alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Buruh bandung Tuntut UMK Rp 3,2 Juta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527ae8d618cb178c1e000002/buruh-bandung-tuntut-umk-rp-32-juta

Buruh bandung Tuntut UMK Rp 3,2 Juta

Buruh bandung Tuntut UMK Rp 3,2 Juta
JLN. ACEH (GM) - Aksi unjuk rasa menuntut upah layak berlangsung di halaman Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Aceh, Rabu (6/11). Aksi dilakukan puluhan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Kota Bandung. Mereka menuntut Upah Minimum Kota (UMK) Kota Bandung 2014 sebesar Rp 3,2 juta.
Dalam aksinya, mereka membawa spanduk berisi lima tuntutan. Yakni upah layak Kota Bandung 2014 sebesar Rp 3,2 juta, hapus sistem kerja kontrak dan alih daya (outsourcing), stop union busting (pemberangusan serikat buruh), reformasi dewan pengupahan serta pendidikan gratis dan berkualitas. Salah satu spanduk lebih tegas lagi, "UMK Bandung 3,2 juta atau hentikan proses produksi".

Di sela-sela aksinya, Koordinator Wilayah (Korwil) KASBI Jabar, Sudaryanto mengatakan, KASBI menuntut UMK 2014 Kota Bandung sebesar Rp 3,2 juta. Hal ini didasarkan pada survei yang dilakukan pihaknya satu minggu lalu. Dalam hal ini UMK mencapai Rp 1,5 juta dan kebutuhan hidup layak (KHL) tahun ini sebesar Rp 1,9 juta. Dari angka tersebut terdapat selisih 24 persen. Karena itu, KASBI menilai untuk UMK 2014 perlu tambahan 24 persen dari KHL ditambah kenaikan bahan bakar minyak dan tarif dasar listrik. Hasilnya muncul angka Rp 3,2 juta.

"Ini survei realistis kami di lapangan. Selain survei di pasar-pasar, kami juga tambahkan survei di warung-warung. Karena buruh 'kan sering belanja ke tetangganya yang punya warung," ujarnya.

Acuan saat ini, diakui Sudaryanto, sudah tidak relevan. Karena ada beberapa parameter yang tidak masuk, misalnya kebutuhan hiburan masih memasukkan radio. Sementara saat ini sudah ada televisi dan kebutuhan wisata. Karena itu, aturan mengenai penetapan upah harus dikaji ulang.

"Kita sodorkan angka ini, karena di dewan pengupahan itu ada kongkalingkong. Tuntutan ini akan kami serahkan pada DPRD untuk direkomendasikan pada dewan pengupahan," ungkapnya.

Tuntutan UMK sebesar Rp 3,2 juta pun kembali dilontarkan saat audiensi dengan Sekretaris Komisi D DPRD Kota Bandung, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, juga Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan jajarannya. Seperti disampaikan Aminah dari pihak buruh, UMK sebesar Rp 3,2 juta itu hasil survei dan perhitungan yang telah dilakukan KASBI. "KHL itu hanya untuk lajang, sementara buruh 'kan punya keluarga," ujarnya.

Masih digodok

Sekretaris Komisi D DPRD Kota Bandung, Katmadja mengatakan, untuk UMK masih digodok dewan pengupahan dan akan menunggu keputusannya. Tuntutan sebesar Rp 3,2 juta ini bisa menjadi bahan pertimbangan. "Untuk rekomendasi dari Komisi D kita harus rapatkan dulu, apakah perlu direkomendasikan atau tidak," ujarnya.

Terkait penetapan UMK 2014, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, paling lambat UMK akan ditetapkan minggu depan. "Semua aspirasi sudah dihitung. Untuk KHL, angkanya kemungkinan di angka 1,8 juta. Untuk UMK, aturannya sama dengan KHL atau lebih," ujar pria yang akrab disapa Emil ini.

Saat ini, UMK masih dibahas dewan pengupahan. Pemkot akan mengambil keputusan bila negosiasi tidak mencapai kesepakatan. "Kalau disepakati, kita tinggal teruskan ke gubernur," tandas Emil.

Mengenai tuntutan KASBi sebesar Rp 3,2 juta, Emil memahaminya dari perspektif buruh. "Kesejahteraan selalu jadi permasalahan. Makanya sambil menjaga ekomomi makro, kita siapkan program keberpihakan pada buruh, seperti beasiswa, transportasi murah, asuransi, dan pendidikan, dengan prinsip menurunkan pengeluaran. Tidak melulu naik upah," tandasnya.

Sementara itu, penetapan rapat pleno penentuan UMK oleh Dewan Pengupahan Kota Cimahi tak kunjung dilakukan. Padahal rencananya akan dilakukan Rabu (6/11). Pihak buruh siap kembali menggelar aksi menuntut kenaikan UMK 2014 Kota Cimahi dengan besaran Rp 2,7 juta.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kota Cimahi, Beny Bachtiar saat dikonfirmasi di kantornya, Pemkot Cimahi, Jln. Demang Hardjakusumah, Rabu (6/11), membenarkan, semula rapat pleno dilakukan Rabu kemarin. Namun mengingat masih ada yang harus dibicarakan dengan sejumlah pihak terkait, pleno UMK diundur menjadi minggu depan, yaitu antara Selasa (12/11) atau Rabu (13/11).

Dikatakan Beny, pembicaraan tersebut diperlukan agar pleno berjalan lebih kondusif dan semua pihak saling memahami, terutama menyangkut penentuan besaran UMK. Sebab harus berdasarkan kepatutan, baik bagi buruh maupun pengusaha.

Wali Kota Cimahi, Hj. Atty Suharti saat diminta tanggapannya tentang penentuan UMK, Senin (4/11) mengatakan, pihaknya masih membicarakan dengan berbagai pihak. Selain pengusaha dan buruh, pihaknya berkoordinasi dengan beberapa daerah agar terjadi kesepahaman mengenai besaran UMK yang ditentukan masing-masing daerah.

Buruh tolak UMK

Dari Subang dilaporkan, ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (Kasbsi), kembali menggelar aksi di depan Pemkab Subang, Rabu (6/11). Mereka menolak upah minimum kabupaten hasil DKP dan mendesak bupati merekomendasikan besaran upah sesuai KHL kepada gubernur.

"Kami menolak UMK sebesar Rp 1,35 juta. Kami mendesak Pemkab Subang menetapkan UMK dengan besaran Rp 1,57 juta sesuai KHL," kata koordinator aksi, Joko Sulistyo di sela-sela aksi. Jika tidak massa akan memblokir jalur pantura, sekaligus melumpuhkan ekonomi Subang.

Ketua Kasbsi Kabupaten Subang, Anang Kusnandar membenarkan, para buruh Subang tidak akan berhenti melakukan perlawanan jika Bupati Subang merekomendasikan UMK dengan besaran Rp 1,3 juta. Bahkan Kamis ini ribuan buruh siap mendatangi pemkab sebelum ada pernyataan dari bupati.

"Kami tidak setuju dengan penetapan Depkab yang menetapkan UMK Rp 1,3 juta dan kami meminta Bupati Subang merekomendasikan UMK Rp 2,2 juta atau minimal 100 persen KHL," ungkapnya.

sumber
http://www.klik-galamedia.com/tuntut...umk-rp-32-juta

Wah kalau bener 2 disetujui mending ane ngelamar jadi buruh emoticon-Matabelo
Urutan Terlama
Wah bukannya udah ditetapkan yah?
kok minta naik lagi sih?
aje gile nih buruh emoticon-Ngakak
Diubah oleh merdekaboy
ga mau kalaah dari Jakarta nih

persaingan atau kenapa,

semuanya daerah mau nyamain Jakarta
Di kota bandung pabriknya nggak begitu banyak, kebanyakan di kab. Bandung, kab. Bandung barat, kota cimahi
buruh pada gengsi tuh, mereka merasa kalah sama pengemis di bandung yang 'upah'nya mencapai 10juta, makanya buruh pengen naek gaji melulu

*mental pengemis sama aja, gak di jalanan atau di dalem pabrik
dijakarta, duit buat kredit motor
di bandung buat jajan di FO
setdah, kalo di bandung UMK segitu ane ngelamar jadi buruh aja dah emoticon-Big Grin
Quote:


kayanya sih gitu gan bandung ama jakarta emang saingan emoticon-Cool

Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 03
mungkin buruh2 indonesia gak pernah denger kata automatisasi, kalo ngeliat mental buruh kek gini, ane mendukung kalau 2015 indonesia berubah dari industri padat karya jadi industri automatisasi... emoticon-Cool
tanggung,masa kalah sama tuntutan pengemis yg minta 4-10jt?
mestinya buruh 6-13jt
tapi siapa yg kuat bayar segitu?
mantap!! sudah saatnya kaum buruh sejahtera!!

kalo perlu bunuh satu satu yg tidak setuju umk 3,2 juta

yang gak setuju cuman kaum yang iiri dan tidak.suka liat buruh sejahtera

emoticon-fuck
Banyak nuntut akibat terperosok kehidupan hedonis. Gaya hidup tinggi tapi kemampuan NOL! Itulah gambaran umum kelas menengah Bandung.
Quote:

buat nyicil rumah atau apartmen gan emoticon-Toast
kalau buruh yang di saritem minta naik gaji juga nggak? emoticon-Bingung (S)______emoticon-Ngacir
Quote:


mantab om, untuk nikah lagi, mosok nggak pingin bini dua emoticon-Genit:

buruh harus sejahtera, harus cinta, kerja, dan menghasilkan harmani

Pasukan Kendaraan Said emoticon-thumbsup
emoticon-Ngakak 3.2 belum plus plus..... kalo dikabulkan ane cuma bisa ucapkan selamat
katanya di JABAR wajar segitu? emoticon-Cool
Besar amat 3,2 juta..seleketep
yg kemaren naik fu itu ya ? emoticon-Malu


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di