alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bus TransJ Makin Butut dan Waktu Tunggu Penumpang Kian Lama
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527b2619a4cb17e65300000f/bus-transj-makin-butut-dan-waktu-tunggu-penumpang-kian-lama

Bus TransJ Makin Butut dan Waktu Tunggu Penumpang Kian Lama

Bus TransJ Makin Butut dan Waktu Tunggu Penumpang Kian Lama


Jakarta - Bus TransJ semula dicita-citakan untuk memecah kemacetan di Jakarta. Tapi apa lacur, ketika pencinta bus bertarif Rp 3.500 itu semakin membeludak, pelayanan bukannya semakin membaik.

Pelayanan yang kedodoran misalnya soal headway atau jarak antarbus. Waktu kedatangan bus satu dengan bus lainnya sangat lama sehingga waktu menunggu penumpang di halte pun kian lama.

Waktu tunggu yang lama, misalnya dirasakan penumpang di halte Imigrasi yang ada di koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas), Kamis (7/11/2013) pagi tadi. Para penumpang harus menunggu hingga 30 menit untuk bisa diangkut bus. Biasanya saat tiba, bus sudah penuh sesak sehingga penumpang kesulitan untuk masuk.

"Kita maksa masuk ke dalam bus karena jika harus menunggu maka akan telat berangkat ke kantor," alasan Anto, seorang penumpang.

Jl Mampang Prapatan merupakan salah satu 'jalur neraka' di Jakarta. Banyak pengendara yang menerobos jalur bus TransJ sehingga membuat lalu lintas bus TransJ tersendat. Akibatnya bus yang seharusnya lancar malah terkena kemacetan parah.

Selain waktu tunggu, juga kondisi bus makin buruk. Semakin hari, bus TransJ semakin butut dan tetap dipertahankan untuk melayani penumpang.

Anto menceritakan, beberapa minggu lalu saat naik bus TransJ dari Monas arah Pulogadung, bus itu miring. Bus bagian kanan lebih rendah dibandingkan bagian kirinya. Akibatnya para penumpang harus berpegangan erat di besi-besi yang ada.

Bagian luar bus TransJ terlihat semakin kusam. Bagian penutup mesin yang ada di bagian belakang bus banyak yang menganga. Bangku-bangku penutupnya banyak yang rusak dan terkadang pintu bus juga tak bisa ditutup/buka. Balada bus TransJ lainnya adalah bus itu kerap mogok. Bahkan pernah ada kejadian, roda bus copot dan menggelinding ke seberang jalan. Beberapa bus uji KIR-nya juga habis tapi masih dipakai saja.

Kepala Unit Pelayanan (UP) Bus Transjakarta Pargaulan Butar Butar mengatakan, dia telah menggelar razia untuk menindak bus-bus yang tidak layak jalan namun tetap beroperasi. Misalnya pada Kamis (17/10) lalu ada 23 bus dari berbagai koridor yang disuruh kembali ke poolnya karena tidak layak jalan.

"Saya sudah minta sebelum beroperasi untuk mengecek kondisi bus yang digunakan," katanya.

Pargaulan mengatakan, pihaknya akan memberikan saksi berupa denda dan juga tidak membayar biaya kilometer kalau bus-bus yang tidak layak itu tetap dipakai. "Kita akan denda kalau masih pada jalan," katanya.

UP TransJ yang berada di bawah Dishub DKI Jakarta bertugas memanajemen transportasi umum ini. Sedangkan operasi bus dilakukan oleh operator konsorsium swasta seperti PT Jakarta Express Trans (JET) melayani koridor 1 dan koridor 10; PT Trans Batavia (TB), melayani rute koridor 2 dan koridor; PT. Jakarta Trans Metropolitan (JTM), melayani koridor 4 dan koridor 6.

PT Jakarta Mega Trans (JMT), pengelola melayani koridor 5 dan koridor 7. PT. Eka Sari Lorena Transport (LRN), melayani koridor 5, koridor 7, koridor 8; PT Primajasa Perdanaraya Utama (PP), melayani koridor 4 dan koridor 8; PT Bianglala Metropolitan (BMP), melayani koridor 9 dan koridor 10; PT Trans Mayapada Busway (TMB), melayani koridor 9.

[url]http://news.detik..com/read/2013/11/07/121428/2406146/10/bus-transj-makin-butut-dan-waktu-tunggu-penumpang-kian-lama?n991102605[/url]
[url]http://news.detik..com/read/2013/11/07/121428/2406146/10/2/bus-transj-makin-butut-dan-waktu-tunggu-penumpang-kian-lama[/url]


sudah diramalkan dari dulu juga bakal begini. budaya orang indonesia, tahunya cuma make ga pernah dirawat. liat aja kopaja, metro, patas, kereta api... busway?? ya sama aja... naikin aja tiketnya jadi 5000, peremajaan armada, mumpung gubernurnya jokowi. kalo nggak, kapan lagi?
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Apa karena merk Hyundai kurang awet...? emoticon-Bingung (S)
kyknya udh byk yg beralih ke busway nih
tp pengelola kuramg siap kayaknya...
gpp lah...namanya jg penyesuaian
busway ini kan rencananya mau dihapus kalo udah ada monorel dan mrt..mungkin perhitungannya, kalo semua koridor diremajain sekarang, investasinya bakal balik modal gak pas nanti diapus..makanya itu operator gak napsu napsu amat beli bis baru.. emoticon-Big Grin

itu baru koridor yang udah ada..belom lagi koridor yang masih bodong..emoticon-Malu (S)
Diubah oleh balitasehat
salahnya jokowi lagi nih... mana panasbung???????????? ada trit buat nambah postingan nih..........
Pernah sekali naik busway, tiba2 tutup mesinnya lepas... emoticon-Ngakak
Mur bautnya pada dipretelin bocah2 kali tuh emoticon-Ngakak
karna memang kurang makanya overload, akhir tahun ude nyampe yg baru mudah2an tahun depan nga ngos2an lagi dah tuh TJnya emoticon-Ngakak
jakarta makin menggila semoga jokowi tabahemoticon-Embarrassment
lamo2 jadi lah macem angkot ber ac emoticon-Ngakak (S)
ane sering naek yg ragunan-dukuh atas ,busnya dah banyak yg lapuk ,rata2 kondisinya :
-baut2 di t4 pegangan dlm dah longgar ,malah ada yg copot emoticon-Ngakak
-panel2 kaca dah keropos ,
-bangku banyak yg rusak, (baut2 longgar) emoticon-Ngakak
-pintu tengah ,banyak yg rusak hidroliknya ,malah cuma bisa digeser setengah emoticon-Ngakak
-jumlah bisnya kurang ,jam2 pulang/pergi kerja siap2 antri desak2an emoticon-Ngakak

kyknya koridor ragunan-dukuh atas butuh bisa gandeng deh ,tp halte di jln rasuna said pintunya cuma 2 emoticon-Hammer
Operator TransJakarta swasta sehingga ingin balik modal dgn cepat sehingga ga terawat dan partsnya Kw semua itu. Kondisi mesinnya tak layak jalan karena rentan kebocoran BBG d bagian mesinya yg sering mengalami kebakaran mesin. Ada yg tau spesifikasi bus hyundai yg d pakai untuk operasional dan kenapa tdk pake mesin Mercy atau Hino yg kualitasnya lebih baik
Post ini telah di hapus oleh blue_danube
ga d rawat.. penggunanya semena' pula
Iya gan, kemarin ane naik busway seperti didalam kebun binatang, ada suara tikus, cicak, babi dll emoticon-Ngakak
Ayo dong Pak Gub dibenahin biar nyaman lagi tuh angkutan massalnya.
wah, sayang banget public transportasi ga terawat, gimana penumpang mo nyaman neh pak:-)
kapan metromioni ama bis TJ dateng 1000 unit sperti janji jokohok? kesian lama banget nunggunya...penyerobo jalur busway juga mayan turun sih setelah diancem 1jt emoticon-Big Grin
Quote:


tempat laen ada yg lantainya tuh yg lorong busway bolong2 dicolongin emoticon-Ngakak
dah agak lama gak naek bus TJ..dulu waktu pertama kali ada bus TJ rasanya enak banget.
penumpangnya masih gak numpuk kyk sekarang..busnya masih keren.

terakhir coba naek, buset dah..ngantri sampe segitu panjangnya..
kondisi bus gak spt dulu lagi...jadi males naek bus TJ. emoticon-Embarrassment
Jika semua warga tertib mungkin transj tidak kan sering telat, lha wong jalanya cuma satu dan harusnya khusus untuk busway duank.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di