alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527c3e34a2cb17eb73000002/jakarta-macet-karena-kebijakan-pusat-yang-menyesatkan
Jakarta Macet karena Kebijakan Pusat yang Menyesatkan
Quote:Jakarta Macet karena Kebijakan Pusat yang Menyesatkan


Kemacetan parah di jalur reguler akibat sterilisasi jalur bus transjakarta merupakan hantaman keras bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ataupun pemerintah pusat. Kemacetan ini bukti nyata Ibu Kota tidak memiliki sistem transportasi yang jelas.

Ketiadaan integrasi antarmoda angkutan umum dan antardaerah di wilayah Jabodetabek juga menunjukkan selama ini pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah tidak bekerja semestinya.

Kemacetan parah di Jakarta selama tiga hari terakhir sejak pemberlakuan sterilisasi jalur bus transjakarta disertai ancaman denda besar turut membuka mata. Pencanangan 17 langkah kemacetan pada tahun 2010 dan ditargetkan tercapai pada 2014 belum berjalan. Dari 17 langkah itu, tujuh poin menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI, selebihnya wewenang pemerintah pusat.

Djoko Setijowarno, pengamat transportasi yang juga pengajar pada Program Studi Teknik Sipil Unika Soegijapranata, mengatakan, masalah kemacetan di perkotaan, termasuk di Jabodetabek, tidak terlepas dari kebijakan pemerintah pusat yang menyesatkan dan menyusahkan. Contoh konkret adalah kebijakan pemerintah yang berpihak pada kendaraan pribadi.

”Seperti kebijakan pengadaan mobil yang dikatakan berharga murah, tetapi di sisi lain uang negara dihamburkan untuk subsidi bahan bakar minyak yang sebanyak 93 persen, atau sebesar Rp 175 triliun, tersedot oleh kendaraan pribadi,” katanya.

Berdasarkan penelitiannya, Djoko menyebutkan, selama ini angkutan umum hanya menyerap sekitar 3 persen dari total BBM bersubsidi yang disediakan pemerintah.

Tidak pantas

Untuk itu, bagi Djoko, tidak sepantasnya pemerintah pusat menekan DKI untuk memecahkan kemacetan sendiri. Sterilisasi jalur bus transjakarta hanyalah salah satu dari sekian rincian program yang diturunkan dari kebijakan 17 langkah mengatasi kemacetan yang tiga tahun silam dicanangkan Wakil Presiden Boediono.

Pendapat serupa beberapa kali dilontarkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono. Dari 17 langkah penanganan persoalan transportasi, Dishub DKI Jakarta menanggung beban tugas pada tujuh poin. Beberapa poin penanganan masalah transportasi yang sudah dilakukan Dishub DKI Jakarta di antaranya sterilisasi jalur bus transjakarta, kebijakan ulang perparkiran, dan pembangunan lahan parkir di sekitar stasiun agar pengguna kendaraan pribadi beralih ke angkutan publik.

Dari semua poin itu, satu di antaranya, yaitu restrukturisasi angkutan umum armada kecil agar beralih ke armada besar, belum dapat dilakukan. Sebab, restrukturisasi ini perlu payung hukum dari pemerintah pusat, bukan pemerintah daerah. Belum lagi jika berbicara integrasi angkutan umum antarkota yang tentu tidak bisa diupayakan sendiri oleh DKI Jakarta.

Diterapkan pekan depan

Di tengah situasi lalu lintas seperti saat ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan, kemungkinan sanksi diterapkan mulai pekan depan. ”Kami ingin mendorong pengguna kendaraan pribadi pindah ke angkutan umum. Maka, kami ingin dorong sisi kiri (jalur bus transjakarta) ini kosong,” katanya di Balaikota.

Jika satu kendaraan saja dibiarkan masuk, jalur bus transjakarta akan kembali mampat. Uji coba ini untuk membuktikan sejauh mana kenyamanan didapat pengguna bus transjakarta. Jika angkutan umum tidak nyaman, lanjut Basuki, orang tetap akan memilih macet di dalam mobil pribadi.

Meskipun demikian, Basuki mengakui, armada bus transjakarta dan bus sedang harus ditambah sehingga jalur tidak terlihat sangat kosong. Namun, pengadaan armada baru tidak bisa dilakukan secepat yang diinginkan karena kendala prosedur pengadaan dan lelang.

”Sekarang memang suasana bakal tidak nyaman bagi pengguna jalan. Kami sedang upayakan bus yang nyaman supaya orang mau pindah ke angkutan umum. Masyarakat sudah mampu membayar Rp 6.000. Mereka bisa naik kopaja AC, bayar Rp 6.000, lalu naik bus transjakarta gratis,” kata Basuki.

Untuk itu, kata dia, komponen transportasi dalam angka kebutuhan hidup layak sudah dihitung Rp 12.000 untuk ongkos pergi dan pulang. Setelah jalur bus transjakarta steril, Pemprov DKI berencana meluncurkan bus tingkat gratis di koridor utama. Dengan demikian, para pekerja di jalur itu bisa naik bus gratis.

Selain bus transjakarta, angkutan perbatasan terintegrasi bus transjakarta dan kopaja AC tetap diperbolehkan masuk jalur bus. Langkah itu merupakan bentuk insentif untuk peremajaan armada sehingga bisa memanfaatkan jalur bus dan mengambil penumpang di halte bus transjakarta.

Pristono menambahkan, masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki antara lain kondisi lajur transjakarta yang belum memadai, kurangnya armada bus, dan minimnya stasiun pengisian bahan bakar gas. ”Kekurangan ini pasti akan dipenuhi segera. Desember tahun ini akan datang 310 bus baru gandeng dan tunggal,” katanya.

Terus berkurang

Jalur yang tidak steril dan kekurangan armada serta banyak armada berusia tua disinyalir menurunkan performa layanan bus transjakarta. Akibatnya, seperti terungkap dari data Badan Pusat Statistik DKI Jakarta, jumlah bus transjakarta menyusut demikian pula jumlah penumpangnya. Pada tahun 2012 ada 565 bus transjakarta. Jumlah ini berkurang satu jika dibandingkan dengan tahun 2011.

Jumlah penumpang transjakarta pada 2012 juga turun dibandingkan dengan tahun 2011. Tahun 2011 jumlah penumpang mencapai 114.783.000 orang. Tahun 2012 jumlah penumpang turun menjadi 111.260.431 orang.
Pendapatan pengelola transjakarta tahun 2012 juga masih di bawah tahun 2011. Pada 2011 pendapatan transjakarta mencapai Rp 379,46 miliar. Tahun 2012 turun menjadi Rp 364,39 miliar.

Untuk itu, Kepala Laboratorium Transportasi Universitas Indonesia Ellen Tangkudung mengatakan, manajemen ataupun operasional bus transjakarta memang harus dibenahi. Penegakan hukum atas penyerobotan jalur transjakarta harus didukung, apalagi kebijakan ini sudah dipayungi dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. ”Penyerobotan jalur transjakarta ini termasuk pelanggaran atas rambu lalu lintas,” ucapnya.

Pada Pasal 287 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 disebutkan bahwa pelanggaran atas larangan yang dinyatakan dalam rambu lalu lintas atau markah jalan diancam pidana kurungan dua bulan atau denda sebesar Rp 500.000. Dalam undang-undang ini tidak dibedakan denda untuk sepeda motor ataupun mobil.

Penegakan hukum ini merupakan langkah formal memprioritaskan bus sebagai angkutan umum.


SUMBER



Seharusnya pemerintah pusat bergandengan tangan, bersama-sama memecahkan masalah kemacetan di Jakarta .... dan bukannya hanya menyalahkan pemprov DKI Jakarta ...

Saya jadi prihatin emoticon-Matabelo
menurut ane orang yang nyerobot jalur buss way ini tergiur ama jalan yang kosong..mestinya jarak antara bus way yang di depan dengan yang dibelakang nya jangan terlalu jauh..
ankutan umum perlahan semakin baik
penjualan kendaraan pribadi tidak dibatasi?
kebijakan plat nomer genap ganjil itu masih berlaku kah?

Atas ane: emang kapan ganjil genap diberlakukan? Org wkt itu cm gertak sambel doang

--

Moga moga aje steril nya jln terus, jgn mentah lg gara2 macet.
Cuma nih hrsnya seblm steril, itu armada ditambah dulu. Trus tuh petugas taik coklat suruh bener2 kerja, alias tangkeppin tuh motor2 yg msh berani masuk busway..
Kalo kurang org, pake aja satpol pp bantuin nangkep.

Kemaren ane kena macet, tp rela aja asal busway nya bener2 steril, lah tau nya kemaren masih aja monyet mobil sama motor alay masuk..
Terapin aja COE ( Certificate of Entitlement) yang berlaku 10 tahun.... jadi masyarakat yang mau beli mobil harus mempunyai COE....

Bagaimana cara mendapatkannya seperti di singapore, harus bidding sesuai dengan klasifikasi CC dari suatu kendaraan, semakin rendah CC nya semakin banyak peserta bidding contoh Toyota Avanza berkapasitas 1495 cc, maka harga COE sebesar S$77,304 (dengan kurs 1S$ = Rp. 9000, maka senilai Rp. 695.736.000,-). Sedang harga mobilnya sendiri di Singapura dijual sebesar S$52,684 (dengan kurs yang sama, Rp. 474.156.000,-). Jika ditotal, maka saya harus membayar S$129,988 (atau Rp. 1.169.892.000,-). Harga ini sudah termasuk pajak jalan, IU device (untuk ERP dan parkir), dan biaya plat nomor
kita cuma bisa pasrah, apapun kebijakannya tai kucing bukan makin bener malah makin bikin susah.

3 jam macet di jalan, siapin botol kosong, cemilan, air minum sama jaket, kalo perlu sekalian bawa bantal
Idenya lumayan bagus tuh, kalo armada transjakarta susah ditambah, perbanyak bus gandeng atau double-decker yg sekali angkut mungkin 1.5-2 kali bus transjakarta biasa.

Kemarin ada yg kasih ide kalo pulis yg nangkep koruptor jalur transjakarta dikasih 10_20% dr denda maksimum. Ide bagus buat menangkal para koruptor/penjarah hak pengguna angkutan umum.. emoticon-Big Grin
jalur transjakarta tidak bs steril seperti kereta api, dan sering tersendat di persimpangan. jadi tidak akan bisa dibuat lancar seperti di bogota.

satu - satunya jalan supaya jalur transjakarta betul2 efektif, ya harus benar2 steril entah dibuatkan overpass atau underpass.

Ane ga bela jokowi walau ane slh satu yg respek sm beliau tp emg mslh macet sibeye ga pas mslh macet 100% di timpahkan ke kepala daerah, sedangkan pulsar pnya andil mslh kebijakan yg sifat nya nasional..hanya Saja pemerintah skrg kbnyakan maen politik dibanding kesejahteraan rakyat..khusus nya kebijakan mobil murah yg faktanya emg ga bener
jika presiden, menteri, gubrnur, wereng, dan semua aparat yg terkait bisa tegas menegakan aturan, bukan hal yg ga mgkin mslah trsbt bsa di atasi, paling tdk bs mengurangi.....
tp yg terjadi slama ini gmn? mrka saling bunuh dg snjata politik...
Biarkan saja macet. Tapi bangun mrt & lrt. Sterilkan dan perbanyak jalur mass transportion. Biarin aja jalur mobil paday & makin macet.
Salah jakarta macet karena byk miskiner yg gak memiliki kemampuan mental n finansial berbondong2 ngambil kreditan roda 2
Thus terciptalah mahluk2 miskiner kreditan

Hapuskan pembiayaan secara kredit maka akan mempunahkan mahluk2 purba ini
Walhasil jalanan lancar kembali ..
Kl mau ga macet...
Cekal mbl jpang sm motornya...simple
Dijamin jepang kebakaran jenggot, ntar harga pada turun semua, dijamin
Quote:Original Posted By mahooham2017
Kl mau ga macet...
Cekal mbl jpang sm motornya...simple
Dijamin jepang kebakaran jenggot, ntar harga pada turun semua, dijamin


Cekal motor jepang, ganti mocin ya gan..?

Panastak goblokny g sembuh2
Quote:Original Posted By choorapan


Cekal motor jepang, ganti mocin ya gan..?


Iya aja deh gan...emoticon-Betty
Quote:Original Posted By midas
Terapin aja COE ( Certificate of Entitlement) yang berlaku 10 tahun.... jadi masyarakat yang mau beli mobil harus mempunyai COE....

Bagaimana cara mendapatkannya seperti di singapore, harus bidding sesuai dengan klasifikasi CC dari suatu kendaraan, semakin rendah CC nya semakin banyak peserta bidding contoh Toyota Avanza berkapasitas 1495 cc, maka harga COE sebesar S$77,304 (dengan kurs 1S$ = Rp. 9000, maka senilai Rp. 695.736.000,-). Sedang harga mobilnya sendiri di Singapura dijual sebesar S$52,684 (dengan kurs yang sama, Rp. 474.156.000,-). Jika ditotal, maka saya harus membayar S$129,988 (atau Rp. 1.169.892.000,-). Harga ini sudah termasuk pajak jalan, IU device (untuk ERP dan parkir), dan biaya plat nomor



itu bener hitungan buat dapet mobil di singapur ya??

total modal apanjah disono seharga bmw x5 disini emoticon-Hammer2