alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527c9344a2cb17fa1a000008/jakarta-macet-apakabar-17-langkah-pemerintah
Jakarta Macet, Apakabar 17 Langkah Pemerintah?
Jakarta--Pada 2 September 2010 Pemerintah pusat mengambil alih penanganan kemacetan lalu lintas di Jakarta. Pemerintah mengeluarkan instruksi Wakil Presiden Boediono yang berisi 17 langkah untuk menangani kemacetan di Jakarta.

Wapres Boediono menunjuk Ketua Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kuntoro Mangkusubroto sebagai koordinator dan mengawasi pelaksanaan 17 langkah itu.

Alasan instruksi Wapres menurut data dari Unit Kerja Presiden karena kerugian akibat kemacetan di Jakarta mencapai Rp 12,8 triliun per tahun. Jumlah itu dari penambahan biaya operasional kendaraan, biaya kesehatan akibat polusi dan depresi, serta penurunan produktivitas. Bagaimana pelaksanaan 17 langkah mengatasi kemacetan itu dan apa masalanya?

==> 1. Pemberlakuan electronic road pricing (ERP).
REALISASI :
Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, persiapan ERP selesai Maret 2014.

MASALAH :
- Kementerian Keuangan sampai tahun 2011 belum menyelesaikan RUU. Bahkan pihak Kementerian menyangsingkan keberhasilan ERP Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi Sutanto Soehodho, menyatakan pengurusan RUU belum dilakukan karena tingkat keberhasilannya diragukan. "Hongkong gagal memberlakukan ERP. London juga mengalami kesulitan yang sama pada awalnya yaitu ada pro dan kontra. Singapura berhasil karena negaranya kecil,” ujar Sutanto (11/1/2011)

- Belum ada peraturan turunan dari Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas yang menjelaskan jalan berbayar

- Peraturan Pemerintah Nomor 97 Tahun 2012 tentang Pungutan Retribusi Kendaraan Bermotor belum mencantumkan sepeda motor sebagai kendaraan
dikenai bayaran.

==> 2. Sterilisasi busway.

REALISASI :
- Untuk mengurangi kendaraan penerobos jalur busway, seperator ditinggikan sekitar 50 cm dari sebelumnya hanya 20 cm. Peniggian separator dianggarkan sekitar Rp 80-85 miliar (RAPBD 2012). Peninggian dimulai bulan Juli 2012 koridor III (Kalideres-Pasar Baru), Koridor V (Kampung Melayu-Ancol), dan Koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas).

- Proses penilangan hanya berlangsung periodik saja. Baru akan diterapkan denda untuk mobil satu juta rupiah dan motor 500 ribu.

MASALAH :
- Peninggian separator belum diterapkan disemua koridor. Sebagai contoh koridor POndok Indah belum diterapkan.
- Masih dibahas peraturan penunjang untuk teknis penilangan karena belum ada peraturannya

==> 3. Kebijakan perparkiran
Kebijakan perparkiran dan penegakan hukum terhadap kendaraan yang parkir di bahu jalan yang dilalui jalur Transjakarta.

REALISASI :
- Pada 8 Oktober 2012 Pemrov mengumumkan kenaikan tarif parkir di luar badan jalan (off street). Terakhir naik pada tahun 2004. Tarif diterapkan di 130.000 tempat off street yang dituangkan dalam Pergub No 120/2012.

- Untuk kendaraan yang parkir diluar zona parkir Pemrov melakukan tindakan pencabutan pentil

MASALAH :
- Pemrov baru mengusulkan ke DPRD untuk tarif parkir yang tinggi untuk kendaraan yang parkir di badan jalan. Pemrov mengusulkan Rp 8000/jam

==> 4. Memperbaiki fasilitas jalan. Pemerintah DKI sudah menerapkan multiyears contract untuk perbaikan jalan.

==> 5. Jalur Transjakarta ditambah dua jalur serta akan beroperasi akhir tahun ini dan tahun depan akan tambah dua jalur lagi.

REALISASI :
Koridor 9 mulai sejak Desember 2010, Koridor 10 sejak Desember 2010, Koridor 11 sejak Desember 2011, Koridor 12 sejak Februari 2013,

==> 6. Menetapkan harga gas khusus untuk transportasi.
REALISASI :

Hasil dari pertemuan Jokowi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESD0M) Jero Wacik menghasilkan cara mengatasi masalah yang sering dialami kendaraan umum berbahan bakar gas di Jakarta. Jero Wacik menjanjikan akan menyediakan stasiun pengisian gas bergerak dan pemberian fasilitas stasiun mobile di pool busway dan taksi. Untuk Taksi baru juga akan berbahan bakar gas. Kedepannya akan dibangun tiga SPBG didanai APBD dan 17 didanai APBN.

==> 7. Restrukturisasi angkutan
Restrukturisasi angkutan yang tidak efisien, termasuk angkutan kecil selain bus.

REALISASI :
Gubernur Jokowi merencanakan baru pada Desember 2013 sampai 2014 akan ada pengadaan 4000 bus. Jumlah itu terdiri 3.000 bus sedang dan 1.000 bus Transjakarta.

==> 8. Mengoptimalkan kereta api Jabodetabek dengan membangun rel routing dan peningkatan pelayanan, serta menambah gerbong untuk jalur-jalur yang padat.

REALISASI : Sudah berjalan dengan sistem perubahan rute kereta api di Jakarta-Bogor-Bekasi

==> 9. Polisi ditekankan untuk tertibkan angkutan di titik tunggu penumpang.

REALISASI : Belum ada

==> 10. Percepatan pembangunan MRT
Mempercepat pembangunan mass rapid transit (MRT) yang ditargetkan 2011 mulai konstruksi.

REALISASI :
Baru pada 10 Oktober 2013, Gubernur Jokowi meresmikan MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI.

==> 11. Pembentukan otoritas transportasi Jabodetabek
REALISASI : Belum ada

==> 12. Merevisi rencana induk transportasi terpadu.
RERALISASI : Belum ada

==> 13. Proyek double-double track kereta
Proyek double-double track jalur kereta api, terutama ke arah Cikarang.
REALISASI : Proyek masih dalam pengerjaan yang ditargetkan pada November 2015 bisa beroperasi

==> 14. Mempercepat proyek lingkar dalam kereta api yang akan diintegrasikan dengan sistem angkutan massal di Jakarta. Jadi ada kerja sama antara PT Kereta Api, Direktorat Jenderal Kereta Api, dan Gubernur DKI Jakarta.

REALISASI :
Proyek ini sempat diatur dalam Perpres No.83 tahun 2011 namun terkendala karena salinglempar tanggungjawan antara Pemrov dan pemerintah pusat. Namun pada Mei 2013 diawali surat Gubernur Jokowi kepada Bappenas dan Kementerian Perhubungan akhirnya disepakati proyek dimulai 2014 dengan target selesai 2018. Pemerintah pusat menyiapkan dana awal sekitar Rp 700 miliar.

Nantinya Lintas Barat sejauh 14.3 km dengan rute Manggarai-Tanah Abang-Kampung Bandan. Dan Lintas Timur sejauh 11.2 km dengan rute Kampung Bandan-Pondok Jati-Manggarai.

==> 15. Jalan tol tambahan berupa enam ruas jalan tol layang.

REALISASI :
Gubernur Jokowi membuat "gantung" proyek ini dengan alasan banyak pihak belum setuju dan dianggap akan lebih menambah kemacetan.

==> 16. Untuk jangka menengah-panjang, pemerintah pusat akan menyusun kebijakan membatasi penggunaan kendaraan bermotor.

REALISASI :
Gubernur Jokowi menyatakan pembatasan kendaraan bermotor dalam bentuk pembatasan plat ganjil genap baru terlaksana setelah realisasi peremajaan bus kota. Baru pada bulan Desember 2013 didatangkan sekitar 1000 bus trans Jakarta.

==> 17. Lahan parkir dekat stasiun kereta api bisa meningkatkan jumlah pengguna kereta api.

REALISASI :
Pihak PT Kereta Api Indonesia baru bisa merealisasikan pada program sterilisasi stasiun yang dimulai pada bulan Maret 2013. Tujuan sterilisasi untuk mencapai target 1,2 juta penumpang pada 2018. Jumlah stasiun yang ditarget mencapai 49 di Jabotabek.
Dengan pembersihan stasiun dari pedagang kaki lima maka tercipta lahan parkir stasiun.
sumber


kira-kira menurut agan-agan apakah cara ini akan berhasil dijalankan gak yaa?? emoticon-Bingung (S)
yukk mari sharing pendapat disni..emoticon-I Love Indonesia (S)
Pertama, musti ganti dulu presiden nya
PERTAMAX berhasil diamankan dari merdekaboy, arbei.net dan sensor***sensor
dengan kata lain sebagian program jokowi cuma menjalankan program sebelum nya yang ga terlaksana emoticon-Matabelo

Hr ini jumat plus dr jam segini ud ujan. Calon stuck nih
Quote:Original Posted By cocacolabottle
Hr ini jumat plus dr jam segini ud ujan. Calon stuck nih


coba aja liat tol grogol arah semanggi, biasanya lancar, sekarang sepanjang hari macet nggak karuan sejak dari latumenten.

makin gila aja kebijakan yang dibuat ,nggak ngerti ini pemerintah mau ngatur pake cara apa
Quote:Original Posted By stephendave


coba aja liat tol grogol arah semanggi, biasanya lancar, sekarang sepanjang hari macet nggak karuan sejak dari latumenten.

makin gila aja kebijakan yang dibuat ,nggak ngerti ini pemerintah mau ngatur pake cara apa


iya parah banget gan..tadi dari thamrin mau ke simprug..kok malah jadi macet banget ya.. Lebih parah dari biasanya..
pemerintah jakarta lebih nyari duit biar orang pindah naik angkutan tapi...

angkutan umum dulu beresin.

ini yang diperhatiin BUS WAAAAYYYYYYYYYY.... terus.

transjakarta aja lewat tiap 15-30 menit, emoticon-Cape deeehh

kalo mau bikin jalur transjakarta seharusnya pake otak tu pejabat sebelumnya, kebanyakan di jakarta jalanan 3 jalur dibikin transjakarta emoticon-Gila

kalo di bogota bikin busway, tapi jalanannya 5 jalur.

transjakarta yang ada sekarang cuma cocok blok m - kota, sisanya ga karuan.
Quote:Original Posted By stephendave


coba aja liat tol grogol arah semanggi, biasanya lancar, sekarang sepanjang hari macet nggak karuan sejak dari latumenten.

makin gila aja kebijakan yang dibuat ,nggak ngerti ini pemerintah mau ngatur pake cara apa


perasaan ini dari dulu yg dpn 3sakti macet para gara2 antrian mau naek jembatan layang ke tol kb.jrk ma tangerang..

yg dpn TA kan polkis terkenal pemalak, jadi pengemudi antri panjang bikin stuck, biasanya lewat sebelah pintu tol dah agak lancar

dari dulu setelah lampu merah kan masih bisa belok kanan masuk tol...emoticon-Bingung (S)


jakarta macet karena demo buruh
itu sudah
oh, pantesan kemaren si ko ahok bilang, ini urusannya WAPRES bukan Pakde Jokowi... jadi begini toh ceritanya
di 17 langkah disitu ga ada yg tulisannya gimana cara lancarin pas ada demo buruh emoticon-Ngakak
terus terang gw ga stuju jalur busway steril.contoh bbrp jalur busway boleh dilalui mobil malah memperlancar jalanan jd tidak terlalu macet.
yg dilarang masuk macetnya parah banget mengular kemana".
gw bilang bijakan pas macet boleh masuk lah.
atau semua kendaraan umum/plat kuning/taksi/plat merah/plat tni/plat polisi boleh masuk.sisanya ga boleh.lumayan mengurangi kepadatan jalur bkn busway.
bkn soal adil kaga.tapi soal mengurangi beban yg gampang dikontrol.
resikonya emang bakal nongol plat palsu,tapi bisa direkam cctv dan dilaporkan bila palsu.
kan dasarnya tu jalur busway artinya jalur bus/jalur kendaraan umum..
Quote:Original Posted By findy37564
di 17 langkah disitu ga ada yg tulisannya gimana cara lancarin pas ada demo buruh emoticon-Ngakak

tiap buruh turun ke lapangan, pejabat undang buruh makan2 biar jalanan kosongemoticon-Ngakak
joko ga becusemoticon-Najis
bakalan stres tingkat dewa nih, kalo hari demi hari habis di jalan doang emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By stephendave


coba aja liat tol grogol arah semanggi, biasanya lancar, sekarang sepanjang hari macet nggak karuan sejak dari latumenten.

makin gila aja kebijakan yang dibuat ,nggak ngerti ini pemerintah mau ngatur pake cara apa


iya nih gan..gak tau harus mulai darimana, masalahnya uda jadi berbelit. emoticon-Cape d... (S)
haduh...........macet nya poll....
di tambah jalan daan mogot dari arah cengkareng kotor abis........emoticon-Najis
sudah dikasih instruksi sama wapres masih belum bener juga pelaksanaan di jakarta, jokowi harus bisa menerangkan ke masyarakat apa yang udah dilakukan selama setahun 1 bulan menjabat emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By arvatrez

tiap buruh turun ke lapangan, pejabat undang buruh makan2 biar jalanan kosongemoticon-Ngakak


yeeee jangan kalo keenakan gimana
demo = makan gratis
otak buruh kan kek gitu emoticon-Ngakak
coba tanya panastak, kesehariannya mereka udh naik kendaran umum atau msh naek motor butut pribadi emoticon-Ngakak
×