alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal Penyadapan di RI, AS dan Australia Tidak Bantah dan Tidak Mengaku
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/527917c3be29a0cd348b4567/soal-penyadapan-di-ri-as-dan-australia-tidak-bantah-dan-tidak-mengaku

Soal Penyadapan di RI, AS dan Australia Tidak Bantah dan Tidak Mengaku

Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa, mengatakan Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Australia tidak membantah atau membenarkan adanya pemberitaan soal pos penyadapan yang berada di Gedung Kedutaan mereka di Indonesia. Itu merupakan jawaban awal yang diterima oleh Pemerintah Indonesia ketika menanyakan kedua pemerintah tersebut soal skandal penyadapan.

Demikian ungkap Menlu Marty saat memberikan keterangan pers di Pejambon pada Senin, 4 November 2013. Menurut Marty, itu merupakan respon awal yang tidak hanya diberikan kepada Pemerintah Indonesia saja, tetapi juga kepada Pemerintah negara lainnya yang turut memprotes aksi spionase yang dilakukan kedua Badan Intelijen negara itu.

"Jawaban awal yang diperoleh oleh Pemerintah Indonesia sama seperti yang didengar negara-negara lain yang tengah mengalami situasi serupa. Pemerintah AS dan Australia tidak mengkonfirmasi ataupun membantah," ungkap Marty.

Sementara Pemerintah AS, lanjut Marty, menyatakan negaranya tengah meninjau kebijakan intelijen mereka agar sesuai dengan arah kebijakan luar negeri Negara Paman Sam. Namun, kendati kedua Pemerintah tidak dapat mengkonfirmasi atau membantah aksi itu, paling tidak mereka bisa menyatakan di depan publik, tak akan lagi mengulangi aksi penyadapan terhadap negara-negara yang dianggapnya sebagai mitra.

"Enough is enough. Setiap negara tidak sepatutnya melakukan aksi seperti itu. Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah Anda akan memaksa untuk memperoleh informasi tertentu dengan cara seperti ini?" ujar Marty.

Pasalnya, lanjut Marty, apabila aksi ini terbongkar maka ongkosnya akan jauh lebih mahal.

"Terungkapnya aksi terbaru ini tentu berpontensi merusak hubungan bilateral di antara kedua negara. Indonesia berharap kedua pihak akan berkomitmen untuk menghentikan aksi penyadapan," imbuh Marty.

Siapkan Pencegahan

Ditanya media soal kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah untuk dua acara internasional di bulan November dan Desember mendatang agar tak lagi disadap seperti Konferensi Perubahan Iklim PBB tahun 2007, Marty menyebut berbagai langkah pencegahan untuk melindungi kerahasiaan dokumen pasti telah dilakukan delegasi asal Indonesia.

"Mereka melakukan hal itu sebagai prosedur yang telah berlaku demi memastikan keamanan informasi, terlepas di acara internasional apa pun," tuturnya.

Namun, Marty enggan mengomentari soal hal teknis Pemerintah RI mencegah aksi penyadapan. Menurut dia, insitusi BIN lebih memiliki kapasitas untuk menanganinya.

Terbongkarnya kasus spionase di Indonesia ini diungkap kali pertama oleh harian Australia, Sydney Morning Herald (SMH) pekan lalu, berdasarkan keterangan dari Edward Snowden. Dalam dua artikel yang mereka tulis dan terbit pada hari yang berbeda, koran itu menyebut adanya pos penyadapan di dalam gedung kedutaan AS dan Australia di Jakarta.

Harian Inggris, The Guardian yang terbit pada Minggu lalu menulis, bahwa Badan Intelijen Australia (DSD) sudah menyadap Indonesia sejak tahun 2007, ketika menjadi tuan rumah Konferensi Perubahan Iklim PBB di Nusa Dua, Bali. Kendati sudah menghabiskan biaya dan waktu untuk menyadap, aksi itu dianggap gagal. (umi)



emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)




sumber:http://dunia.news.viva.co.id/news/read/456125-soal-penyadapan-di-ri--as-dan-australia-tidak-bantah-dan-tidak-mengaku
Urutan Terlama
takut selingkuh ke negara kain kali
Komen TS mana neh..?? Pantes aja sepi..
Komen ane : mengutip komen salah satu pemberitaan tv swasta, Pemerintah (pak SBY) SANGAT LEMBEK.., beda bngt kl nanggapin isu BUNDA PUTRI

SBY langsung kon-pres & marah2, smntr masalah penyadapan malah "adem2" aja, malah cenderung takut ama US..
payah...
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Jadi bingung juga saye emoticon-Bingung (S)
Kalau nak boleh dianalogikan, mereka berdue seperti gender ke 3, bukan laki bukan juga pempuan emoticon-Thinking
emoticon-Betty
as dan aus emang konthol tuh negara...
Quote:


Tapi giliran masalah yg ke pribadi cpt bngt, ya kayak masalah bunda putri lngsung marah2..
"1000% salah... 2000% fitnah..."

Giliran menyangkut bangsa negara indonesiah.., pada pura2 bego..
nunggu data lah.., gak perlu buru2 lah..
Kehet..
ampun .. punya presiden kok gini2 amat ya.. ketegasannya bener2 saya pertanyakan... setiap isu sensitif tidak pernah ditanggapi serius, giliran bunda putri, ariel peterporn, dll yg gak penting langsung ditanggapi...emoticon-Cape d... (S)
udeh lah ngaku aje woi bot, abott.. minta maap kaya obama ke merkel noh kalo masih mau dianggep temen
Ada bukti ga?
Ind keasikan nuduh nih.

emoticon-Big Grin
Quote:


belom aje ente kerasain nikmat doolar om emoticon-Kiss
mana suaramu pak sby...
ada yg berani ngasih sanksi dua negara ini gk ya?emoticon-Hammer
Sampai sekarang pemerintah indonesia sendiri tidak bisa membuktikan bahwa ada penyadapan dari pihak luar ...

jadi semua ini hanya berdasar berita dan issu yang disampaikan oleh Snowden (melalui artikel harian luar negri) saja, jadi memang lucu kalo indonesia ga bisa membuktikan penyadapan tapi sudah marah2 & menuduh macam2 ke pihak australia & amerika

Perkuat dulu bukti2 dan data2 yang ada, baru berkomentar dan memprotes negara lain, itu jauh lebih bijaksana buat pemerintah
mana ada maling ngaku...
itu sudah...
Quote:


ooo....tidak bisa, menurut BPers pokoknya Presiden harus marah-marah dulu, panggil Dubes AS-Aus dan dimarahin habis-habisan, putuskan hubungan diplomatik mana perlu nyatakan perang...urusan "bukti" mah nomor 16, lihat aja Kanselir Merkel ( padahal ane tanya reaksi Merkel apa juga pada gak bisa jawab) emoticon-Cape d... (S)
ndak mau mengaku berarti mereka ndak mau minta maaf juga ya..emoticon-Cape d... (S)...
Quote:


Baaaaaaaaaa Ini komen emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak Keep Smileemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:



Waria Donk emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Malu


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di