alexa-tracking

Pejuang Muda Yang Peduli Lingkungan.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527b9f79f7ca17053a000003/pejuang-muda-yang-peduli-lingkungan
Pejuang Muda Yang Peduli Lingkungan.
Pejuang Muda Yang Peduli Lingkungan.

Apakah sahabat semua mengetahui bahwa dampak negatif sampah plastik tidak sebesar fungsinya. Butuh waktu 1000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah. Bahaya limbah plastik bukan omong kosong belaka, telah banyak penelitian membuktikan dahsyatnya limbah plastik mendatangkan bahaya termasuk potensi negatifnya dalam mendegradasi lingkungan. Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah dan jika dibakar, sampah plastik pun akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakarannya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin, senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia, karena dapat memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf, dan memicu depresi.

Bagi lingkungan sendiri kantong plastik juga mengakibatkan banjir, karena menyumbat saluran-saluran air dan tanggul sehingga mengakibatkan banjir bahkan yang terparah dapat merusak turbin waduk. Diperkirakan, 500 juta hingga satu miliar kantong plastik digunakan di dunia tiap tahunnya, dan jika sampah ini dibentangkan maka, dapat membungkus permukaan bumi setidaknya hingga 10 kali lipat! Kantong plastik juga menjadi salah satu penyebab perubahan iklim utama di mana sejak proses produksi hingga tahap pembuangan, sampah plastik mengemisikan gas rumah kaca ke atmosfer. Kegiatan produksi plastik pun juga membutuhkan sekitar 12 juta barel minyak dan 14 juta pohon setiap tahunnya, suatu proses produksi yang sangat tidak hemat energi. Pada tahap pembuangan di lahan penimbunan sampah (TPA), sampah plastik juga mengeluarkan gas rumah kaca.

Berbagai alasan diatas tadilah yang mendorong Nur Ali Prayoga memulai perlawanan terhadap limbah plastik dengan aksi yang disebutnya “Gerakan Kantong Peduli Lingkungan”. Nur Ali Prayoga sendiri adalah salah satu kandidat yang akan meramaikan bursa Caleg pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 nanti. Nur Ali Prayoga atau yang biasa dipanggil ‘Yoga’, dalam situs KPUD DKI Jakarta terdaftar sebagai Caleg dari partai Gerindra untuk daerah pemilihan Jakarta Selatan 8 (Jagakarsa, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Tebet) dengan nomor urut 12.

Dalam menjalankan “Gerakan Kantong Peduli Lingkungan” NAP12 melakukannya dengan bersepeda keliling pasar atau tempat pedagang sayur dengan membawa tas / kantong yang sudah dibuatnya dari bahan spunbond. NAP12 akan meminta kantong plastik yang digunakan ibu-ibu dan para pedagang sayur tersebut untuk ditukarkan dengan “Kantong Peduli Lingkungan” dari bahan spunbond yang sudah dibawanya tadi, yang dapat digunakan berulang-ulang untuk berbelanja.

Jika kita lihat aksi yang dilakukan NAP12 tersebut bisa dibilang suatu metode kampanye yang sangat unik dan kreatif, karena kita sendiri juga pasti mengetahui bahwa biasanya dalam kampanye para caleg hanya akan menebar janji, membagikan sembako, membuat kotor lingkungan dengan spanduknya, atau membagi-bagikan uang. Sangat jarang sekali ada Caleg yang mengetahui akan dampak dari limbah plastik terhadap lingkungan.

Semoga aksi “Gerakan Kantong Peduli Lingkungan” yang dilakukan oleh NAP12 tadi dapat membuat sadar dan menambah kepedulian kita semua terutama generasi muda akan bahaya dari limbah plastik tersebut.


Quote:


Spoiler for Sumber:
naah ini baruu
ohh caleg ya ??

emoticon-Embarrassment
kantong politik emoticon-Belo

mbagi untuk kelancalan dili plibadi

dasal bajingan
Quote:


Ya, sayangnya seperti itu gan. Tapi diluar itu program doi patut kita akui unik dan berbeda gan. Jangan suka menghujat orang lain dengan kata2 kasar gan, liat diri sendiri dulu, beres atau engga atau malah lebih bajingan dari doi.
Quote:


Di artikel ini sih begitu gan.
Quote:


makacih ya gan , udah di ingatkan

emoticon-Kiss


bajingan
ternyata kampanye emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
dan dari blog kompasiana emoticon-Big Grin
Quote:


Yoi gan..klo dari kompasiana knp emang gan?
Quote:


Sama2 gan. Sebenarnya sih ga perlu diingatkan udh seharusnya sadar dirilah gan.
cintai lingkungan agar kita hdp aman dantentram...emoticon-Matabelo
lingkungan mu adalah rumahmu...emoticon-Matabelo
owh caleg...dana kampanyenya ga gede jadi gini dechemoticon-Ngakak
Owalaaaah.. Kampanye toh.. Cug
Patut ditiru
mending ane gan..
ane siap nampung limbah plastik dlm jumlah besar.
klo agan ada yg punya limbah plastik byk..silakan hubungi ane emoticon-Malu (S)