alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527d44dabecb177927000000/komisi-i-usulkan-satelit-komunikasi-pertahanan
Thumbs up 
Komisi I Usulkan Satelit Komunikasi Pertahanan
Quote:Demi pertahanan dan keamanan, negara harus miliki satelit


Jumat, 8 November 2013 18:51 WIB | 1645 Views

Pewarta: Zul Sikumbang

Quote:Komisi I Usulkan Satelit Komunikasi Pertahanan
Agus Gumiwang Kartasasmita (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)


Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan, dalam rangka pertahanan dan keamanan negara, negara membutuhkan satelit yang tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya penyadapan seperti yang telah dilakukan oleh Amerika Serikat dan Australia.

"Jalan keluar yang paling baik, realistis, kita harus mempunyai peralatan yakni satelit. Negara harus punya satelit khusus yang didedikasikan untuk kepentingan pertahanan dan keamanan," kata Agus di Jakarta. Komisi I DPR RI sendiri sudah membahas rencana pembelian satelit khusus tersebut.

"Kita sudah bahas di Komisi I DPR RI. Mitra kerja Komisi I DPR RI sudah diajak bicara dan sepakat. Tinggal dirumuskan dan mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terealisir," kata Agus.

Dia mengatakan, satelit yang khusus dimiliki dan dibeli Indonesia, hanya digunakan untuk fungsi-fungsi pertahanan dan keamanan. "Disitu ada kegiatan mengcover kegiatan inteligen, melakukan counter kalau diintersep, ada kepentingan militer, cyber war," kata politisi Golkar itu.

Dikatakan, pembelian satelit tersebut adalah untuk mengimbangi perkembangan teknologi penyadapan yang dipergunakan oleh AS dan Australia meskipun peralatan anti sadap yang dimiliki oleh Badan Inteligen Negara (BIN) dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) mungkin memadai.

"Tapi adalah alat-alat yang memprotek komunikasi, data dan info dari kantor presiden dan wakil presiden. Saya kira, cukup memadai atau tidak, saya tidak tahu karena kita tak boleh menutup kemungkinan bahwa teknologi yang dipergunakan oleh AS dan Australia itu, teknologi penyadapan, teknologi inteligen, berkembangnya cepat sekali. Apakah kita mempunyai ritme yang sama dengan perkembangan teknologi itu, saya kira harus betul-betul kita pelajari," kata dia.

Selain itu, sekarang ini bukan hanya presiden dan wakil presiden yang disadap, tapi juga ada politisi, menteri dan ketua-ketua umum partai, termasuk pimpinan DPR. "Menurut pandangan saya, mereka cukup "telanjang" dan mudah disadap. Apakah mereka punya pengamanan yang cukup sehingga tidak disadap," ujarnya.(*)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2013

Antara News


Ayo, Komisi I malah sudah berinisiatif untuk melakukan pengadaan satelit komunikasi khusus untuk negara dan melakukan pembicaraan dengan user emoticon-Big Grin Seperti kata mbah Suro dulu, ternyata sudah goal proyek ini emoticon-Big Grin

Well, tunggu sesepuh yang lain muncul dan memberikan pendapatnya emoticon-linux2

BTW, makan mie goreng malem malem(apa pagi yach emoticon-Malu ) enak juga emoticon-linux2
Beli...hmmmmmm
Quote:Original Posted By Stealthflanker
Beli...hmmmmmm


Jadi inget kasus AL India yang perlengkapan komputernya buatan China ya om Plenk emoticon-Malu Apalagi ini kalau beli jadi plek emoticon-Malu
Quote:Original Posted By madokaichi


Jadi inget kasus AL India yang perlengkapan komputernya buatan China ya om Plenk emoticon-Malu Apalagi ini kalau beli jadi plek emoticon-Malu


gimana ceritanya tuh ? share dong gan.. rudal India bukannya pernah belok juga waktu gunain GPS satellite ?
Bushet jam 3 pagiii. Pada bakar menyan apa yaa
Para sesepuh, kira kira beli satlit dari mana ya?jerman?russia(apa mungkin(?), perancis(secara butuh duit), atau malah israel?
Quote:Original Posted By Stealthflanker
Beli...hmmmmmm


Kickback...hmmmmmm
Berapa duit? Ai curiga politisi itu belum ngeh harganya emoticon-Malu (S)
kira kira pake buatan luar negeri atau buatan lapan ya? emoticon-Bingung
kalo beli entar dikasih alat sadap lagi sama negara pembuatnya emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By faozil
kalo beli entar dikasih alat sadap lagi sama negara pembuatnya emoticon-Sorry


Paling pas beli sama russia..
Russia gak terlalu punya banyak kepentingan dgn kita. Semuanya pure bisnis
Beli ke luar negeri apa beli produk dalam negeri?
Kalau beli ke luar negeri apa ada jaminan gak dipasangin penyadap juga?
pelajari dulu lah... satelit itu apa.jenis yg mo dibeli .cara kerjanya gimana .parameternya.oprasionalnya. butuh berapa. harganya dll. baru tetapkan agenda sidangnya...
jng sampe nanti lapan yg di kejar2 tot...
komunikasi kalo mau aman walaupun gak 100 % ya kita kembangin sendiri,, kalo masih buatan luar sih masih agak meragukan,,,,emoticon-Embarrassment
Bah, pencitraan dari politisi yang entah tidak mengerti, tidak mau mengerti, atau tidak peduli.

Tiap kali ada kasus kecurigaan penyadapan sinyal Indonesia, jika ditelusuri baik-baik maka ternyata sinyal disadap sebelum sampai ke satelit. Kalau begitu biar satelitnya mau pakai punya siapa atau mau diganti kayak apa ya percuma, wong disadapnya bukan pas di satelitnya, tapi sebelumnya.

Mau aman, tuh ajarin semua jajaran personel tata cara komunikasi yang aman, lalu kasih alat enkripsi yang bagus, baik hardware dan software. Kalau perlu bikin sistem enkripsi nasional. Bobolnya di darat kok yang di luar angkasa yang mau diganti. Percuma. Bobol di darat ya yang di darat yang diurus.
Quote:Original Posted By pecotot


Paling pas beli sama russia..
Russia gak terlalu punya banyak kepentingan dgn kita. Semuanya pure bisnis


ntar gagal orbit lagi.. yang kemaren satelit kita apa kabarnya ya...emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By pecotot


Paling pas beli sama russia..
Russia gak terlalu punya banyak kepentingan dgn kita. Semuanya pure bisnis


kalo pure bisnis jelas bintang david tapi mereka jual satelit ga ya???
Tuh ada slot untuk penempatan satelit untuk indosat su di cabut ma pemerintah karena indosat dianggap tidak serius mengelolanya dan sudah di berikan kepada BRI dan menurut petinggi BRI akan membeli satelit yg akan digunakan untuk komunikasi dan bisnis perbankan dan sisanya akan dipakai dephan untuk kebutuhan pertahanan, ane pernah baca dan sory tidak bisa kasih linknya, klw mau cari search aja "BRI beli satelit"
Quote:Original Posted By elluca


ntar gagal orbit lagi.. yang kemaren satelit kita apa kabarnya ya...emoticon-Berduka (S)


asuransi

satelit lapan yg kmrn tuh gmn...
yg mo di luncurin dr india apa cina ya, duh lupa....
im not so sure emoticon-Big Grin