alexa-tracking

Takut Tertabrak KA, Warga Di Gresik Unjuk Rasa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52804c80fcca171422000009/takut-tertabrak-ka-warga-di-gresik-unjuk-rasa
Takut Tertabrak KA, Warga Di Gresik Unjuk Rasa
Quote:Warga Desa dan Pemuda di Kecamatan Duduksampean nekat unjuk rasa di perlintasan rel kereta api Pasar Duduksampean menuntut palang pintu, penjaga 24 jam dan penerangan sepanjang rel kereta api, karena setiap tahun ada warga tewas menjadi korban meninggal dunia tertabrak kereta api, Minggu (10/11/2013).

Rel kereta api yang sudah ada sejak 100 tahun yang lalu sampai sekarang tidak ada keamanan bagi pengguna jalan yang melintas. Selama ini beberapa Desa di Duduksampean yang dilintasi rel kereta api tidak ada palang pintu, petugas keamanan dan penerangan.

Sekarang ada proyek rel kereta api double track atau rel ganda yang sebentar lagi akan dipergunakan lintasan tersebut, sehingga akan sering dilintasi kereta api dari Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya.

Jika tidak ada lampu penerangan, petugas jaga 24 Jam dan portal pembatas, warga akan berjatuhan menjadi korban. "Per tahun rata-rata 10 orang tewas di Duduksampean akibat tertabrak kereta api. Kami di sini menyalurkan aspirasi warga agar tidak menjadi korban pembangunan PT Kereta Api, sehingga polisi tidak seenaknya sendiri main tangkap," kata Ihyak Ulumudin alias Yayak (23), pemuda asal Desa Setrohadi, Kecamatan Duduksampean.

Sedikitnya ada 5 Desa di Kecamatan Duduksampean yang pintu masuknya harus melintasi rel kereta api, yaitu Desa Gredek, Brak Sumari, Gadukan, Kandangan dan Setrohadi.


Sumber 1

Quote:Beberapa desa di Kecamatan Duduksampean, Gresik yang dilewati rel kereta api, yaitu Desa Sumari, Setrohadi, Tambakrejo dan Tumapel, meminta palang perlintasan KA untuk menjaga keselamatan kepada PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daops VIII Surabaya, Sabtu (9/11/2013).

"Nyawa warga yang menjadi tumbal kereta api. Sering kali pada malam hari warga tertabrak kereta karena tidak ada penjaga perlintasan, tidak ada portal keamanan dan penerangan sekitar perlintasan rel juga tidak ada," kata Farid Abdillah, Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat Pusat Demokrasi dan Kemanusiaan (LSM PuDaK).

Menurut LSM PuDak, warga yang melintas dan menjadi korban kereta api setiap tahunnya rata-rata 10 orang lebih. Dengan akan diberlakukannya jalur double track pasti akan menambah korban.

"PT Kereta Api itu sudah ada sejak satu abad yang lalu, tapi sampai sekarang masih belum memberikan sumbangsih kenyamanan bagi penumpang, pengguna jalan dan warga di serikar lintasan rel kereta api," tegas Farid.

Erfan dari Daerah Operasi (Daop) VIII Surabaya, wilayah Duduksampean, menyarankan, agar Kepala Desa yang ada lintasan rel kereta apinya mengajukan proposal pemberian palang pengaman dan petugas keamanan selama 24 Jam.

"Proposal bisa dikirim ke kami, nanti akan kita teruskan ke kantor pusat," kata Erfan dengan didampingi Sugiono dari pengamanan Daop VIII Surabaya.


Sumber2

Kalau tertabrak ya mendingan introspeksi diri, jangan menyalahkan operator dong...

Lagipula jalan itu memotong rel KA atau rel KA memotong jalan?

Kalau rel KA memotong jalan okelah minta palang pintu,

tapi kalau jalan aspal memotong rel KA, ya mending tutup saja jalannya...

btw, tempat banyak orang koit ketabrak itu perlintasan resmi atau liar? emoticon-Big Grin

UU Nomor 23 Tahun 2007

Pasal 94

1. Untuk keselamatan perjalanan kereta api dan pemakai jalan, perlintasan sebidang yang tidak mempunyai ijin harus ditutup.

2. Penutupan perlintasan sebidang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah.

komen dari gan ikhsanlie yang merupakan "alumnus" PT KAI

Quote:Original Posted By ikhsanlie
Manusia diciptakan memiliki indra penglihatan-indra pendengaran tp kenapa menggunakan sejenak pada saat ingin nyebrang rel sajah ngak mau? emoticon-Big Grin.....perlintasan itu tanggung jawab pemda setempatlah & warga salah sasaran demonya emoticon-Big Grin....dikiranya enak apa jadi masinis yg nabrak orang???disatu sisi bakalan trauma tuh masinis disisi lain minimal 1 minggu diistirahatkan setelah kejadian emoticon-Cape d... (S)....jadi inget kasus waktu ada KRL nabrak orang di bongkaran tanah abang, yg ada warga malah marah nimpukin keretanya emoticon-Cape d... (S)....manusia kok otaknya seuprit emoticon-Big Grin


mending jgn punya rumah dkt situ emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By merdekaboy
Ajgmj


elu sehat tong? emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By merdekaboy
Gimana mau maju negaraku... Apa2 diprotes emoticon-Sorry


selamat datang di republik nyinyir emoticon-Big Grin
duluan mana rumah2 warga sama rel keretanya ya??? emoticon-Malu (S)

Klo palang perlintasan pasti minimal ada lah rambu2 yang terpasang.harusnya ya klo orang liat rambu harusnya ya waspada.

Klo jalan raya dikasih penerangan its OK lah. klo rel dikasih penerangan buat apa. biar klo ada orang nyeberang masinisnya bisa liat terus bisa ngerem?? emoticon-Bingung (S)
parahh... indonesia kayanya sudah mulai gawat emoticon-Cape d... (S) kasian ane klo banyakan protes
waduh.. rambu2 dan palang itu wajib ada tuh gan, drpd bgitu ya berbahaya lah.. mewek
Quote:Original Posted By anangelwings
duluan mana rumah2 warga sama rel keretanya ya??? emoticon-Malu (S)

Klo palang perlintasan pasti minimal ada lah rambu2 yang terpasang.harusnya ya klo orang liat rambu harusnya ya waspada.

Klo jalan raya dikasih penerangan its OK lah. klo rel dikasih penerangan buat apa. biar klo ada orang nyeberang masinisnya bisa liat terus bisa ngerem?? emoticon-Bingung (S)


dapat dipastikan lebih dulu rel KA nya emoticon-Big Grin

kalau ane rasa sih mereka gak lebih dari LSM-LSM gajebo yang aslinya cuma pingin meres duit saja, makanya keinginan mereka tolol begitu emoticon-Big Grin
lewat masa ga liat dan denger suara kereta?
jadi ingat komen ini dari trit sebelah

Quote:Original Posted By omahtengah
memang patut disalahkan,
apalagi itu kereta kenapa juga kalo nabrak orang,
bukan keretanya yang hancur tapi malah orangnya yang mati,
harusnya PT. KAI pake kereta yang dibuat dari kapas empuk,
biar kalo ketabrak kereta gak bakalan mati.
Terus terang saya juga sudah lama mengeluhkan kerasnya besi material kereta ini.


padahal dari kemarin-kemarin jalur-lintas keretanya disitu-situ aja toh emoticon-Malu
aneh emoticon-Bingung (S)
salah satu koreksi buat PT KAI...jangan sampai terjadi konflik dan akhirnya penumpang yang jadi korban pelemparan kereta...
Quote:Original Posted By ag6966nh
salah satu koreksi buat PT KAI...jangan sampai terjadi konflik dan akhirnya penumpang yang jadi korban pelemparan kereta...


sekarang ane tanya, pemukiman tersebut dan rel KA lebih duluan mana gan? emoticon-Big Grin

kalau lebih duluan pemukiman ya silakan protes emoticon-Big Grin

tapi kalau rel KA yang lebih dulu ada sama saja yang protes itu BEGO emoticon-Big Grin

lagipula hal itu sebenarnya adalah TANGGUNG JAWAB PEMDA emoticon-Big Grin
loh kok malah nyalahin kreta emoticon-Bingung

itu knapa kreta lewat dicegat..makanya pada mampus ketabrak emoticon-Cape d...
fi ksmpung saya belum tentu lima tahun sekali ada orang mati ketabarak kereta.
jangan-jangan tuh kampung orangnya pada budek dan bego kali yah ??emoticon-Sorry
orang sini disuruh muter jauh dikit kaga mau walau demi keamanan kalau pt kai bikin palang pintu disetiap perlintasan kecil ane rasa dari segi jumlah terlalu banyak paling mentok dikasih rambu itupun kalau gak diambil maling atau dicoret-coret rambunya emoticon-Hammer
Ah..... Dr dulu relnya disitu, ga gerak gerak, masih ketabrak aja.... Yg salah ya yg ketabrak.....
Quote:Original Posted By hawk
lewat masa ga liat dan denger suara kereta?

Masa ente gak tahu gan, yang lewat di situ kan kereta siluman, makanya gak ada suaranya dan juga gak kelihatan bentuknya

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By hawk
lewat masa ga liat dan denger suara kereta?


ya ngga denger lahh emoticon-Marah
haree genee geto lho ..... kalo pengen gaul getooh ya, kalo jalan mesti sambil nenteng compo emoticon-Mad (S) ...... ehh maksud ane sambil dengerin mp3 pake headset ma hape emoticon-Ngakak (S)

btw blom liat si ikhsanlie emoticon-Mad
masalahnya jalur itu.. jalur resmi ato bukaan sendiri....