alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527c4eb1118b463167000003/5-cara-mengarahkan-pelanggan-kepada-loyalitas
5 Cara Mengarahkan Pelanggan Kepada Loyalitas
Pelanggan jenis mana yang anda sukai? Yang paling rewel ataukah yang paling adem ayem? Jika anda tidak suka dikomplain pelanggan, maka ada pola pikir yang harus anda ubah.

Fajar Sandi Oktiono, ketua IKA Wirausaha Muda Mandiri (WMM) menyampaikan sebuah pendapat bagus bahwa “Pandang sebuah komplain pelanggan bukan sebagai masalah bagi perusahaan, melainkan peluang besar”. Menurutnya, dari sebuah komplain kita akan mengetahui feedback dan pandangan mereka terhadap penerimaan produk kita. Dari sini kita bisa melakukan evaluasi bagian mana yang bagus dan bagian mana yang kurang.

Masalah terbesar anda bukanlah terletak pada pelanggan yang rewel. Melainkan justru pelanggan Anda yang biasa-biasa saja. Mereka adem ayem, tidak menyampaikan complain ketika layanan anda memburuk, tidak berkomunikasi, dan tidak peduli dengan service anda. Akan tetapi mereka tetap memakai layanan jasa Anda. Dan mungkin sewaktu-waktu mereka akan diam-diam pindah.

Jadi bagaimana anda harus menyikapi pelanggan seperti ini untuk menjadi pelanggan loyal anda?

Inisiatif.

Hubungi mereka, dan lakukan komunikasi terlebih dahulu. Dengan begitu, pelanggan biasa akan merasa mendapat perhatian Anda. Lakukan interaksi dengan mengajukan pertanyaan perihal perkembangan bisnis, kendala yang dialami, dan jadilah pendengar yang baik.

Promo.

Selain mendatangkan pelanggan baru, promo juga dapat merekatkan hubungan antara penyedia dan pelanggan biasa. Khusus untuk promo bagi pelanggan biasa seperti ini, arahkan mereka untuk berinisiatif menghubungi Anda.

Review.

Lakukan pengecekan secara langsung kepada pelanggan begitu produk anda mereka pakai. Mungkin mereka punya keluhan, kritik, dan saran yang ingin disampaikan terkait dengan service yang mereka dapatkan.

Solusi.

Setelah mereka puas me-review produk Anda, jangan lupa memberikan solusi dari kendala atau keluhan yang disampaikan (jika ada). Berikan saran seolah-olah Anda berada pada posisi pelanggan pada saat itu.

Adaptif.

Sebelum Anda berinteraksi dengan pelanggan, pastikan Anda mencoba memahami dulu kepribadian dan karakteristik pelanggan. Apakah mereka Dominance, Steadiness, Influencing, atau Compliance. Kemudian sesuaikan komunikasi anda dengan gaya yang cocok dengan sifat dasar mereka. Keterangan detail perihal karakteristik pelanggan diatas akan kita ulas pada artikel selanjutnya.

Lakukan hal positif melebihi upaya terbaik anda biasanya dan semua pelanggan yang cukup sensitif akan menghargai kerja keras Anda. Jika mereka tidak sensitif pun suatu saat mereka akan menyadari upaya anda.


Spoiler for Source: