alexa-tracking

Kino, pemalsu kartu kredit internasional itu dilepas?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527dd8103fcb17b42c00000b/kino-pemalsu-kartu-kredit-internasional-itu-dilepas
Kino, pemalsu kartu kredit internasional itu dilepas?
Ditangkap Mei 2013 di Sidoarjo, Oktober-November sudah Facebookan

Kino, pemalsu kartu kredit internasional itu dilepas?
Inilah tersangka Kino, salah satu dari anggota sindikat internasional pemalsuan kartu kredit yang ditangkap Reskrimsus Polda Metro Jaya Mei 2013 lalu dan pada Oktober-November 2013, akun Facebooknya sudah aktif lagi./*jurnal3

JURNAL3.COM | SURABAYA – Dugaan sudah lepasnya Kino alias KN, salah satu tersangka sindikat internasional pemalsuan credit card (kartu kredit), dari jeratan hukum di Polda Metro Jaya makin menguat.

Tersangka, warga Pondok Chandra, Sidoarjo itu ditangkap aparat Reskrimsus Polda Metro Jaya pada Mei 2013 dengan jeratan masa hukuman 6 tahun penjara.

Namun, dari penelusuran Jurnal3, diketahui sejak Oktober 2013, Kino diduga sudah kembali mengaktifkan lagi sosial media Facebook miliknya. Hal itu diketahui dari dugaan seringnya Kino mengganti-ganti dan melakukan pembaharuan profil.

Pada periode November hingga Kamis (31/10/2013) lalu, nama profilnya “Qno Tazmania”. Namun, pada November 2013, hingga hari ini, nama profilnya berganti menjadi “Kyno Tazmania Kingstarsi”.

Kino dan komplotannya, sesuai keterangan Polda Metro Jaya usai melakukan penangkapan Mei 2013 lalu, dijerat dengan pasal berlapis yakni tindak pidana pencurian dengan pemberatan terhadap kartu kredit melalui sarana elektronik dan pencucian uang sebagaimana dimaksud Pasal 363 KUHP, Pasal 31 Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE atau Pasal 3, dan Pasal 5 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Kino, pemalsu kartu kredit internasional itu dilepas?
Akun Facebook yang diduga milik tersangka Kino pada November 2013 diganti dengan nama Kyno Tazmania Kingstarsi.

Informasi yang diperoleh Jurnal3, dari hasil tindak pidananya itu, Kino berhasil meraup uang dalam jumlah fantastis, dimana ia bisa memiliki rumah mewah dan mobil-mobil yang dilengkapi dengan asesoris yang harganya sangat mahal.

Dari pengamatan Jurnal3, diduga Kino tercatat mengganti foto profil akun Facebook-nya sebanyak 4 hingga 5 kali. Hal itu diketahui dari rekam jejak foto profil yang terekam secara otomatis di laman Facebook miliknya.

AKBP Herry Santoso, mantan Wakil Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, yang kini berdinas di Bangka Belitung gagal dikonfirmasi mengenai dugaan sudah lepasnya tersangka Kino dari jeratan hukum.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto dihubungi sejak Jumat (08/11/2013) kemarin hingga Sabtu (09/11/2013) hari ini, belum bersedia memberikan jawaban terkait kelanjutan dari penyidikan kasus terbongkarnya sindikat internasional pemalsuan kartu kredit.

Dugaan sudah aktifnya kembali akun Facebook Kino, mengindikasikan yang bersangkutan diduga sudah bebas berkeliaran.

Karena melihat jeratan hukum yang dikenakan, seharusnya Kino kini masih mendekam di tahanan. Bahkan, Polda Metro tidak pernah lagi melaporkan ke publik perkembangan dari penyidikan kasus tersebut.

Aktifnya kembali akun Facebook milik Kino, diketahui terekam aktivitas terakhir pada 12 Juni 2012, kini kembali aktif dan teridentifikasi mengganti foto profil pada Kamis (31/10/2013) lalu.

Bahkan, diduga Kino diketahui juga sudah mengganti beberapa kali foto profilnya. Dari penelusuran Jurnal3 di halaman depan akun Facebook yang diduga adalah miliknya, Kino mengganti (memperbarui) profil dan foto sampul kali pertama pada 21 Juni 2012 jauh sebelum ia ditangkap di rumahnya pada Mei 2013.

Namun, 21 Oktober 2013, Kino mengganti foto profilnya. Kemudian dilanjutkan lagi dengan penggantian foto profil pada 27 Oktober 2013 dan terakhir Kino diduga kembali mengubah foto profilnya pada Kamis (31/10/2013) dan selanjutnya ada pergantian foto profil namun tidak terekam tanggal pembaharuannya.

Dalam akun Facebook yang diduga miliknya itu, Kino menyimpan 547 foto (pada November 2013) sebelumnya 551 foto (Oktober 2013), memiliki jaringan pertemanan sebanyak 775 orang dan mengikuti 3 grup, diantaranya Ajang Automotive (1.691 anggota), INSOMNIA loveForeveR (1.831 anggota) dan UNIVERSITY OF COLORS (30 anggota).

Dengan dugaan aktifnya kembali Facebook Kino, ada dugaan yang bersangkutan kini sudah berada di luar tahanan. Karena sesuai aturan, tahanan dilarang membawa gadget atau peralatan komunikasi elektronik selama menjalani masa tahanan.

Dengan jeratan hukum yang disangkakan pada tersangka, mustahil Kino sudah bebas murni. Diduga, ada yang tidak beres dalam penahanan atas diri Kino yang memiliki peran penting dalam sindikat internasional pemalsuan kartu kredit tersebut.

Untuk diketahui, Kino dan kawan-kawannya diduga kuat sudah beraksi sejak 2009. Mereka berhasil membobol dana milik dua bank nasional hingga mencapai Rp 4 miliar.

Kelompok ini adalah kawanan sindikat internasional karena dalam pemeriksaan ditemukan “IP Address” milik tersangka di beberapa negara, seperti Perancis, Jerman, China.

Kino adalah salah satu aktor utama, karena ia berperan mencetak kartu kredit palsu dan mengisi data (encode) kartu kredit curian menggunakan alat encoder dan juga komputer.@arun/andre

sumber: http://www.jurnal3.com/kino-pemalsu-...l-itu-dilepas/
emoticon-Matabelo
jago amat
tp sayangemoticon-Malu (S)....
ini jeli amat wartawan jurnal3.com emoticon-Matabelo
KASKUS Ads
sengaja dilepas kah???