alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527c56f6118b461912000005/kebijakan-sby-sesat-tak-bisa-salahkan-jokowi-soal-kemacetan
Kebijakan SBY Sesat, Tak Bisa Salahkan Jokowi Soal Kemacetan
Quote:Kebijakan SBY Sesat, Tak Bisa Salahkan Jokowi Soal Kemacetan


Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menanggapi pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyindir Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai orang yang bertanggung jawab atas masalah kemacetan di ibu kota. SBY mengatakan ini saat melakukan pertemuan dengan pengurus Kadin beberapa waktu lalu.

Dalam pandangan Djoko, Jokowi tidak bisa disalahkan atas kemacetan Jakarta. Kemacetan ibu kota juga imbas dari kebijakan pemerintah pusat.

"Masalah kemacetan di perkotaan tidak terlepas dari kebijakan pemerintah pusat yang menyesatkan dan menyusahkan yang berpihak pada kendaraan pribadi," ucap Djoko kepada merdeka.com di Jakarta, Rabu (6/11).

Salah satu kebijakan yang membuat Jakarta makin macet adalah mobil murah dan tidak beraninya pemerintah menghapus subsidi BBM. Djoko menyebut, selama ini pemerintah pusat rela menghabiskan BBM subsidi sebanyak 93 persen untuk kendaraan pribadi atau setara dengan Rp 175 triliun per tahun. Sementara itu angkutan umum hanya menikmati BBM subsidi 3 persen saja.

"Sepeda motor malah didapat dengan DP murah, terus bangun tol, flyover, underpass, DAK Jalan, tapi ini tidak dibarengi DAK transportasi umum," katanya.

Tidak hanya itu, kebijakan pemerintah untuk menghidupkan transportasi umum dinilai hanya ala kadar saja. Padahal menghidupkan angkutan umum dinilai sebagai salah satu cara efektif mengurai kemacetan ibu kota.

"Kebijakan transportasi umum yang murah hanya ala kadar dan asal ada. Ini nampak dari besaran anggaran untuk Kemenhub yg setara dengan Ditjen," sambungnya.

Menurut Djoko, seharusnya SBY bersyukur masih ada harapan untuk menghidupkan transportasi umum. Saat ini kurang dari 10 kepala daerah dari 550 Pemda yang masih peduli atasi kemacetan.

"Mestinya kebijakan mereka didukung bukan dikungkung. Kita berharap pemerintah segera punya kebijakan DAK transportasi umum sehingga lenyapkan kebijakan BBM subsidi dialihkan ke transportasi umum," tutupnya.


SUMBER



Seharus Pemerintah Pusat & Pemprov DKI Jakarta Bergandengan Tangan Mengatasi Kemacetan Ibukota ... emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
nyimak gan. emoticon-Cool
pertamax kah ane? emoticon-Matabelo
Kalo saling nyalahin, kapan kelarnya urusannya??? emoticon-Najis
SBY: klo JKT macet tanya Jokowi
Jokowi: klo JKT macet tanggungan bersama pemprov & pemerintah pusat
emoticon-shakehand

apalagi yg didebatin ?
emoticon-Ngakak
Djoko yang mana lagi neh?? emoticon-Ngakak


gubernurnya kan Djoko

kalau Joko, dia cuma seorang Ketua RT emoticon-shakehand
1. gw setuju klo subsidi BBM itu salah,.. tapi klo liat posisi pemerintah... lu apa mao premium ikut harga pasar ?

inget yang paling nyaring nolak kenaikan bbm itu PDIP loh emoticon-Ngakak

2. soal mobil murah, itu juga salah.. mungkin pemerintah pusat mikirnya klo mobil murah itu semua masyarakat indonesia bisa beli ( bukan cuma DKI doank)
dan mobil murah itu harus pake pertamax, jadi gk akan membebani subsidi bbm (walau kenyataannya yah gk tau )

sebenernya pemda bisa mengendalikan volume kendaraan klo jokowi mao gk populis..

misal : 1 . jalan ERP ( itu jalan sekali masuk misal motor 50k, mobil 100k)
2. naekin pajak kendaraan bermotor (STNK pertahun) 20x lipat misal nya .. ama pajak STNK yang 5 th sekali itu naekin jadi 1/2 harga mobil baru..
3. 1 keluarga = 1 mobil max (harus punya lahan parkir) kek china..
Quote:Original Posted By Walikota.Solo
Djoko yang mana lagi neh?? emoticon-Ngakak


gubernurnya kan Djoko

kalau Joko, dia cuma seorang Ketua RT emoticon-shakehand


kayanya Joko Kirmanto gan, gak buat jalan baru

nih TS nya bego,,, telat dapet kabar dari berita kemarin ttg ahok, apa disumpel duit 100rebu buat pulsa ???

tapi gw rasa emang tolol
jakarta uda kebanyakan orang.. itu sudah..
hehehe...
presiden nya galau....

emoticon-Ngakak
pemerintah nya gengsi kerja sama sama pemprov dKi.. mau nya bikin kambing hitam doank tp ga mau di salahin tuh pemerintah.. seharusnya dijalin kerja sama dan saling bahu membahu supaya memperbaiki keadaan yg sekarang ini supaya lebih baik..