alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Proyek Waduk Pluit Mulai Menampakkan Hasil Positif ( JOKOWI JOSS)
4.33 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52798bf9be29a02a688b456c/proyek-waduk-pluit-mulai-menampakkan-hasil-positif--jokowi-joss

Proyek Waduk Pluit Mulai Menampakkan Hasil Positif ( JOKOWI JOSS)

Proyek Waduk Pluit Mulai Menampakkan Hasil Positif ( JOKOWI JOSS)


Dalam sebuah harian surat kabar Ibukota, seorang warga Penjaringan, Jakarta Utara, Ja’far (45 tahun), mengaku pengerjaan Waduk Pluit telah berdampak signifikan terhadap lamanya genangan air yang melanda di permukiman dan badan jalan di wilayahnya.

Menurut Ja’far saat air laut pasang hingga melimpasi tanggul dan menggenangi 1.200 rumah warga di Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat 18 Oktober 2013, air sudah jauh lebih cepat surut dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Sejak ada waduk, yang dulunya biasanya air tak mengalir dan baru surut 1-2 hari, sekarang genangan sudah surut hanya dalam waktu 4-5 saja,” ujar Ja’far.

Kepala Bidang Pemeliharaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DKI Jakarta, Joko Susetyo, mengatakan, semakin cepat surutnya genangan tidak lepas dari mulai dilakukannya normalisasi Waduk Pluit yang sampai saat ini baru mencapai 20 persen dari target.
“Fakta ini membuktikan bahwa program normalisasi Waduk Pluit berdampak positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Menurut Joko Susetyo, Waduk Pluit akan digali hingga kedalaman 7 meter . Dan luas Waduk Pluit yang saat ini 60 hektare (ha)akan diperbesar hingga mencapai 80 ha. Dengan demikian, total daya tampung Waduk Pluit sebanyak 5,6 juta kiloliter air.

Selain memperluas dan memperdalam badan waduk, untuk mempercepat proses surut air dan pembuangan ke laut, pompa-poma air akan ditambah hingga mencapai kapasitas maksimal 54 m3/detik.
Pompa-pompa air di Waduk Pluit pun diperbesar kapasitasnya hingga mencapai 54 m3/detik akan beroperasi mulai Mei 2014 sedangkan normalisasi Waduk Pluit direncanakan selesai pada akhir tahun 2014.

Joko Susetyo yakin, jika semua pekerjaan di Waduk Pluit seperti yang disebutkan diatas selesai dan berjalan normal, maka banjir yang sering melanda wilayah Penjaringan hingga Monas yang merupakan daerah cakupan layanan Waduk Pluit dapat ditekan secara signifikan.

“Tahun depan hanya dalam waktu 1 jam genangan air sudah langsung surut bahkan di banyak lokasi tidak banjir sama sekali,” katanya.

Di tahun 2013 Pemprov DKI Jakarta memang memprioritaskan penanganan banjir sebagai bagian dari pembenahan Ibu Kota. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, sudah merancang sejumlah jurus untuk menjadikan Jakarta bebas banjir.

Pertama, pembangunan Terowongan Multifungsi (Deep Tunnel). Terowongan bawah tanah ini membentang dari MT Haryono, Jakarta Timur, hingga Pluit, Jakarta Utara. Jokowi mengatakan terowongan ini multifungsi, karena selain bisa mengalirkan air saat banjir, terowongan bisa menjadi jalan raya, instalasi kabel, dan saluran pembuangan limbah. Terowongan multifungsi telah dimasukkan dalam rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2017.

Kedua, pada tahun 2013 Pemprov DKI Jakarta berencana menormalisasi kali Pakin, Pesanggrahan, Angke, Sunter, Cipinang, Semanan, dan Ciliwung. Pemprov DKI juga berencana melakukan pengerukan 200 saluran penghubung, perbaikan dan pengurasan saluran drainase, serta penangan semua titik genangan dengan penambahan mulut air dan tali air.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga telah meminta setiap gedung di Jakarta, baik milik pemerintah maupun swasta, membangun sumur resapan. Pada tahun 2013 Pemprov DKI Jakarta menargetkan 1.949 titik, lebih banyak dari tahun lalu yang membuat 1.377 titik. Dari target tersebut, sudah merealisasikan 70 persennya

sumber
Diubah oleh gesang1234
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
dopost
Terlepas dari pencitraan atau apa kek............. Mudah2an cpt kelar, cepet selesai sehingga dapat dinikmati oleh semua hasilnya



visioner
ngga ada sumbernya gan emoticon-Nohope

semoga normalisasi waduk pluit bisa segera sampai 100%
belum lagi ria rio dan waduk lainnya yang ada di jakarta
kalo semua bersih 100% ane yakin jakarta ga bakal banjir lagi emoticon-2 Jempol
ane inget pnah liat di tipi.
ada cina yg tinggal d dkt waduk di wawancara
"10 taun saya tinggal disini blum pernah ini waduk diobok2 pemerintah ky sekarang"
emoticon-Big Grin
mak jlub
satu lagi terobosan yang bagus dan mulai menampakkan hasil dari pak jokowi

mangstaab emoticon-I Love Indonesia (S)


sanangnyaa jadi panastak... prikitiw
Quote:


salah gan emoticon-Smilie
jokohok executioner
visi.misi sampe sop waduk sih dr jaman sutiyoso jg uda.ada.
gak ada yg jalanin aja
Lebi baik pejabat goblok dan doyan bacodan tetapi bisa memberikan kepercayaan kpd wargaemoticon-Embarrassment
kalodi pikir sih ini salah jokowi napa lagi mau ngeruk tuh waduk ..........jadi cepet surut tuh air emoticon-Cape d... (S)


gua jadi gak bisa ngojek gerobag lagi emoticon-Mad (S)
dan gua gak bisa berenang lagi shittttttttttttemoticon-Mad (S)

Proyek Waduk Pluit Mulai Menampakkan Hasil Positif ( JOKOWI JOSS)
Semoga makin lancar.
Kesaksian beberapa teman di Jakarta memang katanya tahun ini banjir cepat surut.
Tapi kita nantikan saja apakah ini bakal konsisten..
blom musim ujan gan..
mantap jokowow..
emang ni org the best.. emoticon-2 Jempol
Syukurlah kl begitu.
.
jgn lupa proyek2 di jabar juga doakan supaya berjalan lancar ya..
.
Salam, Keluarga PKS
maju terus jokowi, wujudkan jakarta jadi lebih baik
maju terus jokowi...moga makin bagus jakarta kedepan emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:

emoticon-Ngakak
Cuma sedalem itu.... Banyak orang.. Pakai lifesaver jacket..... Lebay....
ikannya byk ga diwaduk.
Quote:


yg gua heran nya ada perahu karet tapi malah masuk ke air ..........apa gunanya tu perahu emoticon-Bingung (S)

biasanya desember - februari baru curah hujan tinggi
mudah2an bisa menyerap banjir kiriman
semoga saja semua kembali normal...
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di