alexa-tracking

Mengatasi Macet di Jakarta, Sudah Nyamankah Angkutan Umum?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527dd6e7ffca179d18000003/mengatasi-macet-di-jakarta-sudah-nyamankah-angkutan-umum
Mengatasi Macet di Jakarta, Sudah Nyamankah Angkutan Umum?
Jakarta - Macet di Jakarta selalu dikeluhkan para pengguna kendaraan pribadi. Bila macet datang, bisa terjebak berjam-jam di jalan. Bahkan di beberapa ruas jalan, kendaraan tak bergerak hingga parkir gratis.

Jalanan di Jakarta memang sudah overkapasitas. Pertambahan jumlah pengguna mobil tak diimbangi dengan penambahan infrastruktur jalan. Maka jadilah macet.

"Saya rasa kemacetan di Jakarta pesimis bisa dikurangi, kalau tidak ada tindakan untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi secara tegas," komentar Yance pembaca detikcom dalam surat elektroniknya, Sabtu (9/11/2013).

Solusi mengurangi penggunaan angkutan pribadi dan beralih ke angkutan umum menjadi solusi paling rasional. Tapi apa mau pengguna kendaraan pribadi naik angkutan umum. Bagaimanapun ketika macet dan berada di kendaraan sendiri lebih nyaman dibanding di angkutan umum.

"Biarpun MRT dibangun atau busway ditambah, apakah mereka mau lepas dari kendaraan pribadi? Pasti tidak karena ada faktor tertentu, misalnya gengsi dan tidak mau desak-desakan," papar Yance.

Menurut pembaca lainnya, Fajar, solusi beralih kendaraan angkutan umum memang salah satu yang mesti dilakukan. Nah, perbaikan angkutan umum mesti digenjot.

"Coba deh angkutan umum di kota-kota besar dunia seperti Singapura, New York, atau London, nyaman. Warga di sana, paling pakai kendaraan pribadi akhir pekan," jelas Fajar.

Mungkin, biar masyarakat sadar dan rela naik angkutan umum para pejabat mesti memberi contoh. Bisa dibiasakan naik angkutan umum ke kantor mereka.

"Pejabat publik tentu menjadi pelopor dalam penggunaan transportasi publik. Tapi apa mereka rela, berani?" sindir Fajar.

Bagaimana dengan Anda, berani pindah ke angkutan umum?

[url]http://news.detik..com/read/2013/11/09/113816/2408195/10/mengatasi-macet-di-jakarta-sudah-nyamankah-angkutan-umum?n991103605[/url]

Kuncinya adalah transportasi umum yang nyaman dan aman. Bila itu terpenuhi otomatis pengguna mobil pribadi akan beralih ke angkutan umum. Karena pada dasarnya membawa kendaraan pribadi itu merepotkan. Karen kondisi transportasi umum yang menyedihkanlah yang membuat orang terpaksa memakai kendaraan pribadi demi keamanan dan kenyamanan.
belum nyaman sih, naik mobil sudah jadi gaya hidup toh kalaupun nanti angkutan umum sudah nyaman palingan tetap sama saja macetnya emoticon-Malu (S)
×