alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Piutang Indonesia Sampai 7 Turunan...
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528028c7feca17205a00000b/piutang-indonesia-sampai-7-turunan

Utang Indonesia Sampai 7 Turunan...

Piutang Indonesia Sampai 7 Turunan...

Ini yang memungkinkan indonesia tunduk pada kebijakan negara2 lain.
Soalnya indoensia memili utang yang begitu banyak.
Sehingga berbagai macam kebiakan dan kasus yang melibatkan negera2 ini tidak pernah beres
Seperti mobil SMK yang gagal menjadi mobil nasional,soalnya Jepang memprotesnya, takut mobilnya gak laku di Indonesia.
Lalu Penyadapan Amerika, yang malah Presiden nyante2 bae.emoticon-Matabelo

Dari total utang luar negeri Indonesia sebesar USD259,54 miliar, empat besar negara pemberi pinjaman adalah Singapura sebesar USD 45,83 miliar, diikuti Amerika Serikat dengan USD 38,18 miliar, Jepang USD 36,91 miliar, dan Belanda sebanyak USD 12,91 miliar.
Berdasarkan laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) yang dikeluarkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Desember 2012, utang negara saat itu Rp 1.850 triliun. Jadi, hanya dalam enam bulan, jumlah utang Indonesia bertambah Rp 186 triliun.

Selain utang yang menumpuk, tanda-tanda negara bangkrut itu, menurut Uchok, yakni aset negara atau tanah berserta sumber daya alam lainnya sudah dikuasai oleh pihak swasta. Gejala lainnya, lanjut Uchok, adalah cadangan devisa yang terus tergerus dan merosot ke titik nol dan pemerintah mulai tidak bisa mengendalikan harga-harga kebutuhaan pokok masyarakat yang terus mengalami kenaikan luar biasa di luar batas psikologis serta tak mampu lagi membayar gaji para aparat negara.
-----------------------------------------
emoticon-Sorry
Tahukah Anda berapa jumlah utang pemerintah Indonesia saat ini?. Menurut Buku Saku Perkembangan Utang Negara Edisi Oktober 2010, jumlah seluruh utang pemerintah mencapai US$ 185,3 milyar. Bila dirupiahkan dengan kurs Rp 9000/ US dollar, maka utang negara kita mencapai Rp 1.667,70 trilyun. Jika dibagi jumlah penduduk Indonesia 237,556 juta jiwa berdasarkan hasil sensus penduduk 2010, maka setiap penduduk Indonesia memikul utang negara sebesar Rp 7 juta.



Utang pemerintah tersebut terdiri atas utang luar negeri dan utang dalam negeri. Utang dalam negeri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut pinjaman pemerintah dalam bentuk surat utang atau obligasi.



Meningkatnya utang pemerintah, terutama sejak masuknya IMF pada era reformasi. Peningkatan tersebut didorong oleh biaya BLBI dan paket rekapitalisasi perbankan yang menelan biaya pokok Rp 650 trilyun. Biaya ini atas perintah IMF diaktuaisasikan pemerintah dalam bentuk Surat Utang Negara atau disebut juga obligasi rekap.



Selanjutnya, pemerintah menjadikan instrumen surat utang untuk mendanai APBN. Sehingga jika sebelumnya pemerintah hanya mengandalkan utang luar negeri sebagai sumber pembiayaan APBN, maka penjualan surat utang negara pun menjadi andalan utama pemerintah dalam berutang.



Lalu, berapakah cicilan utang Indonesia? Berdasarkan data dari Buku Saku Perkembangan Utang Negara Edisi Oktober 2010, dalam APBN-P 2010 jumlah keseluruhan cicilan utang pemerintah mencapai angka Rp230,33 trilyun. Cicilan tersebut terdiri atas cicilan pokok sebesar Rp124,68 trilyun dan cicilan bunga Rp105,65 trilyun.



Proporsi anggaran pembayaran utang mencapai 23,21% dari Rp992,4 trilyun penerimaan APBN dimana hampir setengahnya atau 45,87% adalah pembayaran bunga utang pemerintah. Akibat besarnya jumlah cicilan utang, APBN pun mengalami defisit sangat besar, yakni Rp133,75 trilyun.



Selama 11 tahun terakhir, negara telah membayar utang sebesar Rp1.596,1 trilyun dan 54% di antaranya atau sekitar Rp864,67 trilyun adalah untuk membayar bunga utang yang jatuh tempo. Jumlah keseluruhan pembayaran utang pemerintah tersebut lebih dari 7,8 kali penerimaan APBN 2000, 4,7 kali penerimaan APBN 2003, 2,5 kali penerimaan APBN 2006, dan 1,6 kali penerimaan APBN 2010. Jumlah ini juga hampir menyamai jumlah utang negara tahun ini Rp1.667,7 trilyun. Sedangkan total pembayaran bunga utang pemerintah lebih besar dari anggaran penerimaan pajak tahun ini Rp743,3 trilyun.

Meski Indonesia telah membayar utang sebesar Rp1.667,7 trilyun selama 11 tahun terakhir, utang Indonesia tidak turun justru membengkak dari jumlah utang pada tahun 2000 yakni Rp1.235 trilyun. Bahkan jika dibandingkan jumlah utang pemerintah tahun 1998 sebesar Rp553 trilyun, jumlah utang pemerintah Indonesia tahun ini bertambah 3 kali lipat sejak krisis moneter.
Diubah oleh: moch21
Thread Sudah Digembok
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
mesti pake harta cendana baru bs lunas! emoticon-Busa
coba kita liat presiden baru entar (asumsi JKW dr partai pro rakyat kecil yg suka koar2 prtahankan subsidi bbm dan kurangi utang).. klo bisa nurunin utang sambil jaga pertumbuhan tetap positif, betul2 jagoan dia...

ga usah drastis.. ratio utang/gdp cukup turun 2% aja per tahun.. jadi kalo tu presiden mnjabat 2 periode.. di akhir periodenya ratio utang thd gdp tinggal 4.7%.. jadi PR buat next presiden uda ga berat lagi..

FYI, awal SBY mnjabat itu ratio utang/gdp di atas 56.6% (2004)... sekarang tinggal 24.7% (2013)... turun lebih dr setengah.. klo mau nyamain "prestasi" yg skarang.. mestinya di 2024 ratio utang juga turun dr setengah (less than 12.4%).. cuma karena "prestasi" ini dianggap kurang.. kita naikin dh challengenya.. turun sampe di bawah 5% lah... ga usah lsg zero.. mudah2an bisa... emoticon-I Love Indonesia (S)

oiya.. ane nambahin gambar peta dunia dgn range ratio utang/gdp dari negara2 tsb.. kita sama kaya aussie.. china lebih gede rationya..

Piutang Indonesia Sampai 7 Turunan...

oiya, sekedar info gan.. lembaga2 keuangan dunia macam world bank, imf dan sindikasi lembaga2 pengutang lainnya (apalagi yg ada koneksi dgn dinasti rotschild) ga suka dengan negara yg punya kebijakan penurunan utang.. mereka berkepentingan ratio2 utang negara2 tsb tetap tinggi, minimal 60%.. kenapa? supaya kebijakan negaranya bisa disetir dan natural resources nya bisa dikuras buat mbayar utang..

RI udah bener dgn kebijakan mengurangi utangnya.. cuma kudu ati2, siap2 dimusuhin dan digoyang pemerintahannya klo ratio utang kita uda low banget.. ane si berharap RI bisa minimal swasembada pangan dan kuat ekonominya secara domestik.. jd ekonominya tahan goncangan.. ane juga termasuk golongan yg pengen RI ngga usah ngutang2 lg.. tapi susahnya, banyak pendapatan negara dikorup abis2an gan.. jd pembangunan ga optimal..
Diubah oleh deganfan
semoga pas anak cucu ane bisa lunas emoticon-Embarrassment

btw ini utang atau piutang sih? emoticon-Big Grin
sumbernya mana? emoticon-Traveller
Tenang aja,Ts na Mandul,jd kagak bakalan pny keturunan..emoticon-Big Grin
Ternyata Indonesia itu kaya, PIUTANG-nya sampai tujuh turunan.
Ya elahhh... Kalo utang mah tiap negara ada utang lah... Negara adidaya dan superpower kayak usa aja utangnya dimana2 koq...
klo piutang mah malah untung gan emoticon-Ngakak
Semoga cepat kelar utangnya....
untung gue keturunan yang ke 8 emoticon-Big Grin
namanya juga indonesia cuman bangga jadi populasi islam terbesar di dunia aja
emoticon-Ngakak TS nya gak bisa bedain apa itu PIUTANG, apa itu HUTANG emoticon-Ngakak

Belajar lagi geh, sebelum buat judul emoticon-Ngakak
kaget gw sama judulnya
tumben"an kita punya piutang segitu banyak
ente salah judul gan, bukan piutang tapi utang
ane yakin negara kita pasti bisa nyelesaiin masalah ini gan. Ente jangan pesimis dong
emoticon-Bingung (S)
kayak gw peduli ajaaa


emoticon-Ngacir
Piutang (Bahasa Inggris: accounts receivable, AR) adalah salah satu jenis transaksi akuntansi yang mengurusi penagihan konsumen yang berhutang pada seseorang, suatu perusahaan, atau suatu organisasi untuk barang dan layanan yang telah diberikan pada konsumen tersebut. Pada sebagian besar entitas bisnis, hal ini biasanya dilakukan dengan membuat tagihan dan mengirimkan tagihan tersebut kepada konsumen yang akan dibayar dalam suatu tenggat waktu yang disebut termin kredit atau pembayaran.
utang banyak sih tidak masalah kalau tujuannya untuk membangun negeri, tapi utang nambah banyak tapi tidak di imbangi dengan perbaikan di dalam negeri seperti pendidikan yg gratis , infrastruktuk yang bagus dll
gw mau bc trit ini krn gw kirain kita pny piutang... trnyt utang toh?

emoticon-Cape d... (S)
Judul PHP emoticon-Frown
Kirain beneran piutang tau nya kutaaaang emoticon-fuck
Halaman 1 dari 2
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di