alexa-tracking

Jokowi: Harusnya Pajak Angkutan Massal Nol Persen seperti Mobil Murah Itu...

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527db71e3dcb17795500000b/jokowi-harusnya-pajak-angkutan-massal-nol-persen-seperti-mobil-murah-itu
Jokowi: Harusnya Pajak Angkutan Massal Nol Persen seperti Mobil Murah Itu...
Petisi tolak mobil murah

http://www.change.org/id/petisi/pres...an-mobil-murah

Update :

http://www.kaskus.co.id/show_post/52...0000003/1150/-

Update 2 :
Quote:Original Posted By ""

Sedikit rangkuman dari agan2 sekalian mohon maaf udah ga muat di quote gan.

Ada yang beragumen bahwa wajar dong kalau sekarang mobil pribadi di buka aksesnya ke semua orang wong transportasi umum masih jeblok. Masa gua disuruh naik transportasi yang ga aman ga nyaman?

Emang yg pro transportasi murah mao tinggalin kendaraan pribadinya?

Di counter dengan :
Ini bukan masalahnya kita bilang yuk sekarang kita naik angkutan umum ajah. Sudah nyaman kok aman dsb.

Justru karena sekarang transportasi umum super duper berantakan makanya kita minta pemerintah untuk komitmen memperbaiki

Mohon pemerintah baik pusat maupun daerah, keluarkan kebijakan yang lebih pro transportasi umum dan stop mendukung pertumbuhan mobil pribadi.

Duduk sama2 dan ayo kita batasi kendaraan pribadi sambil membantu akselerasi pertumbuhan transportasi publik yang baik.

Kalau perlu terapin pajak 100 persen dan dananya nanti untuk mempercepat infrastruktur untuk transportasi umum bukan cuman di jakarta tapi sampe pelosok2 indonesia.

Gimana menurut agan?

==============================================
Berikut rangkuman2 dari hasil diskusi kita beberapa hari ini :
Coba ane rekap sementara pendapat agan2 di sini ; Tapi ane saranin kalo ada waktu boleh untuk baca koment2 agan semua di bawah minimal sampe page 15

Sebelom nya mohon di pahami. Ini bukan menyerang SBY atau Jokowi juga bukan membela SBY or Jokowi

Kita berdoa supaya pak Sby dan pak Jokowi sebagai pemimpin pemerintah pusat dan pemprov DKi bisa sama2 untuk bekerja sinergi. (Ane yakin bisa karena ane yakin mereka berdua sama2 cinta Indonesia)

Kedua masalah transportasi bukan masalah Jakarta doang tapi ke depan nya masalah di seluruh Indonesia. Surabaya, Bandung, Jogya... Dan nanti ke depan yang sekarang masih tertinggal daerahnya akan maju seperti Jakarta juga.

Kita harus memilih untuk mengedepankan transportasi umum atau mobil murah..,??



Quote:Original Posted By wahyu24

Kesimpulan utama :
"Kendaraan Umum (transportasi umum) jauh lebih penting dari Kendaraan pribadi"

1. Masalah pembukaan lapangan kerja

===>>> Ada argumen dengan kenapa mesti pake shortcut gini. Cari jalan pintas? Kalo emang alasan nya pertumbuhan ekonomi bukan nya lebih bijak dengan memberi kepastian hukum pada pengusaha, menghapus pungli? KKN? dsb dsb
====>> Vietnam aja bisa masa kita ga?

Mungkin ada counter lagi dari sini

2. Masalah mobil sebagai hak rakyat kecil juga berhak menikmati

=====>> Di counter dengan penjelasan panjang lebar tentang efisiensi punya mobil (biaya perawatan dsb)
=====>> Ukuran semu tentang kesejahteraan bahwa harus punya mobil
=====>> Kaya tuh harusnya pengeluaran << pemasukan.. Kalau pemasukan kita 3 x lipat dari pengeluaran tuh kita sejahterah
Untuk menjadi kaya kita harus memperbesar pemasukan dan mengecilkan pengeluaran

3. Fungsi mobil pribadi

====>> Apakah yang ga punya mobil selama ini ga bisa hidup?
====>> Gengsi ??
====>> Dunia (internasional) mungkin menertawakan kita kalo kita bilang bahwa Indonesia harus makmur... Ukuran nya : semua orang punya mobil pribadi
emoticon-Ngakak


4. Masalah Pajak nol persen untuk BUS IMPORT

===>> Terlepas dari Jokowi salah atau ga asal nyerocos (okelah masalah peraturan menteri Jokowi cari muka untuk pemilu)
====>> Semua di sini setuju bahwa walaupun komponen BUS import semua tapi worthed banget untuk nerapin pajak nol persen bahkan subsidi untuk kendaraan yang akan di jadikan transportasi umum
====> secara fungsi nya sangat besar dan bermanfaat
====>> Kebijakan BUS import bukan hanya untuk di Jakarta tapi di seluruh Indonesia

5. Transportasi UMUM yang bagus bukan cuman idaman warga Jakarta

===> Ke depan nya semua pemprov dan pemerintah pusat harus mendukung kebijakan transportasi umum di seluruh Indonesia
===> Kalo bisa malah kaya di Eropa dan negara2 maju lain nya bisa naik kereta api sampe lintas negara
===>> Surabaya, Bandung, dan kota2 besar lain nya juga sudah mulai macet. Perlu langkah signifikan dari semua untuk memperbaiki

6. LGCC ramah lingkungan? Ini udah otomatis gugur yah dengan pernyataan bahwa target market LGCC orang yang belom mampu beli mobil, Keadilan sosial untuk yang tadinya naik motor dsb dsb yah....

Wong mobil tambah banyak nantinya kok

===================================================
Setuju ga gan? Yang fair aja kita bahas dulu masalah nya....


Sedikit tambahan dari gue :

Ke depan dunia makin sempit... Setuju ga?

Mao di Kalimantan kek, di Irian kek

Makin banyak manusia apalagi di Indonesia program KB gagal

tahun 40 an mungkin Indonesia baru 40 jutaan penduduknya sekarang udah 200jt lebih berapa gua ga tau deh 250jt mungkin

Kita mesti bener2 mikirin dengan lahan yang sesempit2nya bisa di manfaatin sebaik2nya

Dari berbagai segi

Hunian misalnya : ke depan mungkin harus di pikirin apartement di mana2
Transportasi : Jelas harus transportasi umum di genjot
Pertanian : harus bener2 di pikirin gimana dengan luas lahan yang sama return nya bisa lebih efisien dan efektif (teknik pertanian setara jepang / thailand
Air Bersih, Udara

Kalo ga cepet2 di atur gimana hidup anak cucu kita nanti?

It's not only about Jokowi vs Pemerintah Pusat

Gua masih belom bisa nerima kalau ada pendapat bahwa mobil pribadi itu harus di bagikan ke seluruh Indonesia sebanyak banyaknya...

Sorry kalo gua salah.. Mungkin juga Jokowi banyak salah tapi setidaknya itu lah kekuatiran gua akan masa depan gue sendiri


==============================================================

Quote:Original Posted By putihawan
Jokowi: Harusnya Pajak Angkutan Massal Nol Persen seperti Mobil Murah Itu...

otak dipake nomor satu,otot dipake kalo kepaksa..bukan malah otot dipake nomer satu,otak dipake kalo punya


otot= ngotot tanpa ada logika yang jelas (bisa dikatain semcam kebegoan tingkat dini)




Bikin gregetan kayanya masa mobil pribadi pajak nol persen angkutan umum ga?

Cuman di Indonesia yang bisa begini !!!

Comment of the month

Quote:Original Posted By d doctor
Jadi inget salah satu alasannya mobil murah karena orang daerah mau beli mobil juga. Bukan orang kota besar aja. Orang papua mau beli mobil, orang kalimantan mau beli mobil. Bikin ane ketawa. Orang papua ama kalimantan mana mau beli city car. Yang ada cuma bisa muter di kota. Keluar kota dikit ya mana kuat ketemu jalan jelek ama naik turun.



Quote:Original Posted By tristan99
Buat ane sbnrny yg jadi inti persoalan bukan perkara pajakny O % tp disini pemerintah tdk pny orientasi yg jelas. Belajar dari Jakarta seharusny daerah2 lain mesti segera dibenahi. Skrg kota2 diluar jakarta jg tambah macet lho. Kalo kondisiny spt ini terus, tdk ada komitmen yg kuat utk meningkatkan angkutan umum akhirny kota2 lain nasibny akan sama kaya Jakarta.
Kecuali ente lebih seneng hidup dlm kemacetan dgn dalih membantu industri otomatif n dealer2 mobil ya silahkan aja. Kalo ane pikiranny beda. Seandainy transportasi umum bagus, ane ngga perlu keluar duit 100 jt buat beli mobil, itu duit bisa ane tabung atau dipake buat keperluan lain.



Ini bagus banget gan idenya... GRP meluncur

Seperti yang gua sampein sebelomnya.. Kita ga anti mobil Green Car

Tapi kenapa mesti murah? Itu loh yang jadi pertanyaan?

Kan masih bisa mobil yang BOROS EMISI di mahalin semahal2 nya pajaknya

Kaya saran agan ini juga

Balik lagi balik lagi :

KALAU MOBIL MURAH ITU BERARTI TAMBAH BANYAK GIMANA MAO DI HUBUNGIN MA PROTOKOL KYOTO????

Quote:Original Posted By robotechmania
Kalau menurut saya mestinya :

1. Memang pemerintah harus menghapuskan pajak kendaraan angkut massa, supaya biaya tiket semakin rendah dan ada kemampuan untuk melakukan perawatan kendaraan angkut massa itu.
2. Mestinya kalau memang harus green, ya mobilnya sebaiknya hanya bisa jalan pakai BBG aja, sekalian untuk mengurangi ketergantungan Indonesia akan minyak bumi
3. Untuk mengurangi kendaraan tidak hemat energi, mestinya kita menganut kebijakan kayak di Amerika, pajak ditentukan dari perbandingan antara luas kendaraan dengan tingkat konsumsi bahan bakarnya. Jadi lama kelamaan mobil tidak hemat BBM akan berkurang secara alami, mengurangi ketergantungan Indonesia akan BBM dan menurunkan defisit anggaran untuk minyak bumi.







Quote:Original Posted By miracle.maker
subjek pajak PPnBM itu konsumen akhir, meskipun yang dikenakan produsen atau importir, unsur PPnBM masuk ke biaya bagi pembeli pertama, tujuannya mengendalikan sifat konsumtif masyarakat terhadap barang mewah, ketika angkutan umum dikenai PPnBM jadi hilang esensi tujuan awalnya, apa naik angkutan umum termasuk kemewahan?

PPnBM dihapus atau tidak itu ga ada pengaruh ke produsen angkot, karena dibebankan ke pembeli pertama (dalam hal ini pemkot DKI atau kontraktor), kalo kontraktor misal PT MRT atau mungkin operator busway tentu beban PPnBM masuk ke komponen harga tiket


Quote:Original Posted By Snobb


Pertanyaan dari ane yg gagal paham :
1. Apa esensi pemerintah menol persenkan mobil murah?
2. Apa hubungan angkutan massal dimiliki perusahaan dg pribadi? Toh biaya investasi dibebankan ke penumpang juga?
3. Apa angkutan massal tidak bisa ramah lingkungan? Bisa pake BBG yg jauh2 lebih ramah.
4. Apa ada jaminan mobil murah tidak pake premium?

Apa ya hubungan antara MRT, pajak dengan presiden?
Gegar otak ane mikirnya gaaannn..... tolongin gannn....


Good Argument bro....

Quote:Original Posted By jevanojave
baca sampai halaman 3, ane udh ga sabar utk komen...hehehe

Argumen agan @adoeka ngawur.
1. Satu2nya alasan LCGC ini bisa diterima adalah krn thn 2015 pasar bebas ASEAN dimulai. Adanya kekuatiran negara tetangga membanjiri produk sejenis ke Indonesia. Meskipun hal ini bisa ditangkal dgn mengeluarkan kebijakan yg sifatnya protected. Tp okelah alasan ini ane bisa trima.

2. alasan menambah lapangan kerja, bisa jadi model mobnas, alih teknologi, level menengah bwah jg pengen bermobil, dsb...dsb, tidak dapat diterima atau tdk signifikan. Sdh dijelaskan oleh agan2 dimari. Tambahan dari ane, bangsa ini lebih dari sanggup utk buat mobnas, kebijakannya aja yg tidak mendukung.

3. Kata kuncinya Pemerintahan SBY ingin mendapat nilai positif secara instan tanpa susah payah. Ttg ini udh dijelaskan oleh agan TS dengan sangat baik. Klo mau meninggalkan legacy yg baik, dia seharusnya mendorong kebijakan mewujudkan mobnas dimasa dia memerintah. Tp dia tdk mau krn yg menikmati hasilnya bukan dia tp pemerintahan brikutnya. Beda dengan JB, mrk brani mengambil resiko dicaci-maki ama warga dan tdk terpilih lg dengan mengeksekusi MRT yg slama pembangunannya akan menambah kemacetan yg luar biasa.
Ini salah satu perbedaan cara memimpin antara JB dan SBY. Jelas ane mendukung JB dalam hal ini.

4. Utk pajak angkutan massal di nolkan ane sangat setuju dan mendukung. Argumennya ga jauh bedalah ama agan2 yg jg setuju dimari.
Bus murah maka ongkos murah, pengadaan bisa banyak, peremajaan bisa cepat. Jika angkutan massal nyaman dan ongkos murah maka pemilik mobil pribadi pun akan berpindah ke transportasi massal.



MANTAB


Quote:Original Posted By Wduz_gbaz


Jadi solusi untuk mengurangi 25% greenhouse effect dengan cara menumpuk mobil2 beremisi rendah sebanyak2-nya dijalan ?? emoticon-Big Grin

Terus tahukah ente fakta bahwa pertumbuhan mobil pribadi di Jakarta sudah mencapai 600-650 mobil per hari ??, Terus siapa yg menjamin dengan LGCC, kemudian orang yg sdh punya mobil yg non LGCC bakalan ganti ke mobil LGCC ?? emoticon-Big Grin

Yang ada malah yg lama masih ada, kemudian malah bertambah jumlah mobilnya dengan mobil2 LGCC. Tidak mengertikah ente dengan sifat konsumtif bangsa ini ? emoticon-Big Grin

Jadi disebelah mananya peluncuran LGCC ini yg mengurangi Greenhouse effect ??, dan mengurangi konsumsi bahan bakar ?? emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By rdsyh
Ane berasa aneh bgt dgn statement org2 di pemerintahan yang mendukung mobil murah..inget gan..public transportation bgs,artinya traffic jam bklan berkurang,,ente tau harga camry di singapore berapaan..?nyampe 1 milliar om,,knp bs bgtu-krn gov nya mang concern ke public transportation n mo menekan pemakaian kendaraan pribadi..ga kyk d indonesia-negara msh miskin tp gaya nya selangit-mobil murah perlu tp blm skrg waktunya..


Quote:Original Posted By HappyXie
Solusi Kemacetan dan Efisiensi : Angkutan Umum
Solusi Global Warming : Pure Green Car

Trus knapa sih agan kok ngotot harus mobil murah? Udah tau kan infrastruktur ga secepet kendaraan bikinnya?

Mbok ya ngideinnya Angkutan Umum yang didorong jadi Green Car murni kalo emang bener niatnya Go Green.
Kan sekarang Transjakarta uda transisi ke BBG sebagai pionir. Sebentar lagi pasti bisa ke Listrik.

Dan uda ga usa nyalah2in pejabat lah, mau cari solusi kan bukan cuma ngejelek-jelekin orang? Ana heran kalo ada orang niat kerja masih juga dihujat.


Quote:Original Posted By isalsep48


jiah gan mobil itu kebutuhan skunder bukan primer.mobil itu hanya keinginan yg ga harus dimiliki.lagipula jaman sekarang ngapain punya mobil ane aja ga pengen tuh punya mobil.ane lebih seneng motor lah kalo dipilih dikasih ducati ma ferari kalo ga boleh dijual ane pilih motor.tapi inilah kenapa orang banyak korup bayangi yg jadi tujuan utama tu yg skunder.buat biaya pendidikan dll itu no2 kali yah buat ente.hidup itu ga perlu mewah2 pak,punya boleh tp jgn dijadiin keharusan.lah ini yg counterattack rata2 membuat manusia harus punya mobil.knp ga warga indo ga dibikinin jetpack harga murah biar bsa kluar negri pke itu.ane pengen ke jepang muak ma pemimpinya negara ini,kesannya kaya menjajah negara ini apa yg diangap jelek ma masyarakat kayanya itu salah.dan pemerintaj pusat pasti benar.wajar jokowi disukai rata2 kebijakanya mang positif dan kena logika.kalo didebatin jg kuat statmentnya ga kya kbijakan ini yg bela slalu muter2 jawabnya hadeh sedih bgt indo pahlawan kita nangis didalam kubur


Quote:Original Posted By artif


astaga gan. mobil murah ini seberapa murah? seluruh yang di indonesia ini bisa beli? ini cuma lebih masuk ke budget kebanyakan orang yang sudah agak mapan.

ini juga bukan masalah pribadi gan.. masalah masyarakat.. gak ada salahnya juga mobil murah.. masalah sosial, umum yang gimana gan? sekali lagi jangan lihat jakartanya aja. kebijakan di jakarta kan bisa diatur jg pake berbagai jurus yang ada..


Quote:Original Posted By prinn
A developed country is not a place where the poor have cars. It’s where the rich use public transportation.

- Gustavo Petro, Mayor of Bogotá


Jokowi: Harusnya Pajak Angkutan Massal Nol Persen seperti Mobil Murah Itu...







Quote:Original Posted By "lll"

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengeluhkan tetap tingginya pajak untuk pengadaan angkutan massal. Permohonan keringanan pajak untuk pengadaan ribuan bus transjakarta pun tak kunjung mendapat respons dari otoritas pajak.

"Maunya bus sedang atau transjakarta di Jakarta (dipajaki rendah), tapi sampai sekarang belum ada jawaban. Mestinya diberilah," ujar Jokowi di kediamannya, Jumat (8/11/2013). Dia berpendapat, seharusnya pajak nol persen diberlakukan untuk pengadaan transportasi massal Indonesia.

"Kalau mobil murah (bisa ada) gara-gara diberikan (insentif penghapusan) pajak, (pengadaan) transportasi (massal) harusnya murah juga, diberikan pajak nol (persen). Mestinya gitu," ujar Jokowi. Dia pun berharap permintaan keringanan pajak pengadaan bus tersebut segera mendapat tanggapan.

Keringanan pajak untuk pengadaan angkutan massal, kata Jokowi, akan memungkinkan segera melonjaknya jumlah armada transportasi publik. Bila jumlah angkutan umum sudah bertambah, ujar dia, masyarakat yang dapat diangkut juga akan lebih banyak dan harapannya pengguna mobil pribadi akan berkurang.

Kendala pajak untuk pengadaan angkutan umum bukan baru kali ini dihadapi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pada 2011, misalnya, pernah diajukan keringanan pajak untuk pengadaan ribuan bajaj berbahan bakar gas.

Upaya konversi bahan bakar dan "regenerasi" bajaj tersebut terkendala harga "bajaj biru" yang mencapai Rp 60 juta sebelum ada keringanan pajak. Setelah ada permohonan keringanan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk bajaj berbahan bakar gas, pajak yang dikenakan turun dari 45 persen menjadi 25 persen.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta saat itu berpendapat, pajak yang dikenakan untuk pengadaan bajaj itu terlalu tinggi, sekalipun sudah mendapat keringanan. "Bajaj biru" dikenakan pajak "barang mewah" dengan alasan penggunaan gas sebagai bahan bakarnya.


http://megapolitan.kompas.com/read/2...bil.Murah.Itu.
Kok malah kebalik gitu? Transportasi publik dipajaki tinggi, mobil pribadi dipajaki murah.
emoticon-Ngakak
disin gan

http://www.change.org

iya gan...transportasi massal harus pajak 0% kalo perlu subsidi..
jangan lupa bikin yah gan petisinya..nanti ane ikut deh
alesannya penciptaan lapangan kerja emoticon-Busa

gak sekalian semua impor di pajaki 0%?
alat berat biar bisa rakit sendiri, toh 0% juga
Quote:Original Posted By salibiz
Kok malah kebalik gitu? Transportasi publik dipajaki tinggi, mobil pribadi dipajaki murah.
emoticon-Ngakak


Maklum lah gan, di Indonesia orang gila kan paling banyak menempati pemerintahan kita emoticon-Ngakak

Cool 

Komentar dari Adoeka atas Hot Threadnya Thread yang berkembang dari hasil diskusi sehat antara Pihak yang mendukung isi berita dengan Pihak yang mencoba untuk mengkritisi apa maksut jokowi yang lebih memilih cara meneriakkan Ide atau saran untuk pemerintah agar pajak bus transportasi umum disamakan dengan pajak LCGC di media massa : Fiuuuhhh...Ga ngira wa ternyata TS setelah Threadnya berkembang dari diskusi yang berlangsung secara sehat mendapatkan HOT THREAD, TS lebih memilih untuk memasukkan daftar Comment of the month dari komentar pihak yang Pro saja, sudah amnesia kah TS di saat diskusi berlangsung banyak poin dari pihak kontra yang akhirnya disetujui juga oleh pihak yang pro, C'mon broooww.. cobalah bersikap yang lebih dewasa dan bijaksana agar semua pihak yang sudah terlibat dalam diskusi menjadi respek ke lu (TS) dan tidak menilai lu (TS) berada di pihak pro hanya karena berdasarkan fanatik buta terhadap 1 figur

Dibawah ini adalah komentar dari pihak yang mencoba mengkritisi isi berita :

Quote:

Quote:Original Posted By adoeka


wacana 0% ppnbm untuk transportasi massal wa akuin lumayan bagus tapi tidak harus segera dong , pajak ppnbm 0% untuk LCGC aja digodok dulu dipelajari dulu baru dieksekusi bukan sradak sruduk kayak reman minta jatah emoticon-Cape d... (S)

jokowi kan pejabat negara harusnya bisa bersikap secara negarawan juga jangan sikap preman di bawa , gubernur lain juga kalau punya ide punya tata krama untuk menyampaikan ke pusat emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By laziosquad
itu mobil murah supaya mereka bikin pabrikan disini, untungnya ya dapat tenaga kerja, daerahnya juga pasti berkembang dll kaya yang udah disebutin agan2 diatas

kalau jokowi ngamuk ya wajar, kemampuan bersaingnya mungkin kurang emoticon-Ngakak bukannya mengeluarkan kebijakan yang mempersulit malah kirim surat protesemoticon-Big Grin, kasihan ahok yang kebagian dapat jawaban dari boediono emoticon-Ngakak

tuh udah ada langkah2 dari wapres tinggal dijalankan emoticon-Smilie

http://www.tempo.co/read/news/2013/1...kah-Pemerintah sudah disertai alasan jokowi untuk ngeles, baik bgt tempo emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By laziosquad
^ herannya jokowi ini beli apa kok masih kena pajak emoticon-Big Grin padahal menurut peraturan pemerintah yang sama dengan yang mengatur mobil murah itu

Pasal 5
(1) Kendaraan bermotor yang dibebaskan dari pengenaan Pajak
Penjualan atas Barang Mewah adalah:
a. kendaraan bermotor yang digunakan untuk kendaraan ambulan, kendaraan jenazah, kendaraan pemadam kebakaran, kendaraan tahanan, dan kendaraan angkutan umum

cek http://www.presidenri.go.id/DokumenUU.php/1052.pdf mungkin ane salah mengartikan


Quote:Original Posted By Mussolini 45


Jokowi Ahok beli banyak armada transJ dari China gan. nah ada perubahan kebijakan pengadaan armada busway sejak jokowi ahok gan. kalo dulu, pengadaan busway melalui impor itu langsung oleh manajemen pt transJ sbg pengusaha angkutan umum, makanya gak kena PPn BM.
sedang setelah jokowi ahok, diubah melalui mekanisme pelelangan terbuka, yg kebetulan pemenangnya adalah konsorsium Armada. nah karena konsorisum ini bukan termasuk pengusaha angkutan umum, makanya kemudian atas pengadaan busway tahun ini kena PPn BM.



Quote:Original Posted By rangga elektro
Pengguna Jalanan ibukota itu banyak.Ada Mobil Murah,mewah,Angkutan Masal,motor,dll.
Peraturan LCGC itu tidak salah, dan peraturan tersebut haruslah paralel dengan kebijakan Pemerintah,baik Pemerintah Pusat, Pemprov dan Pemda untuk meningkatkan infrastruktur, Penambahan dan peremajaan angkutan massal yang murah dan jangkauannya luas mencakup berbagai penjuru daerah.

Lah,sekarang yang saya tangkap,KONSEP transportasi Murah yang digadang2kan Jokowi itu seperti apa?Menjangkau ke tiap2 pelosok Jakarta dan kota sub urban yang lain tidak?Berapa lama estimasi pembangunan transportasi murah tersebut?sementara dalam kurun waktu "idle" tersebut angkutan2 di DKI sudah mulai menua dan tingkat kriminalitas pun makin tinggi.Jangan hanya WACANA doang.Jokowi kan termasuk aparatur PEMERINTAHAN juga.

Sementara,yang menjadi sasaran "amukan" masyarakat itu adalah "mobil murah".Macet itu sudah ada dari beberapa tahun yang lalu.Peningkatan penjualan kendaraan bermotor baik itu mobil dan motor aja udah tinggi, mengakibatkan konsumsi BBM premium makin tinggi juga.

Coba kita liat sekarang, fasilitas untuk Kredit mobil dan motor sangat gampang sekali.Semua orang ingin punya kendaraan pribadi.Sementara banyak yang teriak-teriak dukung MOBNAS lah,sementara ada mobil ESEMKA pun mereka2 itu tidak membelinya.Dukung transportasi massal,sementara mereka2 itu pergi kesekolah,kantor,kampus,mall dll masih menggunakan kendaraan pribadi.
Mobil Listrik?well, mobil BBG aja tidak laku.IRONIS!

Solusinya adalah,Naikan Pajak Kendaraan Bermotor, tarif parkir dan jalan tol hingga 2-3x lipat, naikan bunga kredit kendaraan bermotor di DKI dan penghapusan Premium untuk kendaraan Pribadi.

Alhasil,kalau kebijakan yang saya utarakan diatas sinergi dengan pembangunan insfrastruktur angkutan massal,Banyak masyarakat yang LEBIH memilih naik transportasi umum.

Salam


Quote:Original Posted By Mussolini 45




nope.
bukan gak sejalan. sudah sejalan itu, cuma harus diimpor oleh Pengusaha Angkutan Umum, baru bisa bebas PPn BM.

kasus armada trans J yg baru ini, yg ngimpor BUKAN pengusaha Angkutan Umum bos, jd tetep dikenakan. Skrg misalkan ente impor bus, padahal ente bukan pengusaha angkutan, bisa tahu darimana kalo bus itu ente gunakan buat trayek angkutan plat kuning? emoticon-Smilie. akan berbeda hasilnya jika yg melakukan impor adalah Konsorsium Transjakarta atau pengusaha anghkutan umum lainnya.

coba cek PT. San Abadi, dia yg dpt tender untuk ngimpor armada busway tahun ini, pengusaha angkutan umum bukan? emoticon-Smilie


Do you want your THREAD respected??
Jokowi: Harusnya Pajak Angkutan Massal Nol Persen seperti Mobil Murah Itu...
Sorry emoticon-Angkat Beer




jokowi tau gak esensi pemerintah menol persenkan mobil murah?

jokowi mikir gak yang beli mobil angkutan umum itu rata2 perusahaan?

jokowi tau gak regulasi mobil murah dan ramah lingkungan bisa ada karena produsen bisa mengadakan mobil murah dan ramah lingkungan dan pemerintah mengapresiasinya dengan menol persenkan pajak?

jokowi mikir gak kalau angkutan dibuat semurah murahnya akan berakibat apa untuk keselamatan para penumpangnya?

intinya jokowi ini sekarang sudah mulai bermain kasar demi menjadi presiden 2014, jokowi setiap ada kesempatan hanya bisa mengkritik dan membiarkanh kritikan itu menjadi bola panas untuk pemerintah , jok inget tugas lu tanganin banjir, ngurangin kebakaran, meredakan kemacetan dan selagi lu belum sanggup tanganin 3 tugas pokok itu jangan terlalu mimpi untuk jadi presiden ya jok emoticon-fuck2


Dan ini adalah kumpulan komentar pihak kontra di sesi thread ini sudah Hot Thread :

Quote:
Quote:Original Posted By themeat
ane beli mobil seken loh gan, cuma 1100cc, ane beli karena ane emang butuh, ane udah punya anak, sering bolak balik bogor bandung tasik. kalo naek bus, banyak penumpang yg ngerasa terganggu sama tangisan anak kecil.
klo ente punya anak kecil, pasti bisa ngerasain repotnya bawa anak. blom lagi klo cuacanya kayak skr, ujan mulu.
jadi, ane pikir semua orang berhak punya mobil.
klo pergi sendirian, ane lebih demen bawa motor, irit + bisa cepet nyampe tujuan. jeleknya sistem transportasi kita ini yg memaksa ane ga mau pake kendaraan umum, blom lagi masalah kriminalitasnya, ane pernah kecopetan di bus!
mengenai lcgc, ane cuma bisa balik nanya, apa mobil mahal ga bikin macet?


Quote:Original Posted By idrain
ane ga kontra dgn argumen2 di 1st post, tentang 'meningkatkan' transport umum.
setuju.
tp ane mau bahas soal term 'meningkatkan' itu sendiri disini.. maksudnya meningkatkan itu apa..? meningkatkan kuantitas dan kualitas..? begitu..?
udah nyoba ngebayangin belum kalo peningkatan itu tercapai jadinya gimana dgn kenyataan yg skrg..?
kalo belum kebayang, ane kasih hint deh.. kalo kuantitas transport umum ditingkatkan, jadinya juga makin macet jg om.
lho kok bisa..?
iyaaa bisaaaa, krna pajak kendaraan umum murah, masyrakat indonesia semakin banyak yg tertarik nyari duit di transport umum, nah padet deh tu,, op tahan belum selesai, skrg gabung kepadatan tadi dengan mental mengemudi supir2 angkot sekarang.. jadinya..?? semrawuttt omm.
liat aja gmn supir2 angkot ngendarain angkotnya, berenti seenaknya, nyerong jalur, ngambil bahu jalan, nambah barisan baru.. pasti pada pernah ngalamin kan keselnya liat kelakuan angkot..?

soooo... salah satu solusi dari ane adalah, jangan lupa diperbaikin juga PERATURAN nya.. sprti batas jumlah angkutan umum untuk tiap trayek, tata cara mengemudi angkutan umum dengan peraturan yg ketat dan sanksi denda yg keras!, pengadaan tempat pemberhentian khususnya, penyuluhan kepada masyarakatnya tentang tempat khusus menunggu dan menaiki/turun angkot (baca:halte!!) yg wajib dipatuhi.
malah ini yg paling penting menurut ane, dibanding 'meningkatkan' transportasi yang ga ter-arah.

gile untuk transportasi umum buat mengatasi kemacetan ga didukung, malah dukung buat rakyat memiliki mobil masing2, apakah ini ide dari seorang manusia? sungguh gila emoticon-Mad (S)
dulu katanya jakarta tuh kaya, APBDnya super gede,,dipajakin aja mewek,,lagian dlm setaun ini udh ngimpor angkutan massal apaan sih, ga pernah liat tuh di jlnan emoticon-Ngakak

Quote:Jokowi : Rp 50 Triliun Itu Gede Banget Toh..
http://www.gatra.com/nusantara-1/jaw...anget-toh.html
Quote:Original Posted By adoeka
jokowi tau gak esensi pemerintah menol persenkan mobil murah?

jokowi mikir gak yang beli mobil angkutan umum itu rata2 perusahaan?

jokowi tau gak regulasi mobil murah dan ramah lingkungan bisa ada karena produsen bisa mengadakan mobil murah dan ramah lingkungan dan pemerintah mengapresiasinya dengan menol persenkan pajak?

jokowi mikir gak kalau angkutan dibuat semurah murahnya akan berakibat apa untuk keselamatan para penumpangnya?

intinya jokowi ini sekarang sudah mulai bermain kasar demi menjadi presiden 2014, jokowi setiap ada kesempatan hanya bisa mengkritik dan membiarkanh kritikan itu menjadi bola panas untuk pemerintah , jok inget tugas lu tanganin banjir, ngurangin kebakaran, meredakan kemacetan dan selagi lu belum sanggup tanganin 3 tugas pokok itu jangan terlalu mimpi untuk jadi presiden ya jok emoticon-fuck2



lha itu kan dalam usaha mengurangi kemacetan tong...
klo angkutan masal murah, mobil pribadi mahal.. maka org pada naik angkutan umum kan. otomatis pada berkurang mobil pribadi dijalanan.
Dah lah jok nyapes aja 2014...
sejuta % ane dukung...
percuma jadi gubernur...wong pusatnya mafia semua....
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By donsantoso


lha itu kan dalam usaha mengurangi kemacetan tong...
klo angkutan masal murah, mobil pribadi mahal.. maka org pada naik angkutan umum kan. otomatis pada berkurang mobil pribadi dijalanan.


sekarang masalahnya 1000 bussway mau diadakan di jakarta apa cukup untuk 1 jalur jalan bussway? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

bisa jadi busway stuck dijalur bussway karena nunggu bussway yang sampai muter arah emoticon-Ngakak

Jokowi: Harusnya Pajak Angkutan Massal Nol Persen seperti Mobil Murah Itu...


subjek pajak PPnBM itu konsumen akhir, meskipun yang dikenakan produsen atau importir, unsur PPnBM masuk ke biaya bagi pembeli pertama, tujuannya mengendalikan sifat konsumtif masyarakat terhadap barang mewah, ketika angkutan umum dikenai PPnBM jadi hilang esensi tujuan awalnya, apa naik angkutan umum termasuk kemewahan?

PPnBM dihapus atau tidak itu ga ada pengaruh ke produsen angkot, karena dibebankan ke pembeli pertama (dalam hal ini pemkot DKI atau kontraktor), kalo kontraktor misal PT MRT atau mungkin operator busway tentu beban PPnBM masuk ke komponen harga tiket
GRP untuk anda gan... Keren pembahasan anda.. cek kulkas yah

Ane pajang di page one yah gan...

Quote:Original Posted By miracle.maker
subjek pajak PPnBM itu konsumen akhir, meskipun yang dikenakan produsen atau importir, unsur PPnBM masuk ke biaya bagi pembeli pertama, tujuannya mengendalikan sifat konsumtif masyarakat terhadap barang mewah, ketika angkutan umum dikenai PPnBM jadi hilang esensi tujuan awalnya, apa naik angkutan umum termasuk kemewahan?

PPnBM dihapus atau tidak itu ga ada pengaruh ke produsen angkot, karena dibebankan ke pembeli pertama (dalam hal ini pemkot DKI atau kontraktor), kalo kontraktor misal PT MRT atau mungkin operator busway tentu beban PPnBM masuk ke komponen harga tiket


Quote:Original Posted By adoeka
jokowi tau gak esensi pemerintah menol persenkan mobil murah?

jokowi mikir gak yang beli mobil angkutan umum itu rata2 perusahaan?

jokowi tau gak regulasi mobil murah dan ramah lingkungan bisa ada karena produsen bisa mengadakan mobil murah dan ramah lingkungan dan pemerintah mengapresiasinya dengan menol persenkan pajak?

jokowi mikir gak kalau angkutan dibuat semurah murahnya akan berakibat apa untuk keselamatan para penumpangnya?

intinya jokowi ini sekarang sudah mulai bermain kasar demi menjadi presiden 2014, jokowi setiap ada kesempatan hanya bisa mengkritik dan membiarkanh kritikan itu menjadi bola panas untuk pemerintah , jok inget tugas lu tanganin banjir, ngurangin kebakaran, meredakan kemacetan dan selagi lu belum sanggup tanganin 3 tugas pokok itu jangan terlalu mimpi untuk jadi presiden ya jok emoticon-fuck2



Pertanyaan dari ane yg gagal paham :
1. Apa esensi pemerintah menol persenkan mobil murah?
2. Apa hubungan angkutan massal dimiliki perusahaan dg pribadi? Toh biaya investasi dibebankan ke penumpang juga?
3. Apa angkutan massal tidak bisa ramah lingkungan? Bisa pake BBG yg jauh2 lebih ramah.
4. Apa ada jaminan mobil murah tidak pake premium?

Apa ya hubungan antara MRT, pajak dengan presiden?
Gegar otak ane mikirnya gaaannn..... tolongin gannn....
Nice logic gan

Ane kasih GRP ntar abis 24 jam gan... Ingetin yah gan kalo ane lupa....

Quote:Original Posted By Snobb


Pertanyaan dari ane yg gagal paham :
1. Apa esensi pemerintah menol persenkan mobil murah?
2. Apa hubungan angkutan massal dimiliki perusahaan dg pribadi? Toh biaya investasi dibebankan ke penumpang juga?
3. Apa angkutan massal tidak bisa ramah lingkungan? Bisa pake BBG yg jauh2 lebih ramah.
4. Apa ada jaminan mobil murah tidak pake premium?

Apa ya hubungan antara MRT, pajak dengan presiden?
Gegar otak ane mikirnya gaaannn..... tolongin gannn....


Quote:Original Posted By Snobb


Pertanyaan dari ane yg gagal paham :
1. Apa esensi pemerintah menol persenkan mobil murah?
2. Apa hubungan angkutan massal dimiliki perusahaan dg pribadi? Toh biaya investasi dibebankan ke penumpang juga?
3. Apa angkutan massal tidak bisa ramah lingkungan? Bisa pake BBG yg jauh2 lebih ramah.
4. Apa ada jaminan mobil murah tidak pake premium?

Apa ya hubungan antara MRT, pajak dengan presiden?
Gegar otak ane mikirnya gaaannn..... tolongin gannn....


1. penyerapan tenaga kerja, menasionalisasikan mobil ramah lingkungan dan memberi kesempatan warga memiliki mobil pribadi yang murah serta ramah lingkungan, untuk mulai mengalihkan penggunaan premium ke pertamax dan tercipta regulasi LCGC juga karena ada kemauan dari produsen mobil itu sendiri yang berunjung disepakati oleh pemerintah

2. karena perusahaan mencari profit keuntungan , ah elah gitu aja ga ngerti lu emoticon-Cape d... (S)

3. angkutan umum sekarang pake BBG atau lebih juga karena ada tekanan dari dunia untuk mengurangi polusi udara yang semakin hari semakin mengkhawatirkan dull.. emoticon-Cape d... (S)

4. kalau lu mau mikirnya ke depan pasti banyak cara memberi aturan di pom bensin untuk mobil LCGC agar memakai pertamax dan konsekuensi pemakai LCGC yang masih pakai premium pun pasti akan berimbas ke mesinnya juga yang dapat membuat mobil lebih cepat rusak atau cepat mogok karena pengapiannya tidak maksimal

coba lu lihat berapa minggu ini si jokowi bilang rombongan presiden bikin macet, regulasi LCGC bikin macet, protes pajak angkutan massal harus disikapi sama dengan pemerintah menyikapi LCGC padahal angkutan masaal itu dikelola perusahaan yang mencari untung halaahhh jok jok emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By adoeka


1. penyerapan tenaga kerja, menasionalisasikan mobil ramah lingkungan dan memberi kesempatan warga memiliki mobil pribadi yang murah serta ramah lingkungan, untuk mulai mengalihkan penggunaan premium ke pertamax dan tercipta regulasi LCGC juga karena ada kemauan dari produsen mobil itu sendiri yang berunjung disepakati oleh pemerintah

2. karena perusahaan mencari profit keuntungan , ah elah gitu aja ga ngerti lu emoticon-Cape d... (S)

3. angkutan umum sekarang pake BBG atau lebih juga karena ada tekanan dari dunia untuk mengurangi polusi udara yang semakin hari semakin mengkhawatirkan dull.. emoticon-Cape d... (S)

4. kalau lu mau mikirnya ke depan pasti banyak cara memberi aturan di pom bensin untuk mobil LCGC agar memakai pertamax dan konsekuensi pemakai LCGC yang masih pakai premium pun pasti akan berimbas ke mesinnya juga yang dapat membuat mobil lebih cepat rusak atau cepat mogok karena pengapiannya tidak maksimal

coba lu lihat berapa minggu ini si jokowi bilang rombongan presiden bikin macet, regulasi LCGC bikin macet, protes pajak angkutan massal harus disikapi sama dengan pemerintah menyikapi LCGC padahal angkutan masaal itu dikelola perusahaan yang mencari untung halaahhh jok jok emoticon-Cape d... (S)


.............................

speechless

Einsten pun pasti bingung dgn jawaban kayak gini

Quote:Original Posted By Athenacutez


.............................

speechless

Einsten pun pasti bingung dgn jawaban kayak gini



lah emangnya apa yang bikin lu kurang ngerti dull.. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak



Macet itu janji kapannye jokowi,klo merasa ga mampu ya ngomong

Mau mobil murah kek mahal kek produsen tiap hari mobil baru pasti ada
Quote:Original Posted By adoeka
jokowi tau gak esensi pemerintah menol persenkan mobil murah?

jokowi mikir gak yang beli mobil angkutan umum itu rata2 perusahaan?

jokowi tau gak regulasi mobil murah dan ramah lingkungan bisa ada karena produsen bisa mengadakan mobil murah dan ramah lingkungan dan pemerintah mengapresiasinya dengan menol persenkan pajak?

jokowi mikir gak kalau angkutan dibuat semurah murahnya akan berakibat apa untuk keselamatan para penumpangnya?

intinya jokowi ini sekarang sudah mulai bermain kasar demi menjadi presiden 2014, jokowi setiap ada kesempatan hanya bisa mengkritik dan membiarkanh kritikan itu menjadi bola panas untuk pemerintah , jok inget tugas lu tanganin banjir, ngurangin kebakaran, meredakan kemacetan dan selagi lu belum sanggup tanganin 3 tugas pokok itu jangan terlalu mimpi untuk jadi presiden ya jok emoticon-fuck2



Quote:Original Posted By adoeka


1. penyerapan tenaga kerja, menasionalisasikan mobil ramah lingkungan dan memberi kesempatan warga memiliki mobil pribadi yang murah serta ramah lingkungan, untuk mulai mengalihkan penggunaan premium ke pertamax dan tercipta regulasi LCGC juga karena ada kemauan dari produsen mobil itu sendiri yang berunjung disepakati oleh pemerintah

2. karena perusahaan mencari profit keuntungan , ah elah gitu aja ga ngerti lu emoticon-Cape d... (S)

3. angkutan umum sekarang pake BBG atau lebih juga karena ada tekanan dari dunia untuk mengurangi polusi udara yang semakin hari semakin mengkhawatirkan dull.. emoticon-Cape d... (S)

4. kalau lu mau mikirnya ke depan pasti banyak cara memberi aturan di pom bensin untuk mobil LCGC agar memakai pertamax dan konsekuensi pemakai LCGC yang masih pakai premium pun pasti akan berimbas ke mesinnya juga yang dapat membuat mobil lebih cepat rusak atau cepat mogok karena pengapiannya tidak maksimal

coba lu lihat berapa minggu ini si jokowi bilang rombongan presiden bikin macet, regulasi LCGC bikin macet, protes pajak angkutan massal harus disikapi sama dengan pemerintah menyikapi LCGC padahal angkutan masaal itu dikelola perusahaan yang mencari untung halaahhh jok jok emoticon-Cape d... (S)


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Ling lung bang?? sekali-sekali mainlah keluar negeri yg transport publiknya udah enak mcm Aus or Eropa..

1. Gw siy setuju LCGC bisa menyerap tenaga kerja dan investasi..asal target marketnya bukan JAKARTA or kota2 besar lainya..udeh terlalu semrawut brur..

2. logika sederhana aj..
Mobil pribadi (LCGC) 0% = yg dpt imbasnya cuma segelintir org yg punya tabungan 100jt keatas
Angkutan massal 0% = org yg kgk punya duit - milliarder jg bisa dapet angkutan nyaman..

3. secara formil siy Indonesia ga punya kewajiban untuk ikut2an menggunakan produk ramah lingkungan (indo ga msk dalam pihak Protokol Kyoto)..namun seperti yg dibilang agan SnooB, Angkutan Massal pk bahan bakar ramah lingkungan lebih bagus lah daripada mobil2 pribadi..

4. Point lu ini sbnrynya udah antithesis dr LCGC = mobil murah, karena dengan pake pertamax, tuh mobil murah biaya operasionalnya jd kgk murah lagi...maka pajak 0% jadi mubasir coy!!

kira2 gt pendapat ane gan..tanggepin yah..