alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527f7c2cbdcb173a5800000b/gubernur-bali-usulkan-larangan-wisatawan-ke-pura
Gubernur Bali Usulkan Larangan Wisatawan ke Pura
Quote:Selasa, 5 November 2013 | 18:02 WIB

Gubernur Bali Usulkan Larangan Wisatawan ke Pura
Umat Hindu usai sembahyang di Pura Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali, Rabu (5/10/2011). | KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT

DENPASAR, KOMPAS.com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengusulkan larangan bagi wisatawan untuk mengunjungi pura dalam kurun lima tahun ke depan sebagai respons atas pro dan kontra penetapan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

"Kesimpulan saya sementara, mungkin sudah saatnya pura itu tidak boleh dinyatakan lagi sebagai daya tarik wisata," katanya saat menutup Sarasehan Pembangunan Pariwisata Bali ke Depan di Denpasar, Selasa (5/11/2013).

Sarasehan tersebut fokus utamanya membahas 11 kawasan di Bali yang ditetapkan sebagai KSPN berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional.

Besakih, Gunung Agung, dan kawasan sekitarnya di Kabupaten Karangasem disoroti berbagai kalangan supaya dikeluarkan dari status KSPN karena dinilai dapat mengganggu nilai kesucian dan PP itu dianggap memunculkan celah munculnya fasilitas pariwisata di sekitar tempat suci.

"Kita wajib untuk menjaga semuanya itu. Kalau perlu barangkali dan kami harus berbicara dengan kalangan pariwisata, pura itu dalam radius tertentu tidak boleh didatangi wisatawan," ujar Pastika.

Mantan Kapolda Bali ini menyadari bahwa pura memang untuk bersembahyang, jika didatangi banyak orang, maka mereka yang beribadah akan terkontaminasi.

Selain wisatawan, di sekitar kawasan pura bermunculan para pedagang. Belum lagi warung-warung yang memutar musik dengan nada keras. Hal itu tidak saja mengusik kekhusyukan umat yang beribadah, melainkan juga mempersempit kawasan suci di pura.

Pastika menyayangkan adanya informasi keliru di media yang memosisikan dirinya seolah-olah akan merusak kawasan suci akibat penetapan status KSPN. "Jadi saya pikir minimal selama masa pemerintahan saya, lima tahun ke depan saya tutup semuanya itu. Jadi Besakih tidak lagi sebagai kawasan wisata, begitu juga Batur dan setidaknya pura yang berstatus Sad Kahyangan," katanya.

Pemerintah daerah juga akan menata dan menggusur pedagang di sekitar kawasan pura, meskipun berisiko secara sosial.

Dia menganggap upayanya mengeluarkan pura sebagai daya tarik wisata menjadi cara paling aman untuk menjaga kesucian pura karena tidak ada yang bisa menjamin juga kalau wisatawan yang datang itu sedang tidak datang bulan.

Selain itu, Pastika juga akan lapor kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Rabu (6/11/2013) dalam kunjungan kerjanya serangkaian Bali Democracy Forum supaya pelaksanaan 11 tempat yang masuk KSPN ditunda.

"Saya akan lapor bahwa PP No 50/2011 itu belum bisa diberlakukan di Bali dan mohon dipertimbangkan. Seluruhnya saja, tidak hanya Besakih, saya pikir tidak masalah," katanya.

Menurut Pastika, pihaknya juga akan segera membentuk tim pengkajian terhadap usulannya itu dan upaya terbaik menyikapi persoalan KSPN. Di sisi lain, akan dibentuk semacam lembaga otoritas yang mengurusi penataan pura selama tidak dijadikan daya tarik wisata.

Sarasehan yang berlangsung empat jam itu dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, mulai dari Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Prof I Gde Pitana, unsur Parisada Hindu Dharma Indonesia, Majelis Utama Desa Pakraman, akademisi, pelaku pariwisata, pemangku (pimpinan pura) dan Bendesa Desa Pakraman Besakih dan sebagainya.

KOMPAS.com
akhirnya pemda bertindak.

terus perkuat rasa toleransi diantara kita emoticon-Kiss
Kasusnya mirip dengan wisatawan ke masjid, gereja, Borobudur, kelenteng dll. Apakah diperbolehkan?
Lebih baik kepantai saja lebih enak
Tempat ibadah jangan dibuat komersial emoticon-Angkat Beer
Sepakat dengan gubernurnya
Quote:Original Posted By InRealLife
Kasusnya mirip dengan wisatawan ke masjid, gereja, Borobudur, kelenteng dll. Apakah diperbolehkan?


sayangnya masjid bukan tempat wisata
Setuju bli...

kesucian tempat agama mutlak..
Kalau mau wisata dari luar ajah, lagian ke tempat wisata pakaiannya sexy2 kan jd pada gkonsen ibadahnya
ya baiknya begitu
tempat ibadah ya untuk ibadah
jangan dikotorin oleh wisatawan yg belom tentu paham sakralnya tempat tersebut
Quote:Original Posted By my.own.life


sayangnya masjid bukan tempat wisata


Blue Mosque di Turki jadi tempat wisata. tapi emang bener Masjid (dan semua tempat peribadatan) bukan tempat wisata sebenarnya.
Quote:Original Posted By my.own.life


sayangnya masjid bukan tempat wisata


kata siapa? masjid agung banten, masjid istiqlal, masjid demak, masjid agung jawa tengah, dll banyak dikunjungi wisatawan rohani kan?

Umroh aja ke Masjidil Haram...

Wisatawan ga cuma foto-foto... beribadah juga bisa termasuk tujuan wisata.
Quote:Original Posted By InRealLife


kata siapa? masjid agung banten, masjid istiqlal, masjid demak, masjid agung jawa tengah, dll banyak dikunjungi wisatawan rohani kan?

Umroh aja ke Masjidil Haram...

Wisatawan ga cuma foto-foto... beribadah juga bisa termasuk tujuan wisata.


berbeda walaupun sama

masjid menjadi tujuan wisata rohani bagi muslim only..kalaupun ada non muslim yg datang biasanya untuk nyari wangsit (terjadi di masjid2 yg ada kuburannya)

namun sebenarnya secara syariat ada haddist yg menjelaskan perkara ini

“Tidak boleh mengadakan perjalanan jauh
(untuk ibadah) kecuali menuju 3 masjid,
masjidil haram, masjid Nabawi, dan masjidil
Aqsho.” (HR. Bukhori 1189).
Quote:Original Posted By InRealLife
kata siapa? masjid agung banten, masjid istiqlal, masjid demak, masjid agung jawa tengah, dll banyak dikunjungi wisatawan rohani kan?

Umroh aja ke Masjidil Haram...

Wisatawan ga cuma foto-foto... beribadah juga bisa termasuk tujuan wisata.

Gak cuma rohani. Wisatawan2 biasa jg byk. Bule2 yg non muslim jg byk yg pengen tau masjid2 yg ikonik di suatu daerah.

Tak kenal maka tak sayang gan! Siapa tau tertarik & dpt hidayah.
emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By InRealLife


kata siapa? masjid agung banten, masjid istiqlal, masjid demak, masjid agung jawa tengah, dll banyak dikunjungi wisatawan rohani kan?

Umroh aja ke Masjidil Haram...

Wisatawan ga cuma foto-foto... beribadah juga bisa termasuk tujuan wisata.


dan seperti inilah pemikiran yang perlu diluruskan

wisata rohani bukanlah wisata, sudah jelas

masjid dikunjungi wisatawan rohani? yang elu maksud para sarkub kah?
kalo yang elu maksud nongkrong2 di halaman masjid, memang ga masalah, meskipun entah apakah bisa dikatakan sebagai wisata,

dan ga ada istilah di indonesia yang menjadikan masjid sebagai tempat wisata yang kemudian di promosikan

umroh itu wisata?

beribadah bukanlah wisata

aya aya ae
Duitttt cuy .........
Wisata kok ke tempat ibadah.................
Tapi Ntar makan apa kalo ditutup utk wisata ...emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By madhuswara


berbeda walaupun sama

masjid menjadi tujuan wisata rohani bagi muslim only..kalaupun ada non muslim yg datang biasanya untuk nyari wangsit (terjadi di masjid2 yg ada kuburannya)


lha emangnya wisatawan nonmuslim ga boleh mendatangi masjid buat mengaguminya? di borobudur, sam poo kong, pura besakih saja ada wisatawan Muslim yang datang untuk mengaguminya.
Quote:Original Posted By InRealLife


lha emangnya wisatawan nonmuslim ga boleh mendatangi masjid buat mengaguminya? di borobudur, sam poo kong, pura besakih saja ada wisatawan Muslim yang datang untuk mengaguminya.


bisa kamu bayangkan..kalau masjid dibuka menjadi tempat wisata semua orang bebas masuk? ditarikin kupon dan ada tour guidenya?

lalu gmn dengan pakaian?
kamu mau melihat kaum musyrikin nginjak2 masjid dengan pakaian yg terbuka sambil foto2
Quote:Original Posted By salibiz

Gak cuma rohani. Wisatawan2 biasa jg byk. Bule2 yg non muslim jg byk yg pengen tau masjid2 yg ikonik di suatu daerah.

Tak kenal maka tak sayang gan! Siapa tau tertarik & dpt hidayah.
emoticon-Big Grin


tentu saja, bule2 pada penasaran kenapa para teroris sebelum bunuh orang dan ngebom selalu ke mesjid dulu emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By madhuswara


bisa kamu bayangkan..kalau masjid dibuka menjadi tempat wisata semua orang bebas masuk? ditarikin kupon dan ada tour guidenya?

lalu gmn dengan pakaian?
kamu mau melihat kaum musyrikin nginjak2 masjid dengan pakaian yg terbuka sambil foto2


bah, tak usah kau pake istilah2 arab segala, belum kapok kau urusan ama gegep emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By InRealLife


lha emangnya wisatawan nonmuslim ga boleh mendatangi masjid buat mengaguminya? di borobudur, sam poo kong, pura besakih saja ada wisatawan Muslim yang datang untuk mengaguminya.


Muslim tolol itu..........
Lagian ngapain ke tempat ibadah umat lain nyemakin aja di sana.
\Diatas udah ada yg ngasi larangannya mengadakan perjalan kecuali ke tiga mesjid. Kok malahan nyasar ke Tempat Ibadah umat lain .....Tolollll kan
sebaiknya tempat ibadah jangan dijadikan tempat wisata.
tapi diperbolehkan kalo tujuannya untuk ber ziarah. :emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By InRealLife


lha emangnya wisatawan nonmuslim ga boleh mendatangi masjid buat mengaguminya? di borobudur, sam poo kong, pura besakih saja ada wisatawan Muslim yang datang untuk mengaguminya.


borobudur uda diklaim punya islam kan? emoticon-Shutup