alexa-tracking

'Di Asia Tenggara, Gaji Jurnalis Indonesia Rendah'

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527b88691e0bc3243900000c/di-asia-tenggara-gaji-jurnalis-indonesia-rendah
'Di Asia Tenggara, Gaji Jurnalis Indonesia Rendah'
'Di Asia Tenggara, Gaji Jurnalis Indonesia Rendah'

Quote:Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Jakarta Umar Idris mengatakan, upah wartawan di Indonesia tergolong paling rendah dibandingkan dengan negara-negara kawasan Asia Tenggara. Pasalnya, pengeluaran perusahaan media untuk biaya gaji wartawan terbilang sangat rendah.

AJI merujuk pada pengeluaran dua perusahaan media yang biaya gaji wartawan hanya sebesar 8 persen dan 12,39 persen dari total pendapatannya. Anggota Divisi Serikat Pekerja AJI Jakarta, Erick Tanjung, mengatakan prosentasi angka pengeluaran ini dikatakan lebih sedikit jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Erick mengatakan, di Malaysia upah perusahaan media untuk menggaji jurnalis sebesar 18,3 persen, sedangkan di Singapura sebesar 29,3 persen. Di Australia, pengeluaran media untuk wartawannya senilai 37,12 persen. "Cukup besar mereka membiayai gaji wartawannya," katanya.

Wartawan media online ini mengatakan, besaran angka tersebut berasal dari informasi data AJI, di antaranya dari situs Bloomberg.

Sebelumnya, AJI Jakarta menetapkan standar upah layak untuk jurnalis pemula di Jakarta pada tahun 2014 sebesar Rp 5,7 juta per bulan. Umar mengatakan, angka upah layak itu dihitung berdasarkan 39 komponen yang menyangkut kebutuhan hidup layak bagi seorang jurnalis pemula di Jakarta.

Umar berharap pada semua perusahaan media menjadikan standar upah layak dari AJI Jakarta ini sebagai acuan dalam menggaji jurnalisnya. Dengan gaji layak, kata dia, wartawan akan bekerja lebih baik dan tidak melanggar kode etik jurnalistik.


sumber: TEMPO

memang sih kata teman2 yang bekerja sebagai jurnalis juga banyak yang mengatakan kalau gaji mereka kecil ga sebanding dengan lelah yang mereka keluarkan emoticon-Frown tapi miris aja kalau gaji mereka terendah di asia tenggara, apa jangan2 demo buruh mereka ikut demo juga?
yaa mau gimana lagi....demo aja kali yuuk emoticon-Stick Out Tongue
He he . .

iya gan apa lagi di daera malah lebih parah .

temen ane jugak yg kerja jadi jurnalis . gajinya sama buruh gedean buruh . hehe

tapi mereka gk demo . .hehe.
Hilangnya rasa menyukuri nikmat...

Besok bakalan ada lagi....

Di Asia Tenggara, Gaji Karyawan Kontraktor Minyak dan Gas di Indonesia terendah.....
klo gaji gk cocok ya pindah kerja aza ato wirausaha emoticon-Malu (S)
gitu aza kok repot emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By KijangKrista2.5
Hilangnya rasa menyukuri nikmat...

Besok bakalan ada lagi....

Di Asia Tenggara, Gaji Karyawan Kontraktor Minyak dan Gas di Indonesia terendah.....


paradox ya? emoticon-Big Grin
emang kalo pake standar bule, gaji kita kurang jon, malah dibilang kagak besukur emoticon-Big Grin
ditindas diem aja, itu namanya kagak mensukuri nikmat jon emoticon-Big Grin
jurnalis infotement apa jurnalis yg suka plantar plintir berita
Quote:Original Posted By noviaputrii
memang sih kata teman2 yang bekerja sebagai jurnalis juga banyak yang mengatakan kalau gaji mereka kecil ga sebanding dengan lelah yang mereka keluarkan emoticon-Frown tapi miris aja kalau gaji mereka terendah di asia tenggara, apa jangan2 demo buruh mereka ikut demo juga?


tapi sampingannya banyak gila Gan... apalagi mau 2014, ngeliput Caleg/pejabat, dapatlah...

bisa berkali-kali lipat itu dari Gajinya...
Apa mau demo untuk naik gaji juga?

Jurnalis = kuli tinta
gajinya rendah, makanya sering bikin berita ngasal

berita dalem negri modal sumber twitter lah, berita luar negri cuman copas ame nerjemqhin dari situs luar negri, mana ngartiinnya pakek salah oagi pas kapan tau
Quote:Original Posted By kotakbulat33
He he . .

iya gan apa lagi di daera malah lebih parah .

temen ane jugak yg kerja jadi jurnalis . gajinya sama buruh gedean buruh . hehe

tapi mereka gk demo . .hehe.


udah passionnya disitu kali gan emoticon-Big Grin
kalo buruh kan terpaksa jadi buruh emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By arbei.net
klo gaji gk cocok ya pindah kerja aza ato wirausaha emoticon-Malu (S)
gitu aza kok repot emoticon-Big Grin


cakep nih solusi dari agan ini emoticon-thumbsup
ya tinggal demo aj koq repot..
ato klo masi merasa kurang, sekalian bikin media sendiri
masak sih?kok yg ane tau rata2 wartawan banyak duit ya? emoticon-Malu (S)
mau ikut demo juga?
Yah di Indonesia semua gajinya rendah,... Tapi penghasilan Koruptornya paling besar di dunia.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By 3434502
Apa mau demo untuk naik gaji juga?

Jurnalis = kuli tinta


Sudah mendapatkan bagian sesuai dengan sebutannya ya Om?
emoticon-Ngakak
habisin dulu wartawan bodrex emoticon-army
ya kalo bener2 murni wartawan yg punya idealisme mah... duit ga masalah emoticon-Big Grin
kan macih bica MERAS instansi
×