alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[HATI-HATI GAN] Mainan Impor Asal China Mengandung Racun?
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52804a90bfcb178f11000007/hati-hati-gan-mainan-impor-asal-china-mengandung-racun

[HATI-HATI GAN] Mainan Impor Asal China Mengandung Racun?

[HATI-HATI GAN] Mainan Impor Asal China Mengandung Racun?
Ilustrasi (Antara/Sigid Kurniawan)


Liputan6.com, Jakarta : Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) mendesak pemerintah untuk segera mengawasi peredaran mainan anak-anak di pasar Indonesia. Upaya ini bertujuan untuk mengendalikan laju impor mainan anak-anak yang ternyata mengandung zat kimia berbahaya.

Menurut Ketua Umum APINDO, Sofjan Wanandi, penerapan Standarisasi Nasional Indonesia (SNI) pada mainan anak-anak akan sangat efektif mengurangi maraknya peredaran mainan anak-anak beracun asal luar negeri alias impor.

"SNI mainan anak-anak harus secepat mungkin diterapkan, karena supaya tidak terlalu banyak jumlah impor mainan," terang dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Senin (11/11/2013).

Sofjan menuturkan, sebagian besar dari produk mainan impor yang ada di Indonesia datang dari China. "Impor berlebihan bahaya, buat anak-anak juga begitu sebab banyak yang pakai racun," terang dia.

Kementerian Perdagangan melaporkan nilai impor produk mainan mencapai US$ 70 juta-75 juta atau lebih rendah dari nilai ekspor mainan lokal yang tercatat menembus angka US$ 60 juta setara Rp 680,4 miliar hingga Agustus 2013. Mayoritas produk mainan impor berasal dari China dan sekitar 90%-nya berbahan dasar plastik yang tak terjamin kualitasnya.

Namun dia mengaku, bila pemerintah kurang menyediakan infrastruktur terkait lembaga yang bertanggung jawab mengeluarkan SNI khusus produk mainan. Sehingga pengusaha merasa kesulitan untuk bisa memperoleh label SNI.

"Itu karena masalah teknologinya susah sekali untuk mainan anak-anak. Sebenarnya SNI tidak bisa semua disamaratakan, karena ada yang memakai elektronik dan ada yang tidak," paparnya.

Sofjan berharap, pemerintah dapat memberikan dispensasi bagi para pengusaha yang masih kesulitan untuk memproduksi mainan sesuai standar SNI.

"Beri kesempatan atau dispensasi dulu bagi yang belum bisa sambil terus berusaha untuk memenuhinya. Jangan buru-buru ditutup," pungkas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kemendag mengakui adanya kesulitan pemasok mainan di daerah dalam mendaftarkan produknya untuk mengantongi sertifikat SNI. Kondisi ini tak terlepas dari minimnya jumlah Lembaga Sertifikasi Produk Pusat Standardisasi (LS Pro) di Indonesia khususnya yang menangani produk mainan.

"Memang betul (pemasok kesulitan), kami juga paham jika jumlahnya LS Pro masih terbatas, belum banyak yang menjalankan di bidang mainan," ujar Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Khrisnamurti.

Kemendag menilai saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menyosialisasikan dan mengajak seluruh pihak, termasuk perguruan tinggi (kampus) untuk membangun LS Pro. Sayangnya, Bayu belum mengetahui jumlah persis LS Pro atau lembaga sertifikasi yang ada sekarang (Fik/Ndw)

http://bisnis.liputan6.com/read/7425...-racun?wp.hdln

Sayang anak gan, hati2 sama mainan asal China emoticon-No Sara Please

Mending kasih mainan cem begini aja:

Spoiler for mainan:
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
Post ini telah dihapus oleh blue_danube
Mainan beracun?maksudnya bijimane?
Jadi kalo beracun kagak halal donk..emoticon-Big Grin
Ngehe ,atas gw pertamak mulu..emoticon-Mad (S)
Quote:


Oh ya sdh, makasih infonya puh emoticon-Cendol (S)

Repost gan, jangan dikomen emoticon-Repost (S)
mainan lokal apa aman juga? bahan finishing pakai apa? cat biasa? melamik? thinner?
beli yg mainan di toko mainan biar made in china jg bagus, siapa suruh beli pinggir jalan dalam plastik kresek 1000 sebiji. btw mainan yg beredar 95% jg made china, dan brp kasus kah anak2 yg mati keracunan abis main? emoticon-Ngacir
Solusi: importirnya diseret ke pengadilan utk mempertanggungjawabkan perbuatannya! emoticon-shakehand
laporin ke ahok aja gan emoticon-Ngacir
Makanya main layangan aja! Bikin sehat.
emoticon-Big Grin
Apa-apa kalo dari c********* emang beracun, udah dari dulu tuh negeri isinya emang racun semua koq. Makanya Pak Harto ngebanned c***** , soalnya Pak Harto udah tau kalo mereka = racun emoticon-shakehand
hati-hati Gan,TS anti cina,seperti opung dari BPLN, check saja suka post di lounge dan sp bpln, prime IDnya autoband/elhubby,jangan mau diadu domba,penyaru emoticon-Kiss (S)
Diubah oleh Heroin..Detox
iya tuh ati2 kalo beliin maenan anak

mending bikin sendiri dah dari bambu kalo maenan mobilan

gue jadi inget taon 90an bikin sendiri mobil dari bambu emoticon-Frown

anak 1 kampung keliling sembari bawa mobilan bambu

bannya dari kaleng susu / sendal jepit yang udah di buletin emoticon-Big Grin
Beli buatan jepang aja, lebih terjamin tapi lebih mahal
Kalau uang gk banyak, suruh main aja sama teman-temannya
Udah gratis, entar mereka nemu mainan sendiri emoticon-Ngakak (S)
makanya kl pny maenan jangan dimakan, jd aj keracunan emoticon-Hammer (S)
jangan beli dildo buatan cinak ,cak
mainan sex beracun berbahaya emoticon-Najis (S)
Post ini telah dihapus oleh blue_danube
SNI hanya soal uang...termasuk komponen biaya tinggi emoticon-Cape d... (S)
jaman dulu keknya fine2 aja ya soal mainan anak2..........sekarang kok ada racunnya ..GILA..emoticon-Cape d... (S)
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di