yg tidak mau mengandalkan gaji dari menjadi buruh demi memenuhi kebutuhan hidup.
tolong lah lebih kreatif kl mae uang lebih.mau hidup bahagia ya sengsara.namanya juga buruh.
masa hanya mengandalkan gaji sbg buruh maunya yang aneh2 dan gak masuk akal.kl perusahaan bangkrut dan anda di PHK yang rugi juga siapa.




Quote:Original Posted By ruzaindo
mantap jokowi ahok
ane aja yg juga buruh jadi eneg sama demo, kalau pas ada phk masal tu buruh demo lagi, syukuri apa yang ada dulu dan selalu berusaha jangan mau jadi buruh terus


Quote:Original Posted By pengenkimpoi
pertama...kakak ipar ane...suaminya gaji 2.5 juta per bulan. Hidup di jakarta, sunter. Anak 3...satu 6sd, satu tk, satu 2thn. Hidupnya cukup2 aja..punya motor beat. Tapi akhirnya perusahaannya bangkrut, trus suaminya jualan, malah gede omzetnya...
Kedua..mau penghasilan 10juta perbulan jg susah punya rumah di jakarta karena mahaaall..


Quote:Original Posted By shevatea
Saya Buruh juga gan,
Pertama kerja di Perusahaan keramik thn 97/98 dengan gaji 172 ribu/Bulan, bertahan hanya setahun coz PHK Masal Krismon waktu itu.
setelah krismon ane kerja di Perusahaan Electronick sampe sekarang, dengan gaji UMR lah lebih dikit coz ane dah senior.
Untuk penghasilan sya cukuplah apalagi bini juga kerja, dan pernah nyoba nyari sampingan jadi tengkulak sayuran dengan modal Pickup cicilan ga bertahan lama coz susah bagi waktu, pickup ane over kredit.
Ane hidup jari buruh Alhamdulillah sudah punya rumah, Motor 2, Mobil juga.
temen ane banyak dengan gaji sama malah banyak yg belum punya rumah apalagi mobil, padahal penghasilan sama jadi tergantung kitanya bisa maanfaatin penghasilan sebesar apapun dan mensyukurinya.
[Maaf buka nyombong tapi sekedar share kondisi buruh].


Quote:Original Posted By tompoimpo


buruh dengan karyawan itu sama, gan... satu lagi: pegawai. itu sama. satu lagi: tenaga kerja. itu juga sama. ketinggalan: sdm. itu juga sama.

buruh pabrik, karyawan pabrik, pegawai pabrik, tenaga kerja pabrik, sdm pabrik itu istilah yang memiliki objek yang sama.

bedanya dengan buruh kantoran, itu mereka kaga kerja di pabrik.

contoh: ane dulu staff ekspor-impor perusahaan pma. keren kan? ane kerja di kantor. barang-barang yang ane ekspor itu berasal dari pabrik perusahaan tempat ane kerja. dan barang-barang yang ane impor (bahan baku) itu buat diolah di pabrik perusahaan tempat ane kerja.

status ane (yang kerja di ruangan ber-ac dan pake komputer) sama aja dengan status buruh di pabrik perusahaan tempat ane kerja. yang membedakannya cuma penempatan. ane ditempatin di kantor, ente ditempatin di pabrik.

tapi kita semua sama. sama-sama buruh a.k.a. karyawan.

jangan merasa lebih tinggi lah, mentang-mentang kerja di ruangan ber-ac.



Quote:Original Posted By novocal
cicilan motor
cicilan smartphone
cicilan mobil murah

cicilan segunung juga lama2 bikin kere
mao duit sebanyak apapun kalo boros jg tetep aja gak cukup

operator CS byk kok yg jalan2 ke singapore
cukup donk gaji operator
gaji operator gak jauh beda kok ama gaji buruh

UMP naik jadi 4jt = seluruh bahan pokok naik / inflasi
karena pabrik butuh duit utk gajiin UMP
akhirnya tahun depan demo lg minta 6jt
inflasi lagi kalo d setujui
lingkaran setan




emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By Zygar
masyarakat terlena menilai kepedulian ahok soal kesejahteraan dan kesehatan.

jelas jelas yang dipriortaskan ahok warga jakarta dengan jakarta sehat dan yang punya anak sekolah geratis di negeri +jakarta pintar.

tahun lalu memang dinaikan 45% tapi buruh tidak menilai sebab musabab dinaikan hingga 45% dan menilai tahun ni akan naik dengan persentase itu juga.

klo menaikan ump terlalu tinggi kondisi para pengusaha bagaimana? klo pada minggat phk buruh menyalahkan siapa lagi? demo lagi di kantor gubernur lgemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By balliga


emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

Damn!! terharu gw denger seorang pejabat msh berpegang teguh dan menjalankan prinsip Keadilan Sosial..kalo tahun sebelumnya Ahok sudah "Gampar" pengusaha..ya sudah sepantasnya buruh stop sejenak untuk merengek!
Tetapi, sekarang yang jadi masalah ialah implementasi UMR 2,4jt..kmaren 2,2jt aja banyak kasus dalam pengajuan dispensasi oleh perusahaan..seharusnya serikat buruh lebih concern dalam mengawasi pelaksanaan kebijakan ini! jangan cuma nuntutlah..karena gmana juga serikat buruh tuh partner/rekan dari pemerintah daerah dan asosiasi pengusaha jadi kerja juga sama-sama lah..

akhir kata..ini yang namanya Keadilan Sosial emoticon-Big Grin
Petikan Wawancara Ahok dan Viva News! Tentang Buruh. sumpah keren Open Mind!





YANG KOMENG PALING BAGUS ANE TIMPUKIN :CENDOLS YAAA GRATIS TIAP HARI

Spoiler for komeng yang kena cendol:
mantab nih ahok....
koh ahok I love you emoticon-Peluk:

jawaban beliau kena banget, dia tahu betul letak permasalahan yg ada. Semua'y ada di satu titik. Ya si SPSI itu lah biang kerok'y emoticon-Nohope
emoticon-Shakehand2 Lanjutkan JOKOHOK emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
penjelasan yang berisi dar seorang wagub emoticon-Smilie

beda banget kan ama periode kmaren emoticon-Big Grin
Saran ane koh
Coba di setiap pabrik wajib punya sekolah, rs, atau minimal klinik kesehatan sendiri
Jadi bisa meminimalisir kebutuhan yang mahal menurut buruh
Semoga keruwetan memimpin Jakarta cepat terselesaikan emoticon-Shakehand2
Gile ahok tegas bgt ya jd orang, ni salah satu sosok pemimpin yg diperlukan indonesia emoticon-Cool
buruh sebaiknya jgn terprookasi sama serikat pekerjanya.
ini orang pinter banget emang..
heran gw..

jadi Wapres bisa tuh
kebijakan Ahok ngak populer tetapi untuk jangka panjang. Pemimpin harus berani tidak populer
Liberalkan saja upah! Jangan ada UMP2an segala!
emoticon-Big Grin
Memang begitulah manusia. Dikasih enak, minta lebih.. :/
Quote:Original Posted By AngelMalaika
Saran ane koh
Coba di setiap pabrik wajib punya sekolah, rs, atau minimal klinik kesehatan sendiri
Jadi bisa meminimalisir kebutuhan yang mahal menurut buruh
Semoga keruwetan memimpin Jakarta cepat terselesaikan emoticon-Shakehand2


percuma, sudah ada kjp dan kjs, yang bikin mahal itu cicilan ninja emoticon-Nohope
Jangan terlalu mengagung-agungkan orang.., toh karyanyata konkretnya juga masih belum ada/minim.

Biasa-biasa aja lah..
cicilan motor
cicilan smartphone
cicilan mobil murah

cicilan segunung juga lama2 bikin kere
mao duit sebanyak apapun kalo boros jg tetep aja gak cukup

operator CS byk kok yg jalan2 ke singapore
cukup donk gaji operator
gaji operator gak jauh beda kok ama gaji buruh

UMP naik jadi 4jt = seluruh bahan pokok naik / inflasi
karena pabrik butuh duit utk gajiin UMP
akhirnya tahun depan demo lg minta 6jt
inflasi lagi kalo d setujui
lingkaran setan

emoticon-Angkat Beer
ayo SPSI KPSI berani gak tuh keuangannya di audit??? biar transparan kasihan buruh yg capek2 kerja eh yg nikmati cuma pengurus serikat/organisasi pekerja
cerdas nii org, biar ngomongnya nyablak tapi sesuai rea;ita ga pake tambahan gula2 n skrip
buruh pake ninja, emoticon-Ngakak
Ini lah jawaban yang relefan untuk semua pihak..
Tidak semua warga DKI itu buruh.. Buruh juga jangan perhitungkan yang diluar kewajaran.. Kalo tahun lalu sudah naik 45 % jangan menuntut yang berlebihan lagi dengan naik lagi tahun ini. Buruh tidak sama dengan karyawan, kalo buruh menuntut harus dipenuhi, sehabis itu seluruh karyawan yang akan berdemo karena merasa tidak adil..!! Kalo mw enak jangan seenaknya, bisa percaya mudah ama ketua Buruh itu.. Dia bisa pertanggung jawabkan kalo tidak akan ada kekacauan berikutnya apa misal tuntutan itu dipenuhi..?? Kalo bisa terangkan pada PUBLIK..! Ane yakin kalo pun dipenuhi, setelah ada kekacauan, si kambing itu bakal keluar negeri, dan menghilang.. Tinggal para buruh yang bisa bengong karena PHK massal.. Ujung2nya mencari kambing hitam lain untuk disalahkan. Ga ada abisnya.. Terakhir ente semua para buruh mau nyalahin Tuhan..??? Pikir dulu secara relevan.
semua udh jelas ... ane gk bisa komeng, ahok trlalu cerdas emoticon-Malu (S)