alexa-tracking

Indonesia Berencana Bikin Kapal Selam Sendiri

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527a3e5aa3cb178c10000003/indonesia-berencana-bikin-kapal-selam-sendiri
Indonesia Berencana Bikin Kapal Selam Sendiri
JAKARTA - Untuk menggerakkan industri pertahanan Indonesia, PT PAL Indonesia berencana membuat kapal selam produksi dalam negeri. Jika rencana ini terwujud, Indonesia diyakini akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mampu membuat kapal selam.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut sekaligus Komisaris Utama PT PAL Laksamana Marsetio, dalam konferensi pers seusai sidang Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (6/11/2013) siang.

"Salah satu indikator kebanggaan bangsa Indonesia adalah kemampuannya membangun kapal selam, kapal fregat, kapal corvette, dan kapal-kapal tempur lainnya," ujar dosen di Naval War College, Amerika Serikat, itu.

Saat ini, lanjutnya, Indonesia sudah memesan tiga unit kapal selam dari Korea Selatan. Dua dari tiga unit itu dirakit di negeri asalnya, sementara satu unit lagi akan dirakit di Indonesia oleh tim PT PAL yang sudah menyaksikan perakitan dua unit sebelumnya di "Negeri Ginseng" tersebut. Tim yang beranggotakan 208 personel tersebut sudah diberangkatkan dan akan melakukan observasi dalam rangka transfer of technology (TOT) kapal selam.

Lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut Bumimoro, Surabaya, tersebut menjelaskan fasilitas pembuatan kapal selam berbeda dengan pembuatan kapal-kapal tempur lainnya. Fasilitas pembuatan tersebut, katanya, dilakukan dalam ruangan tertutup dan menghabiskan waktu setidaknya 54 bulan untuk memproduksi satu unit kapal selam.

"Metode pembuatannya sangat halus. Ini karena kapal selam didesain harus mampu menyelam 400 meter di bawah permukaan laut," tuturnya.

Marsetio mengaku optimistis Indonesia mampu membuat kapal selam asalkan ada komitmen bersama yang kuat dari bangsa Indonesia. Ia pun mencontohkan Korea Selatan yang mampu memproduksi kapal selam sendiri sejak transfer teknologi dari Jerman pada tahun 1985. Kini, Korea Selatan mampu menjual kapal selam ke negara lain.

"Indonesia juga pernah memesan (kapal perang) LPD (landing platform dock) dari Korsel. Dua unit dibuat di sini. Alhamdulillah berhasil. Kemarin, Filipina butuh 2 LPD yang dibuat PT PAL," ucapnya.

BUMN siap membantu
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mendukung rencana Kementerian Pertahanan untuk memaksimalkan industri pertahanan dalam negeri. Ia pun menyatakan kesiapannya untuk membantu PT PAL memproduksi kapal selam, terutama dalam hal pendanaan.

"Saya mengizinkan bargain loan apabila dana dari APBN belum cair. Pembuatan kapal selam, kan, butuh prosedur, silakan ambil dari bank-bank BUMN," ujarnya. sumber: http://acehonline.info/detail.php?no_berita=5460

Semoga terwujud,,, emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
wew keren gan, mudah2an terealisasi



Posted with kaskusQR
Quote:

amin emoticon-I Love Indonesia (S)
KASKUS Ads
tapi bikin yang bisa nimbul y,ntar yg jdi kapal selam yg nyelah ngak nimbul2 lgiemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


hush .. gak boleh gitu ... emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Learning by Seeing kan masih lebih baik dibanding Learning by Buffering .. emoticon-Stick Out Tongue

ya mudah2an lah bisa diserap tuh ilmunya .. kalo ane sih mending belajar langsung ke Rusia sama Jerman ... imho loh ... emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
keren gan. mudah2an bukan hanya wacana belaka
menurut ane harga kapal selam itu murah sih kalo korupsi dan koruptor diberantas habis
keren gan. mudah2an bukan hanya wacana belaka
asal serius pemerintahnya pasti bisa...orang Indonesia itu banyak yang pinter2 tp malah gak dikasih kesempatan di negeri sendiri...liat aja kita bisa bikin pesawat dipake ama bbrp negara...maskapai lokal malah gak ada yang mau pake lbh percaya n bangga ama produk prancis atau amerika....sudah saatnya Indonesia sadar bahwa mampu mencukupi dirinya sendiri kl hal ini sudah terjadi yakinlah negara2 yang dibilang maju itu pada kelabakan krn salah satu pasar terbesar mereka ilang... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak...
smoga terealisasi..biar bisa bangga