alexa-tracking

SBY Tidak Ngerti Bedanya Tai dengan Roti, kata Budayawan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527ddbcd17cb17ab0400000d/sby-tidak-ngerti-bedanya-tai-dengan-roti-kata-budayawan
Breaking News! 
SBY Tidak Ngerti Bedanya Tai dengan Roti, kata Budayawan
SBY Tidak Ngerti Bedanya Tai dengan Roti, kata Budayawan


Sejakwaktu kuliah dulu saya memang menyukai gaya Cak Nun (Emha Ainun Najib) sebagai budayawan dan pemikir yang multitalented dan selalu menyajikan pandangan dan cara berpikir yang out of the box. Juga caranya menyampaikan kritik dengan gaya satire dan pilihan kata yang menggelitik dan nakal. Dalam membaca puisi dan berorasiCak Nun selalu tampil memukau dengan penguasaan vokal dan intonasi nada, lantunan qiroah, yang tidak kalah dari seorang orator ulung, penyanyi terkenal atau bak seorang qori profesional. Cak Nun sering memberi interpretasi yang segar terhadap fenomena budaya dan politik aktual.

Sayang, karena buah pemikirannya yang kreatif dan kritis, beliau saat ini jarang sekali tampil (diberi peluang tampil) di media nasional. Mungkin karena sikap politiknya dianggap liar dan sulit dikendalikan oleh satu kelompok tertentu, sehingga menimbulkan kekhawatiran dari media yang mengundangnya malah akan menjadi bumerang. Seperti kita maklumi bersama bahwa media nasinoal sekarang tidak netral dan cenderung hanya menjadi corong kelompok tertentu.

Kemunculan Cak Nun sebagai pembicara dalam acara Kuliah Budaya yang diadakan oleh PPI (Perhimpunan Pergerakan Indonesia) yang merupakan Ormas bentukan Anas Urbaningrum mengundang banyak tanda tanya. Beberapa statement Cak Nun dalam acara tersebut, sempat dikutip Kompas.com, antara lain pernyataanya yang mengajak berdoa agar KPK bisa dibubarkan. Tentu ini sangat menarik perhatian, apalagidisampaikan di acara yang diprakarsai Anas yang notabene saat ini statusnya adalah sebagai tersangka KPK. Namun ternyata yang dimaksud adalah bahwa jika KPK dibubarkan berarti masalah korupsi di Indonesia sudah bisa diatasi.

Masih banyak ungkapan menarik dari Cak Nun dalam forum ini, salah satunya adalah komentarnya tentang SBY yang akhir-akhir ini sedang menjadi trending topic di media termasuk Kompasiana. Ada salah satu peserta acara yang menanyakan Mengapa Cak Nun semangat membicarakan Pak Harto, Gus Dur, tapi tidak membicarakan SBY? - See more at: here. Jawaban Cak Nun antara lain:

“Dulu saya menemani Rendra sampai meninggalnya. Dari urusan dokter, rumah sakit, tiap hari siang malam saya gilir teman-teman saya. Kemudian Mbah Surip meninggal, dikuburkan di kompleksnya Rendra. Ketika itu Rendra lumpuh, tapi tak ada satu wartawan pun yang menanyakan Rendra.”

“SBY pidato tentang kematian Mbah Surip, tapi tidak pidato ketika Rendra meninggal. Itu kan defisit kebudayaan yang sangat besar. Dia benar-benar nggak ngerti bedanya tai sama roti.”

Secara tidak langsung Cak Nun ingin mengatakan bahwa jika membicarakan tentang Presiden Indonesia dia malas membicarakan SBY karena memang dia bukan level seorang presiden yang layak untuk dijadikan bahan pembahasan apalagi sebagai panutan.

Kalau kita bandingkan dengan beberapa statement SBY belakangan ini yang lebih reaktif dengan isu adanya Bunda Putri daripada penyadapan intelejen yang dilakukan AS. Atau jawabannya yang tidak proporsional ketika menanggapi masalah kemacetan di Jakarta. Kayaknya pernyataan Cak Nun ada benarnya sih.

S U M B E R
Wkwkwkwk kritiknya makjleb emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
maksudnya mbah surip itu ibarat tai gtu...
kurang bijak kali ini Cak Nun emoticon-No Hope
cari analogi yg laen kan bisa...
walaupun setelah dimakan tetep aja jadi t4i..

emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By merdekaboy
Wkwkwkwk kritiknya makjleb emoticon-Ngakak


makjleb

+

ndasmu amoh

emoticon-Ngakak
Kita ulangi sodara-sodara emoticon-Big Grin

Dia benar-benar nggak ngerti bedanya tai sama roti.”

Sekali lagi

Dia benar-benar nggak ngerti bedanya tai sama roti.”

Kurang Jelas

Dia benar-benar nggak ngerti bedanya tai sama roti.”

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

mbah surip tai pak rendra roti emoticon-Ngakak



Quote:posted by sitoy.51704 emoticon-Paw
Tai rasa roti, roti rasa tai emoticon-Ngacir
Jadi mbah surip tai, rendra roti,. ?..
gue rasa otaknya cak nun ini yg kebanyakan tai nih..atas dasar apa dia mengelompokkan org seperti itu?,..
smpae mau ngmongin aja males emoticon-Ngakak
mungkin rotinya berbentuk tai
emoticon-Matabelo
Beliau hanya menganalogikan sj.. emoticon-Cool
Tidak secara harfiah mngatakan bhw mbah surip itu tai.. Cuma penekanannya adalah SBY tidak bisa mmbedakan antara Loyang & Emas..
CMIIW.. emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

jiakakaka... tuh si mbah surip kan waktu itu gi ngetop sama lagunya

terang aja kebo mau ikutan ngetop seklaian emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak mbahas aj mls
roti rasa rotiemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By merdekaboy
Wkwkwkwk kritiknya makjleb emoticon-Ngakak


woww rajanya pertamax kembali lagiemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By abigiga
Beliau hanya menganalogikan sj.. emoticon-Cool
Tidak secara harfiah mngatakan bhw mbah surip itu tai.. Cuma penekanannya adalah SBY tidak bisa mmbedakan antara Loyang & Emas..
CMIIW.. emoticon-Big Grin
setuju deh sama kamyuemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By hitlander2
maksudnya mbah surip itu ibarat tai gtu...
kurang bijak kali ini Cak Nun emoticon-No Hope
cari analogi yg laen kan bisa...


dongok tuh caknun masa mbah surip dianalogikan seperti seonggok tai emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Kalo nyindirnya sby sebagai pribadi sih oke aja.

tapi kalo sebagai presiden, ini yang jadi bahaya.

khawatirnya, si beye marah, dan tai itu dilempar ke muka cak nun emoticon-Berduka (S)
wah edan nih..
nancep smpe dalem jantung...
emoticon-Matabelo