alexa-tracking

Wah: 40 Persen Pasal Hasil Amandemen Keempat UUD 1945 Menabrak Pancasila

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52803f3318cb17514300000d/wah-40-persen-pasal-hasil-amandemen-keempat-uud-1945-menabrak-pancasila
Wah: 40 Persen Pasal Hasil Amandemen Keempat UUD 1945 Menabrak Pancasila


JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 40 persen pasal-pasal dalam UUD 1945 disebut inkonsisten dan tak mengacu pada Pancasila. Inkonsistensi dan ketidaksesuaian tersebut dikatakan terjadi pada pasal-pasal hasil amandemen konstitusi keempat, atau amandemen terakhir pada 2002.

"Hasil amandemen keempat UUD 1945, sejumlah pasalnya tidak sesuai dengan norma-norma Pancasila," kata Kepala Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada (PSP-UGM) Sudjito, di Universitas Pancasila, Jakarta, Minggu (10/11/2013). Ia mencontohkan Pasal 33 Ayat (4) UUD 1945 yang berbeda dengan Ayat 1,2, dan 3.

Pada Ayat 1,2, dan 3, ekonomi kekeluargaan atau koperasi. Namun pada ayat 4, yang diterapkan adalah prinsip dalam ekonomi kapitalis, ketika menekankan masalah daya saing. "Ini yang disebut gap atau jarak karena jika merujuk pada roh dari pasal tersebut, (Ayat 4) tidak sesuai," kata Sudjito.

Sudjito mencontohkan hal lain dalam hal demokrasi juga inkonsisten terhadap Pancasila. Dalam praktiknya, politik Indonesia saat ini cenderung mengarah ke politik liberal. Praktik politik liberal tersebut katanya lebih mengutamakan kepentingan pribadi, kelompok, atau golongan.

Padahal, menurut sila keempat Pancasila, yang perlu dilakukan dalam berpolitik adalah musyawarah untuk mufakat. "Ini sesuai dengan jiwa dan semangat Pancasila," kata Sudjito.

Selain itu, Sudjito menilai pembuatan beragam peraturan daerah (perda) sekarang juga hanya berlandaskan pemikiran "semakin banyak aturan semakin baik". Pembuatan beragam perda, menurut dia, juga banyak yang hanya bertujuan mencari keuntungan semata.

"(Padahal seharusnya) hukumnya sedikit tetapi berkualitas, dan penyelenggaranya beretika dengan baik," ujar Sudjito. Namun, dia melanjutkan, hal ini tak dapat disalahkan karena memang diizinkan menurut UU. "Saya hanya menyayangkan hilangnya nilai-nilai semangat Pancasila," ucapnya.

Catatan lain dari amandemen konstitusi

Sementara itu, Direktur Eksekutif Pusat Studi Pancasila Universitas Pancasila (PSP-UP) Yudi Latif menjelaskan, pada Pasal 37 UUD 1945 disebutkan mengenai NKRI, dan pasal tersebut menjadi satu-satunya pasal yang tidak boleh diamandemenkan.

Namun pada kenyataannya, kata Yudi, penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia secara praktik merujuk pada sistem feodal. Dia merujuk pemberian otonomi daerah hingga ke tingkat kabupaten sebagai dasar argumentasinya.

Lebih lanjut Yudi mengatakan, kedudukan MPR saat ini memang masih ada dalam struktur, tetapi fungsi dan kewenangannya telah berubah. MPR hanya sebagai lembaga tinggi negara, bukan lagi lembaga tertinggi negara.

Selain itu, dia mengatakan, saat ini tidak ada lagi Garis Besar Haluan Negara (GBHN) yang digantikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP). Padahal GBHN disusun dengan melibatkan semua elemen bangsa sesuai dengan semangat Pancasila.

"RPJP yang hanya disusun oleh DPR sehingga yang menentukan kebijakan dasar adalah DPR, sedangkan GBHN disusun dengan melibatkan semua elemen bangsa, bukam hanya perwakilan partai," ungkapnya

sumber: http://nasional.kompas.com/read/2013/11/11/0558161/40.Persen.Pasal.Hasil.Amandemen.Keempat.UUD.1945.Tabrak.Pancasila#
miris banget gan emoticon-Frown
emoticon-Traveller
image-url-apps
bukan negaranya yg menyedihkan gan... tapi manusianya yg kebetulan katanya mewakili rakyat
KASKUS Ads
Koq bisa nabrak Pancasila?? Ayo Jokowow, jangan ngurusin topeng monyet aja loe, urusin tuh Amandemen UUD!
penghapusan GBHN yg paling fatal menurut saya
Quote:


Pancasila sekarang udah gak dianggap lagi ama mereka.
gimana peraturan gak dibikin banyak, lah warga nya aja keseringan ngelanggar,,,
gak usah yg ribet2,,,rambu2 jalan dan batas jalan aja dah,,,,emoticon-Cape d... (S)

ada yg sok2an bikin peraturan,,, bikin poldur gede2,,,padahal pembuatan poldur juga ada aturan,,,
bilang aja gak mo ribet2 ngerem + liat kiri kanan klo mo keluar gang
make bikin alesan banyak yg ngebut,,, emoticon-Cape d... (S)
×