alexa-tracking

Basuki Kejar Pemerintah Pusat soal Pajak Nol Persen bagi Transportasi Massal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527f1ca517cb17db63000011/basuki-kejar-pemerintah-pusat-soal-pajak-nol-persen-bagi-transportasi-massal
Basuki Kejar Pemerintah Pusat soal Pajak Nol Persen bagi Transportasi Massal
Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendesak Direktorat Jenderal Pajak untuk memberi pajak penjualan barang mewah (PPnBM) nol persen bagi setiap unit transportasi massal.“Kita kejar terus pokoknya. Itu harus diberikan,” ujar Basuki seusai menghadiri Hospital Expo di JCC, Jakarta.Pria yang akrab disapa Ahok tersebut menilai tidak kunjung diberikannya pajak nol persen oleh pemerintah pusat lantaran rentan kepentingan. Pasalnya, jika unit transportasi dipajaki rendah, itu jelas mengganggu kepentingan industri otomotif di Indonesia.”Kadang-kadang alasannya Gaikindo enggak maungasih. Mereka kan merasa industri mereka terganggu, itu masalahnya,” ujarnya.Padahal, lanjut Ahok, jika pemerintah pusat menerapkan pajak nol persen untuk unit transportasi massal, penambahan unit-unit transportasi massal bisa tidak hanya dapat dikerjakan oleh Pemprov DKI, tetapi juga operator transportasi swasta.“(Pajak nol persen) sangat penting supaya pemilik transportasi massal bisa meremajakan sendiri mobilnya. Kalau enggak, ya susah karena pasti mahal. Ini malah mobil pribadi yangdimurahin,” ujarnya.Kendati hingga saat ini pemerintah pusat belum memberikan jawaban pasti, Pemprov DKI, lanjut Ahok, tetap akan melakukan pengadaan transportasi massal. Salah satunya adalah ribuan unit bus sedang dan bus transjakarta akhir 2013 hingga awal 2014.Permohonan keringanan pajak sudah pernah dimintakan sebelumnya untuk angkutan bajaj berbahan bakar gas. Tahun 2011 Pemprov DKI melakukan pengadaan ribuan unit bajaj berbahan bakar gas. Namun, pengusaha mengeluh lantaran harga per unitnya mahal, yakni Rp 60 juta.Dinas Perhubungan DKI pun meminta keringanan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) ke pemerintah pusat melalui Direktorat Pajak. Permintaan tersebut dipenuhi, yakni dengan mengurangi jumlah pajak dari jumlahnya 45 persen menjadi 25 persen saja meski Dishub DKI mengaku besaran pajak itu masih terlalu tinggi.Bajaj berbahan bakar gas dikenakan PPnBM lantaran menggunakan bahan bakar gas. Moda transportasi lain yang menggunakan BBG pun akan dikenakan PPnBM sehingga harganya lebih tinggi. [Kompas.com]

Mudah2an segala upaya dari koh ahok dimengerti oleh Panasbung......
selamat berjuang koh ahok,
biar semua masyarakat tau klo Kebo emang dungukemoticon-Najis (S)
ntar pabrik mobil menjerit ga ya
wajarlah....mobil murah dari pabrikan aja dikasih sibuya PPNBM 0%emoticon-Cape d... (S)
ayoo panasbung pada masuk sini
Akibat pemerintah kerbau dungu, mobil pribadi nol persen dan angkutan massal kena pajak gede
Punya otak ga ya? Eh punya tapi ga digunain
kalau sukses panasbung atopun panastak juga ikut menikmati emoticon-Big Grin
Jelas dukung jokohok gan.
Gaikindo kalo untung jg ga bagi2 Kok. Malah bikin tambah macet dan polusi.
Kalo jokohok jelas bagi2 kalo untung emoticon-Angkat Beer
Dan bikin hidup lebih manusiawi
Quote:


setuju emoticon-Embarrassment
Quote:


menurut gw sih bajaj gak bisa dibilang angkutan umum juga, secara dia carteran gitu, tapi kalau ini berlaku ke transportasi umum lainnya yang BBG maka ini ANEEEEEEHHHHHHH.

Tiap kali pemerintah ngeluh subsidi BBM mahal najis tralalala, tapi mau datengin transportasi umum yang pake BBG kok malah diset pajaknya nyaris setengahnya (45%). Lagian transportasi umum dimana unsur barang mewahnya coba? coba yang dirjen pajak itu digeplak dikit biar otaknya jalan lagi emoticon-Hammer
dukung yang buat pemprov aja, tidak buat swasta. nanti kalo pemprov dah dapet pajak nol tetapi fasilitas pelayanan kurang, bisa di maki-maki, eh maksutnya di kritik emoticon-Big Grin
setuju gan asal gk ada kemacetan lagi