alexa-tracking

Presiden 2014 Harus Pluralistis

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527f583e1bcb179a6b00000d/presiden-2014-harus-pluralistis
Presiden 2014 Harus Pluralistis
Quote:Presiden terpilih pada Pemilu 2014 diharapkan adalah sosok yang pluralistis. Kondisi indonesia yang terdiri dari beraneka ragam suku, etnis, dan agama mewajibkan hal tersebut. Hal ini disampaikan Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens seusai merilis hasil survei "Siapa figur pemimpin paling pluralis (pluralistis)?" di Jakarta, Kamis (10/11/2013).

Boni mengatakan, kondisi Indonesia saat ini masih berada dalam posisi yang kurang kondusif jika berhadapan dengan masalah toleransi dan pluralisme. Konflik horizontal, lanjutnya, masih sering terjadi antarmasyarakat.

"Padahal harusnya bangsa ini hadir untuk menjaga NKRI yang semuanya satu golongan," ujar Boni.

Kondisi tersebut, menurutnya, diperparah dengan kondisi politik yang juga penuh intoleransi. Banyak tokoh politik, menurutnya, saling menjatuhkan dengan menggunakan senjata suku dan agama. Tokoh politik juga dinilainya tidak dapat memberi contoh yang baik kepada masyarakat.

"Faktanya politik kita masih berupa politik yang rasialis. Menteri dalam negeri ingin menjatuhkan Lurah Susan dan bekerja sama dengan FPI, itu mungkin bagi sebagian orang normal, tapi sebenarnya itu sangat tidak mencemarkan pluralisme," ujar dia.

Belum lagi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinilai pro terhadap kaum-kaum intoleran selama dua tahun kepemimpinannya. Kelompok-kelompok radikal seperti yang mengatasnamakan agama seperti Front Pembela Islam (FPI) bebas tanpa kawalan melakukan aksi-aksinya.

"Jadi sebenarnya masyarakat kita ini bukan fanatik. Bukan kontra demokrasi. Yang jadi permasalahan mereka yang memakai simbol agama untuk melakukan perbuatan intoleran. Tapi mereka tidak mendominasi, jadi kita masih punya harapan," kata Boni.

Hal serupa disampaikan pembicara lainnya, Ketua Komite Politik dan Hubungan International GMNI Wilhelmus Wempy. Menurutnya, semakin lama bangsa ini semakin menjadi bangsa yang tidak pluralistis. Jika tetap ingin berkomitmen untuk kemajemukan bangsa ini, lanjut Wempy, prasyarat pluralisme dan kemajemukan ini harus diutamakan.

"Kita butuh seorang pemimpin yg berada dalam alur pluralisme kemajukan. Sehingga, pemimpin kita bisa membela mereka yang tertindas dalam kelompok kecil dan tidak dominan," ujar dia.

Dalam hasil surveinya, Gubernur DKI Jakarta Jokowi Widodo dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menjadi tokoh paling pluralistis. Sementara Gamawan Fauzi dan Dino Patti Djalal menjadi tokoh yang paling tidak pluralistis.sumber

Sangat Setuju deh, Presiden harus mampu mengayomi semua golongan sehingga mampu mengurangi gesekan2x sosial yg bersifat SARA. Benernya kerjaan begini bukan hanya tanggungjawab presiden, tp pemimpin daerah jg harus ikut serta mengayomi rakyatnya. Apa sih enaknya berantem SARA? damai itu bikin ibadah & kerja nyaman kan emoticon-I Love Indonesia (S)
Gubernur SARA siapa hayo ?

mayoritas harus menyingkir karena desakan minoritas
Sudah benarkah Plularitas anda ?
Apakah golongan yg anti pluralitas kayak atas gw juga harus dilindungi?
emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By merdekaboy
Gw golput
thx emoticon-I Love Indonesia


Gw jadi Sial baca pertamax lo

Golput ko bela jokowi menyudutkan salah satu orang

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By antikritik.
Gubernur SARA siapa hayo ?

mayoritas harus menyingkir karena desakan minoritas
Sudah benarkah Plularitas anda ?


Setau ane yg diminta minoritas itu selalu sama, yg intinya adalah persamaan hak. Dan menurut anda, itu berarti mayoritas harus menyingkir ?

Sudah benarkan logika anda ?
Bang Boni hasil surveinya murni apa pesenan tu emoticon-Malu (S) ada nama baru nyelip , trus nama mendagri ko ikut masuk kebawa survei yg tema presiden emoticon-Malu (S)
Mendagri ikutan konvensi capres?
Quote:Original Posted By tokosurvival
Mendagri ikutan konvensi capres?


Mungkin ada partai tertentu yang suka tokoh macam dia.

Gapapa, kalo dia maju nyapres, ngeblack campaignnya gampang.
hehe.. presiden harus pluralistis
yang menyimpang dari agama gak boleh ditindak
yang bikin ajaran sesat gak boleh diganggu dan dilawan
yang sara kalo minoritas dibiarin aja
yang merusak moral dan agama ya sudahlah

kalo gitu, ane cuma berharap semoga azab tuhan tidak lebih keras menimpa indonesia kelak.

amiin.


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
dr dulu indonesia yg mayoritas muslim adl negara pluralis. Bukankah semua hari raya agama diliburkan di indonesia? Hanya indonesia dgn mayoritas muslim yg bs begini.. Bandingkan dgn negara2 barat yg ngakunya negara demokrasi.. Di belanda misalnya hari libur agama hanya untuk satu golongan agama mayoritas disana...ngakak.... Sebenarna agama mana seh yg menelan ludahna sendiri?
Quote:Original Posted By antikritik.
Gubernur SARA siapa hayo ?

mayoritas harus menyingkir karena desakan minoritas
Sudah benarkah Plularitas anda ?


sudah benarkah otak anda emoticon-Malu (S)
Pluralis kalo tukang korup ngapain juga, pendapat paling goblog, penyakit bangsa ini paling kronis karupsi gobloggg
ya bakalan rame nih thread

kalo ane sih dibandingkan dengan kalimat:

Presiden 2014 Harus Pluralistis

lebih setuju dengan kalimat:

Presiden 2014 Harus Bisa diterima oleh sebagian besar golongan, agama, dan ras dan suku yang ada di Indonesia
ya semua kan ngaku nya plural..yg bnr2 asli plural itu yg susah nyari nya emoticon-Frown
plural tapi tau kondisi juga. mentang2 plural yg macem FPI dipiara, malah mau diperdayakan. emoticon-Ngakak
Presiden memang harus mengayomi semua rakyatnya
tapi ane gak tau ada capres yg cocok buat pilpres tahun depan
sebetulnya kalau saja mau jeli, dan atau berani membca berita dari berbagai sumber, jelas, gesekan SARA di Indonesia itu memang disengaja,

untuk apa? Apalagi kalau bukan kepentingan sekelompok yg ingin menguasai Indonesia

polanya sangat jelas, bahkan terang