alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528023001acb17e951000003/ancam-bung-karno-tbs-jadi-pengangguran
Ancam Bung Karno, TBS Jadi Pengangguran!
Merdeka.com - Perpolitikan Republik Indonesia awal tahun 1950an mendidih. Saat itu baru saja Indonesia benar-benar berdaulat setelah Belanda tak lagi melancarkan agresi militer.

Situasi politik dan ekonomi di negara muda ini terombang-ambing. Demokrasi Liberal yang diterapkan hanya menghasilkan konflik politik tak berkesudahan.

Kepala Staf Angkatan Perang Jenderal Mayor TB Simatupang dan Kepala Staf Angkatan Darat Kolonel AH Nasution menginginkan tentara yang profesional. Bukan para panglima yang bisa berkuasa di daerah dan menjadi raja-raja kecil.

Angkatan Darat pun terpecah. Ada kubu Nasution dan kubu Kolonel Bambang Supeno.

Konflik dalam militer ini ditunggangi kepentingan politik dari partai politik yang duduk di DPR. Kubu Nasution merasa DPRS terlalu turut campur pada urusan militer.

Puncaknya tanggal 17 Oktober 1952. Kubu Nasution menggerakkan massa untuk mendesak Presiden Soekarno membubarkan DPR. Mereka juga menaruh empat meriam berisi peluru di depan istana untuk menggertak Soekarno.

Nasution dan sejumlah perwira Angkatan Darat pun menghadap Soekarno meminta DPR dibubarkan. Tapi Soekarno tak gentar. Dia menyebut aksi Kolonel AH Nasution ini sebagai percobaan setengah kup atau kudeta. Nasution berkilah, dia tidak ingin melawan Soekarno tetapi sistem pemerintahan.

Soekarno membeberkan peristiwa ini dalam biografinya yang ditulis Cindy Adams. Dia naik pitam. Soekarno marah sekali pada Nasution.

"Engkau benar dalam tuntutanmu tapi salah dalam caranya. Soekarno tidak akan menyerah menghadapi paksaan. Tidak pernah kepada seluruh tentara Belanda dan dan tidak kepada satu batalyon Tentara Nasional Indonesia!" bentak Soekarno.

Nasution membalas. "Bila ada kekacauan di negara kita, setiap orang berpaling kepada tentara. Tokoh-tokoh politik membikin peperangan, tetapi si prajurit yang harus mati. Wajar bila kami turut berbicara tentang apa yang sedang berlangsung," kata Nasution.

Namun penjelasan Nasution soal aksi itu hanya membuat Soekarno semakin marah.

"Mengemukakan apa yang terasa di hatimu kepada Bung Karno-YA. Tetapi mengancam Bapak Republik Indonesia-TIDAK! JANGAN SEKALI-KALI!"

Soekarno lalu keluar menemui massa seorang diri. Setelah berdialog dengan presiden massa malah berteriak-teriak mendukung Soekarno.


"Hidup Bung Karno, hidup Bung Karno!"

Soekarno pun menatap empat meriam 25 pon buatan Inggris yang moncongnya menghadap istana. Dia memarahi prajurit itu. Para prajurit yang takut malah kemudian ikut berteriak Hidup Bung Karno!

Peristiwa 17 Oktober membuat perpecahan Angkatan Darat makin lebar. Mayor Jenderal TB Simatupang yang dinilai pro-Gerakan 17 Oktober diberhentikan dari Kepala Staf Angkatan Perang (KSAP).

Jabatan KSAP pun dihilangkan tahun 1953. Selanjutnya hanya ada forum antara kepala staf angkatan darat, laut dan udara, tanpa jabatan KSAP.

Hilangnya jabatan KSAP berarti menutup karir TB Simatupang. Sebagai tentara dengan pangkat tertinggi, tak lagi ada posisi untuknya.

Kolonel Nasution pun mengundurkan diri dari Angkatan Darat. Dia malah sempat membuat Partai Politik. Namun dua tahun kemudian, Soekarno kembali memanggil Nasution untuk menjadi Kepala Staf Angkatan Darat kembali untuk menghentikan perpecahan di tubuh TNI AD.

Akhirnya Simatupang memilih pensiun dini dari militer tahun 1959. Jabatan terakhirnya Penasihat Militer Departemen Pertahanan. Saat itu dia berpangkat Letnan Jenderal pada usia 39 tahun. Simatupang merasa tidak dapat lagi bekerja sama dengan Presiden Soekarno.

Sejarawan Petrik Matanasi menjelaskan saat itu konflik tentara sangat dipengaruhi latar belakang militer para perwira TNI.

Perwira lulusan Pembela Tanah Air (PETA) didikan Jepang tak menyukai para perwira eks Koninklijke Nederlands Indische Leger (KNIL) didikan Belanda. TB Simatupang dan Nasution adalah mantan perwira KNIL yang memiliki karir cemerlang di TNI.

Perwira eks PETA biasanya militan dan jago di lapangan. Sedangkan para perwira eks KNIL lebih unggul soal organisasi, intelektual dan strategi.

"Simatupang sudah sadar dirinya tak disukai sejumlah perwira. Memang dia tak pernah ingin menjadi Panglima, cukup Kepala Staf Angkatan Perang yang sebenarnya tak memiliki komando langsung," kata sejarawan Petrik Matanasi saat berbincang dengan merdeka.com.

Setelah pensiun, TB Simatupang kemudian melayani gereja. Dia pernah menjadi ketua Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia, dan Ketua Dewan Gereja-gereja Sedunia. Pak Sim pun produktif menulis buku tentang masalah militer, sosial, dan politik hingga meninggal dunia tahun 1990.

http://www.merdeka.com/peristiwa/tni...imatupang.html

Yang ane highlight merah...., nggak heran lah emoticon-Malu , rupanya dari dulu ampe' sekarang sudah terbakar birahi untuk berkuasa di negeri ini emoticon-Ngakak (S)
apaan si ?
terus dimana kriterianya sampai menjadi pahlawan?
Quote:Original Posted By duralube
terus dimana kriterianya sampai menjadi pahlawan?


Para dalang dan pelaku peristiwa Oktober 1952 ini dikemudian hari mendapat amnesti/pengampunan dari Presiden Sukarno.

Dia pro ke AH.NASUTION
No problem...asal jgn lupakan jasa2 mereka.

Kesalahan Soekarno saat itulah yg membuat jenderal membelot.

hanya TS aja tang mengerti!emoticon-Big Grin
Mantabs kali si Bung kita itu, AHN dan TBS gertak pun dianya nggak gentar emoticon-thumbsup , malah digertaknya balik itu jenderal-jenderal emoticon-Big Grin
Bung Karno memang dikenal sebagai pemimpin yang kharismatik. Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada diri beliau, beliau memang layak menjadi bapak bangsa emoticon-I Love Indonesia (S)
ini mdsdnya gimana sih??
ane blm nyambung.. TS buat berita bwt dirinya sendiri emoticon-Cape deeehh
Woww.. kita bisa mengambil hikmah dari kejadian ini emoticon-thumbsup

Hikmahnya: jangan beri orang-orang dari daerah situ kekuasaan yang besar karena tabiatnya memang serakah emoticon-Belo
Quote:Original Posted By mekicinabecek
Woww.. kita bisa mengambil hikmah dari kejadian ini emoticon-thumbsup

Hikmahnya: jangan beri orang-orang dari daerah situ kekuasaan yang besar karena tabiatnya memang serakah emoticon-Belo


emoticon-shakehand

Semoga kita semua menyadari kenyataan tersebut emoticon-Malu
hidup Bung Karno
emang apa jasa sumbang ts ber icon rsryo .bagi negara. ?
TS Pura2 pake nama pendeta romo.padahal banyak iri dan dengki di dalam dirinya.semoga Roh Kudus membuat Ts bertobat..

Back to basic... TB Simatupang dan Nasution justru sadar posisi...mereka sudah menyatakan kebenaran..apapun hasilnya..Nasution dan Simatupang menerima hasilnya..mereka mundur...itulah jiwa ksatria sebenarnya...

Kalo tentang kata-kata merah di mana ts ingin memprovokasi gereja ingin menguasai dunia.a TS belajar tentang kekristenan dulu sebelum menyerangnya....

Awal sejarahnya: Kekristenan dianggap musuh kekaisaran Roma..di mana sampai saat ini kekaisaran Roma adalah negara dengan jumlah persentase penguasaan penduduk terbesar di dunia sepertiga dunia berada di bawah kendali kaisar..tidak ada sistem yang sekuat itu sampai sekarang... umat kristen tidak melakukan perlawanan sama sekali......tapi karena dengan kekuasaan Tuhan pulalah..bayangkanlah TS..

bekas musuh dari sepertiga dunia

sekarang menjadi inspirasi lebih dari setengah penduduk dunia untuk membawa perdamaian kasih dan ilmu pengetahuan bagi dunia..



back to Simatupang ...beliau sadar ambisi melayani membalas cinta kasih Isa yang mati di kayu salib lebih baik daripada hanya berkubang dengan kotornya politik saat itu...

dari sebuah gedung di pinggir jalan TB Simatupang..
Quote:Original Posted By dove79
emang apa jasa sumbang ts ber icon rsryo .bagi negara. ?
TS Pura2 pake nama pendeta romo.padahal banyak iri dan dengki di dalam dirinya.semoga Roh Kudus membuat Ts bertobat..

Back to basic... TB Simatupang dan Nasution justru sadar posisi...mereka sudah menyatakan kebenaran..apapun hasilnya..Nasution dan Simatupang menerima hasilnya..mereka mundur...itulah jiwa ksatria sebenarnya...

Kalo tentang kata-kata merah di mana ts ingin memprovokasi gereja ingin menguasai dunia.a TS belajar tentang kekristenan dulu sebelum menyerangnya....

Awal sejarahnya: Kekristenan dianggap musuh kekaisaran Roma..di mana sampai saat ini kekaisaran Roma adalah negara dengan jumlah persentase penguasaan penduduk terbesar di dunia sepertiga dunia berada di bawah kendali kaisar..tidak ada sistem yang sekuat itu sampai sekarang... umat kristen tidak melakukan perlawanan sama sekali......tapi karena dengan kekuasaan Tuhan pulalah..bayangkanlah TS..

bekas musuh dari sepertiga dunia

sekarang menjadi inspirasi lebih dari setengah penduduk dunia untuk membawa perdamaian kasih dan ilmu pengetahuan bagi dunia..



back to Simatupang ...beliau sadar ambisi melayani membalas cinta kasih Isa yang mati di kayu salib lebih baik daripada hanya berkubang dengan kotornya politik saat itu...

dari sebuah gedung di pinggir jalan TB Simatupang..


Wedeww.. pagi-pagi udah ada yang terguncyaanggg emoticon-Ngakak

Kalo mau kotbah, sonoan dikit brow, jangan di lapak gue! emoticon-fuck
Wondering pada saat itu presiden kita bukan BK, tapi SBY...., kira-kira apa yang akan terjadi pemirsa?? emoticon-Najis
Quote:Original Posted By dove79
emang apa jasa sumbang ts ber icon rsryo .bagi negara. ?
TS Pura2 pake nama pendeta romo.padahal banyak iri dan dengki di dalam dirinya.semoga Roh Kudus membuat Ts bertobat..

Back to basic... TB Simatupang dan Nasution justru sadar posisi...mereka sudah menyatakan kebenaran..apapun hasilnya..Nasution dan Simatupang menerima hasilnya..mereka mundur...itulah jiwa ksatria sebenarnya...

Kalo tentang kata-kata merah di mana ts ingin memprovokasi gereja ingin menguasai dunia.a TS belajar tentang kekristenan dulu sebelum menyerangnya....

Awal sejarahnya: Kekristenan dianggap musuh kekaisaran Roma..di mana sampai saat ini kekaisaran Roma adalah negara dengan jumlah persentase penguasaan penduduk terbesar di dunia sepertiga dunia berada di bawah kendali kaisar..tidak ada sistem yang sekuat itu sampai sekarang... umat kristen tidak melakukan perlawanan sama sekali......tapi karena dengan kekuasaan Tuhan pulalah..bayangkanlah TS..

bekas musuh dari sepertiga dunia

sekarang menjadi inspirasi lebih dari setengah penduduk dunia untuk membawa perdamaian kasih dan ilmu pengetahuan bagi dunia..



back to Simatupang ...beliau sadar ambisi melayani membalas cinta kasih Isa yang mati di kayu salib lebih baik daripada hanya berkubang dengan kotornya politik saat itu...

dari sebuah gedung di pinggir jalan TB Simatupang..


Pagi-pagi dah jualan kecap aja gan emoticon-Ngakak

Semoga Bangsa Indonesia semakin waspada dengan orang-orang seperti itu emoticon-Angkat Beer
Brarti Jalan TB simatupang yg deket lebak bulus illegal dong gan ???

Kan TB simatupang itu kudeta
Bung Karno emang tiada duanya emoticon-Angkat Beer

Seharusnya presiden-presiden kita meneladani Bung Karno emoticon-thumbsup
Ts galau soalnya lagi cari" siapa bapak kandung nya, soalnya emaknya pernah di gangbang maka lahirlah ts
Gw ga ngerti sama komen ts, tp lebih ngerti sama yg khotbah diatas td.
Mau bilang gw terguncang jg? Like I give a single fuck.