alexa-tracking

Buruh RI Protes UMP, ini upah buruh negara lain

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527b73d71e0bc3b054000005/buruh-ri-protes-ump-ini-upah-buruh-negara-lain
Buruh RI Protes UMP, ini upah buruh negara lain
Buruh RI Protes UMP, Ini Upah Buruh Negara Lain
Denmark mampu membayar upah buruh Rp75,75 juta/bulan pada 2010.
Kamis, 7 November 2013, 11:39 WIB
Spoiler for demo buruh:

VIVAnews - Para buruh hingga saat ini masih belum menerima penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) pada masing-masing pemerintah daerah. Contohnya, DKI Jakarta. Buruh tetap menuntut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk merevisi UMP sesuai pengajuan mereka, yakni Rp3,7 juta setelah sebelumnya Jokowi telah menetapkan UMP sebesar Rp2,44 juta.

Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi meminta para buruh untuk menerima kesepakatan tersebut dan tidak melakukan demonstrasi penolakan karena penetapan itu merupakan kesepakatan tripartit antara pemda, dewan pengupahan dan perwakilan perusahaan setempat.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyayangkan aksi buruh yang meminta kenaikan upah hingga 50 persen lebih. Kondisi tersebut hanya akan menjadi efek buruk terhadap iklim investasi.

Ketua Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, mengatakan bahwa tuntutan kenaikan upah buruh sebesar itu akan merusak citra Indonesia sebagai tujuan investasi. "Kejadian ini hanya akan membuat investor takut. Investor luar negeri yang ingin berbisnis di Indonesia jadi batal," ujarnya.

Namun, benarkah seperti itu? Berdasarkan data statistik upah minimum di negara-negara Asia pada 2013 yang didapatkan dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Indonesia justru menduduki peringkat ketiga upah buruh terendah.

Upah buruh di Indonesia pada 2013 yakni untuk upah terendah sebesar Rp830.756 dan tertinggi Rp2,2 juta. Kondisi ini hanya lebih baik dari Vietnam dengan upah buruh terendah sebesar Rp646.349 dan tertinggi sebesar Rp923.300 serta Kamboja dengan upah buruh tertinggi sebesar Rp592.981.

Sementara itu, posisi tertinggi negara di Asia ditempati oleh Jepang yang mampu menggaji buruh dengan upah terendah sebesar Rp16,38 juta dan upah tertinggi Rp21,26 juta. Diikuti Korea Selatan dengan upah tertinggi Rp10,43 juta dan Hongkong dengan upah tertinggi Rp8,4 juta.

Peringkat keempat negara di Asia yang mampu menggaji buruh dengan upah tinggi yakni Taiwan dengan upah tertinggi Rp5,85 juta. Selanjutnya Filipina dengan upah terendah sebesar Rp2,99 juta dan upah tertinggi Rp3,25 juta.

Posisi keenam yakni Thailand yang mampu menggaji buruh dengan upah terendah Rp2,16 juta dan trtinggi Rp2,81 juta. Disusul China dengan upah tertinggi sebear Rp2,52 juta.

Sementara itu, untuk negara maju seperti dikutip VIVAnews dari International Labour Organization (ILO) dalam risetnya bertajuk laporan upah global 2012/2013 dijelaskan pada 2010 pada sektor manufaktur Denmark mampu menggaji buruh sebesar US$34,78/jam atau Rp75,75 juta per bulan (dengan asumsi bekerja 9 jam/hari selama 22 hari dalam 1 bulan dan dengan kurs Rp11.000 per Dollar).

Diikuti kemudian Switzerland sebesar US$34,29/jam atau Rp74,68 juta dan Australia sebesar US$28,55/jam atau Rp62,18 juta. Negara tetangga, Singapura, mampu membayar gaji buruh sebesar US$12,68/jam atau Rp27,61 juta. (eh)
sumber

Upah Rp2,4 Juta, Apa Saja Kebutuhan Buruh?
Buruh membutuhkan makan tiga kali sehari dan ongkos transpor.
Kamis, 7 November 2013, 11:47

VIVAnews - Salah satu anggota Dewan Pengupahan Nasional (DPN) dari pihak buruh, Dedi Hartono, menyayangkan adanya keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai upah minimun provinsi (UMP) sebesar Rp2.441.000.

Menurut Dedi, ketika dihubungi VIVAnews, Kamis 7 November 2013, upah minimum yang ditetapkan beberapa waktu lalu tersebut belum mencukupi kebutuhan para pekerja.

"Misalnya untuk makan yang murah, buruh harus mengeluarkan biaya Rp6 ribu," kata Dedi.

Untuk kebutuhan pangan, dia mengatakan, buruh perlu makan tiga kali sehari. Apabila biaya makan dikali dengan kebutuhan makan per hari selama sebulan, akan diperoleh biaya sebesar Rp540 ribu.

Kemudian, untuk transportasi, Dedi mengacu pada ongkos transportasi di Jakarta. Misalnya, seorang buruh memerlukan ongkos Rp3 ribu untuk sekali naik angkutan umum. Untuk pulang pergi, dia harus merogoh kocek Rp6 ribu. Apabila dikalikan sebulan, biaya ongkos mencapai Rp180 ribu.

Sementara itu, dia melanjutkan, biaya lainnya adalah sewa tempat tinggal. Rata-rata biaya sewa tempat tinggal di Jakarta berkisar Rp800 ribu-Rp1 juta per bulan. Apabila semuanya dijumlahkan, total biaya sebesar Rp1,72 juta.

Sebenarnya masih ada sisa sebesar Rp721 ribu. Namun, Dedi mempertanyakan, dengan sisa upah seperti itu, apakah masih bisa mencukupi kebutuhan lainnya atau tidak.

"Jadi, apakah cukup upah ini untuk buruh di Jakarta?" tanya dia.

Dedi mengatakan, sebenarnya upah minimum Rp2,4 juta itu untuk buruh yang belum menikah. "Upah ini sebenarnya ditujukan untuk buruh yang belum menikah, yang usia kerjanya 0-1 tahun," kata dia.

Dia tidak menampik bahwa buruh sering mendapat kesulitan keuangan dengan upah yang mereka terima. "Ada yang kerja sambilan jadi tukang ojek setelah pulang kerja. Bahkan, ada juga yang meminjam uang kepada rentenir untuk menutup biaya hidupnya," tuturnya. (art)
sumber


tanggung aja nih tuntutan buruh, mending skalian aja di samain sama ump denmark biar labgsung pada koit perusahaan2 di indonesia
Bicara gaji luar negri sih bawaanya manis mulu emoticon-Big Grin

Coba kalo ngomong biaya hidup, yaaa pahit emoticon-Big Grin
UMP indo kan masih belum termasuk tambahan2 seperti jamsostek, upah 13, pesangon, dll
Pada ngga tau yah kebanyakan pabrik di indonesia itu cuma sebagai tukang jahit emoticon-Big Grin
coba diberesin gan biar yang lain bacanya enak ...
kasih spasi gan emoticon-shakehand
jangan disamakan dong
kondisi ekonomi negara kita kan beda
Ngomongin gaji di luar negeri dengan asumsi biaya hidup sini ya gedeeee
Tapi, kalo mo fair bandingin, gaji disana dengan biaya hidup (atau KHL) di negara bersangkutan+tax dkk, gede apa ga tuh, lebih apa ttp pas2an?
Quote:Original Posted By cari.nafkah
coba diberesin gan biar yang lain bacanya enak ...
kasih spasi gan emoticon-shakehand


siap gan, ntar ane edit lagi pake komputer emoticon-thumbsup
Buruh yang koar koar soalnya cuma tau nilai gajinya , tapi ngga tau berapa harga sekali makan dan biaya hidup dijepang , yang orang jepangnya sendiri aja udah banyak yang harakiri kalau ngga kuat nangung kebutuhan hidup biar dapet pengantian asuransi buat keluarga dan bayar utangnya , belum lagi sistem kerjanya emoticon-Ngakak buruh indonesia memang ngga tau bersyukur emoticon-Cool
lietnya yg enak doang, ga bisa liet dari berbagai sisi
ciri2 org ga berpendidikan ya cuma bisa nuntut terus dengan alasan terzholimi emoticon-Cool
GA USAH MEMBANDINGKAN AMA NEGARA KAYA ATAU MISKIN, KALAU MAU MEMBANDINGKAN, BANDINGKAN SAJA SAMA NEGARA YG TINGKAT INFLASI,IKLIM USAHA, PENDAPATAN NEGARA,DAN DAYA BELI MASYARAKATNYA SAMA/MINIMAL MIRIP AMA INDONESIA, BARU ITU PERNANDINGAN YG ADIL
mbandingin cuma dr angka² gaji tanpa indikator yg lain spt inflasi, kebutuhan hidup, harga sembako ala sini dan negara lain, dll ya sama aja bohong..emoticon-Hammer
itu sama aja dgn menganggap berat 1 karung kapas adl pasti sama dgn 1 karung pasir..emoticon-Hammer
Enggak mungkin gan kalo upah dinaikin prusahaan pada hengkan ke luar negeri coba bayangin gan kalo investor pidah ke cina atau vietnam, negara mereka fahamnya komunis kalo komunis sayang ama Pekerjanya taukan agan" semua logonya KOMUNIS Palu ama Arit yg artinya Palu itu berarti BURUH dan Arit Artinya petani jadi gak segampang yang mereka pikirkan kalo ada investor yg mau dateng ke negara tsb, kalo ada pengusaha yg nyogok pemerintahnya disana atau korupsi pasti langsung di Hukum MATI

Investor mau kemana lagi Mau ke Australia, Malaysia, Singapura yg negara secuil, Thailand atau mungkin mau ke Eropa, atau Amerika.

Klo masalah biaya hidup di negara yg maju juga Gede karena upahnya pada Gede ya wajarlah agan", bandingin ama jajanan anak-anak di indonesia bakso harga Rp. 5000 (Goceng) tapi udah di campur ama formalin dan Borak biar awet sebulan, bandingin ama singapura dan malaysia anak-anak disana mungkin mendapatkan asupan giji yang cukup karena upah buruh disana juga LAYAK

Jadi STOP Kebijakan UPAH MURAH......
anggota g20 mo disamain ump negara terbelakang emoticon-Ngakak

dah lupa joko ahok dulu jilat pantat buruh emoticon-Ngakak
Buruh RI Protes UMP, ini upah buruh negara lain
Gaji sono dibawa ke sini sih lebih dari cukup. Kalo gaji sini dibawa ke sono? Tekor emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By otoy_banget
Ngebandingon kok sama korea n jepang emoticon-Nohope

Gajinya sih tinggi... tapi biaya hidup lebih tinggi..

Beras di korea rata2 kena Rp 16-20rb/kg.. bensin sekitar Rp 19-22rb/liter.

Belum lagi di jepang yg biaya hidupnya kauh lebih tinggi..
Ane diceritain bekas ibu kost ane yg kerja dan tinggal di jepang.. wong beli beras jelek aja harganya sekitar 80ribuan/kg..
Btw disana dia juga buruh pabrik roti, dan gajinya jauh dari cukup.. makanya dia juga ngajar privat bahasa inggris buat orang2 jepang, di sini dia bikin kostan juga buat nambah2 biaya hidup di sana..(kostan yg ngurus nyokapnya, tiap bulan itulah hasil kostan dikirim nyokapnya ke jepang).

See... orang buruh jepang yg katanya gajinya besar aja ternyata masih kekurangan kok kalo dibandingin biaya hidupnya...


tapi gini gan ...

kalo di jepang itu beda nya ma di indo soal konsumsi pangan mah indo menang gan . di indo gaji/penghasilan/pemasukan kita itu 1/3 dipake buat makan. kita boros ato mahal banget emang di makanan makanya kerasa dikit dengan gaji segitu..

di jepang kerasa gede bukan gajinya tapi disana biaya makan itu ga sampe 1/3 gaji jadi masih bisa dipake banyak sisanya..

yang bikin masalah sebenernya bukan masalah gajinya kurang, tapi harga mahal yg menyebabkan itu. kurang molo rasanya (ane ga bahas yang masalah sifat konsumtif ya gan ). kalo seandainya ni buruh memang niatnya kesejahteraan, semestinya yang didemo itu harga barang/pangannya yang mesti diturunin..

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
buruh jangan ngimpi sejahtera, sebelum pengusaha sejahtera,,

Quote:Original Posted By multivitamins
buruh jangan ngimpi sejahtera, sebelum pengusaha sejahtera,,



ga bakal sejahtera donk kalo gitu .. emoticon-Malu (S) ..

punya mimpi kok yang suruh wujudin orang laen :fuck2
ya elah ko dibandingin nya sama negara" laen
jelas beda lah emoticon-Najis

besar pendapatan vs besar pengeluaran emoticon-Najis

disini masih bisa makan dengan 10rb di luar bisa kagak emoticon-Najis
Wow, kalo iri ya monggo pindah kerja di sono aje lo pade, yg diliat cuman gaji tok, coba liat dan bandingkan juga keterampilan buruh di negara yg lo bandingin sama apa jauh lebih baik?? emoticon-Cape d...