alexa-tracking

Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527e5e8859cb17401b00000d/tahun-2010-pemerintah-pusat-tunjuk-kuntoro-penanggungjawab-untuk-mengatasi-macet-jkt
Ngakak 
Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT
Kuntoro Ditunjuk Atasi Macet Jakarta
Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT
Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT

Kamis, 2 September 2010
VIVAnews - Ketua Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto mendapat tugas baru. Mantan Menteri Pertambangan dan Energi itu jadi penanggung jawab khusus mengatasi macet Jakarta.

"Paling penting adalah penunjukkan Pak Kuntoro untuk menangani masalah ini," kata juru bicara Wakil Presiden, Yopie Hidayat, usai rapat transportasi Jakarta di Istana Wapres, Jakarta, Kamis 2 September 2010.

Menurut Yopie, pemerintah mengantisipasi kemungkinan menghadapi kemacetan total pada 2012. Maka itu, bila tidak ada tindakan antisipatif dari sekarang maka bukan tidak mungkin pada 2012 nanti lalu lintas di Ibu Kota akan deadlock.

"Kalau tidak ada langkah-langkah, maka 2012 Jakarta macet total. Maka ada penunjukan langsung (Kuntoro)," tambah Yopie.

Mantan Pemimpin Redaksi Tabloid Kontan ini menjelaskan, kemacetan di Jakarta ini diprediksi menimbulkan kerugian sekitar Rp 12,8 triliun per tahun. Belum lagi kerugian operasional, tingkat stres, dan waktu.

Yopie melanjutkan, kecepatan rata-rata pergerakan kendaraan Jabodetabek 30,5 kilometer per jam, masuk DKI 8,3 kilometer per jam," jelas dia. Padahal, untuk standar kelayakan kecepatan minimal adalah 20 kilometer per jam.

"Ini sudah terlalu parah. Ada beberapa langkah penting yang harus diambil keputusan," tegasnya. Saat ini sudah dirumuskan 17 langkah prioritas untuk mengatasi macet Jakarta.

Yopie mempertegas bahwa Kuntoro tidak akan mengambil alih kerja menteri-menteri perekonomian. Karena, "Inisudah lintas bidang. Bukan hanya ekonomi, tetapi juga Pemda, tata ruang, pertanahan, dan lain-lain." (umi)
http://metro.news.viva.co.id/news/re...-macet-jakarta
Quote:
Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT
"Saya seperti tertusuk ketemu teman-teman PM (perdana menteri). Saya tidak enak ditanyakan solusi, yang harus jelaskan bukan saya, tapi Gubernurnya," kata SBY di Istana Bogor, Senin, 4 November 2013.
http://www.tempo.co/read/news/2013/1...awab-ke-Jokowi

Quote:
youtube-thumbnail

Sepertinya ada yg lupa emoticon-Big Grin

youtube-thumbnail

Butuh Menko yg kuat untuk mengatasi macet jakarta kata bang Sutan emoticon-Big Grin


Quote:
My Signature
Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT
youtube-thumbnail


Namaku Bento rumah real estate
Mobilku banyak harta berlimpah
Orang memanggilku boss eksekutif
Tokoh papan atas atas segalanya

Asyik

Wajahku ganteng banyak simpanan
Sekali lirik oke sajalah
Bisnisku menjagal jagal apa saja
Yang penting aku senang aku menang

Persetan orang susah karena aku
Yang penting asyik sekali lagi

Asyik
Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT
Khotbah soal moral omong keadilan
Sarapan pagiku
Aksi tipu tipu lobying dan upeti
Woow jagonya

Maling kelas teri bandit kelas coro
Itu kantong sampah
Siapa yang mau berguru datang padaku
Sebut tiga kali namaku Bento Bento Bento

Asyik
Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT
Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT


Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT
Quote:
Silahkan dillihat perkembangannya, mana yg sdh berjalan mana yg belum (tugas bagian Pemerintah Pusat dan tugas bagian Pemerintah Daerah)
Yang Di Bold Biru tugas siapa??
emoticon-Big Grin

Quote:
Jakarta Macet, Apakabar 17 Langkah Pemerintah?

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2013
TEMPO.CO, Jakarta--Pada 2 September 2010 Pemerintah pusat mengambil alih penanganan kemacetan lalu lintas di Jakarta. Pemerintah mengeluarkan instruksi Wakil Presiden Boediono yang berisi 17 langkah untuk menangani kemacetan di Jakarta.

Wapres Boediono menunjuk Ketua Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kuntoro Mangkusubroto sebagai koordinator dan mengawasi pelaksanaan 17 langkah itu.

Alasan instruksi Wapres menurut data dari Unit Kerja Presiden karena kerugian akibat kemacetan di Jakarta mencapai Rp 12,8 triliun per tahun. Jumlah itu dari penambahan biaya operasional kendaraan, biaya kesehatan akibat polusi dan depresi, serta penurunan produktivitas. Bagaimana pelaksanaan 17 langkah mengatasi kemacetan itu dan apa masalanya?

==> 1. Pemberlakuan electronic road pricing (ERP).
REALISASI :
Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, persiapan ERP selesai Maret 2014.

MASALAH :
- Kementerian Keuangan sampai tahun 2011 belum menyelesaikan RUU. Bahkan pihak Kementerian menyangsingkan keberhasilan ERP Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi Sutanto Soehodho, menyatakan pengurusan RUU belum dilakukan karena tingkat keberhasilannya diragukan. "Hongkong gagal memberlakukan ERP. London juga mengalami kesulitan yang sama pada awalnya yaitu ada pro dan kontra. Singapura berhasil karena negaranya kecil,” ujar Sutanto (11/1/2011)

- Belum ada peraturan turunan dari Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas yang menjelaskan jalan berbayar

- Peraturan Pemerintah Nomor 97 Tahun 2012 tentang Pungutan Retribusi Kendaraan Bermotor belum mencantumkan sepeda motor sebagai kendaraan
dikenai bayaran.

==> 2. Sterilisasi busway.

REALISASI :
- Untuk mengurangi kendaraan penerobos jalur busway, seperator ditinggikan sekitar 50 cm dari sebelumnya hanya 20 cm. Peniggian separator dianggarkan sekitar Rp 80-85 miliar (RAPBD 2012). Peninggian dimulai bulan Juli 2012 koridor III (Kalideres-Pasar Baru), Koridor V (Kampung Melayu-Ancol), dan Koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas).

- Proses penilangan hanya berlangsung periodik saja. Baru akan diterapkan denda untuk mobil satu juta rupiah dan motor 500 ribu.

MASALAH :
- Peninggian separator belum diterapkan disemua koridor. Sebagai contoh koridor POndok Indah belum diterapkan.
- Masih dibahas peraturan penunjang untuk teknis penilangan karena belum ada peraturannya

==> 3. Kebijakan perparkiran
Kebijakan perparkiran dan penegakan hukum terhadap kendaraan yang parkir di bahu jalan yang dilalui jalur Transjakarta.

REALISASI :
- Pada 8 Oktober 2012 Pemrov mengumumkan kenaikan tarif parkir di luar badan jalan (off street). Terakhir naik pada tahun 2004. Tarif diterapkan di 130.000 tempat off street yang dituangkan dalam Pergub No 120/2012.

- Untuk kendaraan yang parkir diluar zona parkir Pemrov melakukan tindakan pencabutan pentil

MASALAH :
- Pemrov baru mengusulkan ke DPRD untuk tarif parkir yang tinggi untuk kendaraan yang parkir di badan jalan. Pemrov mengusulkan Rp 8000/jam

==> 4. Memperbaiki fasilitas jalan. Pemerintah DKI sudah menerapkan multiyears contract untuk perbaikan jalan.

==> 5. Jalur Transjakarta ditambah dua jalur serta akan beroperasi akhir tahun ini dan tahun depan akan tambah dua jalur lagi.

REALISASI :
Koridor 9 mulai sejak Desember 2010, Koridor 10 sejak Desember 2010, Koridor 11 sejak Desember 2011, Koridor 12 sejak Februari 2013,

==> 6. Menetapkan harga gas khusus untuk transportasi.
REALISASI :

Hasil dari pertemuan Jokowi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESD0M) Jero Wacik menghasilkan cara mengatasi masalah yang sering dialami kendaraan umum berbahan bakar gas di Jakarta. Jero Wacik menjanjikan akan menyediakan stasiun pengisian gas bergerak dan pemberian fasilitas stasiun mobile di pool busway dan taksi. Untuk Taksi baru juga akan berbahan bakar gas. Kedepannya akan dibangun tiga SPBG didanai APBD dan 17 didanai APBN.

==> 7. Restrukturisasi angkutan
Restrukturisasi angkutan yang tidak efisien, termasuk angkutan kecil selain bus.

REALISASI :
Gubernur Jokowi merencanakan baru pada Desember 2013 sampai 2014 akan ada pengadaan 4000 bus. Jumlah itu terdiri 3.000 bus sedang dan 1.000 bus Transjakarta.

==> 8. Mengoptimalkan kereta api Jabodetabek dengan membangun rel routing dan peningkatan pelayanan, serta menambah gerbong untuk jalur-jalur yang padat.

REALISASI : Sudah berjalan dengan sistem perubahan rute kereta api di Jakarta-Bogor-Bekasi

==> 9. Polisi ditekankan untuk tertibkan angkutan di titik tunggu penumpang.

REALISASI : Belum ada


==> 10. Percepatan pembangunan MRT
Mempercepat pembangunan mass rapid transit (MRT) yang ditargetkan 2011 mulai konstruksi.

REALISASI :
Baru pada 10 Oktober 2013, Gubernur Jokowi meresmikan MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI.

==> 11. Pembentukan otoritas transportasi Jabodetabek
REALISASI : Belum ada


==> 12. Merevisi rencana induk transportasi terpadu.
RERALISASI : Belum ada


==> 13. Proyek double-double track kereta
Proyek double-double track jalur kereta api, terutama ke arah Cikarang.
REALISASI : Proyek masih dalam pengerjaan yang ditargetkan pada November 2015 bisa beroperasi

==> 14. Mempercepat proyek lingkar dalam kereta api yang akan diintegrasikan dengan sistem angkutan massal di Jakarta. Jadi ada kerja sama antara PT Kereta Api, Direktorat Jenderal Kereta Api, dan Gubernur DKI Jakarta.

REALISASI :
Proyek ini sempat diatur dalam Perpres No.83 tahun 2011 namun terkendala karena salinglempar tanggungjawan antara Pemrov dan pemerintah pusat. Namun pada Mei 2013 diawali surat Gubernur Jokowi kepada Bappenas dan Kementerian Perhubungan akhirnya disepakati proyek dimulai 2014 dengan target selesai 2018. Pemerintah pusat menyiapkan dana awal sekitar Rp 700 miliar.

Nantinya Lintas Barat sejauh 14.3 km dengan rute Manggarai-Tanah Abang-Kampung Bandan. Dan Lintas Timur sejauh 11.2 km dengan rute Kampung Bandan-Pondok Jati-Manggarai.

==> 15. Jalan tol tambahan berupa enam ruas jalan tol layang.

REALISASI :
Gubernur Jokowi membuat "gantung" proyek ini dengan alasan banyak pihak belum setuju dan dianggap akan lebih menambah kemacetan.

==> 16. Untuk jangka menengah-panjang, pemerintah pusat akan menyusun kebijakan membatasi penggunaan kendaraan bermotor.

REALISASI :
Gubernur Jokowi menyatakan pembatasan kendaraan bermotor dalam bentuk pembatasan plat ganjil genap baru terlaksana setelah realisasi peremajaan bus kota. Baru pada bulan Desember 2013 didatangkan sekitar 1000 bus trans Jakarta.

==> 17. Lahan parkir dekat stasiun kereta api bisa meningkatkan jumlah pengguna kereta api.

REALISASI :
Pihak PT Kereta Api Indonesia baru bisa merealisasikan pada program sterilisasi stasiun yang dimulai pada bulan Maret 2013. Tujuan sterilisasi untuk mencapai target 1,2 juta penumpang pada 2018. Jumlah stasiun yang ditarget mencapai 49 di Jabotabek.
Dengan pembersihan stasiun dari pedagang kaki lima maka tercipta lahan parkir stasiun.
http://www.tempo.co/read/news/2013/1...kah-Pemerintah

Quote:
17 langkah mengatasi macet dijaman Foke emoticon-Big Grin

Quote:
Foke Bantah Membangkang Wakil Presiden
Foke: "Bagaimana kami bisa bergerak kalau payung hukumnya berupa PP belum dikeluarkan pusat."
Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT
http://poskota.co.id/berita-terkini/...rta-hanya-omdo
http://m.news.viva.co.id/news/read/2...wakil-presiden



Quote:
17 langkah mengatasi macet dijaman Jokowi Ahok emoticon-Big Grin
Quote:
Pejabat UKP4: Di Masa Jokowi-Ahok, Mulai Ada Komitmen Atasi Kemacetan
Sabtu, 09/11/2013
Jakarta - Deputi V Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Nirarta Samadhi mengapresiasi Jokowi-Ahok dalam upaya mengatasi kemacetan di Jakarta. Nirarta yang ikut merumuskan 17 langkah menghadapi macet beberapa tahun lalu ini menilai Jokowi dan Ahok sedikit demi sedikit memberi bukti.

"Ada komitmen nyata, lihat saja Tanah Abang, sekarang sudah nggak macet lagi," jelas Nirarta saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (10/11/2013).

Diakui Nirarta, Jokowi dan Ahok juga ada upaya menggandeng instansi lain guna mengatasi kemacetan. Untuk penertiban di Tanah Abang saja, Jokowi sampai mendatangi Polda Metro Jaya. Kemudian juga sterilisasi busway.

"Jokowi dan Ahok ini serius dengan melobi kepolisian. Kewenangan menilang itu kan ada di kepolisian," tambahnya.

Upaya mengatasi kemacetan, lanjut peraih doktor di bidang urban design dari universitas di Australia ini, sejatinya tak bisa hanya diatasi Pemprov DKI saja. Semua elemen dan lembaga harus bersatu.


[url]http://news.detik..com/read/2013/11/09/205324/2408378/10/pejabat-ukp4-di-masa-jokowi-ahok-mulai-ada-komitmen-atasi-kemacetan?n991102605[/url]

hmm belum mulai panas thread ini emoticon-Smilie
Anehny udah tahu Fokentul kerjany ndak beres kok ya msh jg dibela mati2an. Sbnrny dgn mengusung Foke scr tdk langsung ikut merusak citra demokrat jg loh. Demokrat katany partai nasionalis tp jagoanny ndak becus n senjata andalanny kampanye sara.

Kalo soal tanggungjawab kemacetan baik Pemerintah pusat maupun Pemprov DKI sama2 ada porsiny sendiri.
pemerintah pusat nggak salah gan, mereka lagi pada sibuk ikut kursus membuat naskah pidato deh kayaknya. emoticon-Ngakak

itu Yopie Hidayat kan yang kemaren bilang bahwa naskah pidatonya cuma penekanan. Kalo liat berita di atas program nya ya ada.....tapi kok realisasinya nggak terdengar. Nggak heran deh.......emoticon-Najis
sudah gila rupanyaemoticon-Cape d... (S)
akhirnya.......

bisa bernafas lega juga Joko


bukan tanggung jawab Gubernur.DKI emoticon-shakehand


ayo tunjukkan jurus jitu lagi pakde jokowi, biar jakarta makin tertata...emoticon-Matabelo
kasian pak Beye, ibarat peribahasa menepuk air di dulang terpercik muka sendiri.....


akibat serangan ke jokowi ttg macet, kebuka deh berita lama.... ternyata macet jkt udah di ambil alih pusat dan masih tetep macet... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
mak jlebb berita buat SBY terguncyang lagi
HAHAHAHAHAAAOOPPP emoticon-Hammerhammer
taun 2012 mantan walkot terbaik dunia bersabda macet jkt itu ga sulit emoticon-Ngakak

Quote:Walikota Solo: Kelihatannya Nggak Sulit-sulit Amat Atasi Macet dan Banjir Jakarta
http://www.rmol.co/read/2011/06/28/3...anjir-Jakarta-


oo gitu,,
tapi pas zaman kampanye kemari foke kok masih disalahin utuk masalah macet ya..emoticon-Ngakak

tapi memang banyak kerjaan UKP4 itu yang jalan ditempat..
nggak cuma macet aja..
Quote:Original Posted By Krabberz
taun 2012 mantan walkot terbaik dunia bersabda macet jkt itu ga sulit emoticon-Ngakak





Lho memang gak sulit, liat saja 17 langkah diatas... bagian tugas gubernur berjalan. sedangkan bagian tugas pempus... ada yg mandek emoticon-Cape d... (S)
tuh kan, emang barengan. jokowi sudah benar.

aneh banget presiden bawa2 desentralisasi buat ngeles tanggung jawab. emoticon-Big Grin

udah taon ke-9, masi blon ngerti. emoticon-Malu (S)
sang ahli gagal malah jadi dubes:-) good luck jokohok, welcome to the jungle
Quote:Original Posted By Walikota.Solo
akhirnya.......

bisa bernafas lega juga Joko


bukan tanggung jawab Gubernur.DKI emoticon-shakehand


Masalah DKI JAKARTA harus ada kerjasama juga dengan "PEMERINTAH PUSAT".
Tapi malah SirBEYE mempolitisasi masalah kemacetan dengan bilang kemacetan itu urusan Pak Jokowi saja.
Presiden Demokarat itu malah njurusin telunjuknya dan sengaja lupa, bahwa "Khusus" DKI harus ada tindakan juga dari pemerintah pusat. emoticon-Smilie
Presiden Demokarat itu khawatir dengan melonjaknya elektabilitas Pak Jokowi menjelang 2014, biar demokarat gak karam sendirian, SirBeye alih-alih mau ngajak Jokowi karam juga tapi sayangnya Presiden Demokarat salah langkah. emoticon-Smilie
Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT

propinsi paling maju kok masih netek sama pemerintah, alay kagak mandiri emoticon-Betty

lebih baik fokus indonesia tengah dan timur, lupakan jawa. jakarta, jawa barat, banten, jawa tengah, DIY, dan jawa timur sudah seharusnya menjadi propinsi yang mandiri, bahkan seharusnya membantu negara, bukan malah minta di suapin terus. pantesan aja banyak separatis gara2 indon jawa sentris emoticon-Najis

ibarat tuan tanah yang di sumbang buruh tani, udah gitu bangga dan kagak ada malunya emoticon-Najis
Quote:Original Posted By localfutures
Tahun 2010 Pemerintah Pusat tunjuk Kuntoro penanggungjawab untuk mengatasi macet JKT

propinsi paling maju kok masih netek sama pemerintah, alay kagak mandiri emoticon-Betty

lebih baik fokus indonesia tengah dan timur, lupakan jawa. jakarta, jawa barat, banten, jawa tengah, DIY, dan jawa timur sudah seharusnya menjadi propinsi yang mandiri, bahkan seharusnya membantu negara, bukan malah minta di suapin terus. pantesan aja banyak separatis gara2 indon jawa sentris emoticon-Najis

ibarat tuan tanah yang di sumbang buruh tani, udah gitu bangga dan kagak ada malunya emoticon-Najis


malay anjing banyak bacot, dateng ke pomal atau batujajar ngomong gitu luh malay anjing kalo berani. emoticon-fuck2
Pesinden lupa lirik, walaupun lirik sudah lama lirik yang baru jangan bertentangan dengan lirik yang lama emoticon-Ngakak

Makin kelihatan bodohnya.....turun kalo gak mampu!