alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527e6397fbca178c30000008/sby-periode-upah-murah-sudah-lewat
Thumbs up 
SBY: Periode Upah Murah Sudah Lewat
SBY: Periode Upah Murah Sudah Lewat

Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di hadapan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia soal upah buruh, Senin lalu, sangat terang dan jelas. "Saya katakan masa upah buruh murah sudah selesai, " kata Yudhoyono.

Presiden juga mengingatkan jajarannya dan para pengusaha agar tak lagi menjual upah murah sebagai salah satu keunggulan komparatif yang dimiliki Indonesia untuk menarik investasi dari luar negeri. "Sudah tidak masanya lagi menjadikan upah murah sebagai daya tarik investasi."

Pernyataan Presiden patut diapresiasi, meski tindaklanjutnya harus dibuktikan ke depan.

Di banyak negara, termasuk negara tetangga Malaysia, dimana kalangan pengusahanya telah memiliki kesadaran yang tinggi bahwa hak-hak dasar pekerja merupakan bagian tak terpisahkan dari hak asasi manusia, bahwa setiap orang, siapa saja, berhak mendapat kehidupan yang layak, upah murah memang sudah lama ditinggalkan.

Di sana butuh bukan sekedar alat produksi yang jika habis usia produktifnya dicampakkan begitu saja dengan pesangon seadanya. Sebaliknya, buruh diposisikan sebagai aset penting dan bagian integral sebuah perusahaan. Yang jika tanpa kehadiran mereka, roda perusahaan akan berjalan pincang.

Mereka diberi pendidikan dan pelatihan secara berkala, agar kompetensi mereka terus meningkat. Buruh juga diberikan kebebasan mendirikan serikat. Dalam setiap merumuskan kebijakan, aturan-aturan, dan visi perusahaan, perwakilan buruh selalu disertakan. Suara mereka didengarkan dan diakomodir. Lebih dari itu, mereka diganjar upah yang layak. Sehingga saat bekerja menjalankan tanggungjawabnya terhadap perusahaan, buruh bisa fokus. Mereka tak lagi berpikir besok keluarga bisa makan atau tidak. Muaranya, produktivitas perusahaan meningkat.

Di sisi lain, di negara-negara yang masih mempertahankan upah murah, benih-benih pergolakan terus tumbuh membersar. Di Vietnam, misalnya, negara yang sering dipuji-puji pengusaha Indonesia karena berhasil menerapkan politik upah murah hingga hari ini, suara-suara ketidakpuasan kian nyaring terdengar.

"Kenapa pekerja di industri sepatu, garmen, dan konstruksi menjadi kurus setelah tiga atau empat tahun bekerja? Karena mereka bekerja terlalu keras tanpa memperoleh asupan gizi yang layak karena upah minimum tidak memadai untuk pemenuhan nutrisi paling minimal," kata Dang Quang Dieu, perwakilan serikat pekerja Vietnam dikutip www.thanhniennews.com

Karena itu, jika Vietnam dijadikan cermin oleh pengusaha Indonesia untuk menerapkan standar pengupahan, jelas kita sudah berkiblat ke arah yang sesat. Sebab, periode menerapkan upah murah sudah lama lewat. ***

Sumber

Kalau teori sih bapak presiden kita emang jagonya, tapi gimana realisasinya? emoticon-Matabelo
emang jago strategi ini orang gue akuin.


bunda putri gimana woi emoticon-Mad (S)
punya kontribusi apa beye bisa statement gt ?
ohhh bapak presiden.... semua terserah padamu~~~
nglucu pak ?? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Saya prihatin..emoticon-Cape d...
point terangkum dalam 1 gambar

SBY: Periode Upah Murah Sudah Lewat
sby itu siapa sih? emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By kurawasan666
emang jago strategi ini orang gue akuin.


bunda putri gimana woi emoticon-Mad (S)


berarti lo ngakuin klo lo ketipu ama dia 2x pemilu emoticon-Ngakak
periode ama masa2 lu juga bentar lagi lewat koq, beye2 emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By .NoShade.


berarti lo ngakuin klo lo ketipu ama dia 2x pemilu emoticon-Ngakak


bukan itu kali gan,tapi soal awalnya dia lempar isu kalo dia ga pernah nutup jalan,trus tiba2 ngomong di kritik di forum international,trus lempar persoalan ke gub masing2 daerah,trus bikin skenario terzalimi sekarang bikin tim penanggulangan macet jakarta.


pengalihan isu bunda putri doang.kalo menurut ane sih
dan terbukti kan,jadi pada ribut soal kewenangan mengatasi macet,pada lupa soal Isu Bunda putri?
u know what i mean lah.
TKI pahlawan devisa. jadi PRT alias babu rumah tangga di luar negri bisa buat cicil beli sawah, 5 sampai 8 tahun jadi babu di luar negri, pulang kampung jadi tuan tanah emoticon-Cool


5 sampai 8 tahun jadi babu cuci piring di rumah makan jepang, ilegal, tanpa bisa bahasa jepang ato bahasa inggris, pokoknya jadi babu cuci piring dan ngepel lantai selama 5 tahun, begitu pulang kampung sudah punya dua sawah, satu rumah, 1000 ekor ayam petelor, dan beberapa ekor kambing. emoticon-Cool

bonus dapet gadis bunga desa emoticon-Kimpoi
Quote:Original Posted By kurawasan666


bukan itu kali gan,tapi soal awalnya dia lempar isu kalo dia ga pernah nutup jalan,trus tiba2 ngomong di kritik di forum international,trus lempar persoalan ke gub masing2 daerah,trus bikin skenario terzalimi sekarang bikin tim penanggulangan macet jakarta.


pengalihan isu bunda putri doang.kalo menurut ane sih
dan terbukti kan,jadi pada ribut soal kewenangan mengatasi macet,pada lupa soal Isu Bunda putri?
u know what i mean lah.


hahaha SBY itu bahasany tingkat dewa. Dia kan perfeksionis n sangat berhati2. So dlm berbicara pun ngga sembarang. Semuany ada perhitungan n kalkulasi. Masalah UMP awalny SBY mendukung tp belakangan pas datang di acara kumpulan pengusaha ngomongny beda lg. Strategi-ny sangat lihai.
Quote:Original Posted By tristan99


hahaha SBY itu bahasany tingkat dewa. Dia kan perfeksionis n sangat berhati2. So dlm berbicara pun ngga sembarang. Semuany ada perhitungan n kalkulasi. Masalah UMP awalny SBY mendukung tp belakangan pas datang di acara kumpulan pengusaha ngomongny beda lg. Strategi-ny sangat lihai.


tepatnya lihai atau licik gan?emoticon-Malu (S)
pantesan jokowi sama ahok pada seneng dan bikin acara makan bareng DPRD rupanya merayakan tugas beratnya n gurus upah buruh sudah diberesin sama sby emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


panastaknya dibagi nasi kotak juga dong jok emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
mestinya ngeliat ke china pak emoticon-Cape d... (S)
di sana upah murah tapi buruh sejahtera
tanya KENAPA???
karena pemerintahannya lebih bersih dan kerja lebih serius daripada kita ( anda maksudnya) emoticon-Cape d... (S)
di sono buruh dikasih rumah deket industri otomatis ongkos berkurang, kesehatan, dll gratis jadi ga perlu upah tinggi
dengan upah segitu juga bisa sejahtera mereka karena yang lain udah ditanggung
selama ini ita bayar pajak ke mana pak ?????????
Quote:Original Posted By kurawasan666


tepatnya lihai atau licik gan?emoticon-Malu (S)


Ane lebih suka kosakata "lihai". Kalo kita bilang "licik" kesanny terlalu kasar n berpotensi menimbulkan kesan terzolimi. emoticon-Big Grin

lalu apa yg mau dipromosi kan ke investor asing ?

skill ?
infrastruktur ?
jaminan stabilitas keamanan ?
kemudahan administrasi ?

Quote:Original Posted By kurawasan666


bukan itu kali gan,tapi soal awalnya dia lempar isu kalo dia ga pernah nutup jalan,trus tiba2 ngomong di kritik di forum international,trus lempar persoalan ke gub masing2 daerah,trus bikin skenario terzalimi sekarang bikin tim penanggulangan macet jakarta.


pengalihan isu bunda putri doang.kalo menurut ane sih
dan terbukti kan,jadi pada ribut soal kewenangan mengatasi macet,pada lupa soal Isu Bunda putri?
u know what i mean lah.


sebenernya cara kaya gitu bukan sby doang sih yg ngelakuin :Peace
klo di tarik masalah pengalihan isu,,,
itu tergantung dari corong penyebar berita,,,
isu mana yg mo di kawal sampe jauh,,,
atau isu mana yg lebih menjual & prioritas, soalnya gak semua corong ada di mulut sby,,,


Quote:Original Posted By tristan99


hahaha SBY itu bahasany tingkat dewa. Dia kan perfeksionis n sangat berhati2. So dlm berbicara pun ngga sembarang. Semuany ada perhitungan n kalkulasi. Masalah UMP awalny SBY mendukung tp belakangan pas datang di acara kumpulan pengusaha ngomongny beda lg. Strategi-ny sangat lihai.


jendral balik meja bisa sedemikan lihai,,,apalagi jendral medan perang :Peace

Quote:Original Posted By batamarusan
lalu apa yg mau dipromosi kan ke investor asing ?

skill ?
infrastruktur ?
jaminan stabilitas keamanan ?
kemudahan administrasi ?



lupa dia sama yg ini kali gan

SBY: Di Dunia, Hanya Indonesia Izinnya Berbelit

emoticon-No Sara Please