alexa-tracking

Jokowi Ingin Sulap Pasar Rakyat Jadi Modern

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5279e35220cb17c844000003/jokowi-ingin-sulap-pasar-rakyat-jadi-modern
Jokowi Ingin Sulap Pasar Rakyat Jadi Modern
Skalanews - Selama ini pasar tradisional identik dengan kesan tidak terawat, bahkan tidak jarang kotor.

Gerah melihat hal itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pasar tradisional dikelola secara modern sehingga bersih, tidak bau dan becek.

"Target kita manajemen pengelolaan pasar modern ada di pasar rakyat sehingga tidak ada lagi bau, becek dan lain-lain," ujar Joko Widodo usai meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan pasar rakyat di Jakarta, Rabu (6/11).

Langkah tersebut dilakukan, ia mengatakan, agar pasar rakyat tidak kalah dengan yang lain. Oleh sebab itu pasar rakyat harus bersih, dan ada sistem zonasi, serta lahan parkir.

"Yang namanya pasar supaya tidak kalah dengan yang modern maka harus ada lahan parkir, zonasi dimana semua nggak campur sehingga bersih dan gak becek," katanya.

Mantan Wali Kota Solo ini menjelaskan kelima pembangunan pasar rakyat (Pasar Manggis, Pasar Pesanggrahan, Pasar Kebon Bawang, Pasar Kampung Duri, Pasar Nangka Bungur) harus dirampungkan dulu dan baru menginjak ke manajemen modern.

"Pokoknya bisa dan ada lahannuya bisa dan masuk. Pasar tradisional dengan pola modern," ujarnya.

Untuk tahun depan, ia melanjutkan, akan ada 23 lokasi pasar yang direvitalisasi. Nantinya para pedagang tidak akan membayar sewa tempat usaha.

Hal itu dilakukan karena selama ini biaya sewa tempat usaha memberatkan para pedagang.

"Para pedagang setiap hari ada pungutan retribusi tapi tidak ada sewa kios sehinga tidak membebani pedagang. Retribusinya apa gak apal ada di perdanya," katanya.

Pembangunan pasar rakyat diperuntukkan bagi pedagang yang sebelumnya sudah berjualan di kiosnya dan pedagang kaki

lima disekitar pasar.
"Ini pedagang yang sudah ada dan kiosnya jadi sudah masuk dan pedagang kaki lima kanan kiri juga dimasukkan," ujar dia.

Ia menambahkan apabila ada kios yang sisa, maka akan dilakukan pengundian secara terbuka sehingga semuanya bisa terlihat.

"Nggak ada yang mengeluh misalnya karena udah berjualan lama maka dapat lokasi yang baik. Gak ada tiitipan dan di zonakan nanti pedagangnya," kata dia. [mad/ant]

http://skalanews.com/berita/detail/1...at-Jadi-Modern
mantap jokowi for 2024
Yah keduax emoticon-Mewek

ayo pak joko terus maju emoticon-Matabelo
Oke nih. Asal bersih, teratur, n nyaman.
klo rencana/niat ndak perlu disampaikan duluke publik pakdhe,ntar malah bs jadi bahan 'gorengan' para 'lawan'...yang penting hasilnya,baru dipublikasikan ke publik...gtu kan lebih afdol to dhe?peace.
keren tuh

asal pedagangnya tetep rakyat,

bukan konglemerat yang ngisi pasarnya
moga sukses pak
wah ide bagus tuh pak joko
jokowi mak nyus...emoticon-Matabelo