alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527d4dce3dcb17de72000000/periode-upah-buruh-sudah-lewat
Periode Upah Buruh Sudah Lewat
Periode Upah Buruh Sudah Lewat

Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di hadapan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia soal upah buruh, Senin lalu, sangat terang dan jelas. "Saya katakan masa upah buruh murah sudah selesai, " kata Yudhoyono.

Presiden juga mengingatkan jajarannya dan para pengusaha agar tak lagi menjual upah murah sebagai salah satu keunggulan komparatif yang dimiliki Indonesia untuk menarik investasi dari luar negeri. "Sudah tidak masanya lagi menjadikan upah murah sebagai daya tarik investasi."

Pernyataan Presiden patut diapresiasi, meski tindaklanjutnya harus dibuktikan ke depan.

Di banyak negara, termasuk negara tetangga Malaysia, dimana kalangan pengusahanya telah memiliki kesadaran yang tinggi bahwa hak-hak dasar pekerja merupakan bagian tak terpisahkan dari hak asasi manusia, bahwa setiap orang, siapa saja, berhak mendapat kehidupan yang layak, upah murah memang sudah lama ditinggalkan.

Di sana butuh bukan sekedar alat produksi yang jika habis usia produktifnya dicampakkan begitu saja dengan pesangon seadanya. Sebaliknya, buruh diposisikan sebagai aset penting dan bagian integral sebuah perusahaan. Yang jika tanpa kehadiran mereka, roda perusahaan akan berjalan pincang.

Mereka diberi pendidikan dan pelatihan secara berkala, agar kompetensi mereka terus meningkat. Buruh juga diberikan kebebasan mendirikan serikat. Dalam setiap merumuskan kebijakan, aturan-aturan, dan visi perusahaan, perwakilan buruh selalu disertakan. Suara mereka didengarkan dan diakomodir. Lebih dari itu, mereka diganjar upah yang layak. Sehingga saat bekerja menjalankan tanggungjawabnya terhadap perusahaan, buruh bisa fokus. Mereka tak lagi berpikir besok keluarga bisa makan atau tidak. Muaranya, produktivitas perusahaan meningkat.

Di sisi lain, di negara-negara yang masih mempertahankan upah murah, benih-benih pergolakan terus tumbuh membersar. Di Vietnam, misalnya, negara yang sering dipuji-puji pengusaha Indonesia karena berhasil menerapkan politik upah murah hingga hari ini, suara-suara ketidakpuasan kian nyaring terdengar.

"Kenapa pekerja di industri sepatu, garmen, dan konstruksi menjadi kurus setelah tiga atau empat tahun bekerja? Karena mereka bekerja terlalu keras tanpa memperoleh asupan gizi yang layak karena upah minimum tidak memadai untuk pemenuhan nutrisi paling minimal," kata Dang Quang Dieu, perwakilan serikat pekerja Vietnam dikutip www.thanhniennews.com

Karena itu, jika Vietnam dijadikan cermin oleh pengusaha Indonesia untuk menerapkan standar pengupahan, jelas kita sudah berkiblat ke arah yang sesat. Sebab, periode menerapkan upah murah sudah lama lewat. ***

Sumber

Kalau teori sih bapak presiden kita emang jagonya, tapi gimana realisasinya? emoticon-Matabelo
Sorry ralat judulnya, maksudnya "Periode Ubah Murah Buruh Sudah Lewat" emoticon-I Love Indonesia
Sok bilang sudah lewat emoticon-Ngakak


Indo itu kalo ga upah murah lantas apa yg bakal bikin menarik buat di invest???

emoticon-Ngakak
Takut jg yg mau invest
liat aja, apa benar SBY bisa memutar balikkan kondisi upah di indo ?? emoticon-Najis
tapi demo buruhnya masih.wkkkk
Itu adalah keunggulan yg emang dijual oleh Pemerintah lewat Bappenas & BKPM. emoticon-Cool
Pencitraan aja tuh org.. Biar diblg pro-rakyat/buruh... emoticon-Cape deeehh

pak beye kalo ngomong itu bagaikan angin topan disiang bolong emoticon-Takut

kadang ada kamsud tersembunyi




Quote:posted by sitoy.51704 emoticon-Paw
emang udah seharusnya seperti itu, n moga gak cuman retorika belaka,kalo masalah investasi yg di keluhkan pengusaha asing bukan kenaikan UMR atau buruh nya, tetapi birokrasi yg ruwet, yg secara nyata bisa di perbaiki SBY, contoh adalah ke engganan investor turki berinvest secara langsung, dan lebih memilih berpatner dengan pengusaha local dikarenakan birokrasi yg lambat dan ruwet
beye ngomong sambil coli sih. atau keseringan onani otak emoticon-Najis
periode megalitikum sudah lewat belum
megalitikum itu apa ?
dah ada buruh saat jaman megalitikum ?
Quote:Original Posted By batamarusan
megalitikum itu apa ?
dah ada buruh saat jaman megalitikum ?


jaman megalitikum sudah ada spesies manusia yg homo jokoensis broooww..
Wacana sih boleh aja ...........tapi kenyataannya ???

Di Indonesia terdapat sekitar 120 juta penduduk yang berada di usia produktif, usia yang bekerja baik sebagai pekerja bebas atau bekerja pada pihak lain.
Tiap tahun ada sekitar 3 jutaan penduduk masuk ke dalam dunia kerja.

Nah kalo ga ada lowongan kerja, pada ke mana akan jadinya ????

Jelas di Indonesia hukum Supply Vs Demand jomplang ke Supply !!
Tenaga kerja yang ada itu berlimpah, bahkan banyak sekali pengangguran, baik pengangguran terbuka apalagi pengangguran terselubung.

Makin pemerintah mempersulit pembukaan lapangan kerja dan semakin buruh ngotot upah mahal, perusahaan akan enggan membuka usaha di Indonesia. Ujung@ angka pengangguran naik, kesejahteraan turun dan kriminalitas naik.

Nah sekarang sepertinya kita menuju ke arah ini nih ..............Tinggal tunggu waktunya aja kapan meledak ..................