alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527d6eac40cb17a71100000e/bupati-bantaeng--selalu-blusukan-bertahun---tahun-tetapi-tidak-pernah-diliput-media
Bupati bantaeng , selalu blusukan bertahun - tahun tetapi tidak pernah diliput media
Pemimpin pilihan rakyat yang merakyat itulah Prof DR HM Nurdin Abdullah, M.Agr. Alumni Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) yang meraih gelar master dan doktor di Kyushu University Tokyo, Jepang ini didampingi Wakil Bupati H Muhammad Yasin, menurut rencana akan dilantik oleh Gubernur Sulsel H.Syahrul Yasin Limpo atas nama Mendagri pada 15 Agustus 2013 untuk kali kedua sebagai Bupati Bantaeng, Sulawesi Selatan, periode 2013 - 2018.

Seperti periode pertamanya 2008 - 2013, Nurdin Abdullah, guru besar akademik yang menjabat bupati tersebut mendapat dukungan penuh dari berbagai elemen masyarakat di kabupaten Bantaeng. Bahkan untuk periode kedua, rakyat dan partai yang melamarnya untuk maju kembali mencalonkan diri sebagai bupati Bantaeng.

Bupati bantaeng , selalu blusukan bertahun - tahun tetapi tidak pernah diliput media
Bupati HM. Nurdin Abdullah meninjau lokasi pembibitan ikan/Ft: Mahaji Noesa

Dukungan suara yang diperoleh ke periode kedua lebih dari 70 persen, suatu rekor dukungan tertinggi yang diberikan rakyat pemilih selama ada Pilkada langsung bupati/walikota di Sulawesi Selatan.

Tidak banyak yang tahu, bahwa sejak dilantik sebagai bupati Bantaeng periode pertama, 6 Agustus 2008, Nurdin Abdullah yang kelahiran Parepare, 7 Pebruari 1963 tersebut sudah menerapkan model blusukan keluar masuk kampung dan pemukiman berdialog lepas dengan warga di wilayah pegunungan, dataran rendah maupun nelayan yang bermukim sepanjang pesisir pantai Bantaeng yang berbatasan dengan Laut Flores tersebut.

Selain sering menyetir mobil sendiri, suami dari Ir Hj Liestiaty Fachruddin, M.Fish hampir setiap pagi hari menyempatkan waktu bersepeda atau berjalan kaki berkeliling kota Bantaeng yang sudah dua kali menerima anugerah Piala Adipura sembari berdialog dengan rakyat di berbagai tempat, mendengar lansung harapan dan aspirasi mereka.

Bupati bantaeng , selalu blusukan bertahun - tahun tetapi tidak pernah diliput media
Meninjau Pantai Marina di kota Bantaeng/Ft: Mahaji Noesa

Bupati Nurdin Abdullah sering berbincang dengan pedagang Kaki-5, berdialog dengan nelayan, petani, pengayuh becak hingga duduk lesehan bersama warga menikmati kuliner di pesisir pantai kota, sehingga bukan cerita luar biasa bagi warga Bantaeng. Rakyat merasakan betapa sosok Nurdin Abdullah adalah pemimpin merakyat yang tak punya sekat birokrasi untuk ditemui langsung berdialog dengan warga kapan dan dimana saja.

Bupati bantaeng , selalu blusukan bertahun - tahun tetapi tidak pernah diliput media

Salah satu maket pembangunan smelter di kabupaten Bantaeng/Ft: Mahaji Noesa
Rumah jabatan bupati yang disediakan dengan segala fasilitasnya di tengah kota Bantaeng, ibukota Kabupaten Bantaeng selama ini dijadikan sebagai tempat menjamu serta menginap bagi tamu-tamu daerah. Nurdin Abdullah bersama keluarga justru tinggal di rumah pribadinya di Bonto Atu, dimana setiap subuh hari sudah terbuka dan selalu ramai didatangi warga untuk berjumpa langsung bupati menyampaikan berbagai masalah kemasyarakan yang dihadapi hingga mendialogkan masalah-masalah pribadi kehidupan rumah tangga mereka. Masyarakat Bantaeng umumnya mengetahui keterbukaan dan pelayanan bupati Nurdin Abdullah seperti itu.

1376368321456587525
Salah satu maket pembangunan smelter di kabupaten Bantaeng/Ft: Mahaji Noesa
”Sebagai aparat pelayan masyarakat sebisanya sepanjang waktu tersedia kami senantiasa berupaya dapat melayani terutama berkaitan dengan mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi, atau upaya-upaya untuk meningkatkan usaha dan tingkat kesejahteraan mereka,” tutur Nurdin Abdullah.

Selama 5 tahun kepemimpinan bupati Nurdin Abdullah dia mencanangkan program The New Bantaeng dengan menetapkan pendekatan tiga kluster penanganan dan pengembangan sesuai karakteristik dan potensi daerah yang tiga dimensi — pegunungan, dataran dan pantai untuk peningkatan kesejahteraan rakyat Bantaeng. Pengembangan potensi dilakukan diiringi upaya besar-besaran membangun infrastruktur jalanan. Dari titik 0 di dataran rendah jaringan jalan kini sudah mencapai wilayah-wilayah pegunungan diketinggian 1.300 dpl dengan kondisi beraspal hotmix. Sejumlah fasilitas berkaitan dengan pengembangan infrastruktur industri, pariwisata, pelayanan kesehatan, dan pendidikan serta pelayanan dasar lainnya sudah dihadirkan di Bantaeng. Hasilnya, angka kemiskinan yang melebihi 12 persen (1998) kini sudah berahsil ditekan kurang dari 7 persen. Angka pengangguran dari lebih 12 persen menjadi sekarang sisa sekitar 3 persen. Laju pertumbuhan ekonomi dari hanya 5 koma persen kini menjadi 8,9 persen di daerah yang berpenduduk sekitar 170 ribu jiwa tersebut.

Memasuki pengabdian periode kedua sebagai Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah, mantan Presiden Direktur PT Maruki Internasional Indonesia menyatakan, tidak ada yang namanya program 100 hari sebagai target yang harus segera diraih.

”Kami akan tetap melaksanakan visi-misi dalam periode pertama yaitu melanjutkan pelaksanaan program The New Bantaeng yang didisain untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat selama 20 tahun ke depan,” katanya.

Dalam suatu dialog lepas dengan bupati Bantaeng yang juga adalah Ketua Persatuan Alumni Mahasiswa Jepang (Persada) Sulawesi Selatan, berulangkali ia menyatakan prinsip untuk tetap menggunakan APBD diarahkan terutama untuk meningkatkan pendapatan serta tingkat kesejahteraan masyarakat. Untuk membangun infrastruktur di daerah akan senantiasa diupayakan melalui dana-dana bantuan atau investasi. Alasan Nurdin, dana APBD yang kecil akan habis terkuras jika juga dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur yang beranggaran besar.

13763685691887821173
Meninjau Pantai Marina di kota Bantaeng/Ft: Mahaji Noesa
Nurdin berulangkali mengatakan, bupati atau walikota tak berperestasi tak akan didengar oleh rakyatnya. ‘’Makanya, pemimpin rakyat itu sekarang dituntut untuk bekerja yang dapat dirasakan rakyat, bukan lagi masanya menonjolkan performance atau cassing yang indah, karena rakyat sekarang sudah cerdas hanya akan mendukung langkah kerja yang memberi hasil nyata,’’ katanya.

Memasuki periode kedua, tampaknya ada tekad Nurdin Abdullah mengembangkan industri-industri layanan dasar di kabupaten Bantaeng. Kini sudah ada 6 investor merencanakan membangun smelter atau pabrik pengolahan bijih nikel dan bijih besi di Bantaeng. Investasinya sekitar Rp 20 Triliun. Melalui MoU yang sudah ditandatangani dengan Badan Keuangan Amerika-Eropa akan ada guyuran dana investasi sekitar Rp 1 triliun untuk membangun dan mengembangkan Pelabuhan Laut di Kota Bantaeng. Ada rencana investasi Rp 29 Triliun untuk membangun kilang pengolahan minyak, bensin dan avtur di Bantaeng. Guna menopang pembangunan industri tersebut sudah siap dibangun pembangkit listrik berkekuatan 600 Mega Watt.

”Dari pengembangan industri-industri tersebut daerah bisa mengembangkan pungutan retribusi bagi peningkatan pendapatan daerah,” jelas Nudin Abdullah.

Dari berbagai kesempatan dialog, ada obsesi Bupati Nurdin Abdullah untuk menjadikan Kota Bantaeng sebagai kota Water Front City yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru, industri dan tujuan wisata di wilayah selatan Sulawesi Selatan.

”Saya ingin masyarakat Bantaeng hidup aman dan sejahtera, saya ingin rakyat Bantaeng bangga sebagai orang Bantaeng karena daerahnya yang aman, maju dan sejahtera,” kata Nurdin Abdullah. Selamat dan Sukses atas Pelantikan HM Nurdin Abdullah dan Muhammad Yasin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng periode 2013 - 2018.
Sumber
Wahhh ga tau deh nih org. Br denger jg.
Kasih daftar prestasi nya dong.
Kalo bagus ya nanti di Bantu buat naekkin reputasi nya gan
bantaeng tuh dimana yah
dbaca dari awal ampe akhir isinya semanis madu

luar biasa sekali kompasiana

jdi inget kampanye sby 2004, manissssss banget
bantaeng itu di sulsel. skrg jd tmpt KKN Kebangsaan 2013.
Quote:Original Posted By freesky2347
dbaca dari awal ampe akhir isinya semanis madu


luar biasa sekali kompasiana

jdi inget kampanye sby 2004, manissssss banget



jokowi juga kok om, sama aja caranya emoticon-Big Grin
Diliput gk diliput media, pemimpin ya harusnya gitu. Tau kondisi real masyarakatnya dengan terjun langsung ke tengah masyarakat
Pemimpin-pemimpin seperti ini yang dibutuhkan Indonesia, semoga terus bertambah pemimpin-pemimpin seperti ini
minggu lalu gw jalan2 kesana, klo dari makassar sekitar 3 jm perjalanan

daerah nya bersih, rapi. gw hampir tidak menemukan sampah tercecer sembarangan. sepertinya kesadaran penduduk soal kebersihan tinggi. kata penduduk sana, mulai seperti itu sejak bupati dijabat pak Nurdin

orang2nya ramah, pemandangannya indah(kiri gunung, kanan laut). sepertinya nyaman tinggal di kabupaten ini.

salah satu yg paling keren, buat gw, saat masuk kabupaten ini, di pinggir jalan ada pesan dr pemda "Riba itu Haram". religius jg emoticon-thumbsup:
beneran nih? diatas ane ada yang posting katanya Bantaeng jadi wilayah subur KKN? bener gak tuh?

siapa yg tinggal ato deket sono kasih review dong, kalo emang bagus kita blow up rame-rame. kalo hanya janji manis kita bully juga,,...
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By freesky2347
dbaca dari awal ampe akhir isinya semanis madu

luar biasa sekali kompasiana

jdi inget kampanye sby 2004, manissssss banget


beda gan, ini bukan kampanye. orangnya uda dilantik soalnya emoticon-Big Grin
Sosok beliau sdh digadang2 kok oleh masyarakat sulsel untuk gubernur periode berikutnya menggantikan komandan syahrul yg sdh 2 periode berturut menjabat,,,amin.
Emang dari partai mana gan? Hanya blusukan kader PDIP gan yang berkualitas. terbukti dengan hadirnya jokowi
Hampir setiap kerabat yang pulang dari kabupaten Bantaeng pasti takjub dengan perubahan yg terjadi. Jalannya yg sangat mulus, kota yg bersih dan penghijauan dimana2.
ini nih baru pemimin yg visioner. talk less do more....No pencitraan. ikhlas bekerja buat rakyatnya. langka gan yg kyk giniemoticon-Blue Guy Cendol (L)ini nih baru pemimin yg visioner. talk less do more....No pencitraan. ikhlas bekerja buat rakyatnya. langka gan yg kyk giniemoticon-Blue Guy Cendol (L)ini nih baru pemimin yg visioner. talk less do more....No pencitraan. ikhlas bekerja buat rakyatnya. langka gan yg kyk giniemoticon-Blue Guy Cendol (L)ini nih baru pemimin yg visioner. talk less do more....No pencitraan. ikhlas bekerja buat rakyatnya. langka gan yg kyk gini
yang penting bermanfaat untuk rakyat banyak, bukan untuk keluarga besarnya sendiri, itu sudah cukup walau ga populer di media emoticon-Kiss
Ya bagus dong kalau melayani masyarakat
Quote:Original Posted By mansyursampe
Sosok beliau sdh digadang2 kok oleh masyarakat sulsel untuk gubernur periode berikutnya menggantikan komandan syahrul yg sdh 2 periode berturut menjabat,,,amin.


mudah2an sih bisa menang kalo emang orangnya amanah. tapi berkaca dari pilkada kemaren, rudiyanto asapa yg katanya berhasil di sinjai jg akhirnya kalah emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By freesky2347
dbaca dari awal ampe akhir isinya semanis madu

luar biasa sekali kompasiana

jdi inget kampanye sby 2004, manissssss banget

So suwit..........
kalah sama jokowi gan.. liputannya.. haha